3 Jenis Cat Kayu untuk Hasil Finishing Mengkilap dan Awet

Terdapat 3 jenis cat untuk finishing mengkilap dan yang dikenal dengan gloss akan menampilkan kesan elegan pada kayu. Kesan ini muncul karena adanya refleksi dari cahaya dan tambahan dari kejernihan kayu. Oleh karena itu finishing clear gloss harus transparan dan menghasilkan tampilan yang cukup untuk dilihat kayu di bawahnya. Efek cahaya yang mengkilap pada kayu akan menakjubkan penglihatan.

Kayu bisa memiliki hasil finishing tersebut maka dibutuhkan bahan cat atau top coat dengan level transparan sangat tinggi. Gloss finish berkaitan dengan refleksi dari cahaya, semakin banyak cahaya yang dipantulkan maka semakin tinggi tingkat glossy nya.

Baca Juga : kenali beberapa hasil finishing mengkilap pada finishing kayu glossy

Permukaan yang dapat memantulkan cahaya mengkilap adalah permukaan yang datar dan halus. Pada saat cahaya mengenai permukaan kayu maka dapat memantulkan ke arah mata kita dari berbagai angle. Bisa juga dipantulkan ke arah yang lainnya.

Bagi permukaan kayu yang tidak merata, dengan finishing open pore atau adanya goresan tidak akan memantulkan cahaya. Cahaya tidak dipantulkan tapi akan membaur ke permukaan. Tergantung berapa banyak cahaya yang membaur akan menentukan apakah tampilannya menjadi semi gloss, satin dan matte.

Baca Juga : rekomendasi merek cat kayu untuk finishing lantai kayu awet

Teknik Finishing Mengkilap yang Bisa Digunakan

Sangat tidak mungkin untuk mendapat hasil sempurna untuk finishing kayu menggunakan kuas atau spray gun. Taktik yang dilakukan untuk mendapatkan hasil finishing yang high glossy adalah dengan membangun lapisan coating yang tebal.

Kemudian melakukan pengamplasan yang cukup dan melakukan buffing hingga permukaan benar-benar menjadi halus. Walaupun proses buffing sepertinya tidak terlalu berpengaruh namun cara ini sukses memberikan goresan halus yang terbaik. Goresan yang sangat halus ini sangat kecil sehingga tidak dapat dilihat dengan mata telanjang.

Menurut teorinya, untuk mendapatkan hasil mengkilap adalah mengaplikasikan bahan finishing akan menghasilkan permukaan yang halus dan mengkilap tanpa buffing. Pada prakteknya hasil tersebut mustahil didapatkan tanpa bantuan buffing.

Bahan cat yang banyak digunakan untuk mendapatkan kilap pada furniture antara lain adalah shellac dan lacquer. Kedua produk ini dipercaya dan terbukti dapat menghasilkan finishing halus dengan pengamplasan yang tepat.

Masih banyak jenis bahan finishing kayu lainnya yang bisa digunakan seperti cat kayu water based. Masih banyak orang yang belum mencoba untuk menggunakan jenis cat kayu water based untuk hasil mengkilap dan dibandingkan dengan finishing shellac dan lacquer.

Teknik yang digunakan untuk mendapatkan kayu mengkilap dengan beberapa bahan tersebut berbeda. Anda bisa mempelajarinya di sini.

French Polish, Teknik Tradisional agar Kayu Mengkilap

Teknik pertama yang akan dijelaskan adalah french polish, yang telah digunakan sejak abad ke 18 yaitu ketika zaman victoria. Teknik pengecatan ini banyak dilakukan pada kayu mahoni dan kayu solid mahal lainnya. Hasilnya adalah tampilan glossy yang sangat tinggi dan dalam dengan warna chatoyancy.

3 Macam Penggunaan Beberapa Jenis Cat Kayu agar Mengkilap

French polish adalah proses atau teknik dan bukan bahan utama yang digunakan untuk pengecatan. Bahan utama yang digunakan adalah shellac. Hasil finishingnya sangat indah dan sangat rapuh hasilnya.

Shellac tidak memiliki ketahanan terhadap air dan alkohol. Belum lagi jika terkena panas dengan sering efek putih akan muncul. Cara memperbaikinya sangat mudah karena cukup mengaplikasikan shellac yang baru.

Bagaimana cara aplikasinya? Berikut ini langkah-langkah yang dilakukan dalam teknik finishing french polish:

1. Pengamplasan

Mulailah bekerja dengan mengamplas permukaan kayu secara merata. Gunakan amplas dari yang kasar mulai grit 240 hingga amplas 400. Bersihkan semua debu kayu bekas amplas menggunakan kain microfiber yang telah dibasahi.

Diamkan permukaan kayu hingga kering kemudian lanjutkan dengan pengamplasan amplas 400. Bersihkan dengan kain microfiber yang telah diberi cairan alkohol. Alkohol akan membantu membersihkan debu tanpa mengubah warna kayu.

2. Buatlah alat untuk memoles

Biasanya pengrajin tradisional akan membuat alat poles shellac sendiri yang disebut dengan pad. Alat ini terbuat dari kain wol dan kain kasa yang dibalutkan dengan kain katun. Buatlah bola yang sangat kencang dengan bahan tadi hingga membentuk seperti bola yang dapat dipegang.

Oleskan beberapa tetes minyak zaitun pada pad yang tadi telah dibuat untuk mengatasi aplikasi yang lengket. Jika saat aplikasi pad masih susah untuk diusapkan tambahkan minyak zaitun sehingga mudah untuk diaplikasikan.

3. Aplikasi shellac

Celupkan kain pad yang telah dibuat ke dalam shellac yang telah dicairkan kemudian sedikit peras agar tidak terlalu banyak shellac yang diaplikasikan dalam satu kali lapisan. USapkan tipis shellec ke permukaan kayu.

Usapkan searah serat kayu dalam satu kali usapan. Setelah itu baru celupkan lagi pad ke dalam cairan shellac. Ulangi hingga permukaan kayu merata. Tunggu beberapa menit agar lapisan pertama mengering kemudian usapkan lapisan kedua.

Begitu seterusnya, dan ingat setiap akan mengusapkan teteskan minyak zaitun ke permukaan pad. Langkah ini dilakukan untuk membuat lapisan dasar.

Jika terdapat lubang cacat, Anda bisa mengisinya dengan serbuk kayu yang sangat halus setelah lapisan shellac yang kedua. Campurkan serbuk dengan shellac kemudian isi dan tunggu hingga kering.

Masalahnya adalah Anda perlu mengaplikasikan lebih dari lima lapisan setelah proses pengisian cacat kayu selesai. Langkahnya masih sama seperti proses penggunaan awal. Inilah yang membuat teknik French Polish sangat lama.

Finishing High Gloss dengan Lacquer

Semakin modern, perkembangan cara untuk mendapat kayu berpenampilan mengkilap semakin cepat. Anda tidak perlu lagi memerlukan waktu yang lama selama proses finishing. Hasilnya justru lebih mengkilap yaitu dengan produk bernama lacquer.

Lacquer adalah bahan finishing yang membentuk lapisan coating lebih glossy dibandingkan dengan French Polish. Jika cara yang dilakukan benar hasil finishing kayu bisa halus seperti kaca.

Proses Aplikasi Lacquer

  1. Mengamplas permukaan kayu untuk mendapat hasil finishing yang halus dan merata. Gunakan amplas alumunium oxide nomor 150 hingga mendapat pori kayu yang halus. Bersihkan debu amplas dengan kain kering.
  2. Gunakan wood filler untuk mengisi seluruh pori kayu. Campurkan wood filler dengan bahan pelarutnya kemudian aplikasikan dengan kuas. Tunggu beberapa jam kemudian amplas rata permukaan yang sudah kering dengan amplas grit 220.
  3. Semprotkan lacquer hingga merata, tunggu lapisan mengering sekitar 20 menit. Amplas permukaan lacquer yang sudah mengering dengan amplas grit 320 dan bersihkan debu amplas.
  4. Aplikasikan lacquer satu kali lagi, tunggu kering amplas dan bersihkan. Anda bisa melakukan langkah ini hingga mendapat beberapa lapisan lacquer maksimal 3. Pada lapisan akhir waktu kering sempurna yang dibutuhkan adalah 2 minggu.
  5. Setelah itu basahi permukaan kayu, kemudian gunakan amplas silicon carbide yang dicampur dengan air. Mulai dengan amplas nomor 400 hingga 600. Gosok permukaan hingga mendapatkan tampilan yang kemilau. Anda bisa mengulangi hingga amplas nomor 1200.
  6. Langkah akhir adalah semprotkan air ke permukaan kayu atau minyak. Gosokan dengan kain katun yang bersih. Jika ingin cepat gunakan buffer untuk mendapatkan hasil cepat dan mengkilap sempurna.

Proses aplikasi dari lacquer ini cukup lama namun tidak selama dan melelahkan French Polish. Anda bisa memanfaatkan alat untuk mempersingkat waktu. Hasilnya akan high gloss dan tahan lama.

Cat akan lebih tahan terhadap panas, air tidak dengan goresan. Tingkat kilap yang terlalu tinggi membuatnya lebih sensitif dengan goresan. Sedikit goresan akan membuatnya tampak kusam.

Lacquer sama seperti shellac yaitu memiliki efek yang bisa menimbulkan efek mengungi. Hal ini disebabkan kandungan bahan organik di dalamnya yaitu formalin. efek formalin berpengaruh tinggi pada permukaan warna transparan. Semakin hari atau beberapa bulan kemudian dapat berubah menjadi kuning.

Mengecat dengan Jenis Cat Kayu Water Based untuk Hasil Gloss

https://www.youtube.com/watch?v=NqXxgo0ag08

Hasil finishing menggunakan jenis cat kayu water based atau pernis kayu memang tidak bisa sampai pada tingkatan high glossy. Justru inilah keuntungannya, tingkat kilap yang tidak tinggi ini akan menghindari tampilan kayu berubah menjadi kusam karena goresan.

Selain itu bahan dasar air berbeda dengan lacquer yang mudah menguning. Hasil finishingnya sangat transparan sehingga Anda tidak perlu khawatir akan recoating dalam waktu dekat.

Salah satu produk pernis atau plitur kayu water based yang dapat digunakan adalah Biovarnish. Produk ini adalah jenis cat kayu water based yang dapat diaplikasikan dengan kuas. Bahan pelarut yang dibutuhkan adalah air. Proses finishing dengan Biovarnish lebih cepat dibandingkan dengan lacquer atau French Polish, yang melibatkan bahan wood filler, wood stain dan clear coat gloss.

Proses Finishing

  1. Amplas seluruh permukaan kayu dengan amplas kasar hingga grit 220. Gunakan amplas alumunium oxide. Bersihkan debu amplas setelah permukaan menjadi halus dan merata.
  2. Aplikasikan Biovarnish Wood Filler dengan pisau scrape atau kain katun kering. Usapkan berlawanan arah serat hingga merata ke seluruh permukaan kayu.Setelah kering selama 20 menit Anda bisa melanjutkan dengan pengamplasan.
  3. Gunakan amplas 240. Proses pengamplasan dilakukan searah serat kayu hingga mendapat warna dan serat kayu terlihat. Bersihkan debu bekas pengamplasan kemudian.
  4. Campurkan Biovarnish Wood Stain dengan air, kemudian kuaskan ke seluruh permukaan kayu. Ikuti arah serat untuk penguasan, Anda akan mendapat permukaan kayu berwarna natural yang halus.
  5. Tunggu lapisan cat mengering selama 60 menit kemudian lanjutkan dengan proses pengamplasan. Gunakan amplas 400 dan pengamplasan dilakukan secara ambang. Bersihkan debu amplas kemudian.
  6. Aplikasikan Biovarnish Clear Coat gloss yang telah dicampur dengan air. Gunakan kuas lagi yang berbeda dan bersih. Celupkan ke dalam larutan cat kemudian kuaskan ke seluruh permukaan kayu. Aplikasikan searah serat kayu, proses kering hanya membutuhkan waktu selama semalam atau 24 jam.

Tidak perlu menunggu dua minggu untuk hasil mengkilap yang sempurna. Bahkan Anda tidak perlu menggunakan buffer. Jika ingin lapisan akhir memiliki tampilan glossy tahan lama, gunakan bahan poles kayu.

Produk poles kayu seperti Biopolish Linseed Oil akan menjaga furniture tetap tampak mengkilap. Caranya adalah ambil sedikit Biopolish Linseed Oil dengan kain katun kering, kemudian usapkan secara merata ke permukaan kayu.

Proses pemolesan bisa Anda lakukan setelah satu bulan proses finishing selesa. Pemolesan kayu juga perlu diulang setiap satu bulan sekali. Selain menjaga tampilan kilap, kayu juga akan mendapat perlindungan dari jamur dan rayap. Bahan poles kayu akan menambah kekuatan clear coat memberikan perlindungan pada kayu secara maksimal.

Biovarnish Clear Coat, Pernis Terbaik untuk Furniture Mengkilap

Keuntungan memiliki furnitur dengan permukaan mengkilap bukan hanya soal tampilan mewah saja. Permukaan yang mengkilap mampu menyamarkan goresan, dengan catatan bukan high gloss yang diaplikasikan. 

Tingkat kilap yang berbeda-beda menentukan apakah finishing bagus untuk menyamarkan goresan sehingga tampilan tetap bertahan lama. Biovarnish clear coat gloss mampu memberikan tampilan yang menyamarkan. 

Dengan tingkat glossnya mencapai 80 persen yang belum termasuk high gloss. Bagi Anda yang ingin menggunakan coating Biovarnish Clear Coat gloss ada beberapa kelebihan yang akan didapatkan. Jadi bukan hanya tingkat kilap saja yang diberikan. 

Menambahkan Anti-jamur

Kandungan dari clear coat sudah lengkap dengan bahan pengawet kayu berupa anti jamur. Sehingga jika Anda menggunakan furnitur di luar ruangan tidaklah masalah. Apabila masih merasa kurang yakin dengan tingkat kilap tersebut, Anda bisa juga mencampurkan obat anti jamur. 

Misalnya saja menambahkan Biocide SFP yang akan memperkuat perlindungan dari jamur. Karena kedua bahan sama-sama terbuat dari bahan dasar air maka cukup dilarutkan saja bersamaan kemudian diaplikasikan. 

Tidak mengganggu saat aplikasi karena bebas bau

Di mana lagi Anda akan menemukan coating dengan bau yang bebas toxic? Kebanyakan pernis kayu mengandung amonia yang akhirnya menguap ketika cat dilarutkan solvent. Bahkan ketika Anda membuka kaleng cat, aroma menyengat pasti sudah terasa. 

Aroma keras ini sangat mengganggu ketika Anda hendak mengecat sehingga proses finishing bisa berjalan lebih lama. Tapi kini tidak lagi karena Biovarnish Clear Coat akan mengatasinya, sebab sepanjang proses finishing Anda tidak akan terganggu dengan aroma menyengat. 

Waktu kering yang lebih cepat

Dibandingkan French polish yang butuh waktu sangat lama untuk kering setiap lapisannya, Anda bisa memilih Biovarnish. Clear coat yang satu ini memiliki waktu kering sentuh selama 60 menit. Sehingga memungkinkan Anda untuk mengaplikasikan dua kali. 

Setelah 60 menit cukup amplas ambang dan sekali lagi aplikasikan coating. Sisanya waktu kering akhir adalah 24 jam atau Anda bisa membiarkannya selama semalaman. Perkiraan waktu ini masih lebih cepat karena Anda tidak perlu menunggu berhari-hari. 

Warnanya transparan lebih tahan lama

Soal transparansi juga mempengaruhi tingkat gloss. Cat yang mengkilap tentu ingin diperlihatkan tampil transparan dengan baik bukan? Jika Anda ingin mendapatkan tampilan ini sebaiknya mulailah untuk menggunakan Biovarnish Clear Coat. 

Berkat kandungan bahan air di dalamnya bahkan bahan pelarut yang digunakan hasil warnanya dipastikan transparan. Ditambah lagi tidak akan berubah menguning atau buram yang biasanya muncul seiring seringnya furnitur digunakan. 

Hemat dan ramah lingkungan

Anda tidak lagi harus membeli thiner atau alkohol untuk mencampurkan cat. Cukup air saja, dengan begitu biaya finishing akan terpangkas lebih banyak. Jika Anda akan mengecat dalam jumlah banyak maka pengecatan dengan Biovarnish adalah solusi untuk berhemat. 

Apalagi ruang mengecat tidak akan berbau, Anda bisa menjaga kesehatan para pekerja berkat coating yang ramah lingkungan ini. Biovarnish Clear Coat yang mengandung toxic sangat rendah ini membuat Anda nyaman dan aman bekerja. 

Di mana lagi Anda bisa mendapatkan coating yang memiliki begitu banyak kelebihan? Selain clear coat yang mampu memberikan tampilan gloss, Biovarnish juga menyediakan produk wood filler, wood stain serta sanding sealer. 

Apabila Anda ingin mendapatkan warna natural kayu bisa memanfaatkan perpaduan ketiga produk lainnya. Hasil warnanya dijamin natural, transparan dan juga tahan lama. 

Di Manakah Anda Bisa Mendapatkan Produk Ini?

Jika anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, silahkan hubungi HotLine kami via Whatsapp yang tertera di Website ini. Atau melaui e-mail di [email protected].

Anda dapat membeli seluruh varian produk dari Bioindustries secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bioindustries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55162
Phone: 0274 287 1834
Hp / WhatsApp: Klik di Sini
e-mail: Klik di Sini

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417
Phone: 0291 598992
e-mail: Klik di Sini

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154
Phone: 0231 320759
e-mail: Klik di Sini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top