Mau Warna Cat Pagar Bambu Natural atau Solid? Pilih Produk Ini

Bagaimanakah menjaga bambu agar lebih awet dan bertahan lebih lama? Warna cat pagar bambu yang tepat juga akan membuat tampilan tampak lebih menarik.

Ada banyak sekali material yang bisa digunakan sebagai material bambu. Mulai dari besi baja, alumunium, kayu dan juga bambu. Material yang sangat dekat dengan alam adalah kayu dan juga bambu karena keduanya adalah serat alam.

Material kayu memang banyak digunakan tetapi jika Anda ingin produk serat alam yang berbeda bisa menggunakan bambu. Tanaman bambu adalah salah satu jenis tanaman rumput yang sangat mudah tumbuh atau cepat tumbuh khususnya di daerah tropis seperti Indonesia.

Di Amerika, tanaman bambu mulai banyak diminati karena merupakan tanaman yang eco friendly. Banyak kelebihan tanaman bambu yang membuat tanaman ini banyak digunakan yaitu karena ringan sehingga bambu sangat mudah dibentuk.

Perawatan material bambu sendiri tidaklah sulit karena perawatan bambu ini dilakukan dengan memberikan lapisan coating di awal produksi pagar bambu. Pemberian pewarnaan pada bambu ini adalah pemberian lapisan coating yang juga untuk memberikan tampilan. Agar tampilannya menarik warna cat pagar bambu juga harus dipilih sesuai dengan gaya rumah Anda.

Pemilihan bahan finishing pada bambu pun harus dipilih dengan baik. Mengapa? Karena tidak semua jenis bahan finishing dapat memenuhi kebutuhan finishing pagar bambu.  Ada dua jenis bahan finishing yang ada di pasaran yaitu bahan finishing terbuat dari solvent dan juga bahan finishing dari water based.

Keduanya adalah bahan finishing yang bisa Anda gunakan tetapi sangat berbeda karena bahan pembuatnya berbeda. Bahan cat dari solvent ini membutuhkan thinner sebagai bahan pelarutnya agar lebih mudah untuk diaplikasikan. Sedangkan untuk produk cat water based adalah cat yang membutuhkan bahan pelarut air.

Keduanya memiliki pilihan warna cat pagar bambu yang menarik yaitu warna natural dan juga warna solid. Manakah yang akan Anda pilih? Lalu bagaimanakah cara aplikasi keduanya?

Warna Bambu Solid Dengan Cat Water Based

pagar-bambu-warna-natural

Salah satu dari warna yang bisa Anda pilih adalah warna solid. Pilihan warna solid ini sangat bervariasi. Pilihan warna ini adalah untuk menutup warna kayu asli sehingga  Anda akan mendapatkan warna yang berbeda. Biasanya warna ini digunakan untuk jenis gaya seperti modern minimalis.

Dengan menginginkan material yang alami Anda bisa menggunakan warna cat pagar bambu seperti hitam. Pemilihan warna hitam ini akan memberikan kesan minimalis yang elegan. Jenis cat kayu water based yang bisa Anda gunakan untuk memberikan warna ini adalah cat kayu besi Orchid.

Cat kayu besi Orchid ini adalah cat kayu enamel yang sangat mudah untuk diaplikasikan karena hanya membutuhkan air dan juga kuas. Lalu bagaimana dengan cara aplikasinya? Berikut ini cara aplikasi yang bisa Anda lakukan:

  1. Pagar bambu yang akan di cat haruslah sudah kering dan juga sudah bersih. Pagar bambu yang kering ini dibutuhkan agar warna tidak berubah ketika cat sudah selesai diaplikasikan. Pastikan juga pagar bambu bersih dari kotoran dan juga debu amplas.
  2. Campurkan cat kayu besi Orchid dengan pilihan warna yang diinginkan dengan air perbandingan 4 bahan : 1 air dan aduk hingga rata. Setelah itu aplikasikan dengan kuas halus ke seluruh permukaan pagar bambu searah serat. Lakukan tipis-tipis saja hingga merata. Tunggu cat mengering kemudian amplas dengan kertas amplas no. 400. Anda bisa mengaplikasikan cat kayu besi Orchid 2 sampai 3 kali hingga mendapatkan warna yang diinginkan.
  3. Jika tampilan dirasa kurang glossy, Anda bisa manambahkan BioColours Clear Coat dan aplikasikan sama dengan campuran air perbandingan 2 bahan : 1 air.

Warna cat pagar bambu hitam dalam rumah gaya modern minmalis saat ini masih jarang digunakan. Mungkin Anda ingin menjadi orang pertama yang menggunakannya?

Cat Bambu Natural Transparan

Berbeda dengan warna cat pagar bambu solid, warna natural akan memperlihatkan warna bambu aslinya. Manakah yang akan Anda sukai? Apakah warna solid atau warna natural? Jika Anda menyukai penampilan yang dekat dengan alam atau unsur alam maka warna natural menajdi pilihan yang terbaik.

Pilihan warna natural ini sama speerti pemilihan warna natural yang ada pada kayu seperti warna jati, warna mahoni dll. Tetapi akan tetap memperlihatkan serat bambu yang menarik. Salah satu jenis cat yang direkomendasikan adalah cat kayu Biovarnish.

Sedangkan untuk cara aplikasinya tidak jauh berbeda dengan cat kayu besi Orchid yaitu dengan kuas dan bahan pelarut air. Berikut ini cara aplikasinya yang mudah:

  1. Memastikan agar bambu benar-benar sudah kering sama seperti saat Anda mengaplikasikan cat kayu besi Orchid.
  2. Aplikaskan Biovarnish Wood Filler dengan pisau scrap ke seluruh permukaan pagar bambu kemudian tunggu kering sekitar 20 menit. Jika sudah kering maka Anda bisa melakukan pengamplasan dengan kertas amplas no. 240. Pastikan permukaan berubah menjadi halus dan serat bambu terlihat.
  3. Campurkan Biovarnish Wood Stain dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Pilih warna wood stain yang Anda inginkan. Campurkan dalam gelas plastik hingga tercampur benar, aplikasikan hingga merata ke seluruh permukaan pagar bambu. Tunggu cat mengering sekitar 60 menit kemudian amplas ambang dnegan kertas amplas no. 400. Jika sudah maka Anda bisa mengaplikasikan kembali Biovarnish ke seluruh permukaan pagar bambu hingga mendapatkan warna yang diinginkan.
  4. Campurkan Biovarnish Clear Coat dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk hingga rata. Aplikasikan ke seluruh permukaan kayu hingga rata. Tunggu kering sekitar satu malam maka lapisan cat yang terbentuk sangat kuat.

Selalu Gunakan Cat yang Eco Friendly

Jika tadi telah disampaikan bahwa produk bambu adaah produk yang eco friendly maka untuk bahan finishingnya Anda juga harus memilih yang eco friendly. Mengapa? Karena produk eco friendly yang harus dibiasakan untuk digunakan saat ini. Anda tidak hanya mencari warna cat pagar bambu tetapi juga harus memilih berbagai kelebihan yang akan didapatkan dari bahan finishing.

Jika cara aplikasinya sudah mudah lalu bagaimana dengan tingkat perlindungan yang akan diberikan? Ada berbagai kebutuhkan pagar bambu dalam segi perlindungan yaitu anti jamur, anti rayap, tahan panas dan juga tahan hujan. Ketika pagar tidak diberikan perlindungan tentu saja gangguan seperti hujan akan membuat pagar lebih cepat rusak.

Untuk malasah keamanan pengguna, baik itu produk Orchid dan juga produk Biovarnish dibuat dengan standar regulasi ECHA (European Chemical Agency) dan juga US EPA (Enviromental Protection Agency). Kedua regulasi inilah yang mengatur tentang penggunaan bahan kimia berbahaya untuk tidak digunakan di dalam kandungan cat seperti timbal, merkuri, formalin,dll.

Bagaiamanakah Anda bisa mendapatkan produk Orchid dan juga Biovarnish ini? Anda bisa menghubungi costumer service kami untuk pembelian di nomor nomor 082219357640.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Featured"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.