Meja TV Kayu Sonokeling Bagusnya Finishing Apa? Ini Pilihan yang Tepat

Kayu sonokeling dapat menjadi material yang tepat setelah finishing untuk digunakan sebagai meja TV lipat. Selain kokoh, meja TV lipat dari kayu sonokeling dapat memperindah tampilan ruangan. Serat unik dari kayu sonokeling dapat menambah nilai artistik pada ruang TV anda dengan tampilan menarik pada meja lipat.

Apa jenis kayu yang ada di Indonesia? Jika dihitung maka akan ada ratusan jenis kayu yang tumbuh dan banyak digunakan. Setiap kayu memiliki fungsi dan kelebihannya masing-masing. Anda perlu memilih kayu yang tepat jika ingin digunakan sebagai meja TV kayu lipat di rumah.

Memilih kayu yang bagus untuk meja lipat tentu tidak sembarangan. Fungsi dari meja lipat adalah untuk memudahkan penggunaan dan pemidahan secara berkala. Jika Anda tinggal di aparetemen atau kos maka meja TV lipat adalah alternatif yang sangat baik.

Ada banyak sekali jenis kayu yang dijual dipasaran. Namun untuk memenuhi kriteria dari meja TV lipat Anda perlu mengetahui jenis kayu apa yang dibutuhkan. Bagaimana dengan warnanya, serat dan apakah kayu tersebut mudah untuk dibentuk.

Memilih kayu ini pun tidak boleh sembarangan Anda juga perlu menyocokan dengan budget yang akan dimiliki. Apakah Anda akan membeli meja berukuran besar atau tidak tergantung dengan kebutuhan.

Kualitas Kayu yang Cocok Digunakan untuk Meja Lipat

Apa saja fungsi yang harus dimiliki sebuah kayu untuk memenuhi kebutuhan kualitas dari meja lipat? Berikut ini kualitas yang harus dimiliki sebuah kayu:

√ Kayu Harus Ringan

Anda akan membawa meja lipat kemanapun Anda pergi, maka jenis kayu yang berat akan mempersulit Anda untuk melakukannya. Kayu harus ringan sehingga Anda lebih mudah untuk mengangkat, memindahkannya bahkan membawanya kemana saja.

√ Kayu Harus Kuat

Walaupun ringan, kayu harus kuat. Ada banyak jenis kayu yang ringan namun tidak kuat untuk digunakan bahkan dalam menampung beban yang berat. Ini sama saja Anda membeli kayu lapuk yang didalamnya banyak bersarang rayap walaupun penampilannya terlihat kuat.

√ Kayu Memiliki Nilai Artistik

Menggunakan Pernis Kayu Pemula

Anda akan menggunakannya sebagai meja TV lantas apakah Anda akan mengabaikan penampilan dari meja tersebut? Tentu tidak. Untuk mendapatkan penampilan yang menarik dan juga tahan lama maka memberikan warna natural pada kayu adalah pilihan tepat.

Maka jenis kayu yang dipilih juga harus memiliki nilai artistik mulai dari warna hingga seratnya. Pemilihan warna dan serat kayu yang tepat akan memberikan penampilan yang lebih menarik.

Mengenal Kayu Sonokeling untuk Meja TV Lipat

Pernahkah Anda mendengat jenis kayu sonokeling? Jenis kayu ini adalah jenis yang merupakan kayu berasal dar Asia Tenggara. Kayu ini terbilang kayu mewah karena dikenal dengan nialai artistiknya yang sangat tinggi. Mengenal kayu sonokeling untuk pembuatan meja TV lipat di rumah tidak ada salahnya karena kualitas dari kayu sonokeling yang paling cocok untuk pembuatan meja.

Meja Tv Kayu Lipat dari Kayu Sonokeling Bagusnya Difinishing Apa?

Selama ini kayu sonokeling banyak ditemui di daerah  Asia Tenggara seperti Indonesia. Di Indonesia kayu sonokeling paling banyak ditemui di adaerah hutan Jawa Tengah dan juga Jawa timur.

Kayu sonokeling memiliki karakter yang hampir sama dengan kayu jati yaitu memiliki lingkaran tahun yang menarik. Memiliki pori kayu yang rapat sehingga tahan terhadapt rayap dan proses pelapukan yang cepat.

Perbedaan mendasar dari kayu sonokeling dengan kayu jati adalah warna kayu yang lebih kehitaman. Warna kayu jati cenderung cekalet lebih mudah dan menimbulkan efek keemasan.

Sedangkan kayu sonokeling adalah jenis kayu yang berwarna gelap dengan perbedan warna kayu gubal dan kayu terasnya sangat berbeda sehingga mudah untuk dibedakan. Kayu sonokeling sama seperti kayu jati sudah mulai jarang ditemukan karena pertumbuhan untuk masa panen yang cukup lama bahkan bisa mencapai 50 tahun lamanya.

Tidak heran jika kayu sonokeling memberikan kualitas terbaik dan lebih tahan lama dibandingkan kayu lainya. Termasuk golongan kayu keras dengan kualitas awet kelas I-II kayu sonokeling banyak yang digunakan sebagai komoditi ekspor.

Tertarik menggunakan kayu sonokeling sebagai meja TV lipat Anda dirumah? Tentu saja Anda perlu mempersiapkan budget lebih tinggi dibandingkan sebelumnya. Hasilnya Anda akan mendapatkan tampilan meja artistik yang tahan lama.

Finishing Meja TV dari Kayu Sonokeling

Apakah finishing yang cocok untuk meja TV dari kayu sonokeling ini? Jika Anda bertanya tentu saja Anda perlu memperlihiatkan keindahan dari kayu sonokeling dan bahan finishing yang cocok adalah natural transparan. Ada dua pilihan finishing natural yang bisa Anda pilih yaitu warna asli dari kayu sonokeling atau dengan mempertajam warna kayu.

Meja Tv Kayu Lipat dari Kayu Sonokeling Bagusnya Difinishing Apa?

Jika Anda memilih pilihan yang pertama maka Anda bisa menggunakan bahan cat dari sanding sealer kemudian top coat atau clear coat. Kedua bahan finishing ini akan memberikan warna kayu asli tanpa ada warna tambahan jadi untuk hasil tergantung dengan pengamplasan yang halus dari awal.

Sedangkan jika Anda memilih finishing tipe kedua maka Anda akan mendapatkan serat kayu dan warna kayu sonokeling yang lebih gelap, tajam dan memberikan efek elegan. Tipe finishing ini lebih banyak diminati karena akan memberikan warna lebih tajam dengan lapisan film yang kuat.

Melakukan tipe finishing yang kedua ini maka Anda membutuhkan beberapa baha yaitu wood fillerm, wood stain warna sonokeling dan terakhir clear coat. Dalam aplikasinya Anda bisa memilih bahan cat dari produk water based yang akan memberikan hasil warna lebih natural pada meja TV lipat Anda.

Langkah-Langkah Finishing dengan Cat Water Based

Kini sudahkah Anda siap untuk mendapatkan hasil finishing warna natural transparan? Jika sudah Anda bisa memanfaatkan produk Biovarnish yang memiliki pilihan warna natural sonokeling. Warna yang dihasilkan mirip dengan warna kayu sonokeling sehingga Anda tidak akan kecewa dengan hasilnya.

Agar hasil lebih maksimal maka Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini.

1. Lakukan Persiapan

Pastikan meja TV lipat Anda sudah siap difinishing dan dalam keadaan kering. Tahap pertama yang perlu Anda lakukan adalah melakukan pengamplasan. Jangan lupa untuk membuka meja lipat dan jangan melipat sebelum proses finishing selesai.

Cara Aplikasi Wood Filler Mahoni Cepat Kering

Perhatikan bagian bagian kecil yang ada pada meja lipat, seperti pada bagian siku. Bagian tersebut karena terlalu sering dilipat maka berpotensi dapat melukai lapisan cat dan membuatnya mengelupas.

2. Gunakan Wood Filler

Setelah proses pengamplasan selesai, lanjutkan dengan aplikasi wood filler. Anda bisa mengaplikasikan Biovarnish Wood Filler pada tahap ini. Pilihlah wood filler sesuai dengan warna yang diinginkan. Karena hasil warna akhir yang diinginkan adalah hitam maka Anda bisa menggunakan wood filler jati.

Aplikasikan wood filler hingga merata ke seluruh permukaan meja lipat dengan menggunakan pisau palet. Tunggu hingga lapisan wood filler kering kemudian amplas hingga habis dengan menggunakan kertas amplas alumunium oxyde nomor 240.

Pastikan pengamplasan dilakukan hingga serat kayu terlihat dengan jelas. Jangan lupa untuk membersihkan debu sisa proses pengamplasan tersebut.

3. Lakukan Pewarnaan

Selesai dengan apliaksi wood filler, Anda bisa melanjutkan dengan proses pewarnaan. Pada tahap ini Anda bisa mengaplikasikan Biovarnish Wood Stain warna sonokeling. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan pengenceran.

Encerkan wood stain dengan cara dicampur air dengan perbandingan 2 bahan : 1 air. Aduk hingga merata dan aplikasikan dengan kuas busa searah serat kayu.

Anda bisa mengaplikasikan secara tipis dan dapat mengulangi aplikasi setelah kering jika warna masih kurang sesuai dengan keinginan Anda. Tunggu lapisan wood stain mengering dan amplas secara ambang dengan menggunakan kertas amplas alumunium oxyde nomor 400. Jangan lupa untuk membersihkan debu sisa pengamplasan.

4. Gunakan Clear Coat

Langkah terakhir adalah aplikasi Biovarnish Clear Coat. Aplikasikan Biovarnish clear coat yang telah dicampur dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian Anda bisa mengaplikasikan dengan kuas busa yang telah dibersihkan.

Clear Coat Terbaik Untuk Finishing Furniture Rotan Tahan Lama - Biovarnish Clear Coat

Sama dengan wood stain lapisan ini bisa Anda aplikasikan hingga dua kali setelah menunggu kering 60 menit dan diamplas. Agar kering sempurna diamkan meja TV lipat selama 24 jam sebelum Anda menggunakannya.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.