You are currently viewing Tips Menciptakan Warna Charcoal pada Furniture Industrial 

Tips Menciptakan Warna Charcoal pada Furniture Industrial 

Saat melihat interior tema industrial Anda pasti akan melihat aksen batu bata pada dinding dan warna charcoal pada beberapa furniture kayu. Tidak semua furniture tema industrial menggunakan warna-warna cerah seperti jati. 

 Kesan yang diberikan oleh warna ini jauh lebih menarik dibandingkan warna-warna seperti mahoni atau jati. Ditambah lagi Anda bisa melakukan finishing dengan penambahan tekstur seperti rustic. 

Cara tersebut akan membantu furniture untuk tampak usang yang pas dengan tema industrial. Bagaimana cara Anda mewujudkan warna ini sendiri dan mengapa charcoal adalah warna yang tepat untuk furniture Industrial? 

Mengapa Memilih Warna Charcoal untuk Furniture Industrial? 

contoh warna charcoal yang sering digunakan

Tema industrial mengacu pada ekspos bangunan atau struktural. Misalnya dinding batu batu yang tampak jelas karena tidak melalui tahapan plamir. Bisa juga pipa-pipa saluran pembuangan atau air yang terlihat di beberapa sudut ruangan. 

Termasuk dengan furniture bekas yang memiliki tampilan rustic dengan warna arang gelap. Inilah alasan utama mengapa warna charcoal bisa menjadi alternatif pewarnaan pada furniture. 

Selain itu dominasi warna pada desain industrial antara lain adalah warna abu-abu gelap dan terang, coklat, merah bata dan juga hitam. Semuanya memiliki tingkat kilap rendah maksimal adalah tampilan satin. 

Warna charcoal yang cenderung ke arah matte dan kehitaman cocok dengan unsur warna pada desain ini. Jika biasanya warna abu-abu diciptakan pada bagian sofa, kini Anda bisa menggantinya menggunakan furniture kayu solid. 

7 Tips Wujudkan Furniture Warna Charcoal 

Menghasilkan furniture berwarna charcoal tidak harus dimulai dengan furniture kayu yang baru. Anda bisa menggunakan furniture lama di rumah dengan begitu bisa menghemat biaya. 

Apabila Anda mencari produk cat dengan warna charcoal sudah pasti tidak akan menemukannya. Pada dasarnya untuk menghasilkan warna ini Anda harus menggabungkan beberapa produk. Istilahnya mengoplos. 

Hal yang sama juga dilakukan oleh tim finishing pabrikan atau DIY. Nah, supaya Anda bisa mendapatkan warna yang sempurna, beberapa tips berikut dapat membantu. 

1. Memastikan Pembuatan Tekstur Rustic 

Sebelum mulai mengaplikasikan cat, Anda harus mengecek tekstur rustic yang dibuat. Tekstur ini bisa diciptakan dengan memanfaatkan alat seperti rantai besi, palu, paku, sikat kawat atau yang lebih canggih gerinda rustic. 

Alat-alat sederhana ini harus digunakan secara acak sehingga mampu menimbulkan kesan rustic alami. Anda bisa melihat beberapa contoh furniture rustic untuk membuat tekstur yang mirip. 

2. Warna Charcoal Bukan dari Grey 

Banyak yang salah mengira bahwa charcoal berasal dari cat warna abu-abu. Hasil keduanya berbeda, meskipun Anda memberikan cat warna grey berulang kali maka hasilnya tidak akan sama. 

Sebaliknya, Anda justru harus menggunakan cat berwarna hitam. Contohnya saja cat duco berwarna black dari Bioduco Solid Color. Demi mendapatkan warna charcoal  Anda tinggal memainkan intensitas larutannya saja. 

3. Perbandingan Bahan Pelarut 

Sesuai dengan yang dijelaskan, Anda perlu menggunakan cat duco warna hitam. Supaya hasilnya bisa berwarna layaknya arang maka perbandingan dengan bahan pelarut yang dibutuhkan adalah 2:1. Jumlah bahan yang digunakan lebih banyak dari pelarutnya. 

Pastikan bahwa bahan dan pelarutnya tercampur merata. Anda pun bisa mengecek viskositasnya agar mencapai 11 hingga 12 detik NK2. Hasil larutannya akan sangat pas. 

4. Menambahkan Glaze 

Warna black saja juga tidak cukup untuk memberikan kesan arang yang kuat. Anda perlu menambahkan glaze di atas lapisan cat duco. Glaze ini nantinya yang akan memperkuat tekstur rustic. 

Proses aplikasinya hanya perlu dioleskan sekali kemudian dilap agar tersisa pada bagian sela-sela kayu yang telah dirusak. Glaze juga akan meresap lebih banyak pada serat kayu sehingga tampilannya lebih jelas. 

5. Menggunakan Wood Stain 

Warna charcoal menggunakan wood stain, apa bisa? Tentu saja bisa, dengan Biovarnish Wood Stain warna sonokeling. Warna yang dihadirkan cenderung kehitaman mirip dengan arang. 

Kuncinya adalah tidak memberikan terlalu banyak bahan pelarut. Perbandingan yang digunakan adalah sama dengan bahan cat yang dituangkan. Jika Anda tidak menemukan cat duco warna black yang dibutuhkan, wood stain ini bisa menjadi alternatif. 

6. Gunakan Top Coat Terbaik

Charcoal adalah jenis warna yang tampilannya tidak mengkilap. Jadi jangan sampai Anda salah memilih untuk lapisan akhir yang satu ini. Sesuai dengan tingkat kilap yang tersedia, ada beberapa pilihan yang cocok. 

Pilihannya adalah satin, doff, matte atau death matte. Hindari penggunaan top coat gloss apalagi high gloss. Top coat jenis ini tentunya tidak akan sulit ditemukan, seperti tersedia pada cat Bioduco Top Coat. 

7. Teknik Mengaplikasikan Cat Duco

Jika jenis cat yang dipilih adalah cat duco, maka bukan hanya larutan saja yang diperhatikan. Bagaimana cara Anda mengaplikasikan juga harus tepat. Pertama, jika memilih kuas pilih jenis kuas yang berkualitas tinggi dan halus. 

Miringkan kuas 45 derajat searah dengan serat kayu dan sapukan secara ringan, jangan terlalu ditekan. Teknik ini akan mengurangi intensitas warna yang terlalu tebal dan warna charcoal pun akan diperoleh. 

Kedua, jika menggunakan spray gun maka Anda bisa memperhatikan jarak serta tekanan udara dari alat. Jarak ideal adalah 20 cm dan pastikan Anda sudah mencoba hasilnya pada permukaan kayu lain. 

Jenis Furniture dengan Warna Charcoal pada Interior Industrial 

perancangan warna charcoal pada furniture ruangan

Kira-kira apa saja furniture yang sebaiknya diberikan warna charcoal ini? Anda tidak bisa sembarangan memberikan warna karena hanya furniture tertentu saja yang tepat. Pada satu ruangan, Anda bisa menggunakan warna ini pada satu atau dua furniture saja. 

Tujuannya agar warna tidak terlalu mendominasi, penting juga untuk mengkombinasikan bersama warna lainnya. Berikut ini jenis furniture yang cocok menggunakan warna charcoal. 

1. Sofa Kayu di Ruang Keluarga 

Memberikan warna arang pada sofa kayu di dalam ruang keluarga sangat tepat. Jika Anda hanya menggunakan satu sofa panjang, maka aplikasikan warna arang. Jika kurang suka dengan efek rustic, Anda bisa juga bisa mencipatakan finishing flat. 

2. Kabinet Kayu di Ruang Tidur 

Memiliki kabinet kayu di kamar untuk menyimpan pakaian? Dibandingkan lemari, kabinet bisa menyimpan lebih banyak pakaian. Anda bisa memilih warna charcoal pada kabinet tersebut. Hanya gunakan warna ini di kabinet dan pilih warna lain pada tempat tidur apalagi meja rias. 

3. Meja Makan 

Suka berkumpul bersama keluarga di rumah sambil menikmati hidangan? Anda bisa menerapkan warna arang pada satu set meja makan. Hanya saja khusus meja makan, Anda perlu mengaplikasikan top coat satin agar mudah membersihkannya. 

4. Nakas di Ruang Tidur 

Cocok juga menggunakan warna charcoal pada nakas di samping tempat tidur. Dengan catatan tempat tidur berwarna kayu asli. Perbedaan warna akan menciptakan kesan unik pada interior kamar. 

Apapun furniture yang Anda pilih, warna charcoal bisa Anda ciptakan menggunakan produk Biovarnish atau Bioduco. Gunakan warna dan teknik aplikasi tepat agar hasilnya sempurna.