Cat Plitur Meja Kayu Jati untuk Mengembalikan Tampilan Warna Natural

Ketika sebuah meja kayu jati telah di finishing dengan pernis, plitur atau lacquer. Kemudian hendak melakukan re-finishing lapisan terakhir yang telah diaplikasikan harus diketahui terlebih dahulu. Anda tidak bisa mengaplikasikan lacquer di atas lapisan plitur water based. Ketika Anda mengetahui apakah jenis bahan finishing yang digunakan maka tidak perlu menghilangkan lapisan cat yang lama sepenuhnya. 

Bagaimana jika ternyata Anda tidak tahu lapisan apakah yang digunakan pada meja tersebut? Maka usaha yang lebih keras dan waktu re-finishing lebih lama harus ditempuh. Apabila lapisan coating lama mulai memudar bahkan mengelupas maka proses pengelupasan akan lebih cepat. 

Ada cara yang paling mudah untuk membedakan hasil finishing lama yaitu dengan thinner. Pertama tuangkan thinner pada permukaan meja. Jika reaksi yang muncul cat mulai melunak maka kemungkinan besar yang digunakan adalah lacquer. Sedangkan jika lapisan cat masih mengeras maka bisa saja lapisan tersebut adalah pernis atau plitur. 

Jika lapisannya adalah plitur maka Anda bisa menumpuk dengan lapisan baru. Proses pengamplasan yang dilakukan pun hanya sebentar. Namun jika Anda hendak menggantinya dengan plitur meja kayu yang aman maka hilangkan lapisan cat lama secara sempurna. 

Jenis Cat Plitur Meja Kayu Jati Aman untuk Re-finishing

Apakah cat aman yang bisa digunakan untuk meja? Memilih cat aman adalah keputusan yang tepat. Apalagi jika Anda berencana melakukan finishing pada meja makan atau meja yang nantinya digunakan langsung bersentuhan dengan makanan. Cat yang aman akan membuat makanan tidak terkontaminasi oleh bahan kimia dari cat. 

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa cat terbuat dari bahan kimia tidak terkecuali plitur kayu. Oleh karena itu pemilihan plitur meja yang aman sangat dibutuhkan. Lalu apakah produk plitur yang aman dan terpercaya untuk digunakan? Anda bisa menggunakan Biovarnish series. Produk ini adalah plitur kayu water based yang aman untuk refinishing meja di rumah. 

Plitur Biovarnish bisa digunakan dengan mudah. Alat yang direkomendasikan oleh pabrik untuk aplikasi adalah kuas. Jenis kuas yang digunakan adalah berbulu nilon atau kuas busa. Kedua jenis kuas ini akan menyerap cat dan meratakannya pada meja secara rata. Karena pilihan alat adalah kuas maka produk ini juga cocok digunakan untuk para pemula. 

Selain keamanan, ada beberapa kelebihan yang akan Anda temukan dari produk ini. Biovarnish series terdiri dari wood filler, wood stain dan juga clear coat. Produk yang berperan sebagai plitur kayu adalah Biovarnish clear coat. 

Aneka Keuntungan Penggunaan Biovarnish Clear Coat

Sebagai plitur kayu, ada beberapa keuntungan dari penggunaan Biovarnish. Bukan hanya terbuat dari air yang menandakan bahwa kandungan logam beratnya rendah, namun proses aplikasi secara keseluruhan sangatlah mudah. Hasill yang diberikan tentu saja tidak akan mengecewakan Anda. 

Apa saja keuntungan menggunakan Biovarnish clear coat? Berikut ini aneka keuntungannya. 

  1. Tampilan transparan 70% dengan pilihan gloss dan matte. 
  2. Hasil halus bebas brush mark dengan kuas dan teknik yang tepat. 
  3. Proteksi kuat dari kelembaban, sinar UV, perubahan cuaca, air, dan panas. 
  4. Daya sebar dan rekat yang kuat, membuat plitur Biovarnish tahan lama. 
  5. Waktu kering cepat, butuh 20 menit untuk kering sentuh. 

Berbagai keuntungan ini akan didapatkan oleh meja yang Anda miliki di rumah. Persiapan hingga hasil kering maksimal membuat produk ini menjadi sangat murah. Jika dibandingkan dengan plitur solvent harga juga lebih murah karena tidak membutuhkan thinner. 

Proses Re-finishing Meja Kayu Jati dengan Plitur Biovarnish Series

Langkah-langkah aplikasi plitur Biovarnish secara lengkap juga sangat cepat. Jika Anda bukanlah pekerja kayu, maka meluangkan waktu setengah hari untuk refinishing sudah sangat cukup. Mulai dari persiapan hingga proses keringnya tidak memakan waktu yang terlalu lama. 

Apalagi jika Anda memiliki meja kayu jati yang hendak di finishing. Biovarnish series menyediakan warna-warna kayu jati yang akan tampak natural. Serat kayu nantinya akan tetap terlihat seperti kayu jati asli. Jadi bagaimana proses aplikasinya?

Anda bisa menyiapkan bahan-bahan sebagai berikut terlebih dahulu. 

  1. Dempul jati (Biovarnish wood filler)
  2. Biovarnish wood stain warna gardena teak 
  3. Biovarnish clear coat gloss
  4. Kuas berbulu nilon ukuran 3 inci
  5. Gelas plastik
  6. Air
  7. Amplas aluminium oxide nomor 220, 240 dan 400

Cara mengecat dengan Biovarnish:

Langkah pertama, amplas permukaan meja kayu jati dengan amplas 220. Bersihkan debu amplas dengan kain kemudian. Pastikan lapisan coating lama hilang. Anda mungkin akan membutuhkan mesin amplas untuk mempercepat pekerjaan. 

Langkah kedua, ratakan Biovarnish wood filler jati dengan pisau palet. Ratakan hingga lubang cacat tertutup dan permukaan rapi. Diamkan 20 menit dan lanjutkan dengan pengamplasan. Gunakan amplas 240 hingga permukaan meja menjadi halus dan wood filler mengeras. 

Langkah ketiga, campurkan Biovarnish wood stain gardena teak dengan air. Perbandingannya adalah 4 bahan : 1 air. Aduk hingga homogen kemudian kuaskan ke permukaan meja kayu hingga merata. Tunggu 60 menit agar kering baru amplas halus dengan amplas 400. Bersihkan debu amplas, Anda bisa mengulangi aplikasi apabila warna masih kurang merata.

Langkah keempat, campurkan Biovarnish clear coat gloss dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Aduk hingga merata dan kuaskan dengan arah yang sama seperti aplikasi wood stain. Diamkan meja selama 24 jam atau semalaman. Simpan dalam ruangan yang kering. Melalui keempat langkah ini, meja akan selesai direfinishing. 

Tips Re-finishing Meja agar Berhasil Sempurna

Kesempurnaan hasil re-finishing meja selalu menjadi idaman para DIY. Jika Anda adalah pemula, bukan berarti hasil yang didapatkan tidak rapi. Bagaimana cara Anda bisa mendapatkan hasil yang lebih rapi? 

Caranya mudah, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini. 

  1. Pastikan penguasan wood stain dan clear coat searah dengan serat kayu. 
  2. Mengecat harus di dalam ruangan yang terang agar mudah mengecat bagian yang belum rata.
  3. Pengamplasan harus dilanjutkan dengan membersihkan debu dengan kain. Sisa debu hanya akan membuat finishing menjadi kotor. 
  4. Pastikan lapisan cat sebelumnya benar-benar kering sebelum mengamplas. Jika tidak Anda harus mengulangi lagi dari awal. 
  5. Pilih plitur gloss untuk meja karena tampilan ini mampu menyembunyikan cacat goresan karena penggunaan pada permukaan meja. 

Pastikan Anda selalu menggunakan produk plitur berkualitas untuk refinishing seperti Biovarnish clear coat. Jika tidak hasil finishing tidak dapat dipastikan kesempurnaannya. Karena hasil terbaik akan ditentukan oleh dua aspek yaitu produk yang digunakan dan teknik penguasan. 

Biovarnish adalah produk terbaik yang akan Anda temukan di Indonesia. Menggunakannya tidak akan mengecewakan, terlebih lagi tingkat keamanannya sangat tinggi. Selama proses pengecatan Anda tidak akan mengalami pusing atau batuk karena terganggu aroma menyengat dari cat. 

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.