Tak Sulit Dilakukan, Ini Cara Mengecat Dinding Bergaris Sendiri

Memberikan ruangan tampilan yang artistik salah satunya dengan cara mengecat dinding bergaris. Bentuk garis yang bervariasi akan menambah suasana menarik.

Sebuah ruangan akan menjadi menarik walaupun tanpa banyak barang atau furniture di dalamnya. Salah satunya adalah dengan menghias dinding! Ada banyak cara menghias dinding seperti memberikan wallpaper yang sangat populer modern ini.

Wallpaper

Wallpaper adalah kertas dengan ukuran yang cukup panjang kemudian ditempel pada dinding rumah. Ada banyak sekali model, warna dan gambar. Ada banyak sekali jenis gambar untuk berbagai jenis ruangan seperti gambar kartun untuk kamar anak, gambar bunga untuk kamar wanita atau untuk ruang tamu.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Gambar Motif Kayu DIY

Setiap pemilihan warna dan gambar akan memberikan efek berbeda pada ruangan tergantung dengan selera Anda. Sayangnya wallpaper yang ditempel di dinding ini tidak tahan kelembapan karena terbuat dari bahan kertas. Selain kelembapan, biasanya dinding yang sudah dipasang oleh wallpaper maka selanjutnya harus digantikan juga dengan wallpaper.

Hal ini dikarenakan jenis lem yang digunakan untuk mengelem wallpaper akan merusak tekstur dinding dan juga warnanya sehingga jika akan di cat akan memakan waktu dan tenaga yang lebih. Jika Anda kurang tertarik dengan wallpaper dan menginginkan tampilan yang lebih natural yaitu bisa dengan cat.

Baca Juga : cara mengecat meja kayu jati minimalis sendiri dengan mudah

Cara mengecat dinding bergaris untuk menciptakan suasana yang lebih meriah di dalam rumah pun bisa Anda lakukan dengan mudah dan dengan alat yang sederhana. Bahkan dengan mengecat dinding sendiri, Anda bisa memilih warna, mencampur warna dan menghasilkan pattern yang Anda inginkan.

Tidak hanya garis horizontal atau vertikal saja bahkan Anda bisa menciptakan garis dengan kemiringan yang Anda inginkan dan artistik, dengan dinding memiliki tekstur. Jangan takut mencoba karena mengecat dinding bergaris bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan di waktu senggang Anda.

Kunjungi juga : Website Resmi Produk Biovarnish

Cara Mengecat Dinding Bergaris dengan Alat Sederhana

Anda pasti beripikir bahwa cara mengecat dinding bergaris membutuhkan keahlian seperti tukang dan juga alat-alat yang canggih, sebenarnya tidak. Jika Anda seorang amatir atau pemula melakukan pengecatan dinding bergaris bisa memanfaatkan alat dan bahan yang ada di rumah atau di sekitar Anda.

Yang perlu Anda siapkan hanyalah berbagai jenis warna saja sesuai dengan selera. Berikut ini alat-alat yang bisa Anda gunakan guna mewujudkan dinding bergaris yang artistik.

cara-cat-dinding-bergaris

1. Kapur dan tali bangunan

Hanya dengan kapur dan tali bangunan Anda bisa menciptakan dinding bergaris. Fungsi dari tali bagunan dan kapur ini untuk menciptakan garis pembatas. Caranya adalah dengan mengikatkan tali bangunan pada ujung-ujung pembentuk garis kemudian goreskan kapur pada tali dan tarik tali pada tembok hingga membentuk garis maka Anda bisa memulai mengecat sesuai dengan garis pembatas yang tercipta.

2. Selotip kertas

Anda bisa membentuk garis pembatas dengan selotip kertas, caranya adalah bentuk pola garis dengan selotip kertas kemudian mulailah mengecat sesuai garis yang dibentuk oleh selotip. Jangan lupa untuk membuka selotip kertas setelah cat sudah kering.

3. Gunakan sikat pakaian ketika cat belum kering

Gunakan sikat dengan satu arah saja untuk membentuk garis garis artisik. Hasil yang diberikan juga akan memberikan tekstur yang menarik.

4. Kardus dan pensil

Hasil dengan kardus lebih unik karena Anda tidak hanya akan mendapatkan dinding bergaris tetapi juga bentuk. Pertama bentuk kardus sesuai dengan yang Anda inginkan. Kemudian mal kardus pada dinding dengan pensil setelah itu lakukan pengecatan.

Keempat alat di atas akan membantu cara mengecat dinding bergaris yang paling mudah. Bahkan Anda tidak perlu menyewa tukang untuk melakukan pengerjaan mengecat dinding bergaris. Selain cara mengecat dinding yang bergaris Anda bisa juga menggunakan alat-alat sederhana lainnya untuk memberikan dinding artistik dan bertekstur seperti mengunakan sponge yang diaplikasikan pada dinding pada saat cat belum kering.

Mengaplikasikan kuas berbulu panjang dengan satu arah saja, menggunakan kain yang dirolling pada cat yang belum kering dan juga menggunakan roll yang dilapisi kain untuk menciptakan tekstur. Bagaimana apakah Anda akan mencoba menggunakan alat-alat sederhana tersebut?

Langkah-Langkah Menciptakan Dinding Bergaris

Untuk cara mengecat dinding bergaris yang lebih lengkap dan juga mudah Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini. Cara yang digunakan adalah menggunakan selotip kertas.

Alat-alat yang perlu disiapkan:

  • 2 atau lebih pilihan warna cat tembok sesuai dengan selera
  • Selotip kertas sekitar lebar 3 cm atau 5 cm
  • Kuas berukuran sedang bisa berukuran 5 inci

Cara mengecat dinding bergaris:

  1. Jika Anda sudah mendapatkan dinding dengan lapisan cat warna pertama Anda bisa melanjutkannya dengan garis cat nomor dua. Pertama bentuk pola dengan kertas selotip, bisa horizontal, vertikal atau miring saling menyilang. Bentuk jarak antara garis pertama dan garis kedua rekatkan selotip dengan jangan sampai terdapat angin karena jika ada gelembung udara di dalam selotip maka cat kemungkinan besar dapat masuk ke dalam gelembung tersebut.
  2. Lakukan pengecatan dengan kuas menggunakan warna kedua. Jangan sampai cat melewati garis yang dibuat oleh selotip. Jika mengenai selotip tidak apa-apa karena selotip mampu menahan cat. Lakukan pengecatan hingga warna yang disiapkan sudah teraplikasikan semuanya.
  3. Tunggu cat benar-benar kering baru selotip kertas bisa diambil. Jika cat masih basah maka cat bisa melebar ke bagian yang sudah dibatasi oleh selotip. Hasilnya dinding Anda akan mendapatkan garis yang memberikan keindahan dalam ruangan.

Cara Mengecat Dinding Bergaris Paling Mudah

Cara mengecat dinding bergaris ini memang sangat mudah jika Anda sudah memberikan warna dasar pada dinding. Tetapi jika Anda belum memberikan dinding warna dasar Anda bisa mengaplikasikan plamir terlebih dahulu sebelum mengecat. Lalu amplas jika menginginkan permukaan yang halus.

Tetapi jika Anda menginginkan hasil yang bertekstur tidak perlu dilakukan pengamplasan baru tembok diberikan warna dasar putih agar warna yang dihasilkan bisa tajam. Jika Anda tidak menggunakan plamir atau warna dasar, warna tembok dari acian tembok yaitu abu-abu akan membuat warna cat berubah menjadi lebih gelap.

Kunci keberhasilan dalam cara mengecat dinding bergaris adalah pola. Ketika Anda menginginkan garis yang lurus benar, pastikan pola yang diciptakan oleh selotip benar-benar lurus. Kemudian pada saat aplikasi dengan kuas tidak boleh melebihi pola tersebut agar hasilnya rapi.

Kecuali jika Anda menginginkan hasil yang sedikit artistik maka garis tidak harus tegak lurus bisa saja Anda menciptakan pola menyilang, pola yang miring bahkan pola garis yang tidak beraturan. Lalu tunggu apalagi untuk memulai berkreatifitas dengan alat-alat di sekitar Anda?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top