You are currently viewing Tips Memilih Warna Cat Kayu untuk Furniture Skandinavian 

Tips Memilih Warna Cat Kayu untuk Furniture Skandinavian 

Nuansa kayu mulai dari lantai sampai furniture adalah ciri khas dari desain skandinavian. Anda yang tertarik dengan desain ini harus mencari warna cat kayu yang tepat. Kesalahan pemilihan warna masih sering terjadi pada penerapan desain ini. 

Meskipun warna cat khusus natural kayu, ada beberapa tingkatan warna berbeda. Masing-masing tingkatan warna ini belum tentu sesuai dengan kebutuhan desain skandinavian. 

7 Tips Memilih Warna Cat Kayu pada Furniture Skandinavian 

Ciri khas lain dari desain skandinavian adalah menciptakan ruang besar yang terbuka dengan beragam perabotan yang fungsional. Misalnya saja kursi dengan desain sederhana serta minimalis dan penampilannya yang menarik. 

Selain soal warna lebih didominasi oleh warna-warna netral. Misalnya, warna putih yang bisa memberikan kesan luas, cerah serta lapang. Hanya saja khusus furniture kayu Anda tidak bisa serta merta menggunakan warna putih. 

Penting untuk memperlihatkan serat kayu sehingga Anda perlu memberikan wood stain. Tidak hanya perabotan, Anda juga bisa menggunakan tips berikut untuk menentukan warna cat kayu untuk pintu dan jendela. 

warna cat kayu untuk nacas desain skandinavia

1. Memperihatikan Jenis Kayu 

Jenis kayu akan mempengaruhi warna dan produk cat apa yang sebaiknya dibeli. Sembarangan memilih bisa mengakibatkan warna berubah menjadi lebih pucat atau justru kasar. 

Khusus untuk kayu yang lunak dengan pori berukuran besar Anda tidak bisa langsung mengaplikasikan wood stain. Dibutuhkan sanding sealer agar hasilnya merata. Sedangkan jika Anda menggunakan kayu keras seperti jati maka warna terbaik bisa diperoleh dengan menggunakan wood stain langsung. 

Anda bisa mengenali jenis kayu ini berdasarkan ukuran porinya. Semakin besar pori kayu maka akan lebih ringan. Efek lainnya adalah kayu menjadi lebih berat ketika pori berubah menjadi lebih kecil. 

2. Tingkat Transparansi Warna 

Warna cat kayu juga bisa berbeda sesuai dengan tingkat transparansinya. Terlalu transparan tidak bisa membuat kayu berubah menjadi cantik. Untuk tahu bagaimana tingkat transparansinya Anda bisa meminta sampel cat. 

Cek apakah transparansinya bagus sehingga serat kayu yang asli dapat terlihat jelas. Dengan hadirnya wood stain akan membuat serat berubah menjadi lebih indah. Hindari untuk menggunakan cat kayu dengan transparansi rendah. 

Pada saat diaplikasikan Anda akan kesulitan menampilkan keindahan warna kayu. Perhatikan transparansi cat ini dengan seksama. 

3. Letak dari Furniture 

Tips selanjutnya adalah menentukan warna berdasarkan letak furniture, apakah perabotan berada di luar ruangan atau di dalam. Furniture yang akan mendapatkan cahaya secara khusus baik alami atau buatan membutuhkan warna-warna yang bisa menciptakan kesan eksotis. Khusus desain skandinavian Anda bisa memilih warna jati atau sejenisnya. 

Pilihlah warna natural yang cenderung coklat kemerahan atau coklat tua. Hindari menggunakan warna natural cenderung putih karena membuat furniture tidak menarik. 

4. Warna Terbaik (Juga) Bergantung Alat Aplikasinya 

Anda harus bisa menemukan warna terbaik sesuai alat aplikasi yang digunakan. Menguasai penggunaan kuas dan semprot bisa jadi kunci utama sebelum memulai finishing. 

Saat ini dua jenis cat yang selalu berkompetisi adalah cat dengan aplikasi kuas dan semprot. Jika ingin mendapatkan warna yang halus, alat semprot adalah pilihan tepat. Namun, jika Anda ingin jauh lebih hemat, cat kayu kuas sebaiknya dipilih.

5. Warna Asli Kayu 

Pada saat memilih jenis kayu untuk furniture gaya skandinavian, Anda harus memilih dengan tepat. Warna kayu mempengaruhi efek pada gaya ini sekaligus warna catnya. 

Gaya skandinavian cenderung didominasi warna natural yang teran, maka dari itu pilih kayu seperti pinus, jati, meranti atau oak. Kayu seperti walnut atau sonokeling justru tidak tepat untuk dipilih. 

Khusus soal warna kayu Anda juga harus menyesuaikan dengan warna wood stain. Hindari untuk memberikan hanya pernis kayu saja karena tidak dapat mempertajam tampilan dari furniture. 

6. Pilih Warna yang Selaras dengan Lantai Kayu 

perpaduan warna cat kayu furniture Skandinavia dan lantai kayu

Jenis lantai apa yang Anda gunakan pada ruangan? Jika menggunakan parket atau kayu, pilih warna furnitur yang memberikan efek selaras. Hindari memilih warna yang kontras. 

Misalnya jika Anda menggunakan lantai kayu warna mid tone beige, furniture bisa dilapisi warna kayu jati. Beda lagi jika menggunakan lantai kayu warna walnut, maka warna kayu seperti mahoni akan lebih cocok. 

Mintalah katalog warna cat kayu terlebih dahulu kemudian cocokan dengan lantai di rumah. Tempelkan katalog warna pada atas lantai kemudian tentukan manakah warna yang paling cocok. 

7. Sesuaikan dengan Warna Tiga Objek Lain dalam Ruangan 

Tips menentukan warna cat kayu terakhir adalah menyesuaikannya dengan salah satu dari tiga objek di rumah. Misalnya Anda sudah memiliki kusen dan pintu warna natural, kemudian warna dekorasi seperti partisi kayu. Bisa juga menyesuaikan dengan kap lampu. 

Memberikan warna yang sama dengan obyek lain dalam rumah akan menciptakan kesan dominan dan tetap harmoni. Ruangan juga tidak akan mendapatkan kesan terlalu ramai karena menyesuaikan desain skandinavian yang cenderung simpel. 

Tips Menciptakan Desain Skandinavian dalam Ruangan 

Selain penempatan dan pemilihan warna cat kayu, perlu diperhatikan juga beberapa hal lainnya. Anda yang tertarik dengan desain skandinavian bisa cek beberapa tips tambahan berikut ini.

 1. Menambahkan Sentuhan Alam 

Meskipun terlihat minimalis, namun agar ruangan tidak terasa monoton Anda juga bisa memberikan kesegaran. Tambahkan tanaman di beberapa sudut ruangan untuk membuat ruangan terasa nyaman. 

Tanaman hias berupa daun bisa diletakan pada sudut ruangan atau di rak dinding. Pilihlah tanaman hijau yang berdaun lebar bukan tanaman kaktus agar ruangan terasa lebih sejuk. 

2. Memberikan Aksen Warna Biru Dongker 

Warna biru bisa membedakan desain interior skandinavian dengan desain minimalis. Selain warna kontras hitam putih, Anda bisa menggunakan biru dongker yang tidak terlalu biasa. 

Berikan akses warna ini pada bagian bantal sofa atau karpet. Bisa juga pada beberapa bagian dekorasi sehingga membuat kesan kontras dengan dinding putih. 

3. Pilih Furniture Gaya ModernW

Tidak harus menggunakan furniture gaya skandinavian, Anda juga bisa merombak furniture gaya modern di rumah. Cara ini justru lebih irit, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang. 

Tinggal pilih saja mana warna cat kayu natural yang ingin digunakan pada reparasi furniture. Hasilnya pun tetap memuaskan dan gaya skandinavian yang diinginkan bisa didapatkan. 

Inilah cara agar Anda bisa mendapatkan warna cat kayu tepat sekaligus desain interior skandinavian. Soal pemilihan produk catnya, Anda bisa menggunakan Biovarnish Wood Stain yang menyediakan 20 warna natural terlengkap.