4 Tips Mengecat Kayu Dengan Cat Kuas Lengkap Serta Tahap Aplikasi

Mengecat dengan cat kayu kuas adalah hal yang paling mudah dan murah untuk dilakukan terlebih jika Anda akan melakukan finishing mebel.

Proses finishing mebel dengan menggunakan cat ada beberapa atau aplikasi yang bisa digunakan seperti spet, kuas, kain, roll, dll. Alat teresbut biasanya digunakan sesuai kebutuhan dan kemampuan Anda dalam melakukan finishing.

Jika Anda memilih spet atau spray gun maka Anda harus mengeluarkan uang lebih untuk membeli komprosesr yang berfungsi untuk memberikan tekanan angin. Jika Anda menggunakan roll, belum tentu bisa digunakan untuk bidang yang tidak datar atau banyak lekukan.

Baca Juga : teknik mengecat kayu dengan biovarnish

mengecat dengan kuas

Alat yang paling mudah dan murah adalah kuas. Penggunaan kuas dalam finishing juga tidak bisa dilkakukan secara sembarangan. Berikut ini tips dalam menggunakan cat kayu kuas yang paling mudah dan sangat membantu.

  1. Tentukan ukuran kuas dan bandingkan dengan bidang mebel yang akan di cat. Jika bidang luas dan datar Anda bisa menggunakan kuas yang berukuran besar. Sedangkan jika bidang memiliki banyak ukiran atau banyak lekukan maka gunakan kuas berukuran sedang hingga kecil.
  2. Ratakan permukaan kuas, jika kuas memiliki ujung yang tidak rata Anda bisa menggunakan gunting dan meratakannya.
  3. Arah pengecatan, ketika Anda mengaplikasikan kuas maka harus searah serat kayu. Jika And mengaplikasikannya berlawanan serat maka permukaan akan tidak rata.
  4. Memegang kuas. Jika mengecat ada dua cara memegang kuas yaitu seperti memegang raket dan seperti memegang sendok. Ketika Anda mengaplikasikan pada bidang yang luas gunakan seperti memegang raket, Jika And a mengecat bidang kecil dan lekukan maka gunakan cara kedua.

Langkah-Langkah Mengecat Dengan Kuas

Setelah Anda mengetahui tips mengecat dengan cat kayu kuas maka selanjutnya Anda bisa mempraktekannya langsung. Berikut ini langkah-langkah mengecat dnegan kuas yang bisa menjadi panduan:

Baca Juga : bagaimana trik amplas ukiran agar hasilnya bagus

Baca Juga : Tahukah Anda bagaimana cara mengecat pintu yang benar?

  1. Pastikan permukaan kayu sudah kering, halus, dan rata gunakan Biovarnish Wood Filler untuk menutup pori-pori dengan psiau scrape searah serat kayu.
  2. Untuk pengecatan dengan kuas Anda bisa mengawali dengan cat kayu Biovarnish Wood Stain yang sudah dicampur dengan air dan diaduk dengan rata. Selama proses pengecatan aduk terus menerus cat agar tidak ada pengendapan.
  3. Lakukan pengecatan sesuai tips diatas dan jangan lupa untuk memastikan kuas yang digunakan sudah rata. Tunggu cat lapisan pertama kering kurang lebih 60 menit, jika sudah kering gunakan amplas alumunium oxide no. 400 dan amplas hingga halus.
  4. Lakukan pengecatan kembali hingga Anda mendapatkan warna yang diinginkan. Ingat, semakin banyak lapisan cat maka warna yang dihasilkan akan semakin gelap.
  5. Jika warna sudah sesuai dengan yang diinginkan, aplikasikan Biovarnish Clear Coat dengan pilhan Gloss atau Doff. Cara aplikasi sama yaitu menggunakan kuas sesuai dengan tips di atas. Agar clear coat kering benar tunggu atau diamkan semalaman maka akan terbentuk lapisan film yang kuat dan keras.

cat biovarnish bisa dikuas

Tipe Cat Kayu Kayu Kuas Yang Bagus

Ketika Anda memilih jenis cat kayu kuas yang tepat maka tidak akan benyak efek brush mark yang ditimbulkan. Ciri cat kayu tersebut adalah cat kayu dengan bahan pelarut air seperti Biovarnish. Selain cara menggunakan kuas pun cat yang bagus juga bisa diaplikasikan menggunakan spray sehingga jika Anda pemilik industri mebel ataupun penghobi bisa menggunakan cat kayu Biovarnish sebagai produk finisihing yang lengkap.

Baca Juga : tips dan trik cara mendempul kayu yang benar supaya halus

Baca Juga : tips cara mengecat kursi kayu jati tradisional dengan cat kuas terbaik

Bisa ditarik kesimpulan bahwa hasil finishing dengan kuas dipengaruhi oleh beberapa hal yaitu teknik aplikasi, pemilihan kuas serta produk finishing yang digunakan. Ketika Anda sudah menguasai tiga hal tersebut maka finishing mebel jenis apapun adalah suatu hal yang mudah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top