Kayu Johar : Karakter, Kualitas, Pengolahan dan Cara Finishing

Kayu johar memiliki karakter, kualitas, serta cara pengolahan dan finishing yang berbeda dengan kayu lain. Sebagai salah satu pilihan kayu yang masih bisa dimanfaatkan untuk furnitur, kayu johar menarik untuk diketahui seluk beluknya.

Indonesia memiliki berbagai macam jenis pohon yang tumbuh dan bisa menghasilkan kayu untuk memenuhi berbagai kebutuhan manusai. Mengingat hutan tropis yang menguasi wilayah negara ini sangatlah tinggi. Jika Anda ingin mendapatkan jenis kayu berkualitas tentu Anda harus mengeluarkan banyak uang.

subsidi ongkir

Namun jika Anda ingin membeli sesuai dengan budget yang tidak terlalu mahal Anda bisa mendapatkan kualitas kayu sedang. Salah satu pilihan kayu yang ada di tangan Anda sesuai dengan budget yang dimiliki adalah kayu johar. Kualitas kayu johar memang sangat jauh dari kualitas kayu jati namun dari tampilan dan kekuatan tidak jauh berbeda.

Yang membedakan adalah kayu johar tidak memiliki resin khusus seperti kayu jati yang tidak disukai oleh serangga sehingga rayap tidak akan merusak kayu. Kayu johar kini lebih banyak pengusaha furnitur kayu dan membuat berbagai macam kerajinan sebagai pengganti kayu jati.

Alasannya adalah harga yang memang jauh lebih murah dibandingkan kayu jati, selain itu kaayu jati kini sudah menjadi semakin langka dan kayu johar sangat mudah untuk didapatkan. Tujuan utama adalah tetap menciptakan furnitur yang dapat bersaing di pasaran.

Mengenal Karakter Kayu Johar

Kayu johar yang merupakan sub famili dari Caesalpinaceae ini tumbuh subur di daerah India, Indocina dan juga Asia Tenggara. Pertumbuhan dari tanaman ini ada di wilayah ketingguan 1 hingga 10 mdpl dengan curah hujan tahunan antara 640 hingga 1500 mm.

Mengenal Kayu Johar dan Pengolahannya

Tanah berlempung merupakan tanah yang tepat untuk pertumbuhan tanaman ini karena tidak tergenang air dan juga tidak terkandung batu. Persebarannya di Indonesia banyak ditemui di wilayah Pulau Jawa, Nusa Tenggara Barat, Sumatera Utara dan Sumatera Barat.

Pertumbuhan pohon johar sendiri untuk dipanen membutuhkan waktu sekitar 25 tahun waktu yang cukup cepat dibandingkan masa panen pohon jati. Tinggi pohon bisa mencapai antara 10 hingga 15 meter dengan diameternya sekitar 40 hingga 50 cm.

Ciri dari kayu johar mulai dari warna kayu terasnya adalah cokelat muda dengan semu ungu. Sedangkan warna kayu gubalnya adalah berwarna putih kemerahan dan batas anatara kayu gubal dan teras sangat terlihat dengan jelas.

Serat kayu gubal sama seperti kayu jati yaitu serat lurus berpadu dan berat kayu yang rata-rata 0,53. Untuk kelas kuat kayu johar termasik kelas III hingga II sama seperti kayu mahoni, kayu sungkai dan juga kayu meranti.

Namun untuk bagian kayu kerasnya yang berwarna gelap tingkat kekuatannya bernilai kelas I namun kayu gubalnya yang sangat mudah dimakan oleh rayap. Jadi jika Anda ingin menggunakan kayu johar pastikan furnitur hanya menggunakan kayu bagian teras saja.

Kualitas Furnitur Kayu dari Jenis Pohon Johar

Jika dilihat secara seksama kualitas dari kayu johar dan kayu jati tentu sangat berbeda. Sehingga kualitas dari furnitur kayu johar pun akan sangat berbeda dari kayu jati. Untuk harga memang murah karena kayu johar masih jarang digunakan yang membuat harganya masih sangat murah.

Pembuatan kayu johar menjadi furnitur terbilang sukar karena tingkat kekerasannya. Banyak usaha yang harus dilakukan jika ingin menggunakan kayu johar sebagai kayu untuk furnitur khususnya untuk proses pemotongannya.

Mengenal Kayu Johar Dan Pengolahannya

Melihat kualitasnya tersebut kayu johar sangat sering diolah menjadi bahan tiang bangunan, jembatan dan juga furnitur. Pembuatan furnitur dari kayu johar didasari oleh warna dan juga motifnya yang sangat indah. Melihat kekuatan kayu johar pula membuat kayu ini cocok digunakan sebagai bahan baku kusen, jendela dan juga pintu.

Dengan standar kekuatannya yang mirip dengan kayu mahoni, maka tak jarang kayu ini juga bisa digunakan sebagai bahan baku pembuatan furnitur. Dengan serat kayu yang menarik, tak jarang hasil furnitur dari johar memiliki hasil  tampilan serat yang eksotis.

Untuk memperindah tampilan furnitur johar, Anda tentu perlu melakukan pengolahan terlebih dahulu. Baik dari segi pemotongan yang tepat untuk mendapatkan bentuk yang sesuai, bahkan hingga proses finishingnya. Anda membutuhkan proses finishing yang tepat untuk mengolah kayu dari pohon johar ini.

Cara pengolahan dan finishing yang tepat pasti menentukan kualitas furnitur johar yang dihasilkan. Sebaiknya, gunakan bahan finishing dan teknik yang tepat untuk mendapatkan kualitas furnitur yang awet dan tahan lama digunakan. Berbagai produk atau jenis mebel bisa dihasilkan dari jenis kayu yang satu ini.

Ingin tahu produk apa saja yang bisa dihasilkan dari jenis kayu yang satu ini? Ketahui informasi selengkapnya di sub bab selanjutnya.

Ide Furniture yang Bisa Dihasilkan

Jika melihat dari kekuatannya, tidak heran jika kayu johar banyak digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan jembatan atau kusen. Namun jangan lupa juga bahwa kayu johar bisa digunakan sebagai furniture bahkan bisa menjadi kerajinan.

Bahkan banyak juga yang menggunakan kayu johar sebagai kerajinan manik-manik kayu. Seperti contohnya diolah untuk tasbih atau kalung karena dipercayai memiliki tuah. Namun apapun alasannya, Anda juga bisa menggunakan kayu johar untuk dibuat menjadi berbagai macam furniture. Seperti beberapa diantaranya adalah berikut ini:

  • Dining set

Warna dari kayu johar yang sangat kontras antara bagian kayu gubal dan juga kayu terasnya membuatnya bisa diolah menajdi dining set. Hasil dining set kayu johar yang eksotis dan mirip dengan kayu sonokeling akan membua nuansa ruang makan Anda tampak lebih natural sekaligus mewah.

Anda bisa menggunakan kayu johar sebagai dining set yang terdiri dari meja dan juga kursi. Bentuk dari kayu johar yang panjang bisa Anda manfaatkan sebagai meja panjang dengan tampilan kayu gubal dan kayu teras.

  • Garden furniture

Jenis kayu johar yang sangat keras dan kuat membuat kayu johar cocok digunakan sebagai garden furniture. Anda bisa menggunakan kayu johar sebagai meja piknik atau sebagai bangku di taman rumah Anda. Kayu johar tahan dan kuat jika Anda menggunakannya sebagai furniture luar ruangan.

Bahkan saat Anda menggunakannya untuk digunakan sebagai furniture teras. Kekuatan kayu johar untuk garden furniture akan lebih meningkat dengan penggunaan bahan finishing yang tepat. Penambahan aplikasi insektisida dan fungisida juga penting untuk menjaga furniture kayu johar tetap awet.

  • Tempat tidur

Johar merupakan salah satu jenis kayu yang tak hanya kuat tapi juga sekaligus keras. Jadi, Anda bisa menggunakan material ini sebagai tempat tidur kayu. Anda akan mendapatkan furniture tempat tidur yang kuat dan juga tahan lama. Bahkan Anda bisa menggunakan furniture ini sebagai benda warisan.

Itulah beberapa ide produk dari hasil pengolahan kayu johar yang mungkin juga bisa menjadi inspirasi Anda. Untuk mendapatkan hasil lebih maksimal, tentu diperlukan proses finishing atau pengaplikasian bahan pelapis yang bisa menjaga dan memperkuat kondisi furniture.

Pemilihan Bahan Finishing yang Tepat Diaplikasikan

Telah diolah menjadi furniture, maka akan sangat disayangkan jika Anda tidak melakukan finishing. Atau, jika Anda memilih mengcoatingnya dengan cat yang salah. Pemilihan jenis dan warna cat yang akan Anda aplikasikan juga harus dipertimbangkan dengan baik ya, agar hasilnya tidak mengecewakan.

Karena keindahan serat alaminya, maka akan sangat disayangkan jika Anda menggunakan warna solid dan menutup serat kayu johar. Maka pilihlah finishing dengan warna natural agar serat kayu terlihat lebih jelas. Jenis bahan finishing yang disarankan untuk finishing mebel atau furnitur johar adalah dengan cat kayu water based.

Cat Water Based Vs Solvent Based

Jenis cat water based akan memberikan kelebihan dari ketahanannya. Anda tidak akan mendapatkan hasil finishing yang menguning seperti Anda menggunakan cat kayu solvent. Efek menguning adalah efek yang didapatkan karena kandungan formalin yang tinggi.

Formalin yang tinggi akan menimbulkan efek menguning namun cat water based tidak memiliki kandungan tinggi formalin jadi Anda tidak akan menemukan efek menguning yang akan mengaburkan serat kayu.

Warna kayu johar yang kehitaman tidak jauh berbeda dengan kayu sonokeling jadi Anda bisa memilih warna tersebut sebagai warna kayu johar pada furniture Anda di rumah.

Jika Anda ingin mendapatkan warna yang sesuai sebaiknya jangan membeli produk furniture kayu johar yang sudah difinishing karena Anda tidak akan tahu jenis bahan finishing apakah yang digunakan.

Biovarnish untuk Finishing Furniture Johar

Cat kayu water based kini adalah produk yang sangat mudah Anda temukan dalam merk Biovarnish. Khusus kayu johar jika Anda ingin mendapatkan serat kayu terlihat sangat baik maka gunakan warna sonokeling. Warna material kayu yang mirip akan membuat tampilan furniture johar tampak seperti furniture sonokeling.

Ketika Anda melakukan finishing sendiri maka Anda bisa mendapatkan hasil finishing yang sesuai dengan keinginan. Ada beberapa produk Biovarnish yang bisa Anda gunakan, tentunya dengan cara yang mudah dan cepat. Gunakan Biovarnish Wood Filler untuk memperbaiki cacat pada kayu.

Sumber: YouTube Bio Paint

Kemudian lanjutkan dengan Biovarnish Wood Stain warna sonokeling lalu lapisi dengan Biovarnish Clear Coat untuk finishing akhirnya. Proses aplikasi dengan Biovarnish akan sangat mudah dibantu dengan cara aplikasi yang sederhana dan hanya menggunakan kuas.

Anda tidak akan menemukan efek brush mark dan lama kering yang membutuhkan panas matahari. Sehingga, Anda bisa melakukan finishing furniture johar kapan saja termasuk saat malam hari ataupun dalam kondisi hujan. Cat kayu Bovarnish dirancang khusus agar mudah diaplikasikan dengan kuas dan Anda akan mendapatkan hasil yang sempurna.

Untuk lama kering yang Anda butuhkan hanyalah ruangan dengan sirkulasi yang baik. Ketika Anda mengaplikasikan cat setelah satu jam cat akan mengering dengan tepat.

Cara Finishing Furniture Kayu Johar dengan Biovarnish

Supaya finishing tampak natural dan transparan, Biovarnish menjadi produk pilihan yang tepat. Kelebihan dari segi banyak pemilihan warna hingga transparan menjadikannya produk yang paling direkomendasikan banyak pengrajin kayu. 

Bagi Anda para DIY di rumah yang masih bingung memilih manakah pernis atau plitur yang tepat untuk kayu johar, maka Biovarnish adalah pilihan tepatnya. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memilih warna. 

Ada 20 pilihan warna natural yang tersedia, namun khusus kayu johar yang memiliki ciri warna coklat muda keunguan ada beberapa warna yang bisa digunakan. Misalnya saja Biovarnish wood stain warna walnut brown yang lebih gelap atau warna sonokeling. 

Namun jika ingin mempertahankan warna aslinya, bisa juga memilih warna seperti light brown. Hindari menggunakan warna yang terlalu terang seperti yellow ox, karena justru merusak warna asli kayunya. 

Berikut Ini Langkah Mudah Aplikasi Biovarnish Lengkap pada Furniture Johar

Selesai memilih warna, Anda hanya tinggal mempersiapkan alat yaitu kuas. Pilih ukuran kuas yang sesuai dengan ukuran furniture. Selain itu gunakan kuas baru dengan bulu nilon. Tak perlu khawatir membeli kuas yang berkualitas karena harganya tak akan terlalu mahal. 

Siapkan juga bahan yang dibutuhkan yaitu air sebagai pelarut,  Biovarnish wood filler warna jati, Biovarnish wood stain dan Biovarnish clear coat gloss atau death matte sesuai keinginan. Setelah itu barulah mengikut langkah berikut ini:

♦ Mempersiapkan kayu johar

Persiapkan perlu dilakukan pada permukaan kayu, fungsinya agar hasil halus dan merata. Cukup dengan mengamplas dengan amplas alumunium oxide nomor 220. Pastikan pada bagian cacat lubang tidak tersumbat dengan serbuk kayu. 

Anda bisa menghilangkan serbuk kayu dengan kain katun yang dibasahi atau menggunakan kanebo. Pastikan saja bahwa tak ada debu yang menyumbat pori kayu. 

♦ Memperbaiki cacat lubang pada permukaan kayu

Langkah selanjutnya adalah dengan memperbaiki kerusakan seperti cacat goresan hingga lubang yang dalam. Pada proses ini dibutuhkan bahan air dan Biovarnish wood filler warna jati. Mengapa warna jati? Karena hasil warnanya mendekati warna kayu johar. 

Cara aplikasinya cukup dengan mengisikan wood filler yang sudah sedikit dicampur dengan air agar mudah diaplikasikan. Anda bisa menggunakan scrape dan meratakan wood filler yang sudah diisikan. 

Pada cacat lubang yang dalam, manfaatkan serbuk kayu sebagai campuran wood filler. Tunggu wood filler kering selama 20 menit dan amplas permukaannya. Kali ini gunakan amplas nomor 240 dan sekali lagi bersihkan debu kayu. 

♦ Memberikan warna pada kayu 

Sumber : YouTube Biovarnish

Pemberian warna bisa memanfaatkan Biovarnish Wood Stain dengan warna yang sudah Anda pilih. Setelah aplikasi wood filler selesai, saatnya memberikan warna. Caranya adalah melarutkan terlebih dahulu wood stain dengan air di wadah terpisah. 

Anda bisa menggunakan wadah bersih seperti gelas plastik. Aduk merata wood stain dengan air menggunakan perbandingan 2:1 air. Barulah kuaskan ke seluruh permukaan kayu sesuai arah serat.

Tunggu lapisan stain mengering selama 60 menit baru amplas ambang dengan amplas 400. Selesai mengaplikasikan Anda bisa mengulangi aplikasi wood stain jika dirasa warna belum merata atau warna wood filler masih terlihat. 

♦ Mengaplikasikan clear coat

Sebagai lapisan terakhir clear coat berfungsi sebagai pernis. Perlindungannya sangat dibutuhkan jadi perlu diaplikasikan. Caranya pun mudah, cukup melarutkan Biovarnish Clear Coat dengan air di wadah gelas plastik baru. Kuaskan clear coat searah serat kayu johar dan biarkan kering semalaman. 

Dimanakah Anda bisa Membeli Produk Biovarnish untuk Finishing Furniture Kayu Johar?

Pagar Bambu Dengan Warna Natural Transparan Yang Tahan Lama 2

Apakah Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau ingin melakukan pemesanan produk Biovarnish ini? silahkan hubungi HotLine kami disini : HotLine Bio. Atau dapat menghubungi kami melaui e-mail di [email protected].

Anda dapat membeli seluruh varian produk dari Bio Industries secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

https://www.tokopedia.com/biopaint102

https://www.tokopedia.com/bioindustrieso

https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

https://www.tokopedia.com/bioindustries

https://www.tokopedia.com/rayapjamur

https://www.bukalapak.com/u/agen_biovarnish

https://shopee.co.id/biovarnish.official

https://www.tokopedia.com/biovarnishseries

https://www.tokopedia.com/catkayu

https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bio Industries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55162
Phn / fax: +62 274 388301
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417
Phn: +62.291.598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154
Phn: +62 231 320759
e-mail: [email protected]

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Biovarnish"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.