Cat Kayu Biovarnish Menyulap Tampilan Natural Meja Kayu Trembesi

Apakah Anda sedang memilih kayu trembesi untuk dijadikan meja? Kayu trembesi hadir menjadi salah satu pilihan material yang terbaik. Ada banyak keuntungan jika meja di rumah menggunakan kayu ini baik dari sisi tampilan dan juga ketahanannya. Ditambah lagi proses finishingnya sangat mudah yaitu dengan Biovarnish

Jika Anda menggunakan Biovarnish, meja kayu trembesi mampu menampilkan kesan natural yang maksimal. Ditambah lagi proses finishing dengan kuas menjadi andalan yang tidak bisa diremehkan oleh para DIY. Pada tahapan profesional, mengecat memang menggunakan alat semprot tapi kini tidak lagi. 

Cara Mengecat Kayu

Ada beberapa keunggulan dari Biovarnish selain memperbaiki tampilan yang natural. Pertama produk ini lengkap karena terdiri dari wood filler, wood stain dan juga clear coat. Kedua produk ini terbuat dari bahan dasar air sehingga aman digunakan. Ketiga adalah perlindungan yang maksimal. 

Meja kayu trembesi yang dilindungi oleh Biovarnish akan tahan terhadap serangan, sinar UV, rayap dan juga kelembaban yang menyebabkan jamur. Jadi meja pastinya akan bertahan lebih lama dengan tampilan yang tetap natural cerah. 

Keunggulan Meja dari Kayu Trembesi

Apakah Anda masih ragu menggunakan material kayu trembesi untuk meja di rumah? Mungkin Anda belum mengetahui bahwa kayu ini memiliki beragam keunggulan. Bahkan para profesional memanfaatkan kayu trembesi sebagai ganti kayu pinus yang kualitasnya lebih buruk. 

Adapun beberapa kelebihan dari kayu trembesi adalah sebagai berikut:

Warna yang unik

Keunikan dari kayu ini terletak dari warnanya yaitu perbedaan dari warna gubal dan terasnya sangat berbeda jauh. Kayu gubal berwarna lebih gelap daripada bagian terasnya sehingga menciptakan perpaduan warna kontras. Oleh karena itu penting sekali untuk memberikan warna natural pada kayu ini. 

Dua warna sekaligus dalam satu kayu, membuat Anda memiliki dua pilihan finishing. Pertama tetap mempertahankan warna asli, atau menyamakan warna teras seperti warna gubalnya. Namun apapun warna yang dipilih, kayu ini tetap akan memiliki keindahan yang sangat unik. 

Seratnya yang terlihat jelas

Mendukung warna kayu yang unik, serat kayu trembesi juga sangat unik mirip seperti kayu jati. Tidak heran jika kayu ini sering disebut sebagai kayu jati muda. Serat kayunya lurus tidak beraturan dan jika dibelah tengah akan terlihat sekali lingkaran kayu. 

Jadi banyak orang yang memanfaatkan top table dari kayu trembesi untuk memperlihatkan keindahan seratnya. Anda bisa dilihat berapa umur dari kayu dengan melihat jumlah lingkaran tahun ini. 

Meja Kayu Trembesi Tampil Natural Dengan Biovarnish - Meja Kayu Trembesi

Ukurannya yang cukup besar

Kayu trembesi bukanlah jenis kayu yang sering digunakan sebagai bahan pembuatan plywood. Kayu akan dijual utuh dan langsung dibentuk menjadi meja atau kursi demi memperlihatkan keindahan warna dan seratnya. Karena dijual dalam ukuran yang besar, Anda akan lebih mudah melakukan pembentukan dan berbagai desain bisa diterapkan. 

Cukup keras namun mudah dibentuk

Kayu termasuk dalam golongan kayu keras, tapi tetap mudah untuk dibentuk. Jadi jika Anda ingin memotong kayu tidak akan cepat menumpulkan pisau pada gergaji. Inilah keunggulan kayu trembesi yang akan mempercepat proses pengolahannya. Sayangnya kelebihan ini tidak bersamaan dengan tingkat keawetan kayu. 

Satu kekurangan kayu ini adalah tidak tahan terhadap serangan rayap, oleh sebab itu perlu bantuan pernis kayu anti rayap yang melapisi bagian luarnya. Menutup dari kekurangan meja kayu trembesi, maka Biovarnish harus digunakan. 

Finishing Natural Meja Trembesi dengan Biovarnish

Biovarnish terdiri dari tiga jenis produk dimana masing-masing akan memiliki fungsi tersendiri. Tiga produk tentunya akan lebih mudah diaplikasikan dibandingkan mengikuti langkah pengecatan secara pabrik. Biasanya meja pabrikan akan membutuhkan empat produk termasuk di dalamnya sanding sealer. 

Melalui tiga produk dari Biovarnish ini, finishing meja trembesi bisa dilangsungkan dengan cepat. Namun tetap memenuhi fungsinya dan tidak mengurangi kualitas perlindungannya. proses pengecatan akan menggunakan kuas dengan bahan pelarutnya adalah air. 

Anda cukup menggunakan masker selama proses mengecat, karena Biovarnish tidak menimbulkan alergi pada kulit normal. Ada tiga langkah yang bisa diikuti termasuk dengan perawatan meja setelah pengecatan selesai. 

Cat Plitur Kayu Pernis

Persiapan Pengecatan

Tahapan awal adalah persiapan dimana Anda harus mempersiapkan ruangan, alat, bahan dan juga substrat meja. Fokuslah pada ruangan dan juga meja kayu, ruangan harus bersih serat terang. Usahakan cahaya lampu terang dari arah atas dan sirkulasi udara baik, karena proses pengeringan dilakukan di dalam ruangan. 

Substrat kayu trembesi harus di amplas terlebih dahulu. Anda bisa memanfaatkan amplas nomor 180 atau 220. Amplaslah menggunakan balok kayu sehingga hasil permukaannya tetap rata. Untuk meraih tingkat halus yang baik Anda harus sering mengganti kertas amplas jika pasirnya sudah habis. 

Teknik mengamplas harus searah dengan serat kayu agar hasilnya rapi. Tidak perlu membasahi amplas dengan kayu, karena akan mempengaruhi tingkat kelembaban meja. Setelah selesai mengamplas bersihkan debunya dengan kain. 

Teknik Mengecat dengan Kuas

Jenis kuas yang digunakan harus kuas berbulu nilon karena akan menyerap air dengan sempurna. Hindari menggunakan kuas berbulu alami yang akan mudah kaku jika digunakan dengan cat Biovarnish. Sisanya alat yang digunakan sama seperti ketika mengecat pada umumnya. 

Ada beberapa teknik pengecatan yang perlu diperhatikan. Susunan bahan yang diaplikasikan adalah wood filler, wood stain dan terakhir adalah Biovarnish clear coat. Berikut ini teknik menguaskan Biovarnish pada masing-masing layer:

  1. Larutkan Biovarnish wood filler dengan sedikit air, kemudian kuaskan langsung jangan menunggu bahan mengendap. Kuas harus searah serat kayu trembesi, tunggu kering 20 menit dan amplas ambang dengan amplas 240. 
  2. Larutkan Biovarnish wood stain dengan warna pilihan bersama air. Aduk merata dan kuaskan ke permukaan meja searah dengan serat. Tunggu kering 60 menit kemudian amplas ambang. Pengamplasan menggunakan amplas nomor 400. 
  3. Larutkan Biovarnish clear coat dengan air, kuaskan ke permukaan meja trembesi. Terakhir tunggu proses kering selama semalaman atau 24 jam. 

Cukup mudah bukan teknik mengecatnya. Anda hanya perlu menyapukan Biovarnish ke permukaan searah serat kayu. Serat kayu trembesi sangat mudah dilihat karena ukurannya yang cukup besar dan berwarna lebih tajam. Jadi Anda tidak akan pernah salah dalam teknik mengecat dengan kuas. 

Perawatan Meja Trembesi yang Tepat

Selepas proses pengecatan selesai, ada satu hal yang tidak boleh dilewatkan yaitu perawatan. Proses perawatan akan membuat meja kayu trembesi bisa bertahan lebih lama. Ditambah lagi perawatan tidak memakan waktu yang lama. Cukup dengan sedikit polesan kayu yang tipis tampilan meja akan kembali cemerlang. 

Anda bisa menggunakan Biopolish Beeswax yang aman dan ramah lingkungan. Apalagi jika meja trembesi digunakan sebagai dining table. Produk ini adalah poles kayu yang aman jika bersentuhan dengan makanan. Proses aplikasinya pun sangat singkat. 

Cukup poles meja dengan sedikit Biopolish Beeswax. Gosok bahan poles ke permukaan kayu dengan kain katun yang bersih dan kering. Lakukan secara berkala setiap satu bulan sekali. 

Meja Kayu Trembesi Tampil Natural Dengan Biovarnish - Biopolish Beeswax

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.