Cat Pengkilap dan Poles Kayu untuk Mengatasi Furniture Kusam

Sangat diperlukan cat pengkilap untuk furniture kayu yang kusam, karena akan memperindah kembali furniture lama Anda.

Furniture yang telah dicat hasilnya akan tetap kusam, jika dibiarkan selama bertahun-tahun tidak digunakan bahkan dirawat. Furniture zaman dahulu bernilai tinggi, karena jenis kayu yang digunakan adalah kayu solid dan keras seperti kayu jati kampung.

Jika Anda memiliki warisan furnitur maka rawatlah dengan baik karena nilainya sangat mahal. Setelah melewati waktu yang lama tentu tampilan furnitur akan memudar namun pudarnya tampilan ini bukan menurunkan kemampuan furnitur dan kekuatan furnitur namun hanya memudarkan penampilannya saja.

Bagian dalam furniture masih kuat, dan kini saatnya Anda bertindak untuk memperbaharui tampilan furnitur lama dengan menggunakan cat pengkilap kayu terbaik yang bisa Anda temukan dalam situs ini dengan mudah.

Tugas mengembalikan furniture lama mungkin tampak sedikit menakutkan, terutama karena potongan-potongan furnitur yang halus dan berharga dapat dengan mudah rusak jika metode yang salah digunakan. Namun, dengan mengikuti beberapa panduan sederhana Anda dapat menyimpan barang-barang favorit Anda dalam kondisi prima, menjaga kualitas dan nilai mereka.

Berikut 7 kiat teratas untuk memulihkan furniture kayu lama Anda, termasuk cat pengkilap :

1. Hapus Debu, Kotoran dan Minyak

3 Macam Penggunaan Beberapa Jenis Cat Kayu Agar Mengkilap

Mebel menarik semua jenis lemak dan minyak. Kontak manusia meninggalkan residu, yang bergabung dengan debu untuk membentuk lapisan kusam. Kain lembut dan sedikit air hangat mungkin cukup untuk menghilangkan ini. Jika lebih banyak bantuan diperlukan, setetes cuka atau sabun tangan cair dapat ditambahkan ke air. Dalam kedua kasus, ini harus diencerkan dengan air hangat sebelum digunakan.

Berhati-hatilah untuk menghindari bahan berlapis emas atau perak, karena ini mudah rusak. Ingat juga untuk menghilangkan debu berlebih sebelum memulai, jika tidak Anda hanya akan menggosoknya. Sikat atau sikat gigi yang berdebu harus cukup memadai untuk proses ini.

Pastikan Anda menghilangkan di semua bagian khususnya jangan tinggalkan perhatian pada bagian siku dan sudut yang sering sekali menyimpan banyak debu.

2. Memperbaiki Retakan dan Lubang Kecil

Manakah Dempul Kayu Terbaik? Bandingkan Dempul Buatan Sendiri Dan Pabrikan

Seiring waktu, keausan dan retakan pasti meninggalkan bekasnya. Perubahan suhu juga akan berpengaruh. Kayu mengering dan mengecil jika terkena panas berlebihan, jadi cobalah untuk menempatkan furnitur Anda dari radiator dan api terbuka.

Retak dan goresan dapat diperbaiki dengan stik perbaikan lilin. Lilin yang memiliki berbagai warna dan dapat dicampur bersama untuk mendapatkan warna yang tepat hanya dengan memanaskannya di tangan Anda. Saat menggunakan tongkat perbaikan lilin, disarankan hal berikut: Gunakan spatula plastik yang disediakan dengan tongkat untuk mendorong lilin ke dalam lubang atau retak.  Hilangkan kelebihan, dan gosok halus dengan kertas karton. Lalu wax di atasnya dan jangan lupa untuk melakukan buff.

Namun alternatif lilin ini tentu akan menghambat proses peresapan cat pengkilap kayu sebaikya Anda menggunakan bahan seperti dempul atau wood filler yang memang diproduksi untuk kayu. Bahan ini mudah ditemukan di situs ini juga.

Jika Anda menggunakan wood filler atau dempul, maka cukup mengoleskan pada bagian retakan ke seluruh permukaan kayu dengan kain bal sambil ditekan, tunggu permukaan mengering baru Anda mengamplas.

Untuk pemilihan warna pastikan Anda menggunakan jenis wood filler yang mirip dengan warna kayu yang Anda gunakan agar hasilnya natural transparan.

3. Perbaikan Fitting Dan Handle

Pintu Minimalis Anti Jamur

Kayu bukanlah satu-satunya material yang menua. Besi, tembaga, atau kuningan akan kusam atau bahkan berkarat seiring waktu. Karena itu, pegangan tua, kunci, engsel, baut, braket, dan kastor juga akan mendapat manfaat dari perawatan.

Dalam kebanyakan kasus, pembersih logam standar akan mengembalikan komponen logam Anda ke kualitas yang indah. Perhatikan bahwa alat kelengkapan logam ini harus dilepaskan dari furnitur terlebih dahulu, karena larutan pembersih akan merusak kayu. Terapkan pembersih dengan kapas. Pegangan dapat direndam dalam pembersih selama 30 menit. Untuk logam berkarat, aplikasikan larutan pembersih dengan sikat kawat wol halus.

Anda juga harus memastikan bahwa karat menghilang. Karat yang masih menempel akan cepat timbul walaupun telah ditimpa dengan cat yang baru.

4. Mengisi Lubang Besar Bekas Rayap

Lubang mungkin merupakan tanda rayap tetapi mereka tidak selalu menjadi alasan untuk alarm. Rayap tidak dapat bertahan dalam kondisi kering, berventilasi baik, yang berarti kerusakan Anda mungkin hanya merupakan lubang keluar dari kontaminasi sebelumnya.

Bahkan jika para rayap sudah lama pergi, sebaiknya berada di sisi yang aman, jadi perlakukan daerah yang terkena dengan bahan ati rayap seperti BioCide Insecticide.

Anda bisa menggunakan BioCide Insecticide kemudian menyuntikan ke dalam sehingga dapat menembus secara menyeluruh. Jika lubang itu luas, carilah bantuan ahli karena ini dapat mengindikasikan kerusakan besar.

5. Hapus Noda Air

Pastikan Menggunakan Cat Pengkilap Kayu Terbaik untuk Memperbaiki Furnitur Kusam

Air dapat meninggalkan noda buruk pada furnitur lama. Sebuah reviver semir harus membersihkannya dengan baik, tetapi Anda dapat mencapai hal yang sama dengan bahan-bahan rumah tangga.

Blender dan panaskan sedikit minyak zaitun dan beberapa lilin parafin (seperempat dengan jumlah minyak zaitun). Aduk perlahan campuran ini ke tanda air dengan kain lembut. Diamkan selama 4 hingga 5 jam, lalu lap dan gunakan wax.

6. Aplikasikan Cat Pengkilap Kayu

Anda ingin memiliki furniture yang mengkilap dan memiliki furnitur yang tahan lama? Maka Anda wajib menggunakan cat pengkilap kayu seperti Biovarnish. Produk ini akan memberikan penampilan gloss pada permukaan furniture Anda.

Caranya adalah mencampurkan air Biovarnish clear coat kemudian menguaskan ke seluruh permukaan kayu. Kuaskan searah serat kayu maka Anda akan mendapatkan permukaan kayu yang halus bebas brush mark.

Tunggu kering 60 menit jika Anda ingin melapisi ulang amplas dengan amplas 400 secara ambang kemudian ulangi pengaplikasian. Untuk hasil akhir yang keras sempurna tunggu cat mengering selama 24 jam.

7. Pengaplikasian Poles Kayu

Anda sudah mendapatkan furnitur yang mengkilap dengan lapisan cat pengkilap kayu. Namun belum sempurna jika Anda tidak memberikan perawatan selanjutnya yang akan menambah tingkat glossy pada permukaan kayu.

Bahan poles kayu furnitur yang baik memiliki banyak manfaat. Ini akan membantu membersihkan kotoran lama, menghidupkan kembali permukaan yang membosankan, dan mempertahankan hasil asli. Pastikan Anda menggunakan poles furniture berkualitas baik daripada produk serba guna dari supermarket lokal.

Dalam hal ini Anda bisa menggunakan Biopolish Linseed Oil yang memang didesain khusus untuk proses poles pada furnitur kayu.

Untuk hasil terbaik, pastikan permukaan kering dan sebersih mungkin sebelum menerapkan sedikit Biopolish menggunakan kain yang lembut, bersih, dan tidak berbulu. Mulailah dengan menggosok Biopolish dengan gerakan melingkar yang kuat dan menyelesaikan dengan menggosok baik ke arah butir.

Jangan terlalu banyak menggunakan Biopolish sekaligus. Ini membuat lebih sulit untuk menggosok dan meninggalkan permukaan yang kusam yang menarik debu. Biarkan setidaknya satu jam agar lilin terserap ke dalam kayu.

Saat kering, gosok dengan kain lembut. Lakukan ini setiap tiga bulan atau lebih untuk menjaga semuanya dalam kondisi baik.

Furniture antik dibuat untuk bertahan. Dengan meluangkan waktu untuk menjaga semuanya dalam kondisi baik, Anda akan memastikannya bertahan selama bertahun-tahun yang akan datang. Namun, selalu dapatkan saran ahli jika Anda tidak yakin tentang cara terbaik untuk memulihkan potongan berharga.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Knowledge"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing, perawatan, dan pencegahan kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

WhatsApp : 087839346433

©2015 - 2020 catkayu.com - All Right Reserved.