Kegiatan Memanah Makin Asyik dengan Peralatan Ini

190
Kegiatan Memanah Makin Asyik dengan Peralatan Ini

Ingin memulai kegiatan memanah? Hobi yang kini sedang naik daun di Indonesia ini memang sangat menyenangkan terutama bagi Anda yang ingin memiliki kegiatan olah raga stabil dan membutuhkan fokus yang tinggi. Olah raga panahan tidak hanya menggunakan fisik namun juga membutuhkan olah pikir fokus serta konsentrasi yang tinggi.

Tidak ada yang menduga bahwa olah raga yang dulunya dijadikan kegiatan berburu oleh manusia bahkan hingga saat ini bisa menjadi naik daun. Bahkan kini banyak sekali komunitas memanah yang ada di Indonesia.

Tidak perlu menjadi atlet panahan jika Anda ingin mahir dalam memanah. Anda bisa mengikuti komunitas panahan yang ada di daerah Anda. Komunitas ini mengumpulkan para penghobi panahan baik tua muda bahkan pria atau wanita.

Ya tidak peduli umur siapa saja bisa ikut dalam komunitas memanah. Selain berkumpul sesama hobi komunitas memanah juga dapat menjadi ajang Anda meningkatkan ilmu memanah. Sesekali komunitas ini diikuti oleh para atlet memanah tua maupun muda untuk mempermudah para penghobi mengetahui teknik menggunakan alat panah yang benar.

CS Biovarnish

Berbicara mengenai peralatan memanah, jika Anda ingin memulai melakukan kegiatan memanah, sudahkah Anda memiliki peralatan memanah yang dibutuhkan? Jika belum segera beli dan rawat sehingga peralatan panah yang digunakan dapat memenuhi hobi baru Anda.

Peralatan yang Digunakan untuk Memanah

Tidak akan terjadi kegiatan memanah jika Anda tidak mempersiapkan peralatan memanah yang tentu saja bisa Anda beli dimana saja. Peralatan memanah bervariasi mulai dari bahan dan harga yang diberikan.

Sebagai pemula tentu saja Anda tidak perlu membeli alat yang mahal kecuali Anda ingin segera menjadi profesional. Berlatih dengan alat sederhana dan tidak mahal bisa tetap membantu Anda untuk melancarkan kemampuan memanah sebelum menggunakan alat yang mahal.

Nah apa saja peralatan memanah yang membuat kegiatan memanah Anda menjadi semakin asyik? Berikut ini penjabarannya:

  1. Busur

Satu alat yang sangat penting dalam olah raga panahan adalah busur. Anda bisa memilih berbagai jenis busur sesuai modelnya. Model dari busur terdiri dari  longbow, tradisional, horsebow dan masih banyak lagi. Jika Anda pemula maka Anda bisa memilih dengan tipe standar yang terpenting adalah memilih ukuran sesuai dengan postur badan Anda. Panhang tarikan juga perlu diukur ketika menarik anak panah.

Memilih busur yang berat bukan bererti baik, jika Anda adalah pemula memilih busur tidak harus berat namun Anda perlu memilih busur yang mudah di bawa dan akan membantu Anda menentukan fokus.

Kegiatan Memanah Makin Asyik dengan Peralatan IniBusur terdiri dari berbagai macam bahan salah satunya adalah kayu. Busur kayu sama seperti yang digunakan oleh orang zaman dahulu untuk berburu. Di beberapa negara busur yang terbuat dari kayu dilarang namun di Indonesia Anda masih bebas menggunakannya.

  1. Tali busur

Apa fungsi busur jika tidak memiliki tali busur. Bagian ini sangat penting untuk menciptakan tarikan sebelum Anda melepaskan anak panah. Ada satu jenis tali busur yang disarankan untuk digunakan oleh para pemula yaitu string atau tali busur yang terbuat dari nilon.

Bahan tali busur dari nilon sangat mudah digunakan dan tidak menimbulkan rasa sakit ketika digunakan. Tali busur ini lebih lentur dan ringan untuk digunakan terutama oleh para pemula.

  1. Anak panah

Terakhir dari tiga alat yang dibutuhkan adalah anak panah. Sama seperti busur anak panah ada pula yang terbuat dari kayu. Ada lagi bahan yang digunakan adalah aluminium dan fiberglass. Bahan fiberglass memang banyak disarankan untuk para pemula namun sayangnya anak panah ini cukup berat.

Sedangkan anak panah yang terbuat dari aluminium adalah anak panah yang sangat ringan dan banyak digunakan oleh profesional panahan. Namun harganya yang sangat mahal akan sangat sayang sekali jika hanya digunakan untuk berlatih sebagai pemula.

Salah satu anak panah alternatif yang disarankan terbuat dari kayu. Anak panah ini memiliki fungsi yang baik dengan bobot yang cukup ringan bahkan mudah untuk dibersihkan. Jika Anda memilih anak panah yang terbuat dari kayu maka disarankan untuk melakukan perawatan yang tepat.

Nah kini sudah sangat jelas peratalan panahan yang perlu Anda persiapkan jika ingin memulai olah raga panahan sekarang juga. Menggunakan alat yang benar khususnya untuk para pemula akan mempermudah dan mempercepat Anda menguasai teknik memanah.

Perawatan dan Menjaga Penampilan Alat Panahan

Peralatan panah dari kayu membutuhkan perawatan. Perawatan ini akan membawa busur dan anak panah bisa digunakan dalam waktu yang lama. Anda akan menggunakannya di luar ruangan tentu saja akan mempercepat kerusakan dari anak panah dan busur dari kayu.

Kegiatan Memanah Makin Asyik dengan Peralatan IniPenyimpanan yang tepat juga akan mendukung Anda melakukan perawatan yang benar. Nah jika Anda ingin memiliki penampilan dari busur dan anak panah yang menarik maka Anda perlu melapisinya dengan bahan cat yang tepat.

Busur dan anak panah yang berwarna natural akan sangat cocok digunakan karena memperlihatkan segi estetika dari busur dan anak panah. Produk yang bisa Anda gunakan untuk finishing ini tidak lain adalah Biovarnish.

Dari produk Biovarnish ini Anda bisa memilih beragam warna dari wood stain yang tersedia untuk mewarna busur dan anak panah Anda. Proses aplikasinya sangat mudah hanya dicampur dengan air, kuas dicelupkan kemudian pengecatan dimulai.

Pengecatan juga akan melindungi anak panah dan busur dalam menyerap kelembaban. Apabila Anda ingin menggunakannya maka Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Memilih warna dari Biovarnish wood stain sesuai keinginan. Ada 20 pilihan warna yang bisa Anda dapatkan. Setelah itu siapkan air, kuas dan juga amplas nomor 400.
  2. Campurkan terlebih dahulu Biovarnish wood stain dengan air kemudian aduk rata. Gunakan kuas nilon yang halus dan celupkan sedikit bagian ujung bulu. Kuaskan searah serat kayu kemudian tunggu kering selama 60 menit tanpa dijemur.
  3. Amplas permukaan kayu secara ambang dan merata. Apabila Anda melihat warna yang didapatkan kurang sempurna, aplikasikan Biovarnish wood stain kembali dan tunggu kering kemudian amplas.
  4. Lanjutkan dengan lapisan akhir dari Biovarnish clear coat gloss. Campurkan clear coat dengan air dan kuaskan dengan kuas bersih ke seluruh permukaan busur dan anak panah. Untuk kering sempurna tunggu selama 24 jam tanpa dijemur.

Penggunaan lapisan akhir dari Biovarnish clear coat berfungsi untuk melindungi anak panah dan busur dari goresan. Wampilan gloss ini lebih tahan goresan dibandingkan tampilan kilau di bawahnya.

Lapisan film yang dibentuk ini tidak akan retak ketika Anda menggunakan busur. Seringkali para pemanah takut dengan lapisan cat pada busur yang retak akibat penggunaan. Namun untuk lapisan yang dibentuk dari clear coat Biovarnish selain keras namun juga lentur.

Kelenturan yang dibentuk ini menyesuaikan dengan permukaan media yang dilindungi. Jadi Anda tidak perlu khawatir karena produk Biovarnish akan Anda melindungi alat panahan dengan baik.

CS Biovarnish