Cat Kayu Warna Coklat Walnut Brown Biovarnish Cocok untuk 5 Jenis Kayu Ini

Anda penggemar warna-warna natural kayu? Seperti warna natural yang terhasilkan dari cat kayu warna coklat walnut brown? Di tahun 2018 mendatang warna kayu natural masih merajai di dunia furnitur. Pantas saja warna natural menjadi warna yang selalu menjadi trend dari tahun ke tahun karena warna natural memiliki tempat yang netral di seluruh jenis gaya. Misalnya saja pada gaya scandinavian yang selalu memiliki tema warna putih yang bersih.

Tampilan dari warna natural tidak akan ketinggalan menghiasi gaya ini. Warna gelap kayu pada gaya scandinavian akan menimbulkan kesan kontras namun enak untuk dipandang. Nah inilah salah satu contoh peranan warna kayu natural pada furnitur.

cat kayu warna walnut brown

Tak hanya itu warna kayu natural akan memberikan kesan yang hangat di dalam ruangan. Warna natural yang kecokelatan akan menimbulkan kesan hangat yang alami seperti Anda dekat dengan alam. Anda ingin mendapatkan hasil yang sempurna pilihlah warna dari cat kayu water based Biovarnish yang memiliki hasil warna natural yang transparan. Salah satu warna unggulan dari cat kayu warna Biovarnish adalah warna walnut brown.

Sesuai dengan namanya, warna ini diciptakan untuk menimbulkan warna natural dari kayu walnut yang cenderung gelap kecoklatan namun tetap dibungkus dengan apik untuk memperlihatkan tampilan dari serat kayu. Walaupun warna ini terinspirasi untuk menduplikasi warna kayu walnu bukan berarti kayu ini hanya dapat digunakan pada kayu walnut saja namun dapat juga digunakan untuk berbagai macam jenis kayu.

Hasil Finishing Cat Warna coklat Walnut Brown pada 5 Jenis Kayu

Mengingat ada banyaknya variasi warna kayu maka setiap kayu akan memiliki efek yang ebrbeda ketika diaplikasikan menggunakan Biovarnish Wood Stain warna walnut brown. Ingin tahu apa saja warna yang akan dihasilkan dari cat kayu warna coklat walnut brown pada berbagai macam jenis kayu? berikut ini ulasannya:

1. Kayu jati

Ketika Anda mendengar nama kayu jati pasti Anda akan fokus dengan warna asli kayu jati yaitu cokelat. Tak hanya itu eindahan serat juga menjadi faktor utama mengapa Anda akan menggunakan kayu dengan harga mahal ini. Lalu bagaimana dengan hasil finishing ketika kayu jati diberikan warna walnut brown?

panel kayu jati warna walnut brownHasil finishing kayu jati menggunakan warna walnut brown cenderung berwarna cokelat tua. Ini karena perpaduan antara warna kayu jati asli yang cokelat denganw arna kayu walnut brown yang cokelat tua.

Maka warna cokelat tua menjadi lebih dominan dibandingkan dengan cokelat muda. Tak hanya itu serat kayu jati pun menjadi sangat terlihat dan tampak lebih mengkilap khusus pada serat kayunya.

2. Kayu mindi

Warna dari kayu mindi memang tidak berbeda jauh dengan warna kayu jati. Namun jika melihat dari segi ketahanannya kayu mindi jauh berbeda dengan kayu jati. Kayu mindi ini lebih rentan karena tidak mengandung minyak yang tidak disukai oleh rayap seperti kayu jati.

Jadi kayu mindi tidak digunakan sebagai bahan konstruksi bangunan. Namun jika digunakan sebagai bahan furnitur kayu mindi memiliki kelebihan dari segi tampilan yang menarik. Beginilah hasil yang didapatkan apabila kayu mindi dilapisi dengan cat kayu warna coklat yang bagus, yaitu warna walnut brown.

panel kayu mindi warna walnut brownWarna kayu mindi sendiri cenderung kekuningan atau cokelat sangat terang. Ini disebabkan dari kayu teras mindi berwarna cokelat muda dengan semu merah sedangkan untuk kayu gubalnya berwarna keputihan. Tak heran ketika dilapisi dengan cat kayu warna walnut brown maka warna cokelat gelap cenderung terlihat semu dan warna kayu mindi asli masih memiliki dominasi. Untuk seratnya masih terlihat yaitu tegak dan juga terpadu.

3. Kayu mahoni

Kayu mahoni adalah jenis kayu yang sangat berbeda dengan kayu mindi dan kayu jati. Jika kayu mindi dan kayu jati memiliki perbandingan kekuatan yang sangat berbeda, kayu mahoni berada di tengah-tengahnya. Warna dari kayu mahoni sangat berbeda karena cenderung warna merah.

Ada kayu mahoni yang memiliki warna merah muda ada pula kayu mahoni yang memiliki warna kayu merah tua atau merah hati tergantung dengan lama penebangan. Semakin lama masa tebang kayu mahoni maka warna kayu mahoni akan semakin tua. Apabila kayu mahoni dilapisi dengan warna walnut brown maka hasilnya akan seperti ini.

panel kayu mahoni warna walnut brownWarna kayu mahoni yang kemerahan masih tetap terjaga walaupun sudah dilapisi dengan warna cat walnut brown yang merupakan warna cat kayu gelap. Warna walnut brown juga akan membantu apabila Anda menggunakan material kayu mahoni muda yang masih berwarna merah muda. Kayu mahoni akan memiliki warna kemerahan cenderung gelap dengan bantuan dari warna walnut brown.

4. Kayu mangga

Jenis kayu mangga ini banyak disukai karena seratnya yang sangat indah. Kayu mangga memiliki serat yang tidak beraturan namun memiliki lekukan yang sangat menarik. Namun serat ini tidak seimbang dengan kekuatan dari kayu mangga yang tidak terlalu bagus.

Kayu mangga termasuk jenis kayu dengan tingat keawetan dan kekuatan kelas II-III. Namun karena seratnya yang menarik ini harga kayu mangga pun cukup tinggi. Warna kayu mangga cenderung kekuningan dan putih namun ada juga yang berwarna merah muda. Kayu mangga memiliki permukaan yang agak kasar sehingga jika Anda ingin melakukan proses finishing membutuhkan proses pengamplasan yang cukup lama.

panel kayu mangga warna walnut brownHasil finishing kayu mangga di atas dengan warna walnut brown berubah menjadi warna cokelat yang sangat gelap namun memiliki tampilan serat yang sangat indah. Serat kayu mangga menjadi lebih tajam dengan pemberian warna walnut brown yang gelap. Namun tetap mendapatkan kesan terang dari warna kayu mangga yang kekuningan.

5. Kayu pinus

Siapa yang tidak mengenal kayu pinus? Jenis kayu pinus sendiri adalah jenis kayu yang lunak yang memiliki serat sangat lembut sehingga ketika Anda melakukan finishing membutuhkan filler yang benar-benar berkualitas bagus. Nah lalu bagaimana dengan Anda yang ingin mendapatkan hasil finishing menggunakan warna walnut brown pada kayu pinus? Padahal kayu pinus adalah jenis kayu dengan warna yang sangat terang.

panel kayu pinus warna walnut brownWarna walnut brown yang diaplikasikan pada kayu pinus akan menjadi sangat tajam. Ini disebabkan warna kayu pinus yang putih menjadi sangat mudah lebih tajam dengan aplikasi cat kayu warna coklat walnut brown Biovarnish. Serat kayu yang didapatkan ketika Anda menggunakan warna walnut brown pada kayu pinus akan sangat terlihat dengan jelas. Walaupun memiliki warna gelap namun serat kayu menjadi sangat kentara.

Yang perlu diwaspadai adalah cacat yang biasanya terdapat pada kayu pinus. Cacat seperti warna blue stain juga akan terlihat apabila Anda langsung melapisi menggunakan warna walnut brown. Khusus pada kayu pinus atau jenis kayu lain yang memiliki warna cacat dari jamur blue stain sangat penting untuk melakukan proses bleaching sebelumnya untuk mendapatkan hasil warna yang rata. Bleaching kayu yang bisa Anda gunakan untuk hasil maksimal adalah bleaching menggunakan produk pemutih kayu seperti White Agent (WA-250).

Kesimpulan

Melihat dari berbagai macam hasil cat kayu warna coklat walnut brown pada berbagai jenis kayu ini membuktikan bahwa setiap Anda melakukan finishing warna yang sama namun pada jenis kayu berbeda dengan warna kayu yang berbeda akan memiliki hasil yang berbeda juga.

Sebaiknya jika Anda ingin melakukan proses finishing misalnya menggunakan cat kayu warna coklat yang bagus seperti Biovarnish wood stain warna walnut brown pada jenis kayu dengan warna tertentu, sebaiknya lakukan pada bidang kayu yang lain atau panel kayu. Fungsinya adalah untuk mengetes warna agar hasil yang didapatkan dapat sempurna atau paling tidak sesuai dengan yang Anda inginkan. Baru setelah itu diaplikasikan pada furniture yang mau difinishing. Jika Anda tertarik untuk membeli Biovarnish walnut Brown, silahkan chat CS Catkayu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top