You are currently viewing Mau Mebel Kayu Jati Belanda jadi Cantik? Pilih Warna Walnut Brown 

Mau Mebel Kayu Jati Belanda jadi Cantik? Pilih Warna Walnut Brown 

Mebel kayu jati belanda selalu jadi favorit utama baik untuk koleksi pribadi atau untuk dijual. Kelebihan yang ditawarkan oleh mebel ini mulai dari harga murah dan warnanya cenderung kuning terang. 

Kayu jati belanda tersebut jauh lebih mudah untuk dicat dengan warna. Anda yang sedang bingung memilih warna cat sebaiknya pilih warna walnut brown. Warna walnut akan meningkatkan daya tarik dan kemewahan dari jati belanda. 

Hanya saja selama, penggunaan Anda tidak bisa melakukannya sembarangan. Kayu jati memiliki beberapa kelemahan yang bisa membuat hasil finishing tidak merata. Lalu bagaimana cara finishing agar sempurna?

Langkah Finishing Mebel Kayu Jati Belanda dengan Biovarnish Wood Stain Walnut Brown 

perabotan rumah dan furniture dari kayu jati belanda yang diberi warna stain walnut brown

Karakteristik utama dari kayu jati belanda adalah mudah menyerap stain. Jadi, ketika Anda langsung mengaplikasikan stain dengan kuas atau alat semprot hasil warna bisa jadi tidak merata. 

Perbedaan ukuran pori kayu yang jadi penyebab utama hal tersebut terjadi sehingga cat yang diaplikasikan tidak langsung menyerap bersamaan. Demi menghindari warna mebel kayu jati belanda tidak rata maka Anda harus melakukan finishing dengan tepat. 

Soal langkah finishing dengan Biovarnish Wood Stain walnut brown, Anda bisa mengikuti tips berikut ini:

Tahapan 1. Pengampelasan Mebel Kayu Jati Belanda 

Semua tahapan finishing selalu diawali dengan pengampelasan. Tujuan dari kegiatan ini adalah memperhalus permukaan mebel sekaligus membuat pori kayu terbuka. 

Pengampelasan mebel kayu jati belanda biasanya langsung menggunakan kertas ampelas nomor 180 kemudian beralih ke nomor 220. Jenis kertas ampelas adalah aluminium oxide. 

Supaya permukaan mebel lebih rata Anda bisa menggunakan hand sander. Jika kesulitan menemukan alat, bisa juga dengan cara manual yaitu bantalan kayu. Cukup lilitkan kertas ampelas di bantalan kayu tersebut. 

Teknik mengampelas mebel kayu jati belanda pun harus benar yaitu searah dengan serat kayu. Khusus kayu ini Anda tidak perlu mengampelas terlalu lama karena jenis kayunya sangat empuk jadi lebih cepat halus. 

Tahapan 2. Pemberian Dempul Kayu 

Usai mengampelas saatnya untuk pendempulan. Fungsi dari pendempulan adalah menutup semua lubang pada kayu akibat cacat bawaan. Selain itu juga menutup pori yang akan menunjang hasil finishing menjadi lebih halus. 

Anda yang ingin mendempul mebel kayu jati belanda bisa menggunakan Biovarnish Wood Filler warna jati. Warna ini cukup coklat untuk menjadi dasaran warna walnut brown sehingga tampak lebih baik di akhir. 

Cara pendempulan tidak sulit, Anda tinggal mengisi lubang kayu dengan Biovarnish Wood Filler. Manfaatkan scrape untuk menekan sampai lubang terisi penuh. Sedangkan untuk melapisi pori di seluruh lapisan campurkan wood filler dengan air. 

Buat campuran dempul yang cukup kental lalu ratakan ke seluruh permukaan mebel kayu jati belanda. Jika sudah selesai, tunggu 20 menit dan lanjutkan dengan pengampelasan. Gunakan ampelas nomor 240 dan bersihkan debunya. Mebel pun akan lebih halus. 

Tahapan 3. Membuat Campuran Biovarnish Wood Stain Walnut Brown 

Anda tidak bisa sembarangan langsung mengaplikasikan stain. Walaupun Biovarnish adalah produk yang bisa diaplikasikan dengan kuas, namun ada teknik tertentu yang perlu diterapkan. 

Salah satunya adalah mempersiapkan larutan stain agar mudah diaplikasikan. Anda bisa mencampurnya terlebih dahulu menggunakan air. Khusus Biovarnish Wood Stain warna walnut brown, Anda bisa menggunakan viskositas 11-12 detik NK2. 

Viskositas ini akan menjamin finishing jadi lebih smooth setelah kering. Jika Anda tidak memiliki alat NK2 maka buat campuran dengan perbandingan 2 stain dan 1 air. Perbandingan ini kurang lebih bisa menghasilkan viskositas sama. 

Jangan lupa untuk pengadukannya harus dilakukan sampai rata. Jangan sampai masih ada stain yang mengendap, karena bisa mempengaruhi hasil warna mebel kayu jati belanda nantinya. 

Tahapan 4. Menguaskan Biovarnish Wood Stain Walnut Brown 

Kini saatnya bagi Anda untuk langsung mengaplikasikan stain. Khusus Biovarnish Anda bisa mempersiapkan alat berupa kuas dengan bulu nilon. Kuas ini bisa menghasilkan permukaan yang sangat halus. 

Tidak masalah jika Anda harus membeli kuas dengan harga mahal karena bisa menjamin kualitas finishing. Pada saat menguaskan ke permukaan furniture jati belanda Anda bisa mencelupkan sedikit kuas ke dalam larutan stain. 

Setelah itu buat satu sapuan panjang di permukaan mebel. Kemudian ambil sedikit cat kembali dan lanjutkan dari sapuan yang terakhir. Hindari untuk menguaskan stain bolak balik sambil menekan kuas terlalu keras. 

Cara yang salah justru bisa menyebabkan brush mark. Oleh karena itu, usahakan untuk menarik kuas dengan lebih ringan lagi. Penguasan pada mebel juga harus disesuaikan dengan arah serat.

Jika berlawanan dengan serat kayu maka hasilnya bisa jauh lebih kasar. Bekas sapuan cat pada furniture jati belanda akan lebih terlihat dari sebelumnya. Jadi usahakan untuk mengecek serat kayu sebelum menguaskan. 

Tahapan 5. Mengamplas Lapisan Stain dan Mengulangi Penguasan

Pada tahapan selanjutnya Anda harus mengampelas Biovarnish Wood Stain walnut brown yang sudah kering. Lama waktu pengeringan biasanya hanya 60 menit dan dilakukan tanpa penjemuran. 

Pengampelasan stain ini harus menggunakan aluminium oxide nomor 400 dan secara ambang. Lakukan sampai permukaan kasar menjadi halus, jangan sampai lapisan cat menghilang. 

Usai mengampelas Anda bisa membersihkan permukaannya dari debu ampelas agar siap dilapisi stain kembali. Warna yang lebih pekat dan gelap bisa didapatkan jika Anda mengulangi penguasan. 

Jadi ulangi tahapan keempat sampai warna menjadi pekat dan tunggu kering selama 60 menit sebelum akhirnya dilapisi dengan clear coat. 

Tahapan 6. Mengaplikasikan Biovairnish Clear Coat

Pada tahapan yang terakhir, Anda bisa memanfaatkan Biovarnish Clear Coat. Produk ini memiliki dua fungsi. Pertama adalah mengunci warna dari wood stain sehingga tidak mudah luntur. 

Kedua adalah agar memberikan tampilan mengkilap atau tidak pada mebel kayu jati belanda. Semua produk ini juga bisa digunakan untuk berbagai mebel yang bersentuhan dengan makanan. 

Misalnya kitchen set jati belanda, Anda bisa juga menggunakan Biovarnish Clear Coat gloss. Proses pencampuran larutan Biovarnish Clear Coat sendiri sama seperti stain. 

Gunakan perbandingan 2:1 jika ternyata kesulitan menakar dengan viskositas 12 detik NK. Pastikan juga bahwa larutan sudah diaduk hingga merata. Cara menguas juga sama yakni searah dengan serat kayu. 

Khusus lapisan clear coat Anda bisa menggunakannya sekali saja. Apabila sudah merata diamkan mebel kayu jati belanda selama semalaman. 

Cukup mudah untuk membuat mebel Anda yang tadinya berwarna putih atau kuning pucat menjadi warna coklat yang menawan. Warna walnut juga akan membuat furniture di rumah Anda tampak jauh lebih mewah. 

Apalagi mengingat jenis kayu walnut yang cukup mahal dan jarang di Indonesia, tidak heran jika warna walnut brown banyak diburu.