Cat Kayu Besi Orchid Enamel untuk Mainan Kayu Aman Ramah Lingkungan

Faktor keamanan menjadi salah satu isu penting pemilihan cat mainan kayu. Namun kualitas cat juga harus diperhatikan dengan baik.

Apa itu Cat Mainan Kayu? Apa Perbedaan dengan Lainnya?

mainan kayu lucu

Mainan kayu bentuk ulat untuk anak-anak

Sebagaimana namanya, yaitu cat yang digunakan untuk mainan yang terbuat dari kayu. Sebenarnya, produk tersebut tak berbeda dengan jenis cat yang digunakan untuk mengecat produk kayu lainnya. Akan tetapi, jenis cat ini memerlukan persyaratan khusus dimana faktor keamanan harus benar-benar diutamakan.

Sebelum masuk ke dalam pemilihan cat, mengapa mainan anak harus menggunakan kayu? Kayu dipilih sebagai mainan anak karena banyak keuntungannya.

beberapa keuntungan menggunakan mainan anak yang terbuat dari kayu ini akan berefek pada kemampuan berfikir anak. Walaupun saat ini terdapat banyak sekali mainan anak lainnya yang terbuat dari bahan plastik, namun kayu adalah bahan yang paling aman.

Kayu akan menyelamatkan anak-anak dari bahan-bahan yang membuat plastik dan tentu saja berbahaya bagi kesehatan mereka. Terlihat seperti mainan jadul, kayu justru akan membawa keuntungan bagi anak-anak sebagai berikut ini:

√ Kualitas edukasi yang baik

Kayu akan memberikan kualitas edukasi yang baik bagi anak. Beberapa mainan anak klasik yang terbuat dari kayu, seperti kuda-kudaan dan puzzler termasuk balok yang disusun akan membantu anak membangun sebuah pemikiran yang urut. Cara ini sangat efektif untuk membuat anak nyaman bermain sambil belajar.

√ Konsentrasi lebih baik

Bermain dengan mainan kayu akan membuat anak dapat berkonsentrasi lebih baik. Jika anak tidak dapat memiliki kenyamanan dan konsentrasi baik, maka sodorkanlah mainan kayu dengan warna transparan. Bermain dekat dengan bahan alami akan menimbulkan ketenangan bagi anak sehingga akan meningkatkan konsentrasi mereka. Tidak hanya anak-anak saja beberapa remaja yang melakukan hal ini juga terbukti memiliki konsentrasi yang meningkat.

√ Kuat dan tahan lama

Kayu memang tidak lebih awet daripada plastik, namun bahan yang bisa didaur ulang. Ketika digunakan, kayu akan lebih kuat dibandingkan mainan plastik, sehingga membuatnya juga tahan lama. Jika diproduksi dan ditangani dengan baik, seperti telah diberikan bahan anti jamur atau anti rayap bahkan lapisan cat, maka mainan kayu akan tambah bertahan lebih lama.

Mainan kayu juga lebih stabil dibandingkan mainan plastik. Siapa saja yang menggunakannya tidak akan terjatuh selama konstruksi yang diciptakan kuat. Khususnya pada mainan yang akan dinaiki oleh anak-anak.

√ Meningkatkan imajinasi

Saat ini banyak sekali produsen mainan kayu untuk anak-anak yang memproduksi bentuk yang unik. Mainan ini tentu saja akan membuat anak-anak untuk berimajinasi lebih luas. Mainan dari kayu ini sangat simple, tidak menimbulkan suara yang berisik sehingga anak-anak dapat berkreasi dengan imajinasi yang telah mereka ciptakan sendiri.

√ Meningkatkan interaksi

Banyak sekali mainan anak dari kayu dari berbagai macam bentuk. Bahkan mainan ini bisa dimainkan sendiri dan dimainkan bersama dengan anak-anak lainnya. Ketika bermain bersama tentu saja anak-anak akan berinteraksi lebih baik dibandingkan mereka harus bermain sendiri. Ketika anak-anak bermain bersama kegiatan mereka tentu akan menjadi lebih seru.

√ Keamanan

Inilah yang akan menjadi topik utama. Apakah mainan anak-anak Anda yang terbuat dari kayu sudah dipilih dengan aman. Ada dua faktor keamanan yang didapatkan yaitu bentuk dari mainan yang aman serta bahan finishing yang aman digunakan pada mainan. Apakah tingkat keamanan ini sudah diperhatikan?

Walaupun mainan anak memiliki harga yang sangat mahal belum tentu mereka menggunakan bahan finishing yang aman juga. Kebanyakan produsen mainan anak-anak tidak memperhatikan hal ini, khususnya untuk mainan murah yang banyak dijual di pinggir jalan. Mereka akan memberikan cat kayu murah yang justru mengandung bahan organik sangat tinggi.

Masalah ini harus sangat dipahami oleh para orang tua yang akan memilih mainan anak. Para produsen bisa saja tidak mengetahui atau justru tidak mau tahu mengenai keamanan ini. Mereka akan memikirkan bagaimana mereka mendapatkan keuntungan dari usaha tersebut.

Bagaimana cara Anda bisa membedakan mainan kayu yang menggunakan cat berbahaya? Apa saja bahaya yang bisa diterima oleh anak Anda jika terlalu banyak menggunakan mainan yang mengandung ftalat ini? Tentu saja semua harus diperhitungkan karena jika tidak Anda justru akan meracuni anak.

Anak Bisa Keracunan Ftalat Hingga Formalin Mainan Kayu

Pasalnya, tak jarang cat yang ada di pasaran mengandung zat-zat berbahaya. Misalnya saja ftalat dan formalin. Keduanya, merupakan zat yang menjadi konsen banyak perusahaan mainan kayu. Efek ftalat maupun formalin sangat berbahaya karena dapat menyebabkan gangguan organ dalam, pertumbuhan terhambat, kecerdasan tak optimal, dan resiko kanker meningkat. Zat lain yang harus diwaspadai antara lain adalah timbal, merkuri, dan kobalt.

anak sakit karena mainan kayu berbahaya

anak sakit karena mainan kayu berbahaya

Kenapa zat-zat tersebut digunakan pada formulasi cat? Alasannya bermacam-macam. Formalin bisa berasal dari jenis solvent atau pengencer cat yang digunakan. Ftalat sering dimanfaatkan sebagai plastilizer agar lapisan cat lebih fleksibel. Sedangkan timbal kadang dimanfaatkan sebagai pewarna.

Bila zat-zat tersebut terpapar anak, efeknya akan berkalilipat lebih berbahaya dibanding ketika terpapar orang dewasa. Sebabnya:

  1. Tubuh anak lebih kecil, sehingga proporsi zat apapun yang masuk ke tubuh mereka punya dampak lebih besar
  2. Sistem pertahanan anak belum seoptimal orang dewasa
  3. Perilaku anak seperti memasukkan dan menjilati barang-barang -termasuk mainan- akan menyebabkan paparan lebih intens

Di banyak negara, terutama yang sudah maju, permasalahan ini sudah diregulasikan dengan baik. Sayangnya, di Indonesia, regulasi serupa masih berupa wacana atau belum diimplementasikan dengan tertib. Perusahaan mainan kayu sering harus mengambil inisiatif sendiri agar produknya diterima pasar.

Kualitas Hasil Finishing dan Kemudahan Aplikasi

Selain persoalan keamanan, kualitas hasil finishing juga patut jadi perhatian. Apalagi pasar mainan kayu merupakan pasar anak-anak yang akan lebih tertarik dengan finishing warna-warni mencolok indah.

Syarat cat untuk mainan kayu yang bagus lainnya adalah kemudahan aplikasi. Ingat, produk mainan memiliki ukuran jauh lebih kecil dibanding perabot kayu. Karenanya, teknik aplikasi paling pas adalah dengan pencelupan. Cat mainan kayu yang bisa dicelup sangat dicari oleh perusahaan-perusahaan.

Produk yang Kami Rekomendasikan

cat mainan kayu Biocolours

Seri cat mainan kayu Orchid Enamel Paint

Di antara berbagai jenis produk di pasaran, seri cat kayu dan besi Orchid Enamel Paint dari Bioindustries menjadi salah satu pilihan yang kami rekomendasikan kepada pembaca. Ada beberapa alasannya, yakni:

  1. Merupakan cat water based (pengencer air) yang sudah bersertifikat United States Environmental Protection Agency dan European Chemical Agency. Seri cat Orchid Enamel tak mengandung formalin, ftalat, timbal, dan bahan berbahaya lainnya.
  2. Mampu memberikan hasil finishing solid color untuk mainan maupun finishing yang masih menampakkan serat kayu alami.
  3. Hasil finishing lebih aman dari resiko gagal dibanding produk lainnya yang sering mengalami permasalahan seperti warna tak rata, mata ikan, dll.
  4. Mudah diaplikasikan. Produk Orchid Enamel bisa dikuas, dispray, hingga dijadikan bahan perendaman (sistem celup).

Demikian sedikit informasi dan tips memilih cat mainan kayu yang bagus. Semoga bermanfaat.