Kenali 4 Bahaya Kesehatan Penggunaan Cat Kayu Berbau untuk Finishing

Finishing kayu dapat dilakukan lebih nyaman dengan cat kayu tidak yang berbau. Selain lebih nyaman, cat kayu yang tidak berbau juga membuat proses finishing lebih aman dilakukan. Ada bahaya yang mengintai kesehatan saat Anda melakukan finishing dengan cat kayu yang berbau menyengat.

bahaya cat kayu berbau untuk finishing

Apakah Anda adalah pengrajin kayu atau penghobi kayu? Kebutuhan finishing pasti tidak akan pernah terlepas dari kegiatan Anda sehari-hari. Anda juga harus memastikan kegiatan finishing tidak terhambat karena aroma cat yang sangat menyengat.

Baca Juga : cara mengecat pintu kayu dengan cat minyak

Cat dengan aroma yang menyengat sudah sangat terkenal akan tetapi apakah Anda akan tetap menggunakan cat yang berbau menyengat ini.

Pentingnya Penggunaan Cat untuk Finishing Kayu

Proses finishing atau pengecatan pada kayu ini sangat dibutuhkan karena tanpa dilakukan finishing maka tampilan dari sebuah benda khususnya furniture tidak akan tampil menarik. Bahkan tidak akan bertahan dengan lama.

Fungsi cat yang utama bukan hanya saja memberikan tampilan baik itu dari segi warna dan juga tingkat glossy. Cat juga berfungsi untuk menciptakan lapisan film yang memberikan proteksi khusus seperti anti rayap untuk kayu, anti jamur, tahan terhadap perubahan cuaca bahkan anti gores.

Baca Juga : bahaya penggunaan cat di kasur bayi gunakan cat yang aman untuk bayi

Furniture Dimakan Rayap? Gunakan Cat Kayu Anti Rayap Ini

Perkembangan teknologi telah menjawab semua kebutuhan manusia salah satunya adalah kebutuhan finishing. Sudah saatnya Anda menggunakan cat kayu tidak bau untuk melakukan finishing yang benar.

Selama ini bau menyengat dari cat  mengganggu tidak hanya para aplikator saja tetapi juga pada lingkungan sekitar. Jika Anda adalah seorang yang peduli lingkungan masalah ini sudah bisa diatasi dengan menggunakan cat yang tidak berbau.

Baca Juga : kenali perbedaan clear coat dan clear gloss dalam penggunaan cat top coat

Penyebab Cat Kayu Timbul BerBau Menyengat

Apakah sebenarnya penyebab dari cat yang menimbulkan bau menyengat ini? Cat merupakan bahan yang terbuat dari resin dan bahan pelarut.

bahaya cat kayu berbau

Jenis cat ini sering dikenal dengan cat solvent yang telah digunakan selama beratus-ratus tahun lamanya. Bahan cat yang menggunakan minyak mengandung berbagai macam jenis logam berat.

Baik resin dan bahan pelarut cat solvent yaitu thinner banyak mengandung logam berat. Macam-macam logam berat ini dibutuhkan untuk memberikan pigmen warna, memberikan kecepatan kering yang baik, membuat cat dapat menempel dengan baik dan juga menimbulkan lapisan film yang melindungi material kayu.

Baca Juga : kenali bahaya saat salah pilih merk cat untuk sangkar burung

¤ Merkuri

Merkuri adalah salah satu bahan logam berat yang banyak digunakan pada cat solvent. Bahan ini memiliki bentuk cairan yang berfungsi sebagai bahan anti jamur. Jika menggunakan merkuri, maka cat akan dapat melindungi material kayu agar tidak mudah diserang oleh jamur. Selain itu merkuri juga akan memberikan lapisan warna cerah seperti merah dan kuning.

Baca Juga : rekomendasi merk cat untuk sangkar burung yang aman untuk kesehatan burung

¤ Timbal

Siapa yang tidak mengenal timbal? Logam berat yang digunakan pada cat ini akan memberikan pigmen warna cerah.

Timbal adalah kandungan yang sangat penting pada cat sehingga banyak sekali cat yang menggunakan kandungan timbal sangat tinggi. Bentuk dari timbla ini juga cairan yang sama seperti merkuri.

¤ Formalin

Dari semua logam berat formalin adalah penyumbang tertinggi bau yang menyengat pada cat. Bahan ini memang berfungsi untuk mengewetkan tetapi juga berfungsi untuk mempercepat proses pengeringan cat dengan panas matahari.

Baca Juga : tips memilih cat sangkar burung yang bagus dan aman untuk kesehatan burung

Formalin ini berbentuk cair dan ketika proses penjemuran kandungan formalin akan menguap dan dikenal dengan formaldehyde. Inilah yang menimbulkan bau menyengat pada cat sehingga menusuk hidung dan mengganggu proses aplikasi.

Akibat Menggunakan Cat Kayu Berbau Pada Kesehatan

Apakah cat yang berbau jika digunakan terus menerus akan menimbulkan efek buruk pada kesehatan? Pada awal finishing Anda mungkin hanya merasakan gejala awal saja yaitu hidung yang menusuk, bersin maupun gatal. Bahaya menghirup bau thinner dan cat bisa menjadi lebih parah

Baca Juga : perhatikan kesehatan burung tips cat sangkar burung yang bagus dan aman

Jangan salah karena efek jangka panjangnya akan sangat berbahaya. Jangan sampai Anda meremehkan penggunaan cat kayu yang memiliki bau menyengat.

〈 Gangguan saluran pernapasan 〉

Jika Anda menggunakan cat tanpa menggunakan penutup hidung maka Anda dapat mengalami gangguan saluran pernapasan terus menerus.

Efek Formaldehyde Pada Tubuh

Kandungan formaldehyde yang diserap oleh hidung ini akan mengendap pada saluran pernapasan dan menimbulkan rasa sakit ketika bernapas.

〈 Pusing 〉

Jangan remehkan penyakit pusing yang Anda alami setelah mengecat. Bisa saja pusing tersebut muncul karena Anda terlalu banyak menghirup udara yang tercampur oleh logam berat yang menguap dari cat. Dari penyakit pusing ini tentu saja akan mengarah pada sistem saraf di otak.

〈 Gangguan sistem saraf 〉

Menurut penelitian di Amerika, banyak buruh pabrik finishing furniture yang mengalami gangguan sistem saraf bahakn sistem saraf motorik yang menggerakan tubuh. Penyebab terbesarnya adalah para buruh sudah terlalu banyak menghirup udara yang terkontaminasi dengan logam berat walaupun telah menggunakan masker.

〈 Penyakit kanker 〉

Timbulnya penyakit kanker ini juga disebabkan Anda terlalu banyak menghirup logam berat. Banyak sudah penelitian di Eropa yang membuat percobaan menggunakan tikus untuk menghirup udara yang terkontaminasi dengan logam berat. Hasilnya tikus tersebut mati karena mengidap penyakit kanker.

Hal yang sama bisa juga dialami oleh manusia yang menghirup logam berat dari cat ini. Jenis penyakit kanker yang bisa timbul adalah kanker tenggorokan, kanker darah, kanker paru-paru dan juga kanker otak.

〈 Penyakit turunan 〉

Jangan Anda kira bahwa Anda yang menghirup logam berat di udara yang akan mengidap penyakit. Anda bisa menurunkan penyakit pada anak Anda.

Maka proses mengecat juga tidak boleh dilakukan di sekitar orang hamil. Mungkin bukan Anda yang akan terjangkit penyakit tetapi anak Anda yang dapat mengidap seperti kanker dan juga gangguan pertumbuhan.

Produk Cat Kayu Tidak Berbau Yang Wajib Digunakan

Jika perkembangan teknologi telah menjawab kebutuhan manusia akan finishing dengan cat yang tidak berbau lalu apakah produk tersebut? Jika dahulu kita mengenal cat solvent based, maka saat ini yang dikenal adalah cat water based.

Produk cat water based ini tentu sangat berbeda komposisinya dengan cat solvent. Walaupun sama-sama menggunakan resin sebagai bahan dasarnya maka bagaimana bisa cat water based tidak mengeluarkan bau?

cat water based vs solvent based

Seluruh bahan logam berat yang digunakan oleh cat solvent telah diganti dengan air. Penemuan ini memang masih terus disempurnakan mengingat sulitnya air disatukan dengan resin. Maka banyak bahan lain yang digunakan dan bukanlah bahan yang berbahaya.

Bahan pelarut yang digunakan kini bukan thinner lagi melainkan hanyalah air. Penggunaan air sebagai bahan pelarut ini akan semakin menghemat budget yang digunakan untuk finishing.

Salah satu merk yang menguasai pasar Indonesia tidak lain adalah cat kayu Biovarnish. Produk ini telah menggantikan plitur konvensional yaitu shellac.

Mengenal Cat Kayu Biovarnish yang Tidak Berbau

https://www.youtube.com/watch?v=wPUBJ7IH-Zk

Cat kayu Biovarnish sama sekali tidak mengelaurkan bau yang menyengat karena tidak ada kandungan timbal, merkuri bahkan formalin. Diformulasi sesuai dengan standar ECHA dan US EPA, cat kayu Biovarnish dapat digunakan untuk seluruh produk furniture yang akan di ekspor.

rangkaian produk Biovarnish

Selain aman banyak keuntungan yang akan didapatkan seperti mudah kering tidak tergantung cuaca panas, tidak menimbulkan brush marking, terdapat 20 pilihan warna natural, lapisan film transparan tidak menimbulkan efek menguning karena tidak mengandung formalin.

Bahkan dengan menggunakan cat kayu Biovarnish furniture kayu maupun serat alam seperti rotan dan juga bambu akan bartahan lebih lama. Cat kayu Biovarnish telah dilengkapi dengan bahan anti jamur, anti rayap dan juga tahan gores.

Adanya perubahan cuaca yang ekstrim juga tidak akan merusak subtrat kayu secara langsung. Ketahanan warna cat juga tidak mudah memudar. Kemampuan ini bisa Anda aplikasikan sebagai pelapis furniture outdoor.

Biovarnish terdiri dari varian produk yang lengkap, sehingga proses finishing Anda akan berjalan lebih mudah. Terdapat Biovarnish Wood Filler yang bisa digunakan sebagai dempul kayu. Lalu ada Biovarnish Liquid Stain dan Biovarnish Wood Stain untuk pewarna kayu.

finishing metode spray

Anda juga bisa menggunakan Biovarnish Sanding Sealer agar hasil finishing transparan lebih halus dan awet. Pada tahap akhir finishing, Anda bisa mengaplikasikan Biovarnish Clear Coat. Anda juga bisa memilih tingkat glossy yang diinginkan.

https://www.youtube.com/watch?v=OMwewWOYGUI

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top