Masih Bingung Dengan Perbedaan Pernis dan Plitur?

42451
Masih Bingung Dengan Perbedaan Pernis dan Plitur?

Apa sebenarnya perbedaan pernis dan plitur? Keduanya memiliki ciri yang sama warna transparan dengan memperlihatkan serat kayu.

Jika Anda pergi ke toko bangunan atau toko besi dan menanyakan produk untuk mengecat warna natural transparan maka akan ditawarkan berbagai pernis dan plitur. Mungkin Anda akan bingung dan menanyakan apa perbedaan dan kelebihan dari masing-masing merk tersebut? Penjaga toko pasti akan menjelaskan masing-masing kelebihan dari merk-merk yang ditawarkan. Lalu apakah sebenarnya perbedaan dari pernis dan plitur? Mari kita pelajari terlebih dahulu tentang pernis.

Masih Bingung Dengan Perbedaan Pernis dan Plitur?

Pernis memiliki hasil warna transparan yang keras dan memberikan proteksi atau lapisan film. Pada zaman dahulu, pernis diciptakan dari kombinasi antara resin, drying oil, dan thinner atau solvent. Pernis berbeda dengan stain yang memberikan warna pada kayu karena pernis tidak memiliki warna tetapi memberikan tampilan gloss atau semi gloss. Lalu ada plitur. Plitur atau politur adalah bahan finishing yang sering digunakan pada abad ke 19. Terbuat dari bahan resin alam yaitu dari serangga yang hidup di India dan Thailand. Hasil dari plitur sendiri adalah transparan tetapi cenderung menguning karena resin dari serangga tersebut. Plitur merupakan shellac yang tersedia dalam bentuk kepingan tipis yang kemudian dilarutkan menggunakan ethanol atau spiritus. Baik pernis atau plitur zaman dahulu tergolong solvent based karena memiliki kandungan resin yang tinggi.

Perkembangan Pernis dan Plitur Modern

CS Biovarnish

Jika melihat dari pengertian dari perbedaan  pernis dan plitur  dapat ditarik kesimpulan bahwa keduanya memiliki basic yang sama yaitu resin. Pada zaman dahulu resin yang digunakan adalah resin alami dari serangga atau tanaman. Resin yang digunakan ini setelah dikaji ulang oleh para ahli memiliki banyak kelemahan dan dampak negatif yang besar yaitu pada kesehatan. Coba saja Anda gunakakan pernis dan plitur seperti pengertian di atas maka Anda akan menemukan banyak efek buruk seeprti bau yang menyengat. Ketika Anda menghirup bau tersebut maka Anda pasti sesak napas dan pusing. Ketika Anda mengalami hal tersebut segera buat sirkulasi udara yang bagus agar bau tersebut tidak terus menerus terhirup karena lama kelamaan akan menimbulkan penyakit kanker.

Masih Bingung Dengan Perbedaan Pernis dan Plitur?

Maka diciptakanlah teknologi yang lebih aman baik plitur maupun pernis yaitu water based. Pada jenis pernis atau plitur water based baik formula dan bahan pelarutnya adalah air. Jenis pernis atau plitur water based pasti lebih aman karena tidak menimbulkan bau menyengat yang mengganggu kesehatan bahkan mengarah ke penyakit kanker. Pernis atau plitur water based saat ini sudah sering digunakan para industri mebel karena merupakan standar utama jika ingin memasuki pasar internasional seperti Eropa dan Amerika.

Dari Perbedaan Pernis dan Plitur Temukan Solusinya di Biovarnish

Tidak selalu finishing mebel menggunakan pernis atau plitur solvent based. Mungkin Anda masih melihat dari segi kemudahan, harga, dan mungkin Anda belum tau ada jenis pernis dan plitur yang lebih aman yaitu water based. Sebagai konsumen bahan kimia seperti cat kayu tentu Anda harus mencari cat kayu yang paling banyak manfaatnya seperti cat kayu Biovarnish. Sebagai pengganti pernis dan plitur berbahan resin, cat Biovarnish hadir dengan formula khusus dari air. Bahkan tidak hanya dapat diaplikasikan apda furniture indoor saja tetapi juga untuk outdoor. Hal ini dikarenakan teknologi terbaru yang dapat mengalahkan pernis dan plitur konvensional. Hasilnya yang tidak yellowing seperti plitur tetapi warna transparan yang mampu mengeksplore atau mempercantik serat kayu. Cat Biovarnish juga dilengkapi lengkap mulai dari Biovarnish Wood Filer, Biovarnish Wood Stain dan juga Biovarnish Clear Coat. Lalu bagaimana dengan pilihan Anda setelah mengetahui perbedaan pernis dan plitur?  Apakah Anda mau beralih pada cat yang aman seperti cat Biovarnish atau tetap bertahan pada pernis dan plitur dari resin? Semua keputusan ada di tangan Anda.

CS Biovarnish