7 Kreasi Olahan Limbah Kayu Jati Belanda yang Bisa Dicontoh DIY

Apa keuntungan yang akan didapatkan jika Anda menggunakan limbah kayu jati belanda? Masih banyak di luar sana furniture yang menggunakan kayu baru dan bukan bekas. Kabanyakan masyarakat sekarang masih jarang memperhatikan lingkungan sekitar dan memanfaatkan limbah kayu jati belanda atau berbagai macam jenis kayu bekas lainnya.

olahan limbah kayu

Padahal ketika Anda bisa memanfaatkannya dengan baik akan ada banyak sekali keuntungan yang didapatkan. Menggunakan olahan limbah dari kayu jati belanda untuk dibuat menjadi berbagai jenis furniture memang sangat menarik. Hasil mebel tak kalah saing dengan yang menggunakan kayu jati baru.

Baca Juga : wood filler waterbased paling cocok untuk kayu jati

Namun untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, Anda perlu melakukan proses finishing yang lebih optimal. Baik dari segi teknik maupun pemilihan bahan finishing yang akan digunakan nantinya. Untuk mendapat kualitas hasil finishing yang lebih berkualitas, sebaiknya gunakanlah Biovarnish Wood Filler yang akan membantu Anda mendapatkan permukaan limbah jati lebih rata dan halus.

Ada berbagai manfaat atau keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat memilih menggunakan kayu bekas atau limbah dari jati. Apa saja manfaat tersebut dan apa saja yang perlu diperhatikan agar kreasi olahan limbah ini lebih menarik serta bermanfaat? Simak informasi lebih lengkapnya di artikel ini.

Baca Juga : Furniture dari Palet Kayu Bekas, Tetap Berkualitas dan Artistik

Berbagai Keuntungan Saat Mengolah Limbah Kayu Jati Belanda

Pemanfaatan limbah memang selalu membawa berbagai manfaat lain untuk lingkungan sekitar maupun manusia. Begitu pula saat Anda memilih untuk mengolah atau memanfaatkan kayu bekas jati belanda yang sudah tidak terpakai bahkan dianggap limbah.

Mungkin saat ini Anda penasaran dan ingin tahu sebenarnya apa hal yang menguntungkan saat Anda mengolah limbah jati belanda? Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang akan didapatkan jika menggunakan limbah kayu jati belanda:

Baca Juga : Pemanfaatan Kayu Palet Murah Meriah Menjadi Berbagai Furniture

√ Melestarikan lingkungan

Cat kayu ramah lingkungan

Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan limbah kayu jati maka Anda akan melakukan pelestarian lingkungan secara tidak langsung. Pengurangan dari penebangan pohon pada hutan akan berkurang jika banyak orang yang sadar akan penggunaan limbah dari kayu jati belanda.

√ Menghemat budget

Dengan membeli limbah kayu jati atau dengan mendapatkannya dengan gratis tentu akan memberikan keringan dari uang yang harus Anda keluarkan untuk membeli kayu jati baru dengan harga yang sangat mahal. Anda tidak harus membeli bahan baku dengan harga yang sangat mahal.

Baca Juga : Jangan Lewatkan Peluang Bisnis Agen Cat Kayu Water Based Purworejo

√ Memiliki tampilan lebih menarik

Anda akan bisa lebih berkreasi, mendapatkan ide menarik dan memberikan nilai artistik yang lebih lagi jika Anda menggunakan limbah kayu jati. Seringkali kayu yang telah menjadi limbah memiliki serat dan juga penampilan yang lebih menarik karena tekstur bahkan karena warna yang telah berubah.

Baca Juga : Kayu Karet : Cara Mengawetkan dan Cat yang Bagus untuk Digunakan

√ Lebih kuat

Jika Anda memiliki limbah kayu jati berukuran cukup besar dan Anda akan menggunakan sebagai lantai kayu maka kekuatannya akan lebih bagus dibandingkan kayu yang baru. Limbah kayu jati yang telah didiamkan terlalu lama akan menghilangkan kelembaban yang membuat kayu menjadi sangat kering dan Anda akan mendapatkan kayu yang benar-benar keras.

Melihat dari keuntungan yang akan Anda dapatkan dari limbah kayu jati maka sebagai pemula maupun profesional limbah ini merupakan tambang emas yang bisa Anda gunakan untuk menciptakan kreasi kerajinan baru yang mungkin sebelumnya tidak pernah terfikirkan.

Jenis Kerajinan yang Diciptakan dari Limbah Kayu Jati

Anda akan mendapatkan berbagai macam bentuk dan juga ukuran kayu limbah jati belanda. Namun apapun bentuknya, kayu tersebut juga memiliki harga dan juga nilai yang sangat mahal jadi Anda tidak boleh menyia-nyiakannya.

Berikut ini beberapa bentuk kerajinan yang bisa Anda produksi sendiri menggunakan limbah kayu jati.

1. Rak Buku

rak kayu minimalis
rak buku dari kayu palet jati belanda

Apakah Anda suka membaca buku? Jika iya, maka memimpikan mempunyai rak buku dengan tampilan unik dan menarik pasti pernah menjadi impian Anda. Maka, untuk mewujudkan impian Anda sekaligus memanfaatkan kayu limbah, membuat rak buku bisa menjadi proyek pertama Anda.

Rak buku dari kayu limbah akan mendapatkan penampilan yang benar-benar berbeda dibanding dengan rak buku lainnya. Jika Anda mendapatkan limbah kayu dalam ukuran kecil maka Anda bisa menyusunnya hingga mendapatkan ukuran rak buku yang sesuai.

2. Tempat duduk taman

Jika Anda mendapatkan limbah kayu jati dalam ukuran palet maka Anda juga bisa menyusunnya menjadi bangku taman. Gunakan kualitas dari kayu jati belanda yang berkualitas untuk dijadikan furnitur luar ruangan yang akan sering terkena dengan panas dan juga hujan. Kekuatan kayu jati belanda diharapkan akan dapat bertahan lebih lama.

3. Coffee table

meja kopi

Sama seperti bangku taman jika Anda mendapatkan limbah kayu berbentuk palet tidak ada salahnya Anda mengolahnya menjadi furnitur coffee table. Keindahan dari serat alami kayu tersebut bisa Anda munculkan dengan bantuan pernis kayu.

Dengan menggunakan pernis Anda bisa mengangkat kembali tampilan dari serat kayu limbah. Lalu coffe table yang menarik dan punya tampilan unik ini akan bisa segera menghiasi hunian Anda.

4. Rangka tempat tidur dan headboard

Ketika Anda mendapatkan limbah kayu jati berbentuk palet ada banyak sekali furnitur yang bisa Anda ciptakan. Salah satunya adalah kerangka tempat tidur. Gunakan kesempatan ini untuk menciptakan kerangka tempat tidur yang jelas akan tahan dalam waktu yang sangat lama.

Penggunaan headboard juga bermanfaat untuk menambah kesan natural pada kamar. Nuansa alam nan asri akan menyelimuti kamar Anda dengan penggunaan headboard dari olahan limbah kayu ini.

5. Rumah burung

Anda memiliki hobi memelihara burung? Atau Anda hanya suka menyediakan tempat tinggal untuk burung? Anda bisa menciptakan rumah burung bahkan Anda bisa menjualnya. Ketika Anda mendapatkan limbah kayu jati dalam ukuran kecil Anda bisa menciptakan rumah burung dengan bentuk yang unik.

6. Pintu

Anda juga bisa menciptakan pintu artistik dengan menyusun kayu limbah jati belanda yang berbentuk balok. Untuk membuatnya, Anda bisa menyusunnya hingga mendapatkan pintu yang kokoh dan bernilai artistik tinggi. Setelah disusun dan menjadi pintu yang kokoh, pastikan untuk melakukan finishing dan perawatan pintu yang maksimal.

7. Frame

Produk dari olahan limbah jati belanda bukan hanya bisa dibuat mebjadi mebel atau furnitur saja. Melainkan juga berbagai produk menarik dan fungsional seperti frame. Anda bisa menciptakan frame kayu untuk foto maupun untuk kaca dan kebutuhan frame kayu yang lainnya.

Frame yang terbuat dari limbah kayu akan tampak sangat menarik bahkan Anda bisa mendapatkan hasil yang artistik. Foto keluarga yang dipajang dengan frame ini pastinya akan lebih terlihat hangat dan menarik.

Itulah 7 ide kreasi olahan kayu limbah dari jati belanda yang bisa menjadi inspirasi Anda saat melakukan pengolahan limbah kayu. Bagaimana? Sudah ada produk olahan limbah yang membuat Anda tertarik?

Hal Penting dalam Mengolah Limbah Kayu

Pengolahan limbah kayu jati bisa menjadi proyek yang sulit maupun mudah tergantung dengan bagaimana Anda melakukan prosesnya. Apakah Anda sudah mengetahui hal apa saja yang perlu diperhatikan ketika Anda melakukan pengolahan.

Berikut ini hal yang mencakup apa saja kebutuhan dan yang harus Anda cermati sebelum melakukan pengolahan limbah kayu:

√ Membersihkan limbah kayu

Proses pembersihan limbah kayu adalah hal yang sangat penting. Anda tidak memiliki potongan kayu yang sama dan tidak tahu kayu bekas digunakan atau bekas sisa potongan dari pabrik furnitur. Maka pastikan kayu tidak memiliki bagian berbahaya seperti paku yang masih menempel atau kotoran lain.

√ Sortir limbah kayu

Lakukan penyortiran untuk tahu kayu mana saja yang akan Anda gunakan untuk proyek Anda. Jangan buang bagian yang tidak akan Anda gunakan karena Anda tidak tahu jika kedepannya Anda membutuhkan potongan tersebut. Simpan sisa limbah yang nantinya bisa Anda gunakan untuk proyek selanjutnya.

√ Rancang desain yang akan Anda wujudkan

Sebaiknya rancangan Anda gambarkan di sebuah kertas. Jika Anda ahli komputer maka Anda bisa menggunakan komputer untuk membuat desain dengan seksama.furniture dari jati belanda yang difinishing dengan Biovarnish Wood Stain

√ Gunakan bahan perekat yang aman.

Ketika Anda akan menggabungkan antar kayu terutama jika Anda menggunakan limbah kayu berukuran kecil maka gunakan lem yang aman. Anda di sini juga bertujuan untuk melindungi lingkungan. Lem putih yang aman bukan lem kuning bisa menjadi alternatif yang baik untuk digunakan.

√ Amplas semua bagian limbah kayu

Lakukan pengamplasan pada semua bagian limbah kayu setelah Anda potong dan sesuaikan dengan desain. Mengamplas akan membuka pori kayu dan mempermudah lem atau bahan finishing merekat ke dalam kayu.

√ Gunakan bahan finishing yang aman dan juga ramah lingkungan

Sebaiknya, Anda menggunakan bahan finishing yang aman dan ramah lingkungan seperti cat water based. Anda bisa menggunakan cat water based Biovarnish untuk hasil warna natural transparan yang membiarkan serat kayu jati tetap nampak. Bahkan tidak akan ada efek tampilan yang menguning.

Sumber: YouTube Bio Paint

Tersedia warna dari 20 pilihan natural dari kayu dan juga jika ingin mendapatkan hasil finishing yang rata serta halus Anda bisa menggunakan Biovarnish wood filler warna kayu jati. Anda bisa mendapatkan hasil finishing yang sempurna dengan menggunakan cat water based.

Demi menjaga lingkungan pemilihan bahan baku limbah kayu adalah hal yang paling baik, maka Adna juga tidak boleh melupakan bahan pendukung yang dapat digunakan ketika pengolahan kayu juga harus aman serta ramah lingkungan.

Pastikan Anda menggunakan bahan perekat hingga bahan finishing yang ramah lingkungan karena dimulai dari penggunaan peralatan tersebut Anda ikut menjaga dan melestarikan lingkungan di sekitar.

Dimanakah Anda bisa Mendapatkan Produk Biovarnish Wood Filler untuk Finishing Olahan Limbah Kayu Jati Belanda?

Dempul Kayu wood filler

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk Biovarnish Wood Filler ini, silahkan hubungi HotLine kami disini : HotLine Bio. Atau dapat menghubungi kamu melaui e-mail di [email protected].

Anda dapat membeli seluruh varian produk dari Bio Industries secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

https://www.tokopedia.com/catkayu-com

https://www.tokopedia.com/biocide-official

https://shopee.co.id/catkayu_com

https://www.tokopedia.com/biovarnish-official

https://www.lazada.co.id/shop/cat-kayu-jakarta/

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bio Industries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55162
Phn / fax: +62 274 388301
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417
Phn: +62.291.598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154
Phn: +62 231 320759
e-mail: [email protected]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top