Ingin Membuat Kayu Palet Bakar? Inilah Alat yang Perlu Digunakan

Anda menginginkan pembakar kayu palet dan memiliki furnitur yang indah? Tidak perlu memanggil tukang atau profesional untuk melakukannya karena tentu Anda perlu mengeluarkan banyak uang untuk menyelesaikannya. Daripada Anda mengeluarkan uang banyak lebih baik mengeluarkan sedikit uang namun hasil yang diberikan sama baiknya.

Kini Anda bisa mewujudkan finishing bakar tanpa harus bersusah payah. Alat dan bahan yang digunakan sangat mudah gampang didapatkan. Namun sebelumnya Anda perlu mengetahui apa itu teknik pembakaran kayu palet dan juga alat penting apa saja yang tidak boleh dilewatkan atau terlupakan.

Jenis Kayu Palet

Ada berbagai macam jenis kayu palet yang bisa Anda dapatkan dengan mudah. Pada dasarnya kayu palet diciptakan untuk proses packing benda yang akan dikirim ke luar negeri atau luar kota dan luar pulau yang dikirim dalam jumlah yang banyak.

Anda bisa memilih jenis kayu yang digunakan bisa berupa kayu sungkai, kayu jati belanda dan yang paling banyak digunakan adalah kayu pinus. Walaupun hanya digunakan sebagai alat untuk packing barang kayu palet dari jenis kayu tersebut memiliki penampilan yang sangat menarik.

Penampilan menarik tersebut bisa Anda dapatkan jika bisa mengolahnya menjadi sebuah furnitur baru atau bahkan sebagai furnitur yang memiliki nilai kelas tinggi. Sudah menjadi rahasia umum jika kayu palet adalah jenis kayu yang berkualitas rendah.

Namun kualitas rendah dari kayu palet ini tidak menurunkan nilai estetika yang dihasilkan ketika Anda menggunakan pembakar pada kayu ini. Bahkan proses pembakaran merupakan salah satu cara untuk mengawetkan kayu palet menjadi kayu yang lebih tahan lama.

Walaupun tidak memungkiri jika Anda tetap harus menggunakan kayu palet ini hanya sebagai funitur dalam ruangan saja. Sifatnya yang lunak tidak mengharuskan kayu palet diletakan di luar ruangan yang akan bersinggungan dengan suhu udara, hujan dan juga panas.

Pori yang dimiliki sangat halus bahkan sangat rapuh jika terkena panas dan juga hujan terus menerus akan membuat furnitur yang terbuat dari kayu palet cepat rusak.

Alasan Kayu Palet Harus Pakai Pembakar

Di atas sempat disinggung sedikit mengenai fungsi dari pembakaran adalah untuk mengawetkan. Memang benar, teknik pembakaran pada kayu sebenarnya sudah dikenal sejak lama dan berasal dari negara Jepang. Hanya saja jenis kayu yang biasanya digunakan di sana adalah kayu cedar yang memang mudah ditemukan dan banyak tumbuh di negara pohon sakura itu.

Namun semakin berkembangnya teknik ini Anda tidak lagi hanya dapat mengaplikasikannya pada kayu cedar saja namun juga dapat diaplikasikan pada semua jenis kayu bahkan yang telah berbentuk palet.

Kayu palet memang sangat mudah rusak bila diletakan di luar ruangan. Namun dengan adanya teknik pembakaran ini akan memberikan perlindungan yang baik pada kayu sehingga kayu tidak akan mudah rusak.

Alat Pembakar Kayu Palet Apa Saja Yang Digunakan?

Kayu palet menggunakan pembakar pada bagian permukaan sehingga membuat pori kayu berkurang fungsinya sebagai penyerap kelembaban. Pori kayu akan sedikit tertutup dengan adanya pembakaran pada permukaan. Selain itu pembakaran juga dilanjutkan dengan proses peminyakan atau menggunakan oil sebagai lapisan akhir.

Hal tersebut akan membuat kayu menjadi lebih tahan lama dan juga lebih tahan terhadap air yang menjadi sumber utama timbulnya jamur. Anda tidak akan mendapatkan kayu palet tahan lama tanpa menggunakan cara ini.

Ada lagi cara alternatif yang dapat menggantikan sistem pembakaran menggunakan api asli pada permukaan kayu. Cara ini hanya mengandalkan fungsi dari cat yang memberikan warna sekaligus memberikan proteksi pada pori kayu.

Anda mungkin perlu melihat secara langsung bagaimana bisa mendapatkan hasil finishing terbakar tanpa menggunakan api dan hanya menggunakan alat-alat yang sederhana. Menggunakan cara ini tentu saja tidak akan membuat hasil finishing berkurang keindahannya.

Bahkan Anda bisa mendapatkan hasil finishing yang rapi dan bisa menyesuaikan dengan keinginan. Jika menggunakan api Anda harus berpengalaman jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal dan juga harus berusaha untuk mendapatkan hasil yang aman.

Menggunakan api Anda juga harus siap resiko terbakar atau mengerjakan di tempat aman dan lapang.

Alat Yang Tidak Boleh Dilewatkan

Manakah yang akan Anda pilih menggunakan api atau hanya menggunakan cat. Jika menggunakan cat Anda bisa memilih untuk menggunakan cat water based wood stain dan juga pernis sebagai lapisan akhirnya.

Namun jika Anda memilih untuk menggunakan api langsung berikut ini alat-alat yang dibutuhkan.

Torch

Anda membutuhkan torch untuk melakukan proses pembakaran. Ada berbagai macam jenis torch yang bisa Anda gunakan. Torch digunakan untuk membakaran permukaan, kunci suksesnya adalah dengan memberikan tekanan api yang pas. Melakukan pembakaran harus berjalan searah serat atau berlawanan dan tidak hanya berhenti pada satu titik saja.

Alat Pembakar Kayu Palet Apa Saja Yang Digunakan?

Jika pembakaran hanya berhenti pada satu titik saja maka Anda akan membakar dan menghasilan warna pada titik-titik tertentu saja. Jadi pastikan Anda selalu menggunakan torch dengan tekanan gas yang tepat.

Sarung tangan

Anda perlu menggunakan sarung tangan untuk melindungi tangan Anda dari panasnya api yang keluar dari torch. Sarung tangan juga berfungsi untuk menyerap keringat yang eluar selama proses pembakaran. Keringat yang keluar akan membuat tangan Anda licin dan menimbulkan kecelakaan kerja.

Jadi sarung tangan berfungsi sebagai alat keselamatan yang tidak boleh Anda lewatkan.

Kacamata

Anda akan bekerja dengan api yang menimbulkan asap. Selalu gunakan kacamata kerja Anda untuk pelindung mata Anda. Bekerja dengan api sangat berbahaya jika Anda menggunakan kacamata setidaknya mengurangi asap yang akan melukai mata Anda.

Sikat kawat

Anda akan melakukan pembakaran dan menimbulkan debu bekas pembakaran dari permukaan kayu. Lapisan kayu terluar dari kayu palet akan berubah menjadi abu. Dengan sentuhan dari sikat kawat maka Anda akan menghilangkan debu tersebut. Bahkan dengan sikat kawat Anda akan menimbulkan tekstur yang menarik pada permukaan kayu.

Syaratnya adalah Anda perlu menyikatkan sikat searah serat kayu sambil ditekan. Pastikan Anda menggunakan sedikit tenaga Anda untuk menciptakan tekstur. Anda akan mendapatkan hasil yang menarik dan juga hasil yang maksimal.

Amplas

Anda membutuhkan amplas untuk memperhalus permukaan. Walaupuan Anda sudah mendapatkan permukaan dengan tekstur fungsi amplas tidak bisa dilupakan. Anda perlu menggunakan amplas untuk menghaluskan permukaan agar minyak atau oil sebagai lapisan terkahir dapat meresap ke dalam pori kayu.

Oil/ Wax

Terakhir adalah penggunaan oil sebagai bahan yang digunakan untuk pelapis akhir sekaligus pelindung. Di sini Anda bisa menggunakan segala macam jenis minyak. Bahkan jika Anda ingin mendapatkan hasil yang natural Anda bisa megoleskan Biopolish Linseed Oil yang terbuat dari madu lebah dan diperuntukan untuk furnitur.

Caranya Anda bisa menggunakan kain bersih dan kering. Ambil sedikit Biopolish kemudian mengoleskan secara merata pada permukaan kayu palet yang telah terbakar. Maka Anda akan menyelesaikan proses finishing kayu palet bakar.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Knowledge"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing, perawatan, dan pencegahan kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2020 catkayu.com - All Right Reserved.