Cara Mengaplikasikan Cat Dinding Rumah Kayu Terbaru untuk Lebaran

Memiliki rumah dengan dinding kayu pasti menyenangkan, agar tampilannya tetap terjaga dengan baik Anda juga perlu menggunakan cat kayu berkualitas. Jika Anda sudah menggunakan dinding kayu dalam waktu yang cukup lama, tentu saja memperbarui tampilan rumah dengan mengecat dinding kayu bisa menjadi solusi.

cat rumah kayu

Tampilan rumah bisa anda perbarui kapan saja, termasuk saat menikmati hari libur atau menyambut hari besar seperti lebaran. Untuk memberikan tampilan yang lebih menarik pada dinding kayu di rumah, pastikan Anda menggunakan cat kayu terbaik.

Kualitas cat kayu akan membantu menentukan hasil finishing dinding kayu yang Anda dapatkan. Selain lebih menarik, Anda juga pasti mengharapkan cat dapat merawat dan menjaga kondisi dinding kayu tetap prima dalam jangka waktu cukup lama.

Pentingnya Memilih Cat Terbaik

Anda memiliki bangunan kokoh yang terbuat dari dinding kayu, tentu saja karena Anda telah melakukan perawatan yang terbaik untuk rumah. Namun sebaik apapum perawatan Anda jika sudah digunaan lebih dari 10 tahun dinding kayu yang tadinya baru pasti akan terlihat mengelupas.

cat dinding kayu

Kerusakan terjadi bukan karena kayu yang rusak namun karena lapisan cat di luarnya yang mulai rusak. Lapisan cat melindungi dinding kayu rumah Anda dari terpaan angin, panas matahari, hujan, serta suhu udara atau bahan tekanan udara yang selalu berubah-ubah.

Jika melihat pada bagian luar dinding rumah pasti memiliki warna yang lebih pudar dibandingkan dengan dinding bagian dalam. Bagaimana tidak bagian luar lebih sering terkena perubahan cuaca. Jika dahulu Anda menggunakan jenis cat yang salah maka Anda akan mendapatkan dinding lebih cepat rusak.

Jika Anda ingin memulai memperbaiki dinding rumah sebaiknya Anda mulai mengecat ulang dinding bagian luar terlebih dahulu. Anda bisa mengerjakannya di waktu libur weekend. Hari pertama untuk mengecat ulang dinding luar dan hari kedua Anda bisa mengecat dinding bagian dalam.

Perlakuan keduanya berbeda. Anda juga harus menggunakan dua jenis cat yang berbeda. Karena perlindungan bagian dalam dan luar berbeda jauh. Dalam artikel ini Anda akan belajar mengecat bagian dinding rumah kayu luar dan bagian dalam.

Cara Mengecat Dinding Rumah Kayu Bagian Luar

Mengecat dinding rumah kayu bagian luar adalah soal kecepatan. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal maka dan cepat dengan ukuran dinding yang luas maka Anda membutuhkan jenis cat yang cepat kering. Anda tentu tidak menginginkan hujan tiba dan merusak dinding kayu yang telah Anda cat tetapi belum kering benar.

Anda bisa mengecat tembok dengan cat kayu Biovarnish dan juga BioThane yang akan memberikan perlindungan namun cepat kering pada tahapan aplikasinya.

cat untuk rumah kayu

Mengecat dinding rumah untuk warna natural bukan permasalahan yang sulit karena Biovarnish Liquid Stain menyediakan 20 macam pilihan warna natural. Anda bisa  memilih manakah warna yang tepat untuk mengecat ulang permukaan dinding luar rumah kayu Anda.

Proses yang perlu Anda lakukan adalah mengaplikasikan Biovarnish Liquid Stain kemudian Anda bisa mengaplikasikan lapisan terakhir BioThane. Hanya membutuhkan waktu 60 menit saja untuk cat mengering di permukaan dinding kayu. Sebelum itu Anda perlu melakukan persiapan dengan alat serta bahan.

1. Tahap Persiapan

Pertama siapkan bahan seperti Biovarnish Liquid Stain sesuai warna pilihan kemudian siapkan BioThane. Permukaan dinding pasti kotor maka Anda membutuhkan bahan untuk menghilangkannya yaitu cairan pembersih khusus yang bisa Anda beli di toko bahan bangunan.

Untuk alat Anda membutuhkan tangga, aplikasi roll, dan juga amplas. Anda membutuhkan tangga yang tinggi karena Anda akan membersihkan kotoran agar Liquid Sain benar-benar menempel.

Pertama Anda perlu mempersiapkan dinding kayu. Anda bisa membersihkan dinding pada hari sebelumnya atau di malam hari bahkan di pagi hari. Gunakan cairan pembersih hingga kotoran benar-benar bersih. Anda bisa menunggu cairan benar-benar kering sebelum mengaplikasikan Liquid Stain.

2. Proses Pengecatan

Apabila dinding sudah bersih dan kering Anda bisa memulai aplikasi Biovarnish Liquid Stain. Campurkan terlebih dahulu dengan air sesuai takaran untuk hasil sempurna yaitu 2 bahan : 1 air. Kemudian aduk cat untuk satu kaleng cat Anda bisa menggunakannya dalam satu kali lapis 2-10 m2.

produk Biovarnish liquid stain

Setelah Liquid Stain tercampur dengan benar gunakan roll untuk mengaplikasikan. Jangan lupa untuk menggunakan roll searah serat kayu agar hasilnya benar-benar maksimal dan tidak rusak. Tunggu permukaan agar kering. Setelah selesai Anda akan mengamplas menggunakan amplas tangan yang dibalut pada balok kayu.

Balok kayu akan membantu Anda menghasilkan amplas yang rata dan juga halus. Anda juga tidak akan merasakan panas pada tangan Anda. Pastikan debu amplas bersih dari permukaan dinding kayu sebelum Anda mengaplikasikan cat selanjutnya.

Anda bisa mengaplikasikan Liquid Stain beberapa kali hingga mendapatkan warna yang diinginkan. Namun perlu Anda ingat semakin banyak Anda memberikan lapisan warna yang dihasilkan juga berwarna lebih gelap.

3. Gunakan Biothane

Lapisan terakhir adalah tahap aplikasi BioThane. Cat ini adalah lapisan yang sangat kuat dan berwarna transapran untuk membentuk lapisan film yang kuat menahan perubahan cuaca. Bahkan Anda akan mendapatkannya lebih berkualitas dibandingkan dengan lapisan cat lama.

polyurethane

Campurkan BioThane dengan air dan aduk rata kemudian Anda bisa langsung mengaplikasikan menggunakan roll. Aplikasikan dengan arah yang sama yaitu searah serat kayu. Tunggu permukaan hingga benar-benar kering sebelum Anda mengaplikasikannya kembali sekitar 60 menit. Anda akan mendapatkan lapisan yang kuat serta lentur setelah cat mengering semalaman.

Cara Mengecat Dinding Rumah Kayu Bagian Dalam

Mengecat bagian dalam tidak membutuhkan cat yang terlalu kuat karena bagian dalam rumah hanya akan berhadapan dengan suhu udara atau kelembaban. Tidak menggunakan BioThane, di sini Anda bisa menggunakan Biovarnish Clear Coat baik itu berpenampilan gloss atau matte.

1. Lakukan Persiapan

Peralatan yang digunakan tidak jauh berbeda dengan aplikasi dinding bagian luar. Perlu Anda perhatikan adalah menutup semua barang yang ada di dalam rumah dengan plastik. Pastikan juga bagian seperti kusen telah ditutup dengan lakban kertas agar Liquid Stain tidak merusak warnanya. Sebaiknya, pastikan juga lantai rumah Anda tutup dengan kain kanvas yang tebal dan lebar. Atau Anda bisa menutupnya dengan koran.

Nah jika Anda sudah siap mulailah dengan membersihkan permukaan dinding dengan cairan khusus. Pastikan dinding mengering dan Anda sudah siap untuk mengecat.

2. Mulai Pengecatan

Campurkan Biovarnish Liquid Stain dengan warna pilihan Anda dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Kemudian Anda bisa mengaduk hingga rata. Aplikasikan dengan roll searah serat kayu hingga benar-benar merata.

finishing spray biovarnish

Anda akan mendapatkan tingkat kecepatan kering yang sama yaitu 60 menit saja. Setelah kering Anda bisa mulai mengamplas, gunakan amplas 400 secara ambang saja dan Anda akan mendapatkan pori kayu terbuka untuk menerima lapisan cat selanjutnya.

3. Gunakan Clear Coat

Campurkan Biovarnish Clear Coat dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Setelah itu aduk hingga rata dan Anda bisa mengaplikasikan dengan roll searah serat kayu. Untuk lapisan ini Anda bisa mengulanginya, namun jika dirasa satu lapisan sudah cukup maka Anda bisa menggunakan satu lais saja.

Clear Coat Terbaik Untuk Finishing Furniture Rotan Tahan Lama - biovarnish clear coat

Tunggu permukaan cat hingga benar-benar mengering selama 60 menit baru Anda bisa melepas lakban pada kusen dan tutup plastik pada furnitur. Namun cat clear coat ini akan mengering benar setelah semalaman.

Jadi sebaiknya hindari menempelkan hiasan dinding atau furnitur pada dinding kayu sebelum cat mengering dengan benar. Anda bisa menimbulkan goresan karena cat belum kering dengan benar.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top