5 Langkah Mengecat Lemari Pakaian Kayu dengan Cat Duco Chalk Paint

Lemari pakaian kayu tampak usang? Sudah saatnya Anda untuk mengecat ulang kembali. Jika Anda membeli lemari pakaian baru yang belum di finishing, maka Anda juga harus meluangkan waktu untuk mengecat. Proses pengecatan lemari tidak sesulit yang Anda bayangkan. Bahkan hanya dengan kuas saja, tampilan lemari bisa langsung berubah.

Apapun alasan Anda hendak mengecat lemari, pasti tujuannya adalah untuk memberikan penampilan baru yang lebih menarik. Mungkin saja lemari lama Anda sudah ditumbuhi jamur atau warnanya memudar.

Baca Juga : cara tepat mengecat lemari kayu dengan cat kayu waterbased

lemari pakaian kayu distress

Lemari pakaian kayu jati Anda bisa saja baru, tapi karena tidak yakin dengan hasil finishing tukang kayu maka lebih memilih mengecatnya sendiri. Tidak ada yang salah soal mengecat lemari pakaian kayu sendiri di rumah. Justru langkah ini kini banyak dipilih ibu rumah tangga, karena hasilnya bisa sesuai dengan yang diinginkan.

Pemilihan warna, cara finishing semuanya lebih mudah. Dengan adanya Bioduco chalk paint warna apapun yang diinginkan bisa didapatkan. Jadi seperti apakah teknik mengecat yang bisa dipraktekan untuk mengecat lemari? Yuk simak cara mudahnya berikut ini.

Cara Mengecat Lemari Pakaian Minimalis dengan Chalk Paint

https://www.youtube.com/watch?v=MMrAlAiYLTg

Bioduco chalk paint, adalah jenis cat kayu water based yang aman dan mudah pengaplikasikannya. Contoh finishing yang akan dilakukan pada kali ini adalah finishing lemari pakaian kayu minimalis. Lemari dengan tampilan minimalis biasanya memiliki warna terang atau justru gelap.

Disinilah, teknik sangat dibutuhkan, apakah Anda akan mengecat untuk hasil yang halus dan merata. Untuk mengecat, Anda harus menentukan terlebih dahulu warna apa yang ingin digunakan. Pastikan warnanya minimalis, Anda bisa menggunakan warna dari chalk paint seperti white, black atau terakota.

Langkah 1. Persiapan Pengecatan Lemari

Saatnya untuk persiapan mengecat lemari, tanpa persiapan hasilnya tentu tidak akan maksimal. Jika Anda ingin mengecat lemari lama, sebaiknya hilangkan semua lapisan coating yang lama terlebih dahulu. Apabila tidak ada lapisan coating, cukup dengan mengamplas permukaannya saja.

Siapkan juga berbagai bahan finishing yang akan diaplikasikan. Dari dempul kayu, cat pewarna kayu, hingga top coat yang akan digunakan. Pilih warna dan lakukan pengenceran jika perlu diencerkan.

Amplas permukaan lemari kayu dengan menggunakan kertas amplas alumunium oxyde nomor 180. Lakukan pengamplasan searah dengan serat kayu. Kemudian jika sudah selesai amplas lagi dengan amplas nomor 220. Lakukan pengamplasan dengan cara yang sama.

Terakhir bersihkan semua debu bekas pengamplasan dan pastikan sekali lagi jika lemari sudah benar-benar kering. Kemudian, lanjutkan dengan proses pengaplikasian berbagai bahan finishing yang telah disiapkan.

Langkah 2. Perbaikan Cacat Pada Lemari Kayu

dempul wood putty

Jika Anda menemukan beberapa cacat pada permukaan lemari, bisa ikuti langkah ini. Namun apabila tidak ada cacat sama sekali Anda bisa melanjutkan ke tahapan selanjutnya. Pada langkah ini Anda harus menandai bagian mana saja yang memiliki kerusakan baik dalam atau tidak.

Kemudian isikan bagian yang cacat permukaan pada lemari menggunakan Bioduco Wood Putty. Gunakan scrape untuk mengisi dan meratakannya. Tunggu hingga wood putty mengering kurang lebih 20 menit baru Anda bisa mengamplas permukaannya.

Amplas permukaan yang telah diisi dengan dempul kayu ini menggunakan kertas amplas alumunium oxyde nomor 240. Lakukan pengamplasan hingga rata dan bagian yang cacat sudah tidak terlihat kembali. Terakhir, bersihkan debu bekas pengamplasan hingga bersih.

Langkah 3. Proses Pengecatan Lemari Kayu Minimalis

Selanjutnya, Anda perlu mengaplikasikan cat yang suddah dipilih warnanya saat akan memulai pengecatan. Siapkan alat untuk pengecatan terlebih dahulu. Alat yang digunakan hanya kuas nilon dengan bulu yang sangat halus, atau bisa juga diganti dengan kuas busa.

Kemudian, campurkan Bioduco Chalk Paint dengan air bersih ke dalam gelas plastik atau wadah pencampur lainnya dan aduk hingga merata. Anda bisa melarutan cat Bioduco Chalk Paint dengan perbandingan 2 bahan : 1 air. Lalu kuaskan secara acak saja tidak harus langsung rapi.

Lanjutkan dengan mengaplikasikan cat ke seluruh permukaan lemari kayu hingga menutup seluruh permukaan lemari. Sebaiknya lakukan pengecatan secara berkala dari bagian dalam lemari kemudian barulah ke bagian luar. Jangan lupa untuk mengecatkan juga pada bagian sudut didalam lemari.

Tunggu lapisan pertama ini kering sentuh, biasanya membutuhkan waktu sekitar 60 menit. Baru Anda bisa melanjutkan dengan pengamplasan secara ambang. Amplas permukaan chalk paint yang sudah kering dengan amplas alumunium oxyde nomor 400. Jangan lupa untuk membersihkan debu amplas.

Langkah 4. Pengulangan Aplikasi Chalk Paint

Proses aplikasi kedua perlu dilakukan jika hasil aplikasi pada lapisan pertama dirasa belum maksimal. Aplikasi cat pada lapisan kedua ini juga harus menghasilkan permukaan yang halus dan juga menutup warna kayu. Caranya  sangat mudah, setelah dibersihkan dari debu amplas aplikasikan cat kembali.

Penguasan harus dilakukan secara ringan saja dan kuaskan ke satu arah. Lakukan penguasan searah secara horizontal dengan memegang kuas sedikit diangkat. Sudutkan kuas ke arah dalam 45 derajat dan tarik jika bisa dari ujung ke ujung.

Lakukan ke bagian bawahnya juga secara teratur. Pengecatan yang seperti diharapkan bisa mendapatkan hasil finishing yang bebas brush mark hingga ke seluruh permukaan lemari kayu. Hal ini juga yang mempengaruhi pemilihan bahan kuas yang digunakan untuk finishing.

Terakhir, tunggu lapisan cat kedua ini benar benar mengering. Setelah kering, ulangi proses pengamplasan kembali dengan kertas amplas nomor 400.

Langkah 5. Proses Pelapisan Top Coat

Anda sudah memberikan warna pada lemari kayu secara sempurna dengan chalk paint. Saatnya memberikan perlindungan pada lemari menggunakan Bioduco Top Coat. Aplikasi produk ini juga dilakukan sebagai tahap akhir dari rangakaian proses pengaplikasian bahan finishing yang diaplikasikan. Fungsinya adalah agar lemari pakaian tidak mudah terserang jamur baik itu bagian dalam maupun pada bagian luarnya.

Bioduco top coat adalah lapisan berwarna transparan yang tidak akan mengganggu hasil warna. Cara aplikasinya, campurkan terlebih dahulu Bioduco top coat dengan air menggunakan perbandingan 2 bahan : 1 air. Kemudian aduk hingga merata.

Kuaskan cat ke seluruh permukaan dengan cara yang sama seperti aplikasi chalk paint terakhir. Setelah merata cukup tunggu lemari pakaian mengering selama semalaman. Cat akan efektif memberikan perlindungan setelah kering benar.

Perawatan Lemari Pakaian Kayu agar Awet

Merawat lemari pakaian anak dan lemari pakaian sendiri sangatlah penting. Pengecatan adalah langkah awal agar lemari bisa bertahan dari serangan kelembaban atau panas dan juga jamur. Namun tahukah Anda bahwa cat saja tidak cukup, Anda yang menggunakan lemari juga harus melakukan perawatan secara berkala.

Baik itu lemari pakaian sliding atau jenis lemari lainnya harus dirawat dengan bahan lain atau mengetahui cara penempatannya yang benar. Apa saja yang harus dilakukan dalam perawatan lemari? Ikuti langkah mudahnya berikut.

√ Memberikan Pemolesan

Lemari bisa memiliki tampilan yang awet dengan mengkilap atau tahan serangan jamur dengan memberikan bahan poles secara berkala. Jenis bahan poles yang digunakan adalah Biopolish Linseed Oil. Dengan formulasi campuran beeswax dan beragam natural oil lainnya, lemari kayu akan lebih terlindungi. Setidaknya aplikasi Biopolish Linseed Oil ini bisa  dilakukan dalam waktu tiga minggu sekali.

Perawatan Furniture Kayu Biopolish Beeswax

Cara menggunakannya tentu saja sangat mudah dan aman. Anda bisa melakukannya dengan menguaskan Biopolish Linseed Oil ke seluruh permukaan lemari kayu. Selanjutnya gosok dengan kain katun yang kering dan bersih. Lakukan satu per satu permukaan saja, pastikan selesai menggosok permukaan tidak lagi lengket.

√ Mengatur Jarak Lemari dengan Dinding

Perawatan juga bisa dilihat dari bagaimana cara Anda untuk meletakan lemari. Sebaiknya letakan lemari sedikit berjarak pada dinding. Jangan sampai terlalu menempel karena akan membuat sirkulasi udara menjadi tidak berjalan dengan baik. Hal ini akhirnya akan menimbulkan kelembaban pada bagian belakang lemari.

Sirkulasi udara sangat penting di bagian belakang lemari, fungsinya agar kelembaban dari dinding tidak menjalar ke lemari dan sebaliknya. Dinding juga tidak akan mudah ditumbuhi dengan jamur. Untuk meminimalisir tumbuhnya jamur pada bagian belakang lemari akibat terlalu menempel pada dinding, Anda juga bisa mengaplikasikan fungisida.

Campurkan Biocide Surface Film Preservative pada saat Anda melakukan finishing lemari dengan Top Coat. Aplikasikan dengan konsentrasi 1% setelah diencerkan, kemudian campur dan aplikasikan sekaligus dengan top coat. Penggunaan produk Biocide SFP akan merawat lemari agar lebih tahan terhadap pengaruh jamur dan lumut.

√ Mengisi Lemari dengan Pakaian Secukupnya

Salah satu faktor lemari cepat rusak adalah karena kapasitas penyimpanan tidak sebanding dengan banyaknya barang yang ditampung. Dalam hal ini, sebaiknya Anda tidak menyimpan pakaian secara berlebihan daripada terpaksa melebihi kapasitas Penampungan lemari tersebut.

Akibat dari hal ini tentu akan merusak kondisi lemari, bisa dimulai terlebih dahulu pada bagian dalam. Pada bagian gantungan lemari akan cepat patah karena tidak kuat memangku beban yang berlebihan. Dan tentunya, rak di dalam lemari juga akan menjadi mudah melengkung.

Maka, kurangi jumlah pakaian yang disimpan pada lemari. Dan usahakan untuk jangan membuat kondisi lemari sampai terlalu penuh. Sebaiknya setiap bulan lakukan sortir pakaian yang sudah lama tidak digunakan. Lagipula, tidak ada salahnya untuk menerapkan gaya hidup minimalis.

Butuh inspirasi lain untuk menggunakan chalk paint?

Jika anda membutuhkan inspirasi lainnya mengenai teknik mengecat dengan chalk paint, tak perlu bingung. Karena ada berbagai inspirasi finishing lainnya yang bisa Anda lakukan menggunakan Bioduco Chalk Paint.

Dapatkan inspirasi finishing lainnya dengan mengakses kanal media sosial kami, beberapa diantaranya adalah:

Website : https://www.biovarnish.com/
Facebook : https://web.facebook.com/biovarnish/
Instagram : https://www.instagram.com/biovarnish/
Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCLlPdr6osQD3eUWbLQDJJzQ

Dimanakah Anda bisa Mendapatkan Seluruh Produk Ini?

Jika anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai seluruh produk yang ada di artikel ini, silahkan hubungi HotLine kami disini : HotLine Bio. Atau melaui e-mail di [email protected].

Anda dapat membeli seluruh varian produk dari Bio Industries secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

https://www.tokopedia.com/catkayu-com

https://www.tokopedia.com/biocide-official

https://shopee.co.id/catkayu_com

https://www.tokopedia.com/biovarnish-official

https://www.lazada.co.id/shop/cat-kayu-jakarta/

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bio Industries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55162
Phn / fax: +62 274 388301
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417
Phn: +62.291.598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154
Phn: +62 231 320759
e-mail: [email protected]

Scroll to Top