You are currently viewing Cat yang Tepat Meja Kayu Walnut

Cat yang Tepat Meja Kayu Walnut

Meja kayu walnut tinggi harganya jika dijual di Indonesia. Alasannya karena kayu walnut sendiri cukup mahal. 

Walnut bukanlah jenis kayu asal Indonesia, kayu ini berasal dari negara Amerika, Timur Tengah dan Cina. Mengingat harga dari kayu yang tidak murah inilah maka cat khusus furnitur dari walnut harus dipilih dengan benar. 

Kira-kira bahan apa yang Anda pilih untuk mengecat meja kayu walnut? Ada banyak faktor yang jadi pertimbangan. Supaya Anda tidak salah dalam memilih bahan catnya, ikuti beberapa saran berikut ini. 

Perlindungan Meja Kayu Walnut yang Dibutuhkan

Tampilan meja kayu walnut yang halus setelah finishing

Pemilihan bahan cat yang cocok untuk meja dari kayu walnut bisa dilihat dari fungsi meja walnut. Apakah meja akan digunakan untuk pemakaian sehari-hari yang membuat permukaan kayu cepat rusak? Pertanyaan inilah yang harus selalu diingat. 

Kayu walnut sendiri adalah jenis kayu yang kuat, yang tak kalah bagus dengan kayu jati. Jadi sebenarnya tanpa coating yang terlalu tebal, secara alami kualitas kayunya sudah terjamin. Namun, bukan berarti Anda tidak perlu memberikan perlindungan. 

Kekuatan kayu memang terjamin, tapi untuk urusan penampilan tentu akan berbeda. Pertimbangkan hal berikut ini ketika Anda memilih bahan cat untuk meja kayu walnut. 

Melindungi kayu walnut dari proses pelapukan

Ketahanan kayu walnut memang lebih baik, tapi jika sering terkena cuaca ekstrem terus menerus maka tetap akan mengalami proses pelapukan. Tampilan dari kayu tentu akan berubah. Supaya tampilannya bertahan dan terhambat dari pelapukan dibutuhkan coating. 

Anda perlu mencari jenis coating yang mampu memberikan perlindungan ini. Baik itu perlindungan terhadap rayap, jamur serta perubahan yang memicu terjadinya pelapukan kayu. 

Memberikan perlindungan dari goresan

Selain melindungi dari pelapukan, coating yang diaplikasikan juga harus bisa membentuk lapisan kuat tahan gores. Tujuannya untuk mempertahankan tampilan meja kayu agar tidak tampak kusam. 

Akibat gesekan benda di atas meja atau penggunaannya yang sering, risiko goresan akan cepat muncul. Anda tentu harus segera mengatasinya dengan memilih coating yang kuat. 

Bagaimana perawatan meja selanjutnya? 

Anda harus tahu apakan coating yang digunakan membutuhkan perawatan lanjutan agar fungsinya bisa maksimal. Apakah terdapat perawatan seperti recoating setahun sekali, pemolesan dan lain sebagainya. 

Ketika coating sudah memenuhi kedua hal di atas seharusnya tidak membutuhkan perawatan lanjutan yang berlebih. Cat juga hanya membutuhkan recoating setelah beberapa tahun digunakan. 

Poin ketiga ini bertujuan untuk mempermudah Anda sebagai pengguna furnitur. Juga sekaligus menjadi faktor penentu bahwa perlindungan yang diberikan maksimal. 

Berikan Finishing Warna Natural yang Tahan Lama 

Apabila Anda berencana untuk memperlihatkan tampilan dari walnut alami maka cat warna natural sebaiknya Anda pilih. Cat kayu water based Biovarnish adalah opsi terbaik yang bisa dipilih. Anda bisa menggunakan dua pilihan warna yaitu transparan atau penambahan aksen warna walnut. 

Penggunaan cat water based untuk menonjolkan kesan alami dari meja kayu walnut adalah pilihan tepat. Pertama, karena cat memberikan warna transparan tahan lama tanpa efek menguning. 

Kedua, karena warna stain dari liquid stain mampu mempertajam warna walnut, sedangkan warna transparannya tidak mengubah warna asli kayunya. Alasan ketiga karena cat ini sangat mudah diaplikasikan hanya dengan kuas dan menggunakan pelarut air. 

Produk cat dari Biovarnish akan menggantikan jenis bahan lain seperti tung oil, shellac serta pernis solvent. Jika ingin mendapatkan warna transparan, Anda cukup menggunakan sanding sealer dan clear coat produk dari Biovarnish. 

Namun jika Anda ingin hasil warna walnut, maka pergunakan wood filler, liquid stain walnut brown, sanding sealer dan terakhir clear coat. Tampilan matte atau gloss akan Anda dapatkan. 

Tips Mengaplikasikan Biovarnish Pada Meja Kayu Walnut 

Selama Anda menggunakan Biovarnish, baik itu meja kayu minimalis, meja kayu unik hingga segala desain lainnya akan mendapatkan warna natural terbaik. Supaya meja walnut di rumah hasilnya sempurna, ada beberapa tips yang bisa diikuti sebagai berikut ini. 

Menyamarkan warna kayu gubal dengan glaze

Kayu walnut memiliki perbedaan warna kontras antara gubal dan terasnya. Ketika meja di rumah Anda memiliki bagian kayu gubal yang cukup banyak maka cara menyamarkannya adalah dengan memanfaatkan Biovarnish Glaze. 

Aplikasikan glaze setelah aplikasi stain dan sebelum sanding sealer. Dengan begitu warna gubal tidak lagi terlihat kontras. 

Ciptakan warna stain yang tajam

Jangan hanya sekali menggunakan liquid stain tetapi aplikasikan dua hingga tiga kali lapisan. Tujuannya adalah supaya tampilan kontras dari serat kayu terlihat. Dengan begitu tampilan dari meja kayu bisa tampak halus. 

Anda bisa dengan mudah menggunakan clear coat matte atau gloss sesuai dengan keinginan. 

Pilih wood filler warna jati

Di antara empat pilihan warna wood filler yang paling mendukung warna kayu walnut adalah wood filler warna jati. Dengan begitu, pewarnaan ke arah coklat tua dengan stain nantinya jadi lebih mudah. 

Anda hanya perlu mengaplikasikan Biovarnish Wood Filler jati secara merata pada permukaan meja kayu walnut .