Ingin Tampilan Pagar Kayu Menjadi Baru Kembali? Gunakan Cara Ini

Membuat tampilan cantik untuk pagar kayu bisa anda lakukan kapan saja. Agar tampilan cantik pada pagar kayu lebih maksimal, anda tentu membutuhkan cara dan bahan finishing yang tepat.

Seberapa sering Anda melakukan pengecatan pada pagar rumah Anda? Baik itu material kayu atau besi pagar yang telah dicat pasti akan mengalami masa penampilan yang menurun. Anda pasti ingin memiliki pagar kayu dengan tampilan yang tetap cantik meski telah lama anda gunakan.

tampilan pagar kayu

Musuh utama dari pagar baik itu kayu ataupun besi adalah kelembaban. Adanya lapisan cat yang tepat akan menciptakan proteksi yang mampu menjaga agar kelembaban tidak menimbulkan kerusakan pada kayu dan juga besi.

Baca Juga : ingin tampilan triplek kayu bisa mengkilap gunakan rekomendasi cat ini

Seberapa sering Anda melakukan proses pengecatan pada pagar tergantung dengan cuaca dimana Anda tinggal. Di Indonesia, curah hujan yang sangat tinggi tentu akan membuat pagar rumah cepat rusak karena kelembaban yang sangat tinggi.

Maka produk cat yang dipilih harus mampu menjaga kondisi pagar agar tahan lama, bahkan hingga bertahun-tahun. Sekitar 3 tahun sekali Anda wajib melapisi ulang  pagar rumah Anda. Pada jenis pagar kayu yang dilapisi dengan cat warna natural ataupun solid sebelum melakukan perbaikan Anda bisa melihat atau mengecek apakah lapisan telah retak, chiping dan mulai pudar.

Baca Juga : bagaimana cara ubah tampilan furnitur kusam agar mengkilap kembali

Jenis Cat Yang Wajib Digunakan  untuk Pagar

Sebelum memulai praktek mengecat ulang sebaiknya Anda pelajari terlebih dahulu jenis cat manakah yang harus Anda pilih. Apakah Anda akan menggunakan warna natural atau Anda akan menggunakan warna solid pada pagar rumah Anda.

Baca Juga : cara finishing pagar lisplang dengan plitur kayu biovarnish terbaik

Ingin Tampilan Cantik Pagar Kayu Saat lebaran? Gunakan Cara Ini

Jika Anda memiliki pagar dengan serat kayu yang bagus maka pilihlah cat kayu warna natural. Anda bisa menggunakanLiquid Stain sebagai pewarna kayu natural yang akan membuat serat kayu tampak lebih menonjol.

Namun jika Anda hanya memiliki kayu murah dan tidak memiliki serat kayu yang bagus maka gunakan warna solid untuk lapisan luarnya. Pastikan warna solid yang Anda pilih sesuai dengan gaya dan tema warna rumah Anda.

Selanjutnya, putuskan produk cat apa yang akan anda gunakan? Dalam dunia finishing warna natural ada banyak jenis cat yang bisa Anda pilih dan gunakan. Bahkan Anda bisa menggunakan produk apa saja dengan berbagai katalog warna yang berbeda-beda.

Baca Juga : cara ubah lemari kayu lama menjadi baru kembali dengan cara mudah ini

Perlu Anda ketahui untuk memiliki halaman rumah yang sehat dan bebas toxic Anda harus menggunakan jenis cat kayu yang aman. Sudah sangat dikenal banyak orang jika cat kayu pasti memiliki kandungan yang berbahaya ditandai dengan bau yang menyengat.

Namun jika Anda memilih cat bebas toxic yaitu water based maka Anda tidak perlu khawatir untuk masalah lingkungan. Bahkan Anda bisa mengecat bersama dengan anak atau keponakan Anda di hari libur dan menjadikannya pembelajaran mereka.

Baca Juga : ingin finishing kayu warna putih gunakan cat kayu water based warna putih

Mengecat adalah hal yang sangat menyenangkan terlebih jika dilakukan bersama dengan anak-anak. Anda tidak perlu khawatir jika tetesan cat mengenai kulit anak-anak karena cat water based sangat mudah untuk dibersihkan hanya dengan air serta tidak menimbulkan iritasi karena bebas dari toxic.

finishing meja trembesi

Produk cat water based yang direkomendasikan untuk proyek finishing pagar kayu di rumah Anda adalah cat kayu water based Biovarnish. Produk Biovarnish series adalah cat yang sangat mudah diaplikasikan hanya dengan kuas. Anda tidak perlu khawatir dengan hasilnya karena Anda akan mendapatkan hasil layaknya tukang cat profesional.

Cara Mengubah Tampilan Pagar  Kayu dengan Biovarnish

Memulai mengecat pagar maka Anda membutuhkan cuaca yang baik. Pastikan hari di mana Anda mulai mengecat cerah dan bacalah ramalan cuaca dan pastikan hari tersebut tidak memiliki potensi hujan.

Ketika cuaca cerah maka cat akan cepat mengering dan tidak akan luntur karena hujan yang membuat cat belum mengering rusak. Ada beberapa peralatan yang perlu Anda siapkan untuk memulai proses pengecatan dengan Biovarnish.

--> Peralatan yang harus disiapkan:

  • Celemek
  • Kuas 5 inci
  • Ember kecil untuk mencampur cat
  • Pengaduk bisa berupa sumpit bambu
  • Koran
  • Lakban kertas
  • Air
  • Amplas 400

Jika semua peralatan yang dibutuhkan sudah siap Anda hanya perlu semangat untuk memulai proses pengecatan ulang pada pagar kayu di rumah Anda.

1. Persiapan

Pada tahapan persiapan ini ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Siapkan media yaitu pagar kayu, jika pagar rumah Anda memiliki kombinasi dengan besi pastikan besi tertutup dengan koran yang di lakban kertas agar wood stain tidak menempel dan merusak besi.

Cara Sanding Kayu Jati Belanda, Tips dan Trik Bagi Pemula

Pastikan juga permukaan pagar kayu sudah diamplas bersih dan lapisan cat lama telah menghilang. Jika Anda adalah seorang pengrajin akan lebih mudah jika mengamplas menggunakan mesin agar cepat selesai. Namun jika Anda adalah seorang pemula maka gunakan paint striper.

Permukaan pagar kayu yang telah diamplas akan membuka pori kayu dan mempermudah agar wood stain melekat dan masuk ke dalam pori. Membuat pembentukan lapisan film yang kuat dan juga lebh lentur.

2. Pengecatan

Anda akan memulai pengecatan jadi jangan lupa untuk menggunakan celemek agar tidak ada tetesan cat yang mengenai pakaian Anda. Lakukan pencampuran cat terlebih dahulu. Campurkan Biovarnish Wood Stain dengan air sesuai dengan petunjuk pada kemasan. Pastikan cat tercampur dengan air secara merata. Aduk sesekali ketika Anda akan mengaplikasikan.

Anda akan mengecat pagar maka mulailah pada bagian dalam kayu kemudian baru menuju pada bagian pinggir. Ini akan mempermudah Anda agar mendapatkan hasil finishing yang rapi.

Ingin Tampilan Cantik Pagar Kayu Saat lebaran? Gunakan Cara Ini

Pastikan Anda mengecat sesuai dengan arah serat kayu, pengecatan dengan arah yang berlawanan akan membuat cat menjadi tidak beraturan bahkan serat kayu akan tidak terlihat. Finishing akan berubah menjadi kasar.

Selanjutnya jika seluruh permukaan sudah tertutup dengan liquid stain Anda bisa memulai dengan menunggu kering. Anda bisa makan siang dan ketika selesai cat telah mengering.

Jika sudah kering lakukan pengamplasan dengan kertas amplas secara ambang saja, pastikan seluruh permukaan teramplas. Fungsinya adalah untuk memberikan permukaan lebih halus dan pori kayu lebih terbuka untuk menerima lapisan selajutnya.

produk liquid stain

Anda bisa mengulangi aplikasi liquid stain hingga beberapa kali. Namun tetap ingat warna apapun wood stain yang Anda gunakan jika Anda mengulangi beberapa kali maka hasilnya cat akan tampak lebih gelap.

3. Aplikasikan Top Coat

Untuk lapisan perlindungan yang terbaik pada pagar rumah Anda gunakan Biothane. Lapisan film yang tercipta akan sangat tebal namun lentur. Membuat pagar yang berubah bentuk karena cuaca akan tetap terlindungi dengan baik karena lapisan cat akan mengikuti ukuran dari kayu.

polyurethane

Aplikasi Biothane sangat mudah Anda bisa mencampurkan terlebih dahulu dengan air sesuai dengan petunjuk pemakaian pada kaleng. Aduk rata kemudian kuaskan secara merata seperti ketika Anda mengaplikasikan liquid stain tadi.

Proses aplikasi tidak jauh berbeda namun Biothane akan memberikan lapisan film yang bening sehingga tidak akan mempengaruhi warna dari liquid stain. Proses pengeringan akan berjalan semalaman sebelum cat pada pagar benar-benar menjadi kering. Setelah kering Anda akan mendapatkan permukaan pagar kayu dengan warna natural seperti baru kembali.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top