Tampak Natural Inilah Warna Cat Pagar Kayu yang Bagus

Pagar salah satu bagian yang akan tampak pertama kali ketika seseorang melihat sebuah rumah. Fungsi utama dari pagar adalah untuk memberikan perlindungan sekaligus menciptakan keindahan. Pembuatan pagar pun kini sangat bervariasi, menyesuaikan gaya yang ingin ditampilkan oleh si pemilik rumah. 

Jika Anda berniat untuk memasang atau membuat pagar rumah dari kayu ada beberapa aspek yang berhubungan dengan finishing harus diperhatikan. Pertama adalah jenis cat yang digunakan, kedua Anda harus memilih warna yang sesuai dan ketiga apakah proses pengecat akan dilakukan sendiri. 

Memilih produk cat di pasaran tidaklah mudah, Anda harus memilih cat yang memberikan perlindungan pada kayu secara khusus. Warna yang dihasilkan tidak hanya menarik tetapi juga tahan lama. Ketika Anda hendak mengecatnya sendiri, sebaiknya pelajari bagaimana teknik menguas. 

Warna natural untuk pagar, adalah pilihan terbaik yang bisa Anda dapatkan. Pagar kayu yang dicat dengan warna natural akan memperlihatkan keindahan seratnya. Apakah cat yang bagus untuk warna natural dan bagaimana teknik aplikasi dengan kuas terbaik?

Produk Cat Kayu Warna Natural untuk Pagar Terbaik

Mencari produk cat untuk pagar dari sekian banyak merk memang tidaklah mudah. Namun Anda bisa memilih cat berdasarkan kategorinya. Pertama apakah cat dapat digunakan untuk furniture kayu outdoor. Kedua adalah cat dapat diaplikasikan dengan kuas. Terakhir adalah apakah cat setidaknya dapat bertahan lebih dari 3 tahun. 

Cat kayu Biovarnish hadir untuk menciptakan pagar lebih tahan lama. Tanpa bingung memilih produk lainnya, cat Biovarnish dapat diaplikasikan dengan kuas. Hasil finishingnya natural transparan membuat serat kayu tampak alami. Walaupun diaplikasikan dengan kuas, hasil finishingnya tetap merata.

Apa saja perlindungan yang akan didapatkan pagar rumah Anda dari cat kayu Biovarnish? Berikut ini beberapa keunggulan yang bisa dimanfaatkan dari Biovarnish. 

  1. Daya sebar luas sehingga Anda akan lebih hemat.
  2. Tingkat kerakatannya sangat tinggi sehingga bisa bertahan lama.
  3. Tahan terhadap perubahan cuaca jadi tidak akan mudah rusak. 
  4. Cat tahan terhadap air sehingga tidak masalah jika sering terkena hujan. 
  5. Memiliki fleksibilitas tinggi ketika pagar kayu memuai atau menyusut. 

Tips Memilih Warna Natural yang Sesuai dengan Kayu

Tidak semua jenis kayu dapat diaplikasikan dengan wood stain untuk mendapatkan hasil warna yang tajam. Ingat warna kayu berbeda dengan warna wood stain, jadi ketika diaplikasikan hasilnya bisa saja berbeda. Sebagai contoh, warna kayu pinus putih sehingga warna wood stain apapun bisa muncul dengan mudah. 

Berbeda jika Anda mengaplikasikan wood stain warna yang lebih terang di atas permukaan kayu gelap seperti sonokeling. Hasil warna wood stain tentunya tidak akan muncul. Berikut ini tips memilih warna natural yang harus diperhatikan. 

  • Pilih warna wood stain yang sama dengan kayu. Warna kayu gelap hanya dengan wood stain yang sama gelapnya.
  • Hindari menggunakan wood stain warna terang di atas kayu yang gelap. Tapi Anda bisa mengaplikasikan wood stain warna gelap di atas kayu yang terang. 
  • Anda bisa menggunakan bahan bleaching kayu jika menginginkan hasil warna terang pada permukaan kayu yang gelap. 

Selalu perhatikan warna kayu asli karena akan sangat mempengaruhi hasilnya nanti. Jangan sampai salah memilih warna wood stain karena sekali salah Anda harus mengulangi dari awal. Cara aman, sebaiknya Anda mencoba wood stain terlebih dahulu sebelum menggunakan dalam jumlah banyak. 

Rangkaian Produk Biovarnish yang Harus Digunakan

Menggunakan Biovarnish untuk pagar kayu, artinya Anda akan mengecat menggunakan tiga produk secara berurutan. Pertama adalah Biovarnish wood filler, kedua Biovarnish wood stain dan ketiga Biovarnish clear coat. Wood filler berfungsi untuk menutup pori dan mengurangi kemampuan untuk meresap kayu. 

Biovarnish wood stain adalah lapisan cat yang akan memberikan warna. Wood stain menyediakan warna cat yang bagus untuk pagar. Ada 20 pilihan warna natural yang beragam yaitu menyerupai kayu jati, oak, walnut dan juga mahoni. Masing-masing warna tersedia dari warna natural coklat muda hingga tua. 

Biovarnish clear coat fungsinya adalah menggantikan pernis kayu konvensional. Hasil warna yang ditampilkan transparan dan ada dua jenis tampilan yang dipilih. Pertama untuk tampilan gloss dan kedua matte. Khusus pagar disarankan untuk menggunakan clear coat gloss yang lebih tahan gores. 

Langkah-Langkah Mengecat Pagar untuk Tampilan Natural

Kini saatnya untuk mempelajari teknik finishing pada pagar yang mudah dilakukan pemula. Nah ada empat tahapan yang harus Anda lakukan secara umum. Langkah tersebut adalah persiapan, aplikasi wood filler, wood stain kemudian clear coat. Jangan lupa perhatikan proses pengeringan masing-masing lapisan coating. 

Alat yang harus Anda persiapkan adalah kuas berbulu nilon, gelas plastik untuk melarutkan cat, pengaduk dan amplas aluminium oxide. Ada tiga jenis amplas yang digunakan yaitu grit 220, 240 dan 400. Siapkan juga kain lap untuk membersihkan debu serta kotoran. 

Cara Mempersiapkan Pagar dengan Benar

Persiapan pagar yang harus diperhatikan mengamplas untuk mendapatkan permukaan yang halus, memastikan permukaan bebas debu dan juga kotoran. Sebagai langkah awal, amplas permukaan kayu dengan amplas nomor 220. Jika permukaan kasar mulai dengan amplas 150.

Gulungkan amplas dengan balok kayu agar permukaan menjadi lebih datar. Amplas searah serat pagar kayu. Ganti amplas apabila permukaan kasarnya sudah menjadi halus. Setelah itu bersihkan semua debu kayu. 

Cara Menggunakan Biovarnish Wood Filler

Isi semua cekungan, lubang dan bagian cacat kayu lain dengan Biovarnish wood filler. Pilih warna filler yang sesuai dengan hasil akhir dari wood stain. Aplikasikan dengan pisau scrape kemudian ratakan. Tunggu wood filler kering selama 20 menit. 

Setelah kering, amplas permukaan kayu dengan kertas amplas nomor 240. Amplas lagi menggunakan balok kayu, kali ini  hingga warna kayu dan seratnya terlihat jelas. Tidak lagi ada cacat permukaan karena semua sudah terisi. Terakhir bersihkan debu amplas. 

Cara Aplikasi Biovarnish Wood Stain

Setelah memilih warna dari wood stain, Anda bisa langsung mengaplikasikannya. Campurkan wood stain dengan air ke dalam gelas plastik. Gunakan perbandingan 4 bahan : 1 air dan aduk merata jangan sampai terdapat endapan. 

Kuaskan cat ke seluruh permukaan pagar kayu, hingga menjadi lebih rata dan juga halus. Tunggu kering 60 menit baru di amplas. Pastikan Anda menggunakan kertas amplas nomor 400 dan amplas ringan saja searah serat kayu. Jika warna masih terlalu pucat aplikasikan sekali lagi. 

Cara Aplikasi Biovarnish Clear Coat Gloss

Lapisan terakhir ini sangat penting karena akan membentuk lapisan pelindung. Encerkan Biovarnish clear coat gloss dengan air di dalam wadah plastik. Kemudian aduk hingga merata baru kuaskan ke seluruh permukaan searah serat kayu. Cukup aplikasikan tipis karena Anda bisa mengulanginya. 

Tunggu lapisan pertama kering 60 menit, ulangi pengamplasan ambang baru aplikasikan cat kembali. Lapisan terakhir yang diaplikasikan harus didiamkan selama semalaman. Hasilnya coating kuat dan kering sempurna. 

Artikel "Finishing Kayu"

About Us

Catkayu.com merupakan web official untuk produk Biovarnish, bahan finishing kayu water based yang aman dan ramah lingkungan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft.

WA: 082219357399

©2015 - 2019 CatKayu.com - All Right Reserved.