Bagaimana Cara Membuat Kayu Jati Belanda Tahan Air? Begini Tipsnya

Pernahkan Anda berfikir untuk menggunakan kayu jati belanda sebagai lantai kayu atau furnitur di luar ruangan tahan terhadap air? Tentu Anda akan memikirkannya berulangkali bahkan tidak akan menggunakan kayu jati belanda sebagai furnitur dan lantai kayu luar ruangan.

Ini karena Anda sudah mengetahui betul bahwa kayu jati belanda yang termasuk kayu lunak tidak cocok digunakan pada ruangan yang kana terkena air bahkan perubahan cuaca terus menerus. Maka penggunaan kayu jati belanda lebih aman di dalam ruangan seperti untuk meja tamu atau furnitur interior lainnya.

Namun untuk penggunaan outdoor yang sering siterpa hujan dan panas, Anda membutuhkan kayu tahan cuaca. Bagaimana seandainya kayu jati belanda sebagai material untuk furnitur luar ruangan? Seperti furnitur teras atau balkon misalnya. Tentu Anda akan mendapatkan serat kayu yang bagus sebagai imbalannya?

Lalu apa yang harus Anda lakukan untuk dapat membuat kayu jati belanda tahan air dan tahan cuaca sehingga dapat digunakan pada luar ruangan? Jawabannya ada pada artikel ini.

Keuntungan Kayu Jati Belanda

Ada banyak alasan mengapa Anda akhirnya memilih menggunakan kayu jati belanda sebagai furnitur luar ruangan. Alasan Anda tersebut adalah keuntungan yang harus dimanfaatkan sekarang juga. Bagi Anda yang belum mengetahui apa keuntungan Anda jika mengolah kayu jati belanda lebih tahan air maka cermati poin-poin berikut ini:

Harga

Anda akan mendapatkan furnitur dengan harga yang sangat murah. Kayu jati belanda adalah jenis kayu yang dijual dengan harga murah. Jika Anda adalah seorang DIY bahkan dapat mengolah sendiri sehingga Anda cukup membeli bahan baku saja.

Harga yang Anda dapatkan ini dikarenakan mudahkan kayu jati belanda untuk didapatkan. Kayu yang merupakan kayu bekas packing barang ini bisa Anda beli dengan harga murah dan berbentuk palet kayu yang juga mudah untuk dibentuk.

Mudah diolah

Seperti jenis kayu lunak lainnya, seratnya yang kecil dan juga padat ini membuat kayu jati belanda lunak dan mudah untuk dibentuk. Anda bisa dengan mudah memotong, mengamplas dan membentuknya menjadi desain yang Anda inginkan.

Tentu saja kemudahan ini akan menghemat waktu Anda dalam proses pengolahan. Kemudahan ini juga meliputi proses finishing yang cepat. Karena pori kayunya yang banyak kayu jati belanda sangat cepat kering apapun jenis cat yang Anda gunakan.

Berpenampilan cantik

Satu hal yang tidak boleh Anda lewatkan dari kayu jati belanda yaitu penampilan yang sangat menarik. Kayu jati belanda memiliki serat yang mirip dengan kayu jati kampung. Warna kayu yang putih membuat kayu jati belanda lebih mudah untuk dicat dengan warna kayu natural apapun.

Bagaimana Membuat Kayu Jati Belanda Tahan Air

Kelemahan yang hanya perlu Anda atasi adalah jamur blue stain yang biasanya banyak terdapat pada kayu jati belanda. Namun adanya jamur blue stain ini bisa Anda atasi dengan bahan pemutih kayu seperti White Agent 250 yang dicampur dengan air dan dioleskan pada permukaan kayu akan menyamarkan blue stain dengan baik.

Melihat banyakanya keuntungan ini tentu memubuat Anda semakin tertarik untuk menggunakan kayu jati belanda sebagai proyek outdoor selanjutnya. Namun harus Anda ingat bahwa jenis cat yang tepat akan menentukan apakah kayu jati belanda yang Anda ciptakan akan lebih tahan terhadap air.

Produk Cat Agar Jati Belanda Tahan Air

Bagaimana membuat kayu jati belanda untuk proyek outdoor Anda lebih tahan air? Anda dapat dengan mudah menggunakan cat kayu water based seperti produk Biothane. Produk ini akan memberikan perlindungan yang sangat maksimal terhadap semua jenis kayu jati belanda yang digunakan sebagai proyek outdoor.

Bahan finishing Biothane yang termasuk dalam PU 1K ini akan menciptakan lapisan film keras namun juga lentur dengan warna transparan.  Hasilnya yang glossy akan membuat furnitur Anda menjadi tampak lebih mewah.

Namun bagi Anda yang tidak menginginkan furnitur tampil mengkilap dan ingin mendapatkan tampilan natural bisa menggunakan Matting agent yang berfungsi untuk menurunkan tingkat kilap dari lapisan Biothane sesuai dengan yang Anda inginkan.

Selain dari produk Biothane dukungan dari  lapisan film di bawahnya juga akan mendukung furnitur kayu jati belanda outdoor Anda lebih tahan terhadap air. Anda bisa menggunakan produk Biovanrish yang juga akan memberikan warna natural pada kayu jati belanda.

Ada 20 pilihan warna natural dari Biovarnish Wood Stain yang bisa Anda pilih sebelum menerapkan Biothane. Untuk menghasilkan finishing pori kayu tertutup Anda juga membutuhkan bantuan dari Biovarnish wood filler yang akan mengisi pori kayu dengan sempurna.

Bagaimana Membuat Kayu Jati Belanda Tahan Air

Proses aplikasi cat pun sangat mudah yaitu hanya menggunakan kuas. Jika Anda adalah seorang pemula maka belajar mengecat menggunakan kuas adalah salah satu bagian yang sangat penting sebelum Anda beralih menggunakan produk cat yang aplikasinya membutuhkan alat.

Langkah Finishing Kayu Jati Belanda Warna Natural

  1. Anda perlu mengamplas dan juga mendapatkan permukaan kayu yang rata serta bersih terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan amplas dan juga vakum untuk membersihkannya. Pastikan juga tingkat kelembaban kayu sudah standar.
  2. Pengecatan dimulai dengan aplikasi Biovarnish wood filler ramin secara menyeluruh. Anda bisa menggunakan dengan dicampur sedikit air kemudian mengusapkan secara menyeluruh searah jarum jam menggunakan kain bersih. Tunggu kering baru memulai amplas dengan kertas amplas 240 hingga serat kayu terlihat.
  3. Proses selanjutnya dilanjutkan dengan aplikasi Biovarnish wood stain sesuai dengan warna yang Anda inginkan. Aplikasikan hiingga rata dengan mencampurkan wood stain dan air kemudian menguaskannya ke seluruh permukaan kayu hingga rata.
  4. Tunggu cat mengering kemudian Anda bisa mengamplas secara ambang dengan kertas amplas 400. Amplaslah hingga permukaan halus dan tidak terlalu ditekan agar lapisan cat tidak hilang.
  5. Terakhir adalah aplikasi Biothane. Campurkan bahan dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk hingga rata. Anda bisa memulai dengan menguaskan lapisan cat ke seluruh permukaan kayu jati belanda.
  6. Tunggu lapisan cat mengering dan Anda bisa mengamplas ulang dengan kertas amplas 400 dan mengaplikasikan kembali campuran Biothane dengan air. Dua lapisan akan membuat lapisan film tebal yang melindungi. Tunggu cat mengering dalam 24 jam sebelum Anda menggunakannya.

Mengecat menggunakan kuas adalah hal yang sangat mudah bahkan seorang pemula pun bisa belajar dari sini. Yang perlu Anda perhatikan pada saat mengecat adalah arah mengecat yang harus searah serat kayu sehingga hasilnya akan rata dan halus.

Selain itu juga mengecat harus menggunakan kuas nylon karena Anda menggunakan cat water based. Bulu kuas nylon tidak akan meresap air dan meninggalkan brush mark. Untuk hasil yang lebih halus lagi Anda bisa membalut bulu kuas dengan kain katun bersih namun pastikan Anda selalu mengganti kain dengan yang baru sebelum Anda mengaplikasikan lapisan cat baru.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Knowledge"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing, perawatan, dan pencegahan kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2020 catkayu.com - All Right Reserved.