Penasaran dengan Kelebihan Cat Water Based? Simak Penjelasannya di Sini

Sebelum menggunakan cat water based, Anda mungkin akan bertanya-tanya perihal kelebihan cat water based. Di situs ini Anda akan mendapati hal yang Anda cari tersebut. Catkayu.com merupakan situs yang merangkum informasi terkait cat water based khususnya untuk plitur atau pernis kayu.

Di sini Anda akan mendapatkan bermacam-macam produk cat water based. khususnya merk Biovarnish. Mungkin Anda hanya akan menemukan penjelasan beberap jenis cat water based, tetapi Anda akan mendapatkan kebutuhan Anda tentang kelebihan cat kayu water based yang berkualitas.

Baca Juga : Bahaya dan manfaat thinner pada politur

Kelebihan Cat Water Based

Produk cat kayu water based menjadi sangat trend dan populer untuk digunakan pada industri, proyek maupun kebutuhan penghobi. Mengapa harus memilih cat kayu water based sedangkan ada jenis produk yang sudah lebih dulu digunakan yaitu cat solvent.

Untuk lebih jelasnya, mari kita melihat dari negara-negara besar di Eropa seperti Inggris. Di negara tersebut, cat water based lebih banyak digunakan bahkan dalam beberapa tahun cat water based sudah sukses dan menjadi jenis cat utama yang wajib digunakan (bukan lagi cat solvent). Di Indonesia yang merupakan pengekspor mebel terbesar di dunia sudah mulai beralih menggunakancat water based mengikuti negara besar di dunia yang menjadi tujuan ekspor.

Baca Juga : simak 5 kelebihan dempul kayu tahan air untuk mudahkan finishing kayu

Peraturan-peraturan yang mengikat dan juga yang menekan penggunaan bahan kimia berbahaya seperti logam berat dalam cat diberlakukan di Eropa dan juga Amerika bahkan Jepang. Standar keamanan ini setiap tahun selalu diperbaharui yang menjadi salah satu upaya peningkatan kesehatan manusia yang menggunakan cat dari ancaman logam serta tinggi dalam cat.

Inilah yang harus diperhatikan oleh masyarakat Indonesia sehingga tidak hanya pada tingkat industri saja yang menggunakan cat water basd, tetapi seluruh lapisan masyarakat termasuk Anda.

Hasil yang diberikan oleh cat kayu water based juga tidak kalah dibandingkan cat solvent. Soal warna, tingkat gloss, ketahanan cara aplikasi cat water based bisa lebih unggul dibandingkan dengan cat kayu sovent based.

Kandungan VOC (Volatile Organic Compound)

VOC adalah senyawa organik dan merupakan bahan spesifik yang mudah menguap. VOC bisa berasal dari berbagai sumber seperti knalpot kendaraan bermotor, cat, dan pelembut pakaian.

Contoh bahan VOC yang terdapat dalan cat adalah white spirit, ethanol, xylene dan butyl acetate. Bahan-bahan tersebut akan mempengaruhi bahkan mengendalikan aliran cat dan pengeringan bahkan viskositas. VOC memiliki titik didik di bawah 250˚C, pada tekanan standar dan akan menguap pada waktu tersebut.

Ketika dipanaskan, misalnya seperti pada saat cat dalam proses pengeringan di bawah panas matahari, laju nitrogen oksida (dari proses pembakaran) akan menghasilkan kabut asap ozon dan fotokimia tingkat rendah. Penyebaran VOC sendiri berasal dari asap kendaraan dan pesawat terbang, bahan pembersih, kosmetik, aerosol, cat dan operasi industri.

Di Inggris, terdapat perundang-udangan baru mengenai penggunaan VOC yang diatur dalam EU 2004/42 / EC dan harus diumumkan oleh semua negara anggota Uni Eropa. Isinya adalah pengauran penggunaan bahan kimia yang diterapkan pada bahan bangunan, trim dan fiting dan seluruh struktur yang diterapkan dengan tujuan memberikan penampilan, fungsional dan juga memberikan proteksi. Peraturan ini diberlakukan untuk seluruh produk impor tetapi secara khusus tidak termasuk aerosol dan produk yang berlaku di bawah lisensi bangunan bersejarah.

Peraturan Penggunaan VOC secara Internasional

Isi dari peraturan tersebut mencakup berapa batasan penggunaan VOC dalam kandungan cat water based yang harus dipatuhi oleh seluruh perusahaan penghasil cat atau bahan kimia. Lalu dalam setiap kemasan produk cat harus dicantumkan apa bahan pelarutnya, dan juga berapa jumlah kandungan VOC yang terdapat didalamnya.

Jika di Indonesia, pemerintah memang belum mengeluarkan peraturan khusus atau larang penggunaan logam berat dan VOC. Nah inilah yang menjadikan kesempatan banyak industri untuk bermain curang untuk mendapatkan keuntungan yang banyak dari label cat water based padahal masih terdapat kandungan logam berat karena harganya yang murah dan akan memberikan warna lebih terang pada cat.

Nah untuk itu sebaiknya setiap pabrik atau penghasil cat water based mengacu pada peraturan di Eropa atau Amerika seperti ECHA (European Chemical Agency) dan US EPA (Environmental Protection Agency).

Bagaimana Cat Water Based Bisa Bersaing dengan Solvent Based

Seperti yang telah diketahui bahwa selama ini penggunaan cat solvent based adlaah yang paling favorit. Penggunaan solvent based bahkan sudah menjadi ciri khas setiap furniture seperti melamin. Hal ini jugalah yang menjadi kesempatan cat water based untuk menyaingin cat solvent dan mendapatkan konsumen sendiri.

Peraturan seperti yang tadi telah disebutkan, membuat banyak produksi cat solvent lebih ketat, dari sini banyak konsumen yang menyadari bahwa cat solvent yang baru digunakan ini tidak memiliki kualitas sama seperti cat solvent terdahulu, Baik itu warna yang dihasilkan dan juga proses kering yang memakan waktu lama. Lama-kelamaan konsumen pun mencari produk yang lebih baik yaitu cat water based.

Di sisi lain, cat water based adalah jenis cat yang memang sudah sesuai dengan peraturan penggunaan bahan kimia dengan tepat dan tidak membahayakan kesehatan manusia. Dari sisi kecepatan kering, cat water based dapat kering dengan cepat walaupun tidak dijemur pada panas matahari. Di sinilah kesempatan dari cat water based untuk mencuri perhatian konsumen cat solvent dan memiliki pasar sendiri.

Jika diklasifikasikan keduanya, maka akan menjadi berikut

Cat water based, adalah cat yang diproduksi dengan air sebagai bahan pelarutnya dan menggunakan teknologi terbaru dalam hasilnya yang paling sederhana. Cat water based sangat mudah dibersihkan apabila dalam proses penegcatan masih basah dan hasilnya bisa transparan (pernis/plitur). Keuntungan yang akan didapatkan adalah tidak akan pernah kekurangan bahan pelarut thinner karena bahan pelarutnya adalah air. Cat water based juga tidak menimbulkan bau yang menyengat seperti apda cat solvent.

Cat solvent, akan sedikit sulit untuk mendefinisikan cat solvent ini. Tetapi pada dasarnya cat solvent adalah produk yang berbasis minyak. Jadi, bahan dasarnya adalah minyak dan juga bahan pelarutnya. Jika dilihat dari bahan dasarnya maka akan sangat berbahaya karena mengandung logam berat yang sangat berbahaya bagi kesehatan lingkungan dan manusia.

Pengeringannya dalam proses finishing tergantung dengan panas matahari dan membutuhkan waktu yang lama. Walaupun cat sudah kering masih terdapat proses penguapan yang nantinya akan mencemari udara di lingkungan.

Penggunaan Cat Kayu Water Based

cat-aman-water-based-Biovarnishcat-aman-water-based-Biovarnish

Sebelum Anda menggunakan, pahami terlebih dahulu karakteristik cat water based untuk penyimpanannya. Jadi, ketika Anda belum akan langsung menggunakan atau sisa bahan cat water based dapat disimpan dengan tepat. Simpanlah cat pada area yang kering dengan suhu anjatara 5 – 30˚C untuk suhu minimunnya adalah 8-10˚C dakelembapan dengan 80% RH.

Suhu maksimum dari cat adalah 55˚C. Jika Anda akan mengaplikasikannya sebaiknya suhu susbtrat adlaha 5˚C. Ketika penyimpanan, hindari tetesan tajam atau lonjakan perubahan suhu, karena bsia mempengaruhikinerja cat dalam jangka panjang danbjuga pengeringan bahkan cat bisa sama sekali tidak dapat digunakan. Maka berhati-hatilah dalma penyimpanan cat water based.

Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal maka Anda harus mengikuti pentunjuk yang diberikan pada label atau kemasan cat. Setiap kemasan pasti akan memberikan petunjuk aplikator terbaik yang harus digunakan untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

Jadi hasil yang buruk kebanykan dipenagurhi oleh penggunaan aplikator yang salah. Pada proses keringnya, cat water based bisa Anda cek dengan mudah yaitu dengan menekankan ibu jari ke permukaan cat. Apabila tidak muncul sidik jari maka cat tersebut sudah kering.

Rekomendasi Produk Cat Water Based

https://www.youtube.com/watch?v=1WdLrmEIKGc

Produk cat water based yang saat ini sangat direkomendasikan salah satunya adalah cat Biovarnish. Cat water based yang merupakan pelopor dari cat kayu water based di Indonesia ini harus Anda dapatkan karena kelebihan nya. Produk yang bebas logam berat tidak akan menimbulkan bau menyengat dan menyebarkan gas amonia dalam ruangan. Proses aplikasi maksimal bisa Anda dapatkan hanya dengan menggunakan kuas saja. Hasil dari cat kayu Biovarnish adalah finishing transparan sehingga serat akyu akan tetap terlihat alami.

Dimanakah Anda bisa Mendapatkan Produk Ini?

Jika anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau ingin memesan produk ini, silahkan hubungi HotLine kami via Whatsapp yang tertera di website ini

Anda dapat membeli seluruh varian produk dari Bioindustries secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bioindustries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55162
Phone: 0274 287 1834
Hp / WhatsApp: Klik di Sini
e-mail: Klik di Dini

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417
Phone: 0291 598992
e-mail: Klik di Sini

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154
Phone: 0231 320759
e-mail: Klik di Sini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top