Menyambut Lebaran, Refinishing Meja Hias dengan Mudah dengan Tips Ini

Anda dapat membuat meja hiasan lama menjadi lebih menarik dengan refinishing untuk menyambut lebaran, agar hasil refinishing meja hiasan lebih berkualitas simak tipsnya disini !!!

Furniture kayu masih menjadi primadona hingga saat ini. Selain terkesan lebih natural, furniture kayu juga biasanya memiliki keunikan tersendiri. Salah satu furniture kayu yang sering ada hampir di semua rumah adalah meja hiasan. berbahan dasar kayu dari berbagai jenis, furniture ini juga tersedia dalam bentuk yang beragam.

Meski bisa menambah keunikan bagi hunian anda, penggunaan furniture kayu nyatanya akan mengalami penurunan kualitas di kemudian hari. Kualitas kayu memiliki kecenderungan untuk menurun seiring waktu dan kehilangan daya tarik estetika. Oleh karena itu, Anda juga perlu melakukan refinishing furnitur kayu termasuk meja hiasan.

subsidi ongkir

Mengapa Perlu Refinishing Meja Hiasan?

Apa saja alasan Anda harus melakukan refinishing pada kayu khususnya meja hiasan untuk lebaran yang tampaknnya tidak terlalu berperan penting dalam sebuah ruangan? Berikut ini alasan yang harus Anda pertimbangkan.

  • Menjaga Lingkungan

Salah satu alasan utama mengapa Anda harus mempertimbangkan refinishing furnitur kayu daripada membeli yang baru adalah karena lebih sehat untuk lingkungan. Untuk membuat perabot baru, dibutuhkan lebih dari 1000 kali lebih banyak karbon daripada jika perabot harus difinishing ulang. Dengan itu Anda akan mengurangi karbon dan membantu melestarikan Bumi untuk generasi mendatang. Anda juga harus mempertimbangkan untuk menggunakan bahan finishing ramah lingkungan untuk mengurangi karbonisasi.

  • Memperbarui suasana

Memperhatikan gaya dan memperbaruinya sangat penting untuk menjaga suasana rumah tetap nyaman. Anda dapat melakukan finishing ulang pada meja hiasan untuk memperbarui suasana. Anda dapat menggunakan gaya natural, industrial, atau gaya apapun yang anda inginkan.

  • Menabung

Selain memeprbarui suasana dan menjaga kelestarian lingkungan, melakukan refinishing lebih murah daripada harus membeli furniture baru dari toko. Anda hanya perlu membeli bahan finishing yang harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan membeli meja hiasan baru.

  • Melestarikan Kayu

Saat Anda melakukan finishing ulang furniture kayu, anda akan melestarikan nilai kayu yang ada. Perawatan sangat penting untuk memastikan bahwa furniture Anda dapat bertahan dalam jangka waktu lebih lama.

  • Memanfaatkan Kualitas Kayu

Banyak perabotan modern yang diproduksi tidak menggunakan jenis kayu terbaik. Jika anda memiliki meja hiasan dari kayu yang berkualitas, lebih baik jika anda memilik melakukan finishing ulang daripada membeli meja hiasan baru. Akan sangat disayangkan jika anda tidak memanfaatkan kayu yang berkualitas dengan memilih membeli furniture modern yang terbuat dari kayu kurang berkualitas.

Hal yang Perlu Dipertimbangkan untuk Refinishing Meja Hiasan

Melakukan proyek refinishing atau pengecatan ulang meja hiasan lama menjadi baru menyambut lebaran perlu beberapa pertimbangan. Anda tidak bisa langsung mengecat tanpa langkah-langkah yang benar. Atau jika perlu Anda bisa menyerahkan sepenuhnya kepada jasa refinishing furnitur namun bersiaplah untuk mengeluarkan budget yang cukup tinggi bahkan sama dengan membeli furnitur baru.

Namun, jika Anda tidak memiliki peralatan yang memadai dan beberapa pengalaman dengan furnitur anda bisa melakukan finishing ulang sendiri. Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan untuk melakukan finishing ulang sendiri, diantaranya adalah:

Alasan Penting Mengapa Mengubah Meja Hiasan Lama Menjadi Baru

  • Mengetahui cara finsihing – akan lebih bijaksana jika Anda sudah mengetahui cara untuk finishing. Ketika Anda melihat meja hiasan maka tentukan bagian mana saja yang perlu Anda finsihing. Apakah Anda perlu mengelupas lapisan cat lama atau tidak atau hanya memberikan sedikit sentuhan ditressing agar furnitur tampak lebih menarik.
  • Alat dan material khusus – Layaknya para DIY lainnya, Anda tidak memiliki peralatan yang canggih. Jadi sebaiknya Anda memanfaatkan material mudah yang bisa Anda beli di toko bahan bangunan terdekat. Ada banyak cara untuk melakukan refinishing tidak selalu harus mengecat dengan alat dan material khusus.
  • Area kerja yang memadai – Anda akan melakukan refinishing, jadi pastikan Anda memiliki tempat yang tepat untuk melakukannya. Jika Anda memiliki garasi sebaiknya lakukan di sana. Walaupun cat menetes Anda tidak perlu kahwatir untuk membersihkan noda yang membekas. Mengecat membutuhkan tempat dengan sirkulasi udara yang baik agar lapisan cat mudah kering. Pastikan Anda mengecat di cuaca yang panas atau cuaca tidak hujan agar lapisan cat juga cepat mengering sempurna.

Bagi Anda yang sudah mempersiapkan ketiga hal di atas maka kini saatnya untuk Anda melakukan finishing sendiri di rumah untuk meha hiasan Anda agar tampak baru kembali.

Proses Pengecatan Meja Hiasan Lama Menjadi Baru

Ada beberapa bahan yang diperlukan jika Anda ingin mengecat meja dengan hasil warna natural. Pertama adalah dempul kayu, kedua adalah pewarna natural kayu dan ketiga adalah pembentuk lapisan film akhir. Ketiga bahan tersebut bisa Anda temukan dalam produk Biovarnish yang juga menyediakan varian cat dengan berbagai macam warna natural.

Untuk langkah pengerjaannya Anda bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

  1. Pertama siapkan meja hiasan Anda. Pastikan meja sudah bersih dan kering, Anda perlu mengamplas dan menghilangkan lapisan cat yang lama agar tampak seperti meja yang belum pernah difinishing.
  2. Selanjutnya aplikasikan Biovarnish wood filler dengan pisau palet berlawanan arah dengan serat kayu. Aplikasikan dengan tipis hingga merata, pastikan bahan mengering lalu amplas dengan amplas 240. Lanjutkan pengamplasan hingga pori kayu terlihat dan bersihkan debu sisa pengamplasan.
  3. Lalu Anda bisa mengapliksikan Biovarnish liquid stain sesuai dengan warna natural yang Anda inginkan. Pertama campurkan Biovarnish liquid stain dengan air perbandingan 2 : 1 atau sesuai dengan warna yang anda inginkan. Kemudian ratakan searah serat kayu dengan kuas busa. Selanjutnya, Anda tunggu kering selama 60 menit dan amplas ambang dengan amplas 400. Anda dapat mengulangi tahap ini jika diperlukan.
  4. Terakhir, aplikasi Biovarnish clear coat sesuai dengan tampilan yang Anda inginkan baik itu gloss atau matte. Campurkan clear coat dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk rata dan kuaskan ke seluruh permukaan kayu hingga rata. Tunggu lapisan mengering selama 24 jam dan Anda akan mendapatkan tampilan baru dari meja hiasan di ruang tamu. Selamat mencoba!

Dimanakah Anda bisa Membeli Biovarnish?

Anda bisa membeli berbagai varian produk biovarnish lainnya di service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta

Indonesia 55162

Phn / fax: +62 274 388301

e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan Jepara, Jawa Tengah 59417

Phn: +62.291.598992

e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154

Phn: +62 231 320759

e-mail: [email protected]

Anda juga dapat membeli berbagai varian produk biovarnish secara online melalui beberapa kanal kami berikut ini:

Website : https://www.biovarnish.com/

Facebook : https://www.facebook.com/officialbiovarnish/

Instagram : https://www.instagram.com/biovarnish/

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Coating Schedule"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.