5 Kreasi Warna Unik Meja Tamu dengan Cat Duco Kayu Chalk Paint

Kreasi meja tamu ber warna adalah salah satu bagian ruangan yang tidak terpisahkan, karena furniture ini penting digunakan ketika menjamu tamu. Furniture ini bisa dibuat dengan mudah melalui berbagai macam bahan, hanya saja apakah gaya yang ingin Anda terapkan?

3 Macam Teknik Finishing Kayu Rustic Yang Mudah Untuk Pemula

Menyesuaikan gaya, meja tamu harus di finishing dengan tepat. Tanpa pengecatan, meja akan tampak pucat ditambah dengan permukaan yang tidak halus. Tanpa lapisan cat, permukaan meja akan lebih cepat rusak. Jadi apakah meja tamu di rumah Anda sudah di finishing dengan benar?

Jika Anda ingin lebih kreatif dalam mengecat, maka Bioduco chalk paint adalah solusi yang sangat tepat. Cat water based ini akan memberikan warna-warna yang segar untuk meja di rumah, belum lagi cara aplikasinya yang sangat mudah. Dibandingkan dengan cat warna solid yang terlalu ‘cetar’,  Anda bisa menggunakan chalk paint.

Masalah keamanan cat pun akan terjamin, karena cat tidak mengandung logam berat yang terlalu tinggi. Ketika proses pengeringan furniture berlangsung, cat tidak menimbulkan gas yang menimbulkan polusi udara. Jadi menggunakan kreasi meja tamu yang memiliki warna sebagai furniture dalam ruangan akan lebih aman.

1. Kreasi Meja Tamu Shabby Chic dengan Warna Broken White

meja-tamu-shabby-chic

Mari temukan berbagai pilihan warna menarik dari Bioduco chalk paint. Salah satu warna yang menarik untuk dipilih adalah broken white. Warna ini cocok sekali untuk meja tamu dengan gaya shabby chic, dimana warna putih yang tidak terlalu terang yakni seperti susu.

Gaya finishing shabby chic juga semakin banyak digemari belakangan ini, terlebih dengan semakin berkembangnya trend rumah minimalis. Hal ini membuat segala hal yang berkaitan dengan finishing shabby chic bukanlah sesuatu yang sulit dan jarang ditemui. Karena semakin banyak pula yang menerapkan finishing ini untuk furniture rumah.

Proses aplikasinya pun sangat mudah, Anda bisa mengikuti beberapa cara berikut ini:

  1. Bersihkan seluruh permukaan meja dengan menggunakan kain. Lakukan pengamplasan pada permukaan kayu untuk mendapat hasil finsihing lebih halus. Kemudian, pastikan agar tidak ada debu atau kotoran yang menempel.
  2. Campurkan Bioduco Chalk Paint warna broken white dengan air. Dapatkan kekentalan yang tepat, Anda bisa melarutkannya hingga mencapai konsentrasi 20%. Atau setara dengan perbandingan 2 bahan : 1 air. Kemudian kuaskan cat hingga merata ke seluruh permukaan meja. Gunakan teknik menguas yang halus untuk mendapat hasil maksimal.
  3. Tunggu lapisan cat mengering kemudian aplikasikan sekali lagi hingga cat menutup warna kayu merata. Tunggu kering kemudian siap untuk di distress.
  4. Selanjutnya, amplas menggunakan kertas amplas nomor 180 pada bagian siku meja dan siku kaki meja. Amplas juga pada bagian atasnya di beberapa bagian secara acak, hingga warna kayu sedikit terlihat.
  5. Amplas dengan kertas amplas nomor 320 secara merata untuk menghaluskan kemudian bersihkan debu amplas. Anda bisa menambahkan beeswax untuk hasil sedikit mengkilap.

Hasil finishing ini akan terlihat usang di beberapa bagian. Sesuai dengan konsep shabby chic dimana furniture terlihat usang atau tua namun dengan warna yang lebih terang. Gaya ini cocok bagi Anda yang ingin mengedepankan kesan feminin dalam ruang tamu.

2. Meja Tamu Vintage dengan Warna  Sea Green

Selain shabby chic, Anda juga bisa menerapkan gaya vintage. Kedua gaya ini hampir berdekatan penampilannya, hanya saja warna yang dipilih yang membuatnya jadi berbeda. Kesan vintage lebih luas karena pemilihan warna nya bisa terang atau gelap. Sedangkan shabby chic cenderung menonjolkan warna terang (putih) yang akan sangat cocok dengan gaya dekorasi rumah minimalis.

Nah kreasi meja tamu yang menarik kali ini adalah dengan menggunakan Bioduco chalk paint warna sea green. Dengan hasil warna berupa hijau laut tapi termasuk jenis warna pastel sehingga tampilannya menjadi lebih lembut. Cara aplikasinya juga cukup mudah, Anda bisa mengikuti langkah langkah aplikasi sebagai berikut:

  1. Bersihkan seluruh permukaan meja dengan kain yang sudah dibasahi. Tunggu sebentar hingga kering.
  2. Siapkan cat Bioduco Chalk Paint warna sea green yang telah dipilih. Encerkan dengan air kedalam wadah plastik. Campurkan hingga warna yang dihasilkan sesuai kebutuhan. Larutkan hingga mencapai konsentrasi 20% atau bisa dengan takaran 2 bahan : 1 air.
  3. Aplikasikan menggunakan kuas bulu. Kuaskan cat dengan sedikit ditekan, hingga menciptakan beberapa bekas sapuan kuas. Lakukan penguasan cat ke satu arah yang panjang. Pastikan semua warna kayu tertutup cat.
  4. Tunggu cat mengering kemudian gunakan kertas amplas alumunium oxyde nomor 180. Amplas bagian siku meja dan permukaan hingga warna kayu sedikit terlihat. Lakukan pengamplasan ini secara acakagar hasilnya lebih menarik.
  5. Amplas meja kembali dengan menggunakan kertas amplas alumunium oxyde nomor 320. Lakukan pengamplasan hingga permukaan meja sedikit halus namun kesan brush mark masih terlihat.

Memberikan brush mark pada meja tamu akan menambahkan sedikit tekstur. Sehingga kesan vintage  dari warna hijau yang lebih gelap dapat terlihat. Tertarik dengan ide kreasi ini? Mudah saja, Anda bisa melndapatkannya dengan menggunakan warna sea green.

3. Kreasi Meja Recycle Vintage dengan Dua Warna

Jika Anda ingin mendapatkan tampilan yang sedikit berbeda, maka sebaiknya pilihlah untuk melakukan teknik finishing recycle vintage. Padukan dua warna dari Bioduco Chalk Paint yang akan memberikan tampilan kontras. Jadi warna pertama yang digunakan adalah warna terang dan warna kedua adalah warna gelap.

Nuansa recycle yang diberikan bisa dilakukan menggunakan scrape plastik. Jadi Anda tidak perlu mengaplikasikan cat dengan kuas. Meski terkesan membingungkan dna sulit dilakukan, Anda tentunya bisa melakukan finishing dengan mudah. Proses aplikasinya bisa dilakukan dengan mengikut beberapa langkah diantarnya sebagai berikut ini:

  1. Bersihkan permukaan meja tamu dengan menggunakan kain bersih. Pastikan tidak ada kotoran yang masih menempel dengan keras pada permukaan meja.
  2. Selanjutnya, Anda bisa menyiapkan cat Bioduco chalk paint yang akan digunakan. Campurkan cat dengan air bersih pada perbandingan 2 bahan : 1 air. Pada tahap ini, Anda bisa langsung membuat larutan dua warna yang berbeda. Setelah selesai, maka Anda perlu menyiapkan scrape plastik yang akan digunakan.
  3. Celupkan ujung scrape pada cat warna terang, kemudian tarik ke permukaan meja secara acak. Tunggu hingga kering, setidaknya sedikit merata jadi warna asli kayu yang digunakan tetap terlihat.
  4. Setelah kering, ulangi cara yang sama dengan menggunakan warna chalk paint yang lebih gelap. Tarik diatas warna yang tadi telah diaplikasikan. Biarkan warna pertama tetap sedikit terlihat.
  5. Tunggu semua cat mengering kemudian amplas seluruh permukaan meja yang telah difinishing. Anda bisa melakukan finishing dengan menggunakan kertas amplas alumunium oxyde nomor 400. Lakukan secara ambang untuk mendapat hasil permukaan meja yang halus.

Teknik ini lebih mudah untuk Anda lakukan karena Anda tidak membutuhkan kerapian. Hanya saja Anda perlu mengetahui bagian mana saja pada permukaan kayu tersebut yang harus diaplikasikan dengan cat. Paduan warna yang dipilih juga penting untuk menjadi bahan pertimbangan. Dan pastikan Anda menarik cat searah dengan serat kayu.

4. Meja Antik dengan Warna Dark Egg Blue

Memiliki dan menggunakan barang antik tidak hanya bisa dilakukan dengan memilih barang bekas. Seperti pada meja dengan finishing antik yang sebenarnya bisa Anda buat sendiri. Kesan antik, bisa Anda aplikasikan untuk furniture bergaya vintage.

Untuk menghasilkan warna furniture antik Anda juga membutuhkan glaze. Penggunaan Glaze akan memberikan kesan bakar yang cocok dengan tema furniture antik. Jadi sebaiknya Anda juga perlu menyiapkan produk Biovarnish Glaze berwarna brown. Sedangkan untuk warna duconya Anda bisa menggunakan cat Bioduco Chalk Paint warna dark egg blue.

Warna yang dihasilkan hampir mirip seperti hijau telur asin namun hasilnya akan lebih gelap. Langkah aplikasinya bisa Anda lakukan dengan cara sebagai berikut:

  1. Bersihkan permukaan meja kayu dengan kain. Pastikan tidak ada debu , minyak, maupun kotoran lainnya pada permukan meja kayu.
  2. Selanjutnya, campurkan Bioduco Chalk Paint warna dark egg blue dengan air ke dalam wadah terpisah.  Encerkan dengan perbandingan 2 bahan : 1 air. Kuaskan cat secara merata hingga halus ke seluruh permukaan meja. Tunggu hingga lapisan cat mengering.
  3. Setelah kering, buatlah efek distress pada meja seperti pada aplikasi cat dengan gaya shabby chic.
  4. Kuaskan secara merata cat Bioduco Top Coat matte yang sudah diencerkan untuk memperkuat lapisan.
  5. Lalu, kuaskan Biovarnish glaze brown yang sudah diencerkan dengan sedikit air. Tunggu 5 menit kemudian baru hapus cat dengan kain.
  6. Terakhir masukkan top coat kembali agar glaze mengering.

5. Meja Rustic dengan Warna Terakota

Hasil finishing meja kayu ini akan memiliki tekstur yang terlihat. Kesan rustic akan dibuat pada permukaan kayu. Ditambah dengan perpaduan warna Bioduco chalk paint terakota dan juga Biovarnish Glaze brown, warna coklat dengan guratan serat kayu yang diperkuat dari glaze.

Proses aplikasi dimulai dengan me-rustic meja yaitu sebagai berikut ini:

  1. Sikat permukaan kayu dengan sikat kawat sedikit ditekan hingga menciptakan tekstur. Ikuti serat kayu, kemudian bersihkan debu kayu.
  2. Campurkan Bioduco chalk paint warna terakota dengan air dan kuaskan merata tidak perlu halus ke permukaan kayu. Pastikan warna cat menutup warna kayu dan tunggu kering.
  3. Lakukan teknik distress kemudian lapisi dengan Bioduco top coat matte. Tunggu kering.
  4. Aplikasikan Biovarnish Glaze yang sudah dicampur air kemudian tunggu 5 menit dan hapus dengan kain.
  5. Terakhir aplikasikan kembali top coat dan tunggu kering semalaman.

 

Butuh inspirasi finishing lainnya dengan Bioduco Chalk Paint? Anda dapat mengakses beberapa kanal kami berikut ini untuk mendapatkan informasi tentang kreasi lainnya:

Website : https://www.biovarnish.com/
Facebook : https://web.facebook.com/biovarnish/
Instagram : https://www.instagram.com/biovarnish/
Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCLlPdr6osQD3eUWbLQDJJzQ

Dimanakah Anda bisa Mendapatkan Produk Ini?

Jika anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, silahkan hubungi HotLine kami disini : HotLine Bio. Atau melaui e-mail di [email protected]

Anda dapat membeli seluruh varian produk dari Bio Industries secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

https://www.tokopedia.com/biopaint102

https://www.tokopedia.com/bioindustrieso

https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

https://www.tokopedia.com/bioindustries

https://www.tokopedia.com/rayapjamur

https://www.bukalapak.com/u/agen_biovarnish

https://shopee.co.id/biovarnish.official

https://www.tokopedia.com/biovarnishseries

https://www.tokopedia.com/catkayu

https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bio Industries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55162
Phn / fax: +62 274 388301
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417
Phn: +62.291.598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154
Phn: +62 231 320759
e-mail: [email protected]

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Info News"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing, perawatan, dan pencegahan kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2020 catkayu.com - All Right Reserved.