Tak Perlu Cat Motif Kayu, Teknik ini akan Membuat Kayu Bermotif Indah

Cat motif biasanya diaplikasikan pada berbagai jenis material seperti dinding atau furniture kayu. Harga cat motif kayu lebih mahal dibandingkan dengan cat biasanya. Walaupun hasilnya memang akan indah seperti motif kayu, tapi harga seringkali menjadi hambatan. 

Kreatifitas untuk mendapatkan motif kayu pada furniture tidak hanya berhenti disitu saja, Anda bisa membuat motif kayu hanya dengan jenis cat biasa. Hanya saja teknik yang digunakan harus tepat. Alat dan bahan finishing harus lebih dikuasai karakteristiknya. 

Dalam beberapa kali latihan saja, Anda bisa mendapatkan tampilan motif kayu yang sangat menarik. Jenis cat yang digunakan sebaiknya juga dipilih soal keamanannya. Cat yang aman akan lebih mudah diaplikasikan karena biasanya terbuat dari bahan dasar air. 

Cat yang menggunakan bahan dasar air biasanya mudah untuk dikuaskan dan pembentukan motif kayu lebih cepat. Tak hanya itu saja, cat juga akan cepat kering, artinya tidak perlu waktu lama untuk melakukan satu finishing dalam satu hari. 

Jenis Kayu yang Tepat untuk Dicat dengan Motif Kayu

Mengenal karakteristik serat kayu juga sangatlah penting. Tentu saja furniture kayu yang terbuat dari kayu jati tidak membutuhkan serat buatan. Alasannya adalah serat yang dimiliki jati sudah cukup indah. Sama halnya dengan kayu sonokeling, trembesi atau kayu merbau. Semua jenis kayu tersebut telah memiliki serat yang lebih indah. 

Jadi kayu apa saja yang bisa dicat dengan cat motif kayu? Biasanya jenis kayu yang digunakan tidak memiliki serat menarik atau warnanya yang justru terlalu pucat. Apa saja jenis kayu tersebut? Berikut ini pembagiannya. 

  • Kayu pinus atau jati belanda

Kayu ini adalah jenis kayu lunak yang memiliki warna pucat. Tidak hanya itu seratnya memiliki warna hampir sama sehingga tidak akan terlalu terlihat mencolok. Jadi pilihan cat motif kayu sangat cocok diterapkan pada kayu ini. 

 

  • Kayu sungkai

Tidak jauh berbeda dengan kayu jati belanda, warna kayu sungkai juga pucat dan sangat cerah. Warna ini jika hanya dilapisi dengan pernis justru akan membuat tampilannya semakin pucat. Maka memberikan serat kayu buatan pada furniture berkayu sungkai sangatlah penting. 

 

  • Kayu ramin

Masih dengan jenis kayu lunak, kayu ramin memiliki warna yang kekuningan. Warna ini juga akan lebih pucat ketika hanya dilapisi dengan pernis. Serat kayunya lurus dan berpadu sehingga tidak akan menarik. Jadi motif kayu buatan akan menjadi solusi yang terbaik. 

Cara Membuat Motif Pada Kayu dengan Wood Stain

Memiliki furniture dengan kayu yang tidak menarik bukan berarti Anda tidak dapat mengubahnya. Kapan saja tampilan dari furniture tersebut bisa diubah lebih menarik dengan hadirnya rubber grain. Alat ini berfungsi untuk membuat motif pada kayu lebih menarik. 

Ada empat langkah yang harus diikuti untuk membuat serat kayu buatan ini. Cat yang digunakan tidak lain adalah Biovarnish. Sudah siap untuk melakukan finishing motif kayu?H Hasilnya bisa mirip seperti serat kayu jati dan sangat indah. 

Persiapan Finishing Motif Kayu 

Furniture kayu harus dipersiapkan terlebih dahulu sebelum masuk pada tahapan pengecatan. Permukaan kayu harus dipastikan memiliki permukaan yang halus dan merata. Oleh karena itu pengamplasan harus dilakukan dengan benar. Dimulai dengan kertas amplas nomor 180 atau 220 tergantung tingkat kasar cat. 

Amplas dengan mesin atau balok kayu agar hasilnya rata. Pengamplasan juga harus searah dengan serat kayu. Bersihkan debu amplas dan sering ganti kertas amplas apabila amplas sudah memulai halus. 

Bersihkan debu amplas dengan kain microfiber yang telah diberi air. Debu yang sangat halus akan terangkat. Anda juga bisa membersihkan debu dengan mesin vakum. Setelahnya letakan furniture di ruang pengecatan, jangan lupa berikan alas di lantai plastik atau koran. 

Rubber Grain

Memberikan Warna Dasar pada Kayu

Warna kayu yang lunak cenderung pucat, sehingga penting untuk memberikan warna dasar terlebih dahulu. Cat yang digunakan untuk memberikan warna ini adalah Biovarnish wood stain. Ada 20 pilihan warna, tapi untuk cat ini sebaiknya pilih warna yang menarik seperti walnut brown atau salak brown. 

Proses aplikasinya adalah dengan mencampurkan wood stain dengan air. Gunakan perbandingan 2 bahan : 1 air. Aplikasikan dengan kuas berbulu nilon secara tipis saja. Tunggu permukaannya menjadi kering. Jika di beberapa bagian warna wood stain kurang tajam aplikasikan sekali lagi. 

Menciptakan Motif Kayu dengan Rubber Grain

Saatnya memberikan motif, sebelum mengaplikasikan pada furniture langsung, sebaiknya lakukan percobaan pada kayu lain yang tidak terpakai. Latihlah tangan untuk bisa menggunakan rubber grain dengan lihai. 

Motif akan dibentuk menggunakan Biovarnish glaze black. Glaze adalah jenis cat yang pekat sehingga memberikan warna lebih pekat daripada warna wood stain. Nah proses aplikasinya cukup mencampurkan glaze dengan sedikit air kemudian mengaduknya. 

Kuaskan glaze ke seluruh permukaan kayu harus mengkuti serat kayu. Setelah itu tanpa menunggukering gunakan rubber grain. Tarik dari atas ke bawah dengan arah vertikal dan ikuti bentuk motif kayu yang terbuat. Jangan sampai salah karena Anda hanya bisa mengulanginya satu kali. 

Jika sudah benar, tunggu kering namun jika salah bersihkan lapisan glaze dengan kain katun yang bersih dan kering. Ulangi dengan mengaplikasikan glaze secara merata baru gunakan rubber grain kembali. Apabila terlalu sering mengulangi, kayu akan memiliki warna yang semakin gelap. 

Proses Mengaplikasikan Top Coat

Pada tahapan terakhir, furniture yang sudah dibentuk motif kayu membutuhkan perlindungan dari top coat. Nah Anda bisa menggunakan Biovarnish clear coat matte atau gloss sesuai kebutuhan tampilan. Cara mengaplikasikannya cukup mudah, tapi setidaknya glaze harus setengah kering. 

 

Campurkan Biovarnish clear coat dengan air, kemudian aduk hingga merata. Kuaskan clear coat ke seluruh permukaan kayu hingga akhirnya merata. Diamkan selama semalaman hingga benar-benar kering dan siap untuk digunakan. 

Tips dan Trik Menciptakan Motif Kayu Sempurna

Saat mengaplikasikan motif kayu biasanya tidak akan langsung sempurna dalam satu kali aplikasi. Perlu proses belajar mengaplikasikan motif kayu pada permukaan triplek atau kayu lain yang tidak terpakai. Kunci utamanya adalah permukaan harus rata sehingga ketika menarik rubber grain akan lebih mudah. 

Memperlancar untuk proses pengecatan motif kayu, Anda bisa mengikuti tips dan trik berikut ini:

  • Memilih jenis rubber grain yang tepat. Pilih ukuran rubber grain sesuai dengan ukuran furniture. Khusus pada bagian kaki furniture gunakan rubber grain yang kecil, Anda bisa menggunakan ukuran besar pada permukaan furniture yang luas.
  • Cukup aplikasikan glaze dua kali saja, lebih dari itu hanya akan membuat warna furniture semakin gelap. Jenis kain yang bisa digunakan untuk menghapus glaze adalah kain katun. 
  • Hasil terbaik adalah mengaplikasikan clear coat dengan alat semprot. Tapi jika Anda hanya memiliki kuas, pilih kuas baru yang berkualitas serta berbulu halus. 

Artikel "Finishing Kayu"

About Us

Catkayu.com merupakan web official untuk produk Biovarnish, bahan finishing kayu water based yang aman dan ramah lingkungan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft.

WA: 082219357399

©2015 - 2019 CatKayu.com - All Right Reserved.