Tips dan Teknik Mengecat Dinding Kayu Eksterior Rumah

Mengecat lebih cepat dan sempurna bisa didapatkan dengan cara menguas, rollong dan beberapa teknik cutting yang tepat. Sebuah pekerjaan pengecatan yang baik akan mempertahankan penampilan dan kekuatan material kayu yang telah dicat bahkan jika itu adalah rumah. 

Belajarlah untuk menggunakan alat aplikasi yang tepat dan cara mengecat yang cepat serta detail. Butuh waktu satu hari untuk menyelesaikan pekerjaan mengecat dinding rumah eksterior. 

Mengikuti cara mengecat yang tepat akan mempercepat pekerjaan Anda dengan hasil yang memuaskan. Kuas merupakan bahan yang paling mudah Anda dapatkan dan juga digunakan. Melalui kuas yang tepat Anda bisa mendapatkan permukaan kayu yang halus. 

Mengecat dinding rumah bagian luar adalah pekerjaan yang cukup besar apalagi jika Anda melakukannya sendiri. Hadiahnya adalah tampilan baru pada rumah Anda dan sangat menyenangkan dilihat hasil kerja keras selama satu hari ini. 

Melakukan pekerjaan mengecat sendiri menggunakan bahan dan alat yang minimal merupakan penghematan yang mungkin tidak akan Anda bayangkan. Dibandingkan Anda harus menyewa seorang profesional untuk mengerjakannya. 

Ketika Anda mengerjakan sendiri mungkin akan membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan para profesional. Inilah yang membedakan antara Anda dan profesional di bidangnya. 

Sebuah pekerjaan mengecat yang baik membutuhkan beberapa jam awal persiapan. Cobalah untuk menyiapkan waktu luang di akhir pekan untuk mempersiapkan dinding kayu bagian luar rumah Anda sebelum benar-benar mengecat. 

Menyelesaikan pengecatan dinding rumah membutuhkan kesabaran dan juga kehati-hatian. Anda harus memiliki ketelitian dan juga tangan yang terampil hanya dengan beberapa kali latihan saja. Seperti bagaimana mengecat lurus atau pada bagian siku perbatasan dinding rumah Anda. 

Perlu kepercayaan diri agar Anda bisa lebih cepat menguasai teknik-teknik penguasan yang ada. 

Persiapkan Alat Mengecat yang Berkualitas Tinggi

Mengaplikasikan top coat yang menjadi lapisan akhir pada dinding kayu tidak membuatuhkan banyak peralatan. Daripada alat yang dibutuhkan ketika Anda mempersiapkan kayu, memperbaiki kerusakan yang ada dan juga mengaplikasikan cat dasar. 

Sebaiknya Anda membeli setidaknya alat yang berkualitas tinggi untuk mengecat. Seperti kuas dengan bahan bulu sintetik atau nylon yang halus untuk mengaplikasikan cat water based. belilah beberapa ukuran kuas yang umumnya digunakan. Ukuran ini adalah 4 inci untuk area yang luas dan ukuran 1 1/2 inch untuk bagian siku. 

Jika Anda akan mengecat bagian dinding kayu yang sangat luas maka dibutuhkan roller. Kombinasi alat kuas dan juga roller untuk dinding tidak terpisahkan. Cobalah pilih roller yang dapat digunakan ulang sehingga Anda bisa mencuci bagian handuk roller dan menggunakannya kembali. 

Cobalah untuk membeli ukuran 7 inci untuk bagian yang sangat luas dan sulit dijangkau. Roller akan mengecat permukaan dinding kayu dengan hasil yang rata dan luas. Pilih roller yang memiliki handle panjang atau dapat diperpanjang. 

Selain alat, siapkan juga bahan yang akan digunakan yaitu cat. Dinding kayu membutuhkan cat yang mampu menutup pori kayu nya. Anda harus menggunakan beberapa produk mulai dari dempul kayu, cat dasar kayu, cat warna dan juga top coat. 

Pastikan juga jumlah dari cat memenuhi untuk melapisi permukaan kayu. Ukur berapa luas dinding kayu Anda, biasanya satu kilogram cat dapat mencakup 8-10 m2 untuk satu kali lapisan. Jadi jika Anda ingin mengaplikasikan lebih dari satu lapis dibutuhkan dua kilogram.

Memilih cat eksterior yang akan digunakan juga tidak boleh terlewatkan. Cat yang akan digunakan harus meningkatkan tampilan arsitektural dari dinding kayu rumah sehingga menjadi lebih menarik. 

Perhatikan karakter cat yang akan dibeli. Apakah cat tahan cuaca? Apa saja produk yang tersedia dalam satu merk, apakah mencakup cat dasar hingga top coat? Apakah warna yang akan Anda gunakan untuk menampilkan gaya yang diinginkan?

Sebagai saran jika Anda ingin mendapatkan dinding kayu yang berwarna natural, cat Biovarnish bisa Anda gunakan dengan top coat akhir Biothane. Biovarnish terdiri dari cat dasar kayu yaitu sanding sealer, pewarna kayu yaitu Biovarnish wood stain dan top coat Biothane. 

Produk Biovarnish dipilih karena tingkat keamanannya untuk dinding rumah dan lingkungan. Cat water based ini akan menghemat budget finishing Anda mengingat bahan pelarut yang digunakan adalah air. 

Berbeda dengan Biovarnish, jika Anda ingin mendapatkan hasil finishing warna solid, gunakanlah Biodcuoa. Cat Bioduco sama-sama cat water based yang memiliki cat dasar kayu berupa primer coat dan cat warna yaitu Bioduco solid color. 

Top coat yang digunakan adalah Biothane, merupakan polyurethane water based yang memiliki ketahanan sangat baik. Cat ini mampu menahan goresan, panas dan hujan serta perubahannya. Membuat warna dari cat bertahan lebih dari 3 hingga 5 tahunan.  

Semua proses aplikasinya bisa menggunakan kuas dan roller. Tergantung dengan teknik yang Anda gunakan akan menghasilkan finishing yang halus dan juga rata.

Bahan-finishing-dinding-kayu

Teknik Mengecat dan Faktor yang Harus Dihindari 

Jika alat kuas dan roller telah Anda pilih, selanjutnya mempelajari bagaimana teknik yang sebaiknya digunakan. Teknik menguas dinding yang mudah meliputi tiga cara berikut ini:

  1. Mencelupkan kuas ke dalam cat. Cobalah untuk mengambil cat dengan kuas dengan memasukkan bulu kuas sedalam 2 inci ke dalam larutan cat. Ketukan kuas di bibir wadah tempat Anda mencampur cat sehingga beban cat berlebih akan turun. 
  2. Menyebarkan cat, kuaskan cat cukup tebal dengan dua hingga 3 sapuan kuas jangan khawatir untuk menghaluskannya. Kemudian ambil kembali cat dan lakukan hingga menutup setidaknya 3 hingga 4 square dinding. 
  3. Menghaluskan permukaan. Haluskan permukaan kayu tanpa mengambil cat. Gunakan satu sapuan kuas yang panjang pada area dinding kayu yang masih basah. Angkat kuas ketika masih berjalan menyusuri dinding sehingga tidak meninggalkan bekas sapuan kuas. 

Teknik menggunakan kuas dan roller lebih mudah. Anda bisa melakukan 3 teknik yang tidak jauh berbeda dengan teknik aplikasi kuas. Berikut ini 3 langkah yang bisa Anda tiru. 

  1. Tuangkan satu atau dua kilo cat kemudian campur dengan bahan pelarutnya ke dalam sebuah galon. Gantung alat untuk menghilangkan kelebihan cat di dalam galon. Celupkan roller kemudian gulungkan pada alat untuk menghilangkan kelebihan cat untuk bisa memeras.
  2. Aplikasi cat dengan roll. Gunakan roller untuk mengecat dan menggunakan tekanan yang stabil tidak terlalu keras. Dilakukan mengikuti arah serat kayu sehingga menutup 3 atau 4 square dinding. Cat akan mudah menetes jadi pastikan Anda telah menutup bagian lain agar tidak terkena tetesan cat.
  3. Menghaluskan dinding dengan kuas. Kembali gunakan kuas Anda dan kuaskan bagian yang muncul retakan sebelum mengering. Cara ini akan menghaluskan permukaan yang tidak rata karena roll. Pastikan Anda mengaplikasikannya searah serat kayu.

Jika semua teknik di atas adalah cara agar Anda bisa mengecat bagian luas, cara mengecat dinding bagian kecil berbeda. Mungkin Anda menemukan dinding yang memiliki luas kecil seperti bagian siku dekat dengan jendela atau kusen pintu. 

Terdapat 3 cara khusus untuk mengecat bagian tersebut menggunakan kuas nilon yang berukuran lebih kecil. Berikut ini tiga langkah yang perlu diperhatikan. 

  1. Mulailah dari bagian ujung siku kemudian ambil satu garis atau satu arah lurus. Angkat kuas ketika Anda masih menguaskan untuk menghindari brush mark. 
  2. Mulailah untuk mengecat bagian kedua sisi yang lainnya dengan ujung yang sama. Intinya khusus untuk bagian yang kecil Anda harus mengecat dari sisi-sisi sebelum mengecat bagian dalamnya. 
  3. Mengecat bagian dinding yang berdekatan dengan kaca membutuhkan pegangan kuas yang tepat. Anda bisa memegang kuas secara vertikal dan mengaplikasikannya searah dengan dinding kayu. 

Jika semua teknik aplikasi dengan kuas dan roller telah Anda kuasai, cacat finishing tetap bisa terlihat. Apa saja cacat finishing yang harus dihindari? Berikut ini beberapa cacat finishing yang perlu dihindari. 

  • Cat tidak rata

Cat bisa saja tidak rata dan menampilkan area tertentu lebih gelap dibandingkan yang lainnya. Hal ini disebabkan karena Anda mengecat di atas lapisan cat yang telah mengering. Untuk mengurangi masalah ini Anda perlu mengecat dengan cepat bahkan pada area yang kecil sehingga lapisan cat tetap basah ketika Anda sedang menghaluskannya. Jika Anda memiliki cat tidak merata di lapisan pertama maka pada lapisan kedua akan semakin terlihat. 

  • Bekas sapuan kuas

Cacat finishing ini lebih dikenal sebagai brush mark. Efek ini biasanya muncul pada awal menguas dan di akhir. Masalah ini paling mudah untuk dihindari, mulailah untuk mengecat di bagian pinggir dinding atau berlawanan dengan pintu dan jendela. Kemudian kumasukkan dan selesaikan penguasan dengan langkah yang sama ke seluruh area. 

  • Tetesan air dan sagging

Masalah ini lebih baik dihindari karena cukup sulit untuk diperbaiki. Cobalah untuk memperhatikan pada bagian pinggir dimana setelah di kuas cat akan mengalami penumpukan berlebih. Jika cat sudah mulai mengering cobalah untuk menguas bagian tersebut jika tidak tunggu untuk benar-benar kering kemudian amplas untuk menghaluskannya. 

Pada saat Anda akan mengecat, jangan lupa untuk mengecek perkiraan cuaca. Anda akan bekerja di luar ruangan dan menggunakan cat. Artinya beberapa cat akan mudah mengering atau tidak. Cuaca hujan tidak bisa membuat Anda bekerja di luar ruangan. 

Hindari mengecat langsung terkena sinar matahari. Panas matahari akan mempercepat cat mengering sehingga tidak mungkin bagi Anda untuk bisa menghaluskan permukaan kayu. Hindari juga cuaca yang berangin karena cat akan mudah untuk mengering bahkan angin akan membawa banyak pasir dan debu. 

Mengecat Dinding Eksterior dengan Profesional

Anda bisa meningkatkan kemampuan mengecat dengan mengenali strategi yang banyak dilakukan oleh para profesional. Mereka selalu membuat breakdown ketika mengecat menjadi dua langkah. 

Langkah pertama adalah mengaplikasikan cat. Cara ini dilakukan untuk mendapatkan cat pada permukaan kayu dengan cepat dan seefisien mungkin. Jangan khawatir untuk menghaluskannya. 

Hal terpenting yang harus diperhatikan adalah Anda bisa menutup permukaan kayu sebanyak mungkin. 

Langkah kedua adalah menghaluskan kayu. Anda bisa menyebarkan kehalusan menggunakan kuas denganrata dengang finishing yangpanjang dan berkelanjutan tanpa menimbulkan brushmark. 

Tujuan dari langkah ini adalah untuk menyelesaikan lapisan pertama dari cat primer atau cat dasar kayu lebih halus. 

Artikel "Uncategorized"

About Us

Catkayu.com merupakan web official untuk produk Biovarnish, bahan finishing kayu water based yang aman dan ramah lingkungan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft.

WA: 082219357399

©2015 - 2019 CatKayu.com - All Right Reserved.