Mencari Finishing yang Ramah Lingkungan Pada Kursi Tamu Jati Minimalis

58
Mencari Finishing yang Ramah Lingkungan Pada Kursi Tamu Jati Minimalis

Mendapatkan finishing yang ramah lingkungan adalah peran penting yang harus dilakukan para pengrajin furnitur, pabrik dan juga pada DIYers. Jika Anda adalah pengusaha furnitur maka pastikan jika furnitur yang telah Anda ciptakan bebas dari bahan kimia yang berbahaya. Lapisan cat akan sangat membahayakn kesehatan pekerja, ibu rumah tangga dan semua orang yang menggunakan furnitur tersebut.

Alasannya adalah bahan pelarut cat atau resin sebagian besar membutuhkan solvent yang di dalam solvent mengandung logam berat seperti timbal, merkuri dan formalin yang sangat tinggi. Menghindari masalah kesehatan akibat adanya logam berat maka para pengusaha atau pengrajin furnitur harus lebih bijaksana dalam menyikapi pemilihan bahan finishing.

Seperti misalnya bahan finsihing yang harus dipiliha pada furnitur kursi jati tamu minimalis. Desain atau gaya minimalis menekankan kesedarhanaan namun memberikan banyak fungsi yang baik. Warna yang dominan untuk digunakan adalah warna putih atau warna natural yang memberikan kesan netral.

Maka pada kasus kursi tamu dari kayu jati maka warna natural adalah pilihan yang sangat tepat. Selain memberikan efek netral dalam gaya minimalis, warna natural akan memberikan efek menarik pada furnitur dari kayu jati. Keindahan dari kayu jati akan terlihat dengan sangat baik dan Anda akan memperlihatkan guratan dari lingkaran tahun yang tercipta dari alam.

CS Biovarnish

Jika kayu jati Anda lapisi dengan bahan cat yang mengandung solvent atau logam berat tinggi maka di dalam ruang tamu Anda akan banyak sekali toxic yang dihirup. Secara tidak sadar Anda membahayakan diri sendiri dan juga keluarga di masa mendatang. Anda yang ingin menghindari masalah ini baik kesehatan dan penampilan furnitur maka cat kayu yang ramah lingkungan sangat diperlukan.

Apa Itu Cat Kayu Ramah Lingkungan?

Hampir semuanya tentang cat kayu ramah lingkungan bergantung pada senyawa organik yang mudah menguap (VOC). VOC berada di balik bau cat yang tidak asing lagi, dan apakah Anda suka atau tidak, ia memiliki kekuatan yang membunuh otak. Cat tidak hanya melepaskan VOC ke lingkungan hidup Anda setelah aplikasi, mereka terus off-gas selama beberapa tahun.

Menurut Environmental Protection Agency (EPA), paparan VOC dapat menyebabkan sejumlah masalah, dari hanya gejala yang tidak menyenangkan hingga kondisi kesehatan yang parah. VOC dapat menyebabkan iritasi kulit, hidung dan tenggorokan tidak nyaman, sakit kepala, reaksi alergi pada kulit, kesulitan bernapas, sesak napas, mual, dan kelelahan. Pada akhir yang lebih parah, VOC mempengaruhi sistem saraf Anda dan menyebabkan emesis, epistasis, dan pusing. Bahkan, bertentangan dengan gagasan populer, EPA telah menemukan bahwa polutan sering dapat berada antara dua hingga lima kali lebih tinggi di dalam rumah daripada di luarnya.

Untungnya, ada banyak cat kayu interior dan eksterior di pasaran yang mengandung sedikit VOC atau tidak ada VOC. Tidak peduli jenis cat rumah ramah lingkungan apa yang Anda pilih, cari cat yang mengikuti regulasi yang telah ditetapkan oleh EPA. Cat ini akan mengandung rendah VOC sehingga tidak membahayakan.

Meskipun tidak ada standar resmi yang mengatur VOC di pengaturan non-industri, cat yang dipasarkan sebagai VOC rendah harus mengandung kurang dari 50 gram per liter VOC per pedoman EPA. Tingkat bervariasi menurut produsen cat, yang berarti bahwa Anda masih akan melihat sedikit bau cat baru sampai mengering. Namun, begitu bau itu hilang, VOC masih bisa mengeluarkan gas untuk waktu yang lama.

Kebanyakan cat VOC rendah adalah lateks (berbasis air) daripada berbasis minyak. Cat berbasis minyak yang sangat beracun mengandung sejumlah besar VOC. Jika Anda ingin ketersediaan warna pilihan seluas mungkin, Anda mungkin ingin melihat cat kayu VOC rendah daripada tidak menggunakan cat VOC atau cat alam.

Memilih cat kayu rendah VOC lebih penting daripada yang Anda bayangkan, bahkan untuk proyek-proyek perabotan ukuran kecil. Untuk pekerjaan pengecatan berukuran ruangan yang menggunakan 3 galon cat VOC penuh, Anda melepaskan 10 pon VOC di udara.

Penunjukan “nol VOC” sedikit membingkungann. Sama seperti produk makanan tertentu diberi label “bebas lemak” jika mengandung kurang dari satu gram, cat dapat diberi label nol VOC jika mengandung kurang dari 5 gram per liter. Namun, nol cat VOC adalah pilihan yang sangat sadar lingkungan, dan terutama bagi mereka yang sensitif terhadap bau yang kuat atau memiliki alergi.

Mengecat Kursi Tamu Jati Minimalis dengan Cat Rendah VOC

Anda yang ingin segera melakukan pengecatan kini sudah sangat mudah menemukan jenis cat yang rendah VOC. Salah satu produk yang direkomendasikan untuk digunakan tidak lain adalah cat Biovarnish. Produk Biovarnish series ini tersedia untuk berbagai macam warna kayu jati.

Mencari Finishing yang Ramah Lingkungan Pada Kursi Tamu Jati MinimalisJika Anda ingin melakukan pengecatan pada kursi tamu jati minimalis Anda sekarang juga maka cat Biovarnish series adalah pilihan yang sangat tepat. Sesuai dengan regulasi yang ditetapkan oleh ECHA dan US EPA, Biovarnish hanya mengandung VOC di bawah 50 gram per liternya sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk masalah pencemaran lingkungan.

Didukung dengan proses aplikasi yang mudah Anda bisa menggunakan tiga bahan secara bertahap untuk kursi jati dengan tampilan natural transparan yang sempurna. Biovarnish wood filler bekerja sebagai cat dasar, Biovarnish wood stain akan memberikan warna kayu sedangkan Biovarnish clear coat akan bekerja sebagai lapisan film pelindungan.

Ketiga bahan ini akan memberikan finishing dengan pori kayu tertutup namun tetap memberikan transparansi yang sangat jelas, jika Anda sudah siap berikut ini langkah-langkah aplikasi Biovarnish.

  1. Siapkan kursi jati yang telah Anda buat atau Anda beli. Pengamplasan diperlukan untuk memperhalus sekaligus membuka pori kayu demi mempermudah lapisan cat merekat dengan baik. Gunakan amplas grit 220 dan bersihkan debu amplas sesudahnya.
  2. Siapkan Biovarnish wood filler warna jati dan campurkan dengan sedikit air untuk pengeceran mempermudah proses aplikasi. Gunakan kain bal atau kain lap kering dan bersih kemudian usapkan secara merata ke seluruh permukaan kursi jati sambil ditekan. Jika terdapat lubang Anda bisa mengisinya dengan wood filler menggunakan pisau pallet. Tunggu lapisan mengering dan amplas dengan amplas 240.
  3. Lapisan kedua adalah Biovarnish wood stain (pilih warna jati kesukaan), campurkan wood stain dengan air perbandingan 4 bahan : 1 air aduk rata. Kuaskan secara merata ke seluruh permukaan kayu dengan kuas busa. Aplikasikan searah serat kayu dan tunggu kering selama 60 menit. Amplas ambang dengan grit 400.
  4. Lapisan akhir adalah Biovarnish clear coat Anda bisa memilih tampilan gloss atau matte. Gunakan clear coat yang telah dicampur dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air, kuaskan dengan kuas busa yang bersih searah serat kayu. Tunggu kering selama 24 jam.
CS Biovarnish