Ciptakan Kursi Anak dengan Chalk Paint tanpa Mengamplas

Mengecat tanpa mengamplas? Apakah bisa berhasil? Banyak yang meragukan bahwa tanpa mengamplas furniture yang dicat akan menghasilkan tampilan sempurna. Mengamplas bisa menjadi kegiatan yang sangat banyak dihindari. Hal ini disebabkan, mengamplas adalah kegiatan yang membutuhkan feeling kuat. 

Proses mengamplas antar lapisan coating biasanya dilakukan dengan kertas amplas halus. Amplas akan digesekkan pada permukaan kayu secara ambang dan perlahan. Fungsi dari amplas ini adalah untuk menciptakan guratan pada permukaan coating sehingga lapisan cat di atasnya akan menempel dengan mudah. 

Kesulitan muncul ketika mengamplas terlalu keras akan membuat lapisan coating akan habis dan warna kayu akan muncul. Tentu saja hal ini tidak diinginkan, karena jika menambalnya dengan cat baru akan sangat terlihat. 

Nah kini masalah mengamplas tidak perlu dikhawatirkan karena sudah hadir Bioduco chalk paint yang bisa digunakan tanpa harus mengamplas. Sama seperti produk chalk paint dari luar negeri, cat ini terbuat dari bahan dasar air yang aman dan juga ramah lingkungan. 

Mengapa Bioduco Chalk Paint dapat Diaplikasikan tanpa Mengamplas?

Produk Chalk Paint

Apakah alasan Bioduco chalk paint bisa menempel walaupun tidak perlu mengamplas? Inilah yang menjadi rahasia produk chalk paint. Alasan utamanya adalah bentuk daya rekat yang tinggi sudah diberikan sejak masa produksi. Jadi tidak ada alasan ketika diaplikasikan cat tidak akan menempel. 

Bioduco chalk paint sendiri adalah cat primer coat dengan pilihan warna beragam. Artinya cat ketika diaplikasikan akan menutup warna dan serat kursi kayu. Sekalinya Anda mengaplikasikan, warna akan benar-benar berubah dan menempel. 

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah, jika Anda ingin mengaplikasikan cat hingga halus sebaiknya lapisan pertama harus ditunggu kering terlebih dahulu. Anda bisa memberikan beberapa lapisan coating yang tipis untuk membangun warna yang lebih tajam. 

Cat akan menutup dan mengeras tanpa adanya pengamplasan. Setelah kering, cat juga akan berkualitas dengan sangat baik mengikuti perubahan yang terjadi pada kursi kayu. Jadi walaupun tanpa pengamplasan, cat tidak mudah retak atau hasil cacat karena formulasi lainnya. 

Mengapa Kursi Kayu untuk Anak Harus Menggunakan Bioduco?

Ada satu alasan mengapa Anda harus mengecat kursi anak di rumah dengan Bioduco chalk paint. Alasannya adalah karena keamanan yang diberikan. Bahan dasar dari chalk paint ini adalah air, sehingga juga menggunakan bahan pelarut air, yang artinya cat tidak mengandung banyak logam berat. 

Hal ini juga diperkuat dengan adanya regulasi European Chemical Agency (ECHA) dan Environmental Protection Agency (EPA). Kedua regulasi inilah yang menjadi acuan pembuatan Bioduco chalk paint. Jadi Anda tidak menggunakan sembarang cat yang aman tetapi juga ramah lingkungan. 

Pembuktian bisa dirasakan ketika pertama kali membuka kaleng cat. Pada tidak akan mencium aroma keras yang menyimpang sehingga menimbulkan pusing. Tanda ini adalah cat tidak mengeluarkan gas amonia. Tanpa adanya amonia artinya, kandungan logam beratnya sudah dibatasi. 

Kini tidak perlu ragu lagi, Anda bisa mengecat kursi kayu untuk anak sendiri di rumah. Tanpa kesulitan harus mengamplas atau pun terganggu dengan bau yang biasanya muncul.Bahkan Anda bisa membuat kegiatan asyik bersama anak di akhir pekan untuk mengecat kursi belajar mereka. 

Langkah-Langkah Mengecat Kursi Anak dengan Chalk Paint

Mengecat Chalk Paint

Saatnya mengecat, kira-kira apa saja langkah yang harus dilakukan? Pertama adalah mempersiapkan mulai dari ruang mengecat, kursi kayu, peralatan dan juga bahan. Kedua adalah proses pengecatan, disini Anda akan melakukan pengecatan hingga hasilnya menjadi halus. Ketiga adalah waxing sebagai wujud proteksi pada kayu. 

Ketiga langkah tersebut bisa Anda lakukan dalam satu hari, jadi pada sore harinya semua pekerjaan mengecat sudah selesai. Sebelum memulai, pilih warna yang tersedia pada Bioduco chalk paint. Anda bisa menggunakan warna pink atau kuning kesukaan anak. 

Persiapan Mengecat Kursi Kayu Anak

Bersiap-siap, seperti yang sudah dijelaskan Anda bisa memulainya dari ruangan. Mana saja ruangan yang memungkinkan untuk mengecat? Anda bisa melakukannya di garasi, gudang atau teras belakang rumah. Pastikan saja ruangan tersebut memiliki sirkulasi udara yang baik serat pencahayaan yang terang. 

Ruangan juga harus dialasi agar cat mengotori lantai. Setelah ruangan siap, barulah melengkapi alat dan bahan yang dibutuhkan. Untuk alat dan bahan adalah sebagai berikut ini:

  1. Bioduco chalk paint
  2. Air
  3. Biopolish Beeswax
  4. Gelas plastik
  5. Kuas bulu nilon
  6. Kain katun bersih

Nah dilanjutkan dengan persiapan material untuk mengecat. Kursi anak harus bersih dan bebas kotoran. Pastikan Anda sudah membersihkannya dengan kain, terutama jika terdapat kotoran yang keras. Bersihkan dengan scrape. Tidak boleh ada debu dan kotoran menempel karena akan mengganggu hasil finishing. 

Jangan lupa lepaskan perangkat keras jika ada. Misalnya saja ornamen pada kursi yang tidak ingin dilapisi dengan cat. Anda bisa memasangnya nanti setelah cat pada kursi telah mengering. 

Proses Pengecatan Kursi dengan Chalk Paint

Kini setelah semua persiapan selesai, Anda bisa mengecat. Ajak pula anak Anda untuk menggunakan kuas dan menyapukan cat ke seluruh permukaan. Jangan takut tidak rapi, karena nanti Anda bisa merapikannya. Pertama adalah mencampurkan cat dengan air. 

Encerkan cat dengan sedikit air hingga tingkat kekentalan yang dibutuhkan. Kuaskan Bioduco chalk paint ke seluruh permukaan kursi kayu. Tidak perlu rapi namun tipis saja, jika anak mengecat terlalu tebal, sebelum kering tipiskan dengan kuas. Caranya sapukan cat dengan kuas ke satu arah yang panjang. 

Hasil lapisan pertama mungkin tidak rapi, tapi tidak masalah. Tunggu lapisan cat mengering selama 60 menit. Kemudian lanjutkan proses mengecat, kali ini Anda bisa melakukannya sendiri. Biarkan anak bermain di tempat yang lain. Nah kali ini Anda harus mengecat dengan rapi. 

Sapukan chalk paint ke permukaan kursi dalam satu sapuan kuas yang panjang. Jika masih muncul brush mark, tarik ke satu arah dengan kuas yang sedikit ambang. Haluskan dan ratakan. Kini tunggu cat benar-benar mengering dalam beberapa jam. 

Proses Waxing Kursi agar Tahan Lama

Terakhir adalah proses waxing, yaitu memberikan lapisan poles kayu pada permukaan kursi. Fungsinya adalah untuk menampilan permukaan yang sedikit mengkilap. Bahan poles juga akan membuat kursi bisa bertahan dari serangan jamur atau mikroorganisme yang lainnya. 

Bahan poles yang kali ini akan digunakan adalah Biopolish Beeswax yang 100% terbuat dari lilin lebah. Jadi sangat aman digunakan untuk furniture anak seperti kursi. Cara menggunakannya sangat mudah, setelah cat mengering, kuaskan Biopolish Beeswax dengan kuas yang baru. 

Sapukan beeswax ke seluruh permukaan kayu dengan merata. Setelah itu gunakan kain katun yang kering untuk menggosok semua permukaan kursi kayu. Hingga akhirnya tidak terasa lengket dan warna dari chalk paint berubah sedikit lebih shiny

Pemolesan adalah tahapan akhir, setelah selesai anak bisa langsung menggunakan kursi yang selesai dicat. 

Artikel "Finishing Kayu"

About Us

Catkayu.com merupakan web official untuk produk Biovarnish, bahan finishing kayu water based yang aman dan ramah lingkungan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft.

WA: 082219357399

©2015 - 2019 CatKayu.com - All Right Reserved.