4 Tips Mengecat Kayu Dengan Cat Kuas Lengkap Serta Tahap Aplikasi

Mengecat dengan cat kayu kuas adalah hal yang paling mudah dan murah untuk dilakukan terlebih jika Anda akan melakukan finishing mebel.

Proses finishing mebel dengan menggunakan cat ada beberapa atau aplikasi yang bisa digunakan seperti spet, kuas, kain, roll, dll. Alat teresbut biasanya digunakan sesuai kebutuhan dan kemampuan Anda dalam melakukan finishing.

Jika Anda memilih spet atau spray gun maka Anda harus mengeluarkan uang lebih untuk membeli komprosesr yang berfungsi untuk memberikan tekanan angin. Jika Anda menggunakan roll, belum tentu bisa digunakan untuk bidang yang tidak datar atau banyak lekukan.

Alat yang paling mudah dan murah adalah kuas. Penggunaan kuas dalam finishing juga tidak bisa dilkakukan secara sembarangan. Berikut ini tips dalam menggunakan cat kayu kuas yang paling mudah dan sangat membantu.

  1. Tentukan ukuran kuas dan bandingkan dengan bidang mebel yang akan di cat. Jika bidang luas dan datar Anda bisa menggunakan kuas yang berukuran besar. Sedangkan jika bidang memiliki banyak ukiran atau banyak lekukan maka gunakan kuas berukuran sedang hingga kecil.
  2. Ratakan permukaan kuas, jika kuas memiliki ujung yang tidak rata Anda bisa menggunakan gunting dan meratakannya.
  3. Arah pengecatan, ketika Anda mengaplikasikan kuas maka harus searah serat kayu. Jika And mengaplikasikannya berlawanan serat maka permukaan akan tidak rata.
  4. Memegang kuas. Jika mengecat ada dua cara memegang kuas yaitu seperti memegang raket dan seperti memegang sendok. Ketika Anda mengaplikasikan pada bidang yang luas gunakan seperti memegang raket, Jika And a mengecat bidang kecil dan lekukan maka gunakan cara kedua.

Langkah-Langkah Mengecat Dengan Kuas

Setelah Anda mengetahui tips mengecat dengan cat kayu kuas maka selanjutnya Anda bisa mempraktekannya langsung. Berikut ini langkah-langkah mengecat dnegan kuas yang bisa menjadi panduan:

  1. Pastikan permukaan kayu sudah kering, halus, dan rata gunakan Biovarnish Wood Filler untuk menutup pori-pori dengan psiau scrape searah serat kayu.
  2. Untuk pengecatan dengan kuas Anda bisa mengawali dengan cat kayu Biovarnish Wood Stain yang sudah dicampur dengan air dan diaduk dengan rata. Selama proses pengecatan aduk terus menerus cat agar tidak ada pengendapan.
  3. Lakukan pengecatan sesuai tips diatas dan jangan lupa untuk memastikan kuas yang digunakan sudah rata. Tunggu cat lapisan pertama kering kurang lebih 60 menit, jika sudah kering gunakan amplas alumunium oxide no. 400 dan amplas hingga halus.
  4. Lakukan pengecatan kembali hingga Anda mendapatkan warna yang diinginkan. Ingat, semakin banyak lapisan cat maka warna yang dihasilkan akan semakin gelap.
  5. Jika warna sudah sesuai dengan yang diinginkan, aplikasikan Biovarnish Clear Coat dengan pilhan Gloss atau Doff. Cara aplikasi sama yaitu menggunakan kuas sesuai dengan tips di atas. Agar clear coat kering benar tunggu atau diamkan semalaman maka akan terbentuk lapisan film yang kuat dan keras.

Tipe Cat Kayu Kayu Kuas Yang Bagus

Ketika Anda memilih jenis cat kayu kuas yang tepat maka tidak akan benyak efek brush mark yang ditimbulkan. Ciri cat kayu tersebut adalah cat kayu dengan bahan pelarut air seperti Biovarnish. Selain cara menggunakan kuas pun cat yang bagus juga bisa diaplikasikan menggunakan spray sehingga jika Anda pemilik industri mebel ataupun penghobi bisa menggunakan cat kayu Biovarnish sebagai produk finisihing yang lengkap.

Bisa ditarik kesimpulan bahwa hasil finishing dengan kuas dipengaruhi oleh beberapa hal yaitu teknik aplikasi, pemilihan kuas serta produk finishing yang digunakan. Ketika Anda sudah menguasai tiga hal tersebut maka finishing mebel jenis apapun adalah suatu hal yang mudah.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Tips Memilih Bahan Finishing"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.