Aplikasi Cat Mudah untuk Tampilan Warna Kekuningan Natural Kayu

Cat untuk kayu warna natural kekuningan tidak perlu langkah sulit untuk aplikasinya, hanya dengan kuas dan dengan produk cat untuk kayu Biovarnish yellow ox.

Sobat finishing bagaimana kabar Anda? Saatnya Anda mempersiapkan tampilan rumah beserat perabotannya tampil sangat baru. Jika Anda memiliki banyak perabot, tidak perlu susah-susah untuk menggantinya dengan yang baru. Cukup Anda lakukan proses refinishing saja. Melakukan proses refinsihing pada perabot lama dengan tujuan mengubah warna menjadi lebih baru bisa Anda lakukan sendiri tanpa bantuan tukang. Yang perlu Anda persiapkan hanyalah produk cat untuk kayu, produk remover dan juga alat-alat untuk melakukan finishing.

Sebelum memulai proses finishing sangat penting bagi Anda menentukan hasil refinishing apakah yang Anda inginkan. Jika Anda menginginkan hasil yang natural maka Anda bisa melihat dari jenis kayu yang digunakan serta lapisan coating sebelumnya.

Pengamatan ini sangat penting karena akan menentukan apakah hasil akhir yang akan Anda dapatkan sesuai dengan yang diharapkan. Apabila lapisan coating yang lama memiliki warna kayu yang gelap bahkan warna solid Anda tidak perlu ragu apabila Anda ingin mendapatkan hasil warna kayu natural. Dengan produk remover Anda bisa mendapatkan warna natural kayu kembali walaupun lapisan coating sebelumnya adalah warna solid.

Warna Natural Cat Kayu

Memilih warna natural bukan hanya warna kayu saja, atau Anda menentukan cat untuk kayu sesuai dengan warna kayu. Misalnya kayu yang digunakan adalah warna kayu mahoni lalu Anda harus menggunakan warna gelap untuk hasil finishing naturalnya.

Kini hal tersebut sudah tidak berlaku lagi, karena jika Anda menginginkan hasil finishing warna natural yang terang, Anda bisa menggunakan bahan blaeching kayu. Bahan bleaching ini adalah bahan yang  akan membuat warna kayu gelap berubah menjadi lebih cerah.

Nah terakhir adalah Anda menentukan warna natural apakah yang akan Anda gunakan karena kini proses refinishing tidak tergantung dengan warna kayu saja. Produk cat kayu Biovarnish menghadrikan berbagai macam pilihan cat kayu warna natural yang bisa Anda gunakan. Namun untuk jenis warna yang paling menjadi warna favorit dan juga termasuk dalam lima warna unggulan adalah yellow ox.

Warna yellow ox adalah warna yang dihadirkan untuk tampilan kayu natural yang cerah namun juga kekuningan. Tampilan warna kekuningan sendiri mirip seperti warna kekuningan dari kayu sungkai atau kayu ramin. Warna kuning natural ini bisa digunakan dalam berbagai macam gaya. Jadi tidak ada salahnya apabila Anda memilih warna natural dari yellow ox untuk mendapatkan tampilan yang baru pada furnitur Anda di tahun 2018.

Pilihan Jenis Cat Menentukan Hasil Warna

Kembali lagi ke persoalan masalah warna. Pemilihan warna ini bisa disebabkan dari dua hal yaitu dari jenis produk yang Anda gunakan dan kedua adalah dari selera.

Penentuan warna sesuai selera tentu saja sangat mempengaruhi karena ada banyak  sekali warna natural kekuningan dari berbagai macam produk cat untuk kayu.

Anda bisa saja memilih warna natural kekuningan dari tiga produk yang memiliki pilihan warna yang sama. Namun pasti akan terlihat perbedaan warna yang dihasilkan. Memilih warna juga harus sesuai dengan produk yang akan digunakan.

Kebanyakan produk akan menawarkan bahwa warna yang diberikan adalah warna yang tajam dan juga transparan. Namun apakah setelah dipalikasikan produk tersebut akan memberikan hasil seusai dengan yang dijanjikan.

Jawabannya adalah Anda harus mencobanya dan apakah produk tersebut memang memiliki kualitas warna yang bagus. Ada sebuah tips untuk memilih cat kayu warna walaupun Anda tidak mencobanya. Anda dapat mencermati apa saja kandungan yang terdapat dalam cat. Salah satu kandungan cat yang akan membuat tampilan furnitur tidak transparan sempurna adalah formalin.

Ketika sebuah produk cat mengandung formalin, dapat dipastikan jika setelah proses aplikasi dan furnitur mengalami beberapa masa maka timbul efek yang menguning. Efek menguning akan membuat furnitur tampak kusam dan juga tidak menarik. Hati-hati ketika Anda memilih produk cat untuk kayu yang berbahan formalin terlebih jika kandungannya sangat tinggi.

Produk cat berformalin memang dilarang namun Anda bisa menggantinya dengan produk cat tidka berformalin seperti cat untuk kayu water based. Produk cat water based adalah produk dengan bahand asar air sehingga tidaka terdapat kandungan formalin yang akan menimbulkan efek kekuningan yang kusam. Membuat furnitur akan selau tampan natural transparan.

Jangan Lupa Proses Bleaching

Jangan pernah melupakan proses bleaching apabila Anda ingin mendapatkan hasil finishing warna natural terang seperti kekuningan dari jenis kayu yang gelap. Proses bleaching ini membutuhkan bahan pemutih kayu yang akan memberikan efek cerah namun tidak merusak serat kayu seperti produk White Agent 250. Bagaimana proses lengkap untuk hasil bleaching menggunakan White Agent 250? Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Pastikan kayu sudah selesai dihilangkan dari lapisan coating yang lama. Sudah diamplas sehingga pori kayu sudah terbuak agar bahan lebih mduah untuk meresap.
  2. Campurkan bahan White Agent 250 dengan air perbandingan 1 : 1 air dan diaduk.
  3. Oleskan menggunakan kuas ke seluruh permukaan hingga rata dan tunggu mengering sekitar 2 hingga 4 jam.
  4. Setelah beberapa jam warna kayu akan berubah menjadi cerah. Jika warna belum sesuai dengan yang diinginkan Anda bisa mengaplikasikannya kembali.
  5. Bilas furnitur dengan air yang dicampur dengan detergen untuk menghilangkan bahan pemutih kayu.
  6. Jemur furnitur hingga benar-benar kering.

Cara Aplikasi Cat Kayu Warna Yellow Ox Untuk Hasil Warna Kayu Kekuningan

Proses aplikasi bahan pemutih kayu sudah selesai, setelah itu Anda bisa dengan langsung melakukan proses cat warna kekuningan natural dengan produk Biovarnish warna yellow ox. Berikut ini proses aplikasinya:

  1. Siapkan kayu yang sudah kering dari proses bleaching dan juga sudah selesai dari proses pengamplasan. Furnitur yang telah selesai diamplas akan dengan mudah membuat cat untuk kayu menempel dengan baik.
  2. Proses aplikasi dimulai dengan Biovarnish Wood Filler warna kayu sungkai yang akan menimbulkan warna kekuningan. Sebagai cat dasar kayu warna kuning, aplikasikan filler dengan kain bal dan diusapkan ke seluruh permukaan hingga filler masuk ke dalam pori kayu. Tunggu sekitar 20 menit hingga kering lalu amplas dengan kertas amplas nomor 240 hingga serat kayu terlihat.
  3. Proses aplikasi kedua dilanjutkan dengan pewarnaan kayu warna yellow ox. Gunakan Biovarnish Wood Stain warna yellow ox yang sudah dicampur dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian diaduk hingga menjadi rata. Jangan lupa untuk mengaduk hingga pada bagian dasar karena cat pasti banyak yang mengedap. Setelah itu lakukan penguasan dengan kuas halus yang sudah dilapisi dengan kain katun. Kuaskan tipis-tipis menurut searah serat. Tunggu cat mengering hingga 60 menit setelah itu Anda bisa mengamplas dengan kertas amplas halus nomor 400. Apabila warna masih kurang kuning maka Anda bisa mengaplikasikannya kembali.
  4. Lapisan terakhir adalah clear coat. Lapisan clear coat akan sangat menentukan apakah produk furnitur benar-benar memiliki tampilan yang natural. Anda bisa menggunakan Biovarnish Clear Coat doft untuk mendapatkan hasil finishing yang natural tersebut. Campurkan Biovarnish dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian Anda bisa menguaskannya hingga ke seluruh permukaan kayu. Jika sudah maka Anda bisa menunggu kering sekitar semalaman.

Aplikasi refinsihing furnitur lama untuk hasil warna natural kekuningan telah selesai. Selamat mencoba.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Coating Schedule"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.