Apa Cat Kayu Besi Terbaik yang Bisa Anda Gunakan? Cek Dulu Produk Ini

Menggunakan cat kayu besi terbaik adalah pilihan yang fleksibel, apalagi saat anda akan melakukan renovasi rumah. Aplikasi cat kayu besi trebaik dapat anda gunakan untuk mempercantik berbagai furniture dan bagian pada rumah anda.

Orchid Finishing Pintu Lebaran

Tidak dapat dipungkiri bahwa lapisan cat kayu besi yang baru dapat mengubah ruangan atau bangunan. Cara ini  merupakan salah satu langkah renovasi rumah yang paling hemat biaya yang dapat Anda lakukan. Anda tidak hanya dapat menghemat banyak biaya namun juga menghemat waktu.

Melakukan finishing ulang adalah pekerjaan yang mudah dan dapat dilakukan siapa saja termasuk anda. Saat akan memulai proses finishing, sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu mengenai warna dan jenis cat yang akan anda gunakan.

Ada dua pertimbangan utama dalam memilih cat, yaitu warna dan tingkat glossy. Keduanya penting dan keduanya akan memiliki efek besar pada hasil finishing anda.

Pentingnya Memilih Warna Cat Kayu Besi Terbaik

Warna adalah topik utama yang paling sering dibahas saat akan memulai proses finishing. Untuk memutuskan warna apa yang akan anda aplikasikan, anda bisa mengecat beberapa panel untuk mengetahui seperti apa hasil warna pilihan anda.

Berikut adalah saran kami tentang pilihan cat kayu terbaik 2020 untuk berbagai bagian rumah Anda. Termasuk jenis cat primer dan cat enamel yang bisa anda pillih.

Cat Enamel Yang Aman, Cepat, Mudah, Warna Lengkap Dan Hemat - Cat Enamel

Selalu mulai proses finishing dengan menyiapkan permukaan media Anda. Jika ada permukaan yang berlubang segera isi dengan filler lalu amplas seperlunya. Pastikan juga media finishing sudah dalam keadaan bersih. Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan kain yang dibasahi. Hal ini dilakukan agar debu benar benar hilang  dan menempel pada kain.

Selanjutnya Anda perlu menerapkan lapisan primer atau under coat. Jika permukaan media baru baru ini anda cat, sebaiknya pilih cat dengan standar tinggi dan dengan warna yang sama.

Manfaat Aplikasi Primer Coat

Tahap yangtidak kalah penting dala proses finishing adalah penggunaan primer coat. Primer dapat memberi cat Anda sesuatu yang harus digunakan, menyempurnakan finishing dan daya tahan. Selain itu dapat memberikan warna yang lebih menonjol pada top coat Anda.

Jika funitur lama Anda berwarna biru gelap dan warna baru Anda adalah abu-abu telur bebek, Anda perlu lapisan bawah untuk mencegah warna biru agar tidak tembus pandang. Atau Anda juga bisa memilih untuk menghilangkan lapisan cat yang lama kemudian melapisi dengan cat warna yang baru.

Apa Itu Primer Untuk Kayu Temukan Primer Terbaik Untuk Digunakan - Primer Coat Solvent

Sebuah primer memberikan adhesi, menghambat kelembaban dan mencegah noda dan tanin datang melalui lapisan atas. Primer sangat penting ketika mengecat permukaan kayu atau logam karena menciptakan lapisan dasar. Terutama untuk bagian top coat dan dapat memberikan perlindungan terhadap jamur dan korosi.

Sealant dapat digunakan sebagai pengganti, atau dalam hal ini smaa seperti fungsi primer. Aplikasi sealant dapat memberikan adhesi, serta menyegel permukaan untuk menciptakan hasil akhir yang seragam. Lapisan bawah warna top coat Anda dapat membantu menghilangkan ketidak sempurnaan permukaan dan menghasilkan cakupan yang lebih merata.

Sealant atau yang lebih dikenal dengan sanding sealer adalah sama seperti primer namun untuk hasil warna transparan sedangkan untuk primer digunakan sebagai lapisan dasar pengecatan warna solid.

Untuk area basah seperti kamar mandi, binatu dan dapur menggunakan primer untuk bertindak sebagai sealant dan stain inhibitor. Pilihlah primer yang mengandung fungisida untuk membantu mencegah munculnya jamur dan lumut.

Pilih Tingkat Kemilau Anda

Sheen atau kemilau mempengaruhi akhir pekerjaan finishing Anda. Perlu anda ingat, semakin tinggi tingkat gloss semakin besar pantulannya. Jadi pertimbangkanlah hal ini ketika mengecat furnitur yang akan diletakan pada area yang dipenuhi cahaya.

Apa Cat Kayu Besi Terbaik yang Sudah Anda Gunakan?

Seperti yang kita ketahui, tujuan pengecatan salah satunya adalah untuk menyembunyikan ketidak sempurnaan  pada permukaan media. Cat dengan finishing matte direkomendasikan untuk furnitur yang klasik. Jenis cat ini dapat menawarkan lapisan padat yang indah. Tetapi hindari menggunakannya sebagai furnitur bahkan mainan anak-anak di mana furnitur dapat dengan mudah rusak karena goresan.

Anda dapat mengambil jalan tengah dengan menggunakan cat yang memiliki hasil tampilan gloss, satin atau egg shell. Tampilan furniture dengan finishing egg shell dimaksudkan untuk meniru warna dari kulit telur.

Egg shell akan berpadu dengan baik di ruang utama Anda seperti kamar tidur, ruang santai dan ruang makan. Satin adalah warna dengan tingkat kemilau yang tinggi. Warna gloss yang lebih tinggi berarti lebih tahan lama dan dapat digunakan di kamar anak-anak, lorong, dapur dan kamar mandi.

Umumnya cat gloss atau semi-gloss digunakan pada skirting, trim, pintu dan jendela. Atau detail apa pun yang ingin ditonjolkan seperti architraves atau cabinetry. Cat semi gloss atau gloss dapat menjadi pilihan yang baik untuk area basah, terutama kamar mandi dan binatu. Karena keduanya dapat digunakan dengan baik pada lingkungan yang lembab.

Memilih Jenis Cat Enamel Terbaik

Metalik, batu, mutiara, suede atau chalk paint hanyalah sebagian dari berbagai jenis cat di pasaran. Menciptakan tampilan yang indah pada dinding atau furniture di rumah anda dengan melakukan finishing bisa anda lakukan.

Pertimbangkan untuk menggunakan chalk paint di dapur Anda atau kamar tidur anak-anak. Cat ini adalah alternatif yang menarik untuk memperbarui tampilan furniture di dapur maupun kamar anak anak anda.

Cat gloss dan semi-gloss cenderung berbasis enamel, sementara cat doff umumnya berbasis akrilik. Secara umum, cat enamel dianggap lebih keras untuk dipakai. Karena dapat mengering lebih keras dan memiliki hasil akhir yang jauh lebih keras.

Pada sisi negatifnya, cat enamel membutuhkan waktu lebih lama untuk kering. Cat enamel juga sulit dibersihkan (biasanya diperlukan turps) dan memiliki bau yang sangat kuat saat anda mengaplikasikannya. Cat akrilik berbasis air dapat kering lebih cepat dalam beberapa jam. Sementara cat berbasis enamel atau minyak sering membutuhkan waktu kering lebih lama, bahkan hingga semalam.

Apa Cat Kayu Besi Terbaik yang Sudah Anda Gunakan?

Namun kini bagi Anda yang ingin mendapatkan cat enamel terbaik yang mudah kering. Memberikan hasil semi gloss maksimal dan juga tidak menimbulkan bau. Anda bisa segera menggunakan cat enamel water based Orchid. Produk cat enamel ini akan memberikan Anda banyak kelebihan dibandingkan cat enamel berbasis minyak atau solvent.

Proses pengeringan yang cepat tidak akan menghambat proses finishing Anda. Jika Anda ingin mendapatkan hasil warna bukan semi gloss bisa diwujudkan dengan menambahkan top coat doft. Jadi adna tidak perlu takut jika ingin  mengecat tempat tidur dari besi dengan penampilan doft.

Mengenal Cat Kayu Besi Orchid Enamel Paint

Cat kayu besi Orchid tersedia dalam 24 pilihan warna termasuk pilihan warna metalik. Jika ingin membuat ruangan tampak lebih gemerlap maka Anda bisa memberikan sentuhan warna gold dan juga pearl.

Kursi Rotan Berwarna Hitam Pekat Dengan Cat Enamel Orchid - Orchid

Cat kayu besi terbaik Orchid merupakan cat berbasis air dengan proses aplikasi hanya menggunakan kuas. Dengan aplikasi kuas Anda akan mendapatkan hasil yang halus. Selain itu, cat ini tidak perlu paparan sinar matahari untuk proses pengeringannya. Karena hanya dengan mengecat dalam ruangan cat akan tetap kering sempurna.

Anda hanya perlu menggunakan air saat akan mengaplikasikannya. Campurkan sedikit air kemudia kuaskan ke seluruh permukaan media hingga rata. Tidak akan ada bekas sapuan kuas dan Anda akan mendapatkan warna sesuai keinginan anda.

Cat Orchid Enamel ini dapat anda aplikasikan pada besi maupun kayu. Selain aman untuk diaplikasikan, cat ini juga sangat fleksibel untuk diaplikasikan pada berbagai jenis media finishing.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 Cat Kayu - by DH

CAT KAYU