Kenali Finishing Instan Grey Untuk Mengecat Ulang Furnitur Bekas

155
Kenali Finishing Instan Grey Untuk Mengecat Ulang Furnitur Bekas

Anda tidak ingin rugi dan mendapatkan keuntungan dari furnitur? Daripad Anda membeli furnitur baru lebih baik jika Anda menggunakan furnitur yang sudah ada atau Anda bisa membeli furnitur bekas.

Cara ini lebih baik, lebih murah dan lebih menguntungkan. Anda bisa memperbaikinya sendiri terlebih lagi jika Anda bisa mendapatkan furnitur yang bagus dan juga memiliki penampilan sesuai dengan yang diinginkan.

Anda cukup memoles di beberapa bagian saja dan Anda akan mendapatkan furnitur tampak seperti baru.

Dalam artikel ini Anda bisa mempelajari bagaimana cara memilih furnitur yang bagus dan bagaimana Anda bisa mendapatkan furnitur yang tentu saja mudah untuk diperbaiki kembali dengan tampilan yang sama sekali berbeda.

CS Biovarnish

Di sisi lain Anda bisa memilih finishing instan grey yang akan memperlihatkan tingkat klasik dari furnitur sehingga Anda akan memiliki furnitur yang tampak lama namun tetap indah dilihat.

Cara Memilih Furnitur yang Masih Berkualitas

Salah satu masalah besar yang sering muncul pada saat Anda memilih furnitur bekas adalah bagaimana Anda memilih dari sekian banyak furnitur di toko barang bekas. Semua terlihat material yang bagus namun manakah yang tentu paling Anda butuhkan dan bagaimana Anda bisa memperbaiknya?

Berikut ini beberapa kiat yang bisa Anda ikuti ketika memulih furnitur bekas dan bisa Anda perbaiki sendiri:

  • Pertama yang perlu Anda tentukan adalah apakah furnitur yang Anda cari? Pastikan Anda tidak membeli yang lain dan hanya satu furnitur saja. Anda tentu akan membutuhkan banyak waktu untuk memperbaiki jika terlalu banyak membeli jenis furnitur. Misalnya Anda akan mengganti sofa lama di rumah. Maka fokuskan pembelian hanya pada bagian sofa saja, jangan melirik furnitur lain!
  • Kedua Anda tidak harus membeli di satu toko saja, Anda bisa membeli di berbagai macam toko lain. Walaupun bekas namun furnitur tetap memiliki harga yang tinggi, maka jangan sia-siakan uang Anda pada barang bekas berkualitas buruk dan harga mahal. Lakukan survey dari toko ke toko.
  • Ketiga ketika Anda sudah sampai pada beberapa pilihan furnitur pastikan furnitur terbuat dari kayu solid. Furnitur yang terbuat dari kayu solid akan lebih kuat dan masih bisa bertahan lebih lama daripada jika Anda memilih furnitur bekas yang terbuat dari plywood. Ketukalah pada bagian belakang furnitur jika sofa atua kabinet dan juga pada bagian bawahnya. Biasanya yang menentukan adalah bagian tersebut jika benar-benar keseluruhan menggunakan kayu solid.
  • Keempat pastikan tidak ada bubuk rayap. Rayap adalah musuh terbesar kayu, walaupun Anda sudah memilih kayu solid namun pastikan tidak ada bubuk rayap yang tersebar. Anda bisa mencoba mengetukan dan melihat apakah ada bubuk yang jatuh. Jika ada menandakan bahwa pada bagian dalam kayu sudah dimakan oleh rayap.
  • Kenali Finishing Instan Grey Untuk Mengecat Ulang Furnitur BekasPastikan semua kerusakan yang muncul. Anda bisa melihat pada bagian mana saja kerusakan yang terdapat pada furnitur bekas. Pastikan bagian siku dan juga engsel apakah Anda perlu menggantinya dan juga mengelem kembali pada bagian tersebut. Pastikan juga jika furnitur masih berdiri kokoh. Jika Anda memilih sofa pastikan Anda mencoba sofa tersebut.
  • Perhatikan bagian mana saja yang perlu Anda finishing. Anda mungkin memiliki pemikiran lain dan ingin mendapatkan finishing yang lebih mudah tanpa harus mengelupas lapisan cat yang lama. Namun Anda tetap harus mempertimbangkan bagian mana saja yang perlu Anda finishing ulang dan berapa jumlah uang untuk finishing serat perbaikan yang akan Anda keluarkan.
  • Terakhir adalah tawar harganya. Furnitur bekas sangat memungkinkan untuk ditawar, jika Anda menemukan beberapa bagian cacat gunakan hal tersebut untuk mendapatkan harga yang paling murah. Maka sebaiknya tawar harga paling rendah.

Memulai Finishing Instan Grey Pada Furnitur Bekas

Kini Anda sudah mendapatkan furnitur idaman Anda dan saatnya Anda memperbaiki kerusakan dan melapisi ulang dengan cat. Anda bisa memilih finishing instan grey untuk mendapatkan hasil yang artisitik dan akan dijabarkan langkah-langkah detil di sini.

Pertama sebelum masuk tahapan finishing lakukan perbaikan. Jika terdapat engsel rusak segera ganti dengan yang baru. Jika ada bagian siku yang goyang Anda bisa melakukan pengeleman dengan benar.

Sebelum memulai finishing pastikan semua bagian rusak sudah Anda perbaiki. Setelah itu lepas bagian-bagian furnitur untuk memudahan Anda mengecat dan mengamplas khususnya furnitur yang memiliki rak.

Untuk mendapatkan finishing instan grey ini Anda membutuhkan cat kayu water based BioColours. Anda bisa menggunakan produk BioColours Wood Stain Grey, kemudian Top Coat death matte, dan Glaze Grey.

Pastikan Anda sudah mengamplas furnitur menghilangkan lapisan cat yang lama. Jika Anda suka dengan tampilan rustik gunakan sikat kawat untuk membentuk tekstur serat dan pastikan Anda sudah menghilangkan debu amplas.

Kenali Finishing Instan Grey Untuk Mengecat Ulang Furnitur Bekas

Untuk langkah-langkah aplikasi lengkapnya ikuti petunjuk berikut ini:

  • Aplikasikan BioColours Wood Stain grey yang sudah dicampur dengan air perbandingan 1 bahan : 1 air setelah itu aplikasikan dengan cara spray. Pastikan semua permukaan tercover dengan baik. Tunggu cat mengering sekitar 60 menit dan mulai amplas dengan kertas amplas 400 secara ambang saja.
  • Langkah kedua aplikasikan BioColours Top Coat death matte yang juga sudah dicampur dengan air perbandingan 1 bahan : 1 air dan aduk rata. Semprotkan secara merata ke seluruh permukaan kayu. Tunggu cat mengering sekitar 60 menit. Pastikan Anda tidak menjemur dan langsung terkena sinar matahari cukup diangin-anginkan saja. Amplas ambang dengan kertas amplas 400.
  • Langkah ketiga adalah aplikasikan Glaze grey yang sudah dicampur dengan air perbandingan 1 bahan : 5 air. Kuaskan secara merata ke seluruh permukaan kayu hingga pada bagian serat yang bertekstur. Tunggu sekitar 5 hingga 10 menit lalu Anda bisa menghilangkan kelebihan cat pada permukaan dengan kain basah. Pastikan Glaze masih tersisa pada bagian serat kayu.
  • Langkah terakhir adalah penyegelan sekaligus memberikan lapisan film. Anda bisa menggunakan BioColours top coat death matte kembali yang sudah dicampur air. Semprotkan secara merata ke seluruh permukaan dan Anda bisa menunggu kering selama 24 jam.

Finishing instan grey ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mendapatkan rumah dengan gaya vintage. Anda bisa mengaplikasikannya pada furnitur seperti tempat tidur, kabinet, sofa, coffee table dan juga pada furnitur dapur.

Jika Anda ingin memiliki hasil yang maksimal sebaiknya pilih furnitur yang memiliki serat kayu menarik. Jenis kayu seperti kayu jati, ulin, oak, pinus bisa menjadi alternatif yang baik. Untuk mengetahui bentuk serat kayu ketika Anda akan membeli furnitur di toko barang bekas pilihlah furnitur yang memiliki lapisan cat dari pernis.

Jadi Anda bisa melihat langsung dan yakin apakah jenis kayu yang digunakan dan juga bagaimana bentuk serat yang dimiliki.

CS Biovarnish