You are currently viewing Cara Mengubah Kayu Johar Tampil Eksotis Seperti Sonokeling 

Cara Mengubah Kayu Johar Tampil Eksotis Seperti Sonokeling 

Kayu Johar merupakan jenis kayu yang sering disalahartikan sebagai kayu sonokeling karena tampilannya yang eksotis. Berkat tampilannya yang lebih eksotis inilah, kayu johar laris di pasaran walau dengan harga yang relatif murah. 

Tampilan kayu mirip sonokeling bukan hanya karena warna asli kayunya kehitaman tetapi juga berkat teknik finishing. Tanpa pemilihan wood stain yang tepat, teknik aplikasi hingga pasca finishing yang pas maka kesan sonokeling tidak akan diperoleh. 

Anda yang ingin mendapatkan kesan kayu sonokeling bisa intip triknya berikut. 

Mengenal Karakteristik Kayu Johar

kayu johar dalam bentuk log

Kualitas kayu Johar hitam mungkin rendah jika dibandingkan dengan kayu jati. Namu, kayu inilah yang menjadi solusi pengrajin yang ingin menjual mebel dengan harga lebih baik namun tidak rugi dalam membeli bahan baku. 

Sebelum melakukan finishing, akan lebih baik jika tahu beberapa hal mengenai kayu Johar. Mulai dari pemanfaatan kayu johar, pasaran kayu Johar, sampai dengan karakteristiknya.  

1. Ciri Warna Kayu 

Warna dari kayu johar yang antirayap ini adalah coklat muda semu keunguan pada bagian terasnya. Pada bagian gubal warnanya cenderung putih, sehingga kesan kontras akan sangat terlihat. 

Perbedaan warna ini membuat Anda harus bekerja keras pada saat mengecek bagian gubal. Kecuali Anda memperoleh kayu hanya bagian terasnya saja, jadi tidak perlu khawatir di bagian gubal. 

2. Bentuk Serat Kayu 

Membandingkan kayu johar dan jati pada bagian serat maka tidak ada bedanya. Keduanya sama yaitu serat lurus yang berpadu. Anda akan lebih mudah mengecat untuk memperlihatkan bentuk serat ini. 

Trik agar serat kayu lebih terlihat adalah mengampelas permukaannya sampai halus. Setelah itu memilih wood stain dengan hasil transparan maksimal dan hanya perlu mengaplikasikan maksimal dua lapisan saja. 

Baca Juga :  Mau Finishing Furniture Cafe Tampilan Unik dan Antik? Ini Caranya

3. Kelas Kuat Kayu

Pada tingkat kelas kuat, kayu johar masuk pada kelas II dan III. Kelas ini sama seperti kayu sungkai, mahoni dan meranti. Ketiga jenis kayu tersebut bukan tipe kayu keras yang kuat sehingga pembatasan harus diberlakukan ketika membuat mebel. 

Manfaat kayu Johar sebaiknya diolah menjadi jenis mebel dalam luar ruangan yang tidak terkena hujan serta perubahan cuaca secara langsung. Dengan begitu Anda akan memperoleh mebel jauh lebih tahan lama. 

4. Tingkat Keras Kayu 

Tingkat keras kayu adalah informasi penting yang menentukan bisa tidaknya proses pengolahan. Johar sendiri memiliki berat jenis rata-rata 0,84, di mana berat tersebut menandakan kayu dengan tingkat keras yang tinggi. 

Pengrajin yang ingin memotong kayu harus menggunakan sawmil yang sangat tajam. Begitu pula saat proses finishing yang membutuhkan ampelas lebih banyak dari jenis kayu lainnya.

Cara Finishing Kayu Johar menjadi Tampilan Sonokeling 

Selain untuk mebel, banyak juga yang menggunaan kayu johar untuk bangunan. Contohnya penggunannya adalaha untuk tiang bangunan atau jembatan. Biasanya hanya mebel kayu johar saja yang masuk pada tahapan finishing. 

Kayu yang diolah menjadi tiang bangunan atau jembatan kebanyakan hanya sampai pada tahapan pengawetan. Nah, bagi Anda yang ingin finishing kursi, kusen, pintu atau meja kayu Johar bisa memperhatikan beberapa cara berikut ini. 

1. Memilih Wood Stain Warna Sonokeling 

Tahapan pertama yang paling penting adalah pemilihan warna dari wood stain. Mengingat serat kayu johar ini mirip jati maka Anda harus memilih stain dengan warna yang sesuai. Direkomendasikan untuk menggunakan wood stain berbasis air. 

Stain berbasis air tersebut bisa memperlihatkan serat kayu lebih apik dibandingkan stain minyak. Belum lagi pengaplikasiannya jauh lebih mudah. Soal warna sudah pasti, Anda harus memilih warna stain sonokeling. 

Baca Juga :  Teknik Mudah Membuat Motif Kayu Buatan yang Indah dengan Rubber Grain

Jangan lupa belilah satu paket finishing mulai dari wood filler sampai clear coatnya. Soal wood filler Anda bisa memilih warna jati, yang nantinya bisa memberikan tampilan sonokeling lebih kuat. 

Paket wood stain sonokeling sampai clear coat yang sesuai dengan kriteria di atas adalah Biovarnish. Hasil warna nantinya lebih transparan namun kesan natural sonokeling tetap diperoleh dengan mengguakan wood stain dan clear coat Biovarish.

2. Mempersiapkan Permukaan Kayu Johar 

pengamplasan kayu johar secara manual

Usai mengolah kayu menjadi mebel, Anda tidak bisa langsung mengaplikasikan stain atau bahan finishing. Penting untuk mengampelas permukaannya dalam mempersiapkan pori kayu sebelum diaplikasikan cat. 

Pengampelasan kayu johar dilakukan dengan ampelas alumunium oxide nomor 150. Lakukan pengampelasan sampai merata dan tidak tersisa lagi serabut kayu kasar. Setelah itu lakukan proses ampelas terakhir menggunakan nomor 180 dan 220.

Cara menghilangkan debu ampelas dengan cepat adalah mengelap kayu dengan kain microfiber yang dibasahi. Lap searah saja sampai tidak tersisa debu halus sisa pengampelasan. 

3. Meratakan Permukaan Kayu dengan Wood Filler 

Tahapan persiapan belum selesai, Anda masih harus melapisi permukaannya dengan wood filler. Bahan ini berbentuk seperti pasta yang bisa diaplikasikan langsung atau dilarutkan terlebih dahulu dengan air. 

Mebel yang tidak memiliki lubang kayu lebih dari 5 mm bisa dilapisi langsung dengan wood filler yang dicampur air. Anda yang menggunakan Biovarnish Wood Filler hanya perlu menambahkan sedikit air agar filler bisa diaplikasikan dengan kain. 

Ratakan wood filler dengan kain berlawanan arah serat setelah itu diamkan agar kering 20 menit. Lanjutkan dengan mengampelas, kali ini harus searah serat kayu menggunakan ampelas jenis aliuminium oxide nomor 240.

Pada saat menghilangkan debu ampelas sebaiknya Anda menggunakan kain kering. Bisa juga menggunakan mesin vakum agar wood filler tidak rusak saat sudah mengering. 

Baca Juga :  Kursi Kayu Jati di Rumah Mulai Kusam? Atasi dengan Ini

4. Aplikasi Wood Stain Warna Sonokeling

Bagian paling penting adalah mengaplikasikan wood stain. Bagaimana Anda bisa menghasilkan warna rata mirip dengan sonokeling khususnya menggunakan kuas. Pertama, campurkan Biovarnish wood stain sonokeling sesuai cara pada kemasan. 

Kedua, gunakan kuas bulu nilon yang berkualitas. Ketiga, kuaskan stain searah serat kayu tanpa perlu penekanan. Cukup sapukan kuas secara ringan sampai merata. Usai merata diamkan kering dalam ruangan selama 60 menit. 

Lakukan ampelas ambang menggunakan ampelas nomor 400. Selanjutnya adalah mengulangi aplikasi dengan teknik yang sama sampai dengan pengeringan. Anda akan memperoleh warna sonokeling rata sempurna. 

5. Mengaplikasikan Clear Coat

Perlindungan pada mebel kayu johar tidak lengkap tanpa clear coat. Warna sonokeling nantinya juga bisa cepat pudar tanpa lapisan ini. Langkah aplikasinya clear coat ini tidak jauh berbeda dengan aplikasi wood stain yakni menggunakan kuas bulu nilon dan bahan sudah dilarutkan dengan air. 

Hasil dari aplikasi clear coat ini cenderung transparan dan ketika kering baru memunculkan kilap yang sempurna. Pada saat membeli cat sebaiknya Anda menentukan terlebih dahulu tingkat kilap seberapa yang diinginkan. 

Biovarnish Clear Coat menyediakan dua pilihan yaitu gloss dan matte. Keduanya akan memberikan kesan berbeda pada mebel kayu johar begitu pula tingkat ketahanannya terhadap goresan. 

Penggunaan produk Biovarnish dapat meningkatkan nilai jual mebel yang Anda buat.