5 Trik Mudah Cara Mengecat Motif Urat Kayu Sungkai Lebih Menarik

Mengenal kayu sungkai? Apakah olahan kayu sungkai yang familiar Anda pilih? Jika Anda adalah tukang kayu pasti akan menggunakan kayu sungkai sebagai furniture dalam ruangan. Hal ini berkaitan dengan karakteristik kayu sungkai yang tidak bagus digunakan di luar ruangan.

Bagaimana dengan para DIY? Apakah yang Anda dilakukan dengan kayu sungkai? Apabila Anda adalah pemula maka mengolah kayu sungkai menjadi sebuah kerajinan adalah hal yang sering dilakukan.

Kembali lagi dengan karakteristik kayu sungkai, kayu ini sangat fleksibel diolah menjadi kerajinan berbagai ukuran. Lalu apakah finishing yang biasa Anda dilakukan untuk kayu sungkai?

Pada dasarnya pemilihan finishing didasarkan pada selera dan juga kebutuhan. Apakah Anda lebih menutup warna kayu atau justru meningkatkan tampilan naturalnya. Finishing yang menutup warna asli kayu disebut dengan finishing solid color.

Bahan finishing yang dimanfaatkan adalah cat duco atau cat solid color. Sedangkan tantang tersendiri justru muncul ketika Anda memilih menggunakan finishing kayu natural. Kayu sungkai memiliki karakteristik warna natural yang tidak jauh berbeda dengan jenis kayu lunak lainnya.

5 Trik Mudah Cara Mengecat Motif Urat Kayu Sungkai Lebih Menarik

Inilah menjadi tantangan karena kayu lunak cukup sulit untuk dilapisi dengan cat kayu warna natural atau transparan. Terlebih lagi bagi Anda yang ingin menonjolkan serat atau urat kayu sungkai.

Lalu apakah yang sebaiknya dilakukan? Apakah dengan begitu tidak mungkin untuk melakukan finishing pada kayu sungkai dengan warna natural? Simak kelengkapannya dalam artikel ini.

Mengenal Karakter Kayu Sungkai

Sebelum masuk ke dalam tahapan bagaimana menciptakan tampilan natural yang menonjolkan serat kayu sungkai, kenali karakteristiknya. Mengapa kayu ini tergolong cukup sulit untuk proses finishing.

Kayu sungkai merupakan jenis kayu yang banyak ditemukan di Indonesia. Oleh karena itu kayu sungkai lebih banyak digunakan. Harganya cukup murah dipasaran dan banyak ditemukan di pulau Jawa.

Masa panen kayu yang tergolong singkat membuat stoknya di alam cukup banyak. Anda dengan mudah membeli kayu di toko kayu dekat rumah. Pasti disana tersedia kayu sungkai. Banyak juga mebel kayu sungkai yang bisa Anda beli dari pengrajin baik yang telah di finishing maupun belum.

Anda bisa membeli lemari kayu sungkai dengan harga ratusan ribu hingga jutaan tergantung dari ukurannya. Lemari sungkai memiliki bobot yang cukup ringan sehingga Anda tidak perlu bermasalah jika ingin memindahkannya.

Fungsi dari kayu sungkai lainnya adalah sebagai veneer dan rangka atap. Dilihat banyak pemanfaatan dari kayu sungkai ini, walaupun tergolong kayu lunak kualitasnya cukup memuaskan.

Bagi para pekerja kayu, kayu sungkai adalah jenis kayu yang paling mudah diolah. Kayu tidak cepat menumpulkan mata pisau dan mudah untuk dibentuk berbagai macam model. Sehingga proses pengerjaan sebuah mebel dari kayu sungkai tidak membutuhkan waktu yang lama.

Dilihat dari tekstur kayu, permukaannya cukup kasar sehingga perlu pengamplasan untuk persiapan. Jika diraba kayu sungkai akan terasa kesat, bukan karena masih basah namun memang sifat alaminya.

Warna kayu sungkai sama seperti kayu lunak pada umumnya yaitu warna kekuningan terang. Ketika baru saja ditebang kayu cenderung berwarna putih. Namun setelah dikeringkan kayu akan berubah warna menjadi lebih kuning.

Perbedaan warna kayu teras dan gubalnya tidak terlalu kentara, artinya kualitas keduanya tidak terlalu jauh berbeda. Sedangkan untuk motif kayu sungkai memiliki alur serat yang lurus dan terkadang bergelombang.

Serat kayu sungkai tidak jauh berbeda dengan jenis kayu mahal seperti kayu jati. Artinya kayu sungkai dapat dicat mirip seperti warna kayu jati. Perbedaan mendasarnya hanya terdapat pada warna dasar kayu dan warna ini dapat diganti dengan bantuan cat wood stain.

Tingkat awet kayu jati termasuk kelas III inilah yang menyebabkan kayu tidak dapat digunakan di luar ruangan. Apalagi sebagai furniture yang bersentuhan langsung dengan tanah. Tingkat kekuatan kayu sungkai cukup bagus yaitu berada di kelas II dan III. Semakin tua kayu sungkai maka kekuatannya akan semakin tinggi.

Proses pengeringannya cukup sulit karena kayu yang lunak ini sangat mudah retak. Pori kayunya yang besar akan meresap pernis atau wood stain tidak seimbang sehingga mudah menimbulkan blotching. Artinya minyak kayu naik karena penyerapan cat yang tidak merata.

Inilah mengapa dibutuhkan usaha yang cukup keras untuk mengatasi blotching pada kayu sungkai. Ingin tahu bagaimana cara mengatasi masalah blotching pada kayu sungkai?

Trik Pengecatan Urat Kayu Sungkai agar Lebih Menonjol

Seperti yang telah disebutkan kayu sungkai adalah kayu yang cukup sulit untuk finishing warna natural. Jika Anda tidak berhati-hati maka minyak kayu akan naik dan ketika itu terjadi tidak ada cara untuk mengembalikan warna seperti semula.

Mencegah hal tersebut terjadi, ada beberapa trik yang harus dilakukan. Berikut ini beberapa langkah yang bisa menjadi solusi finishing kayu sungkai. Tidak hanya itu Anda bahkan juga bisa menampilkan urat kayu sungkai lebih menonjol.

  • Aplikasikan dempul kayu

Pencegahan pertama yang bisa dilakukan adalah mengaplikasikan wood filler. Fungsinya untuk menutup pori kayu sehingga memudahkan penyerapan wood stain dan pernis lebih merata. Selain itu juga wood filler akan menutup pori mencegah penyerapan kelembaban berlebihan.

5 Trik Mudah Cara Mengecat Motif Urat Kayu Sungkai Lebih Menarik

Aplikasi wood filler sangat mudah, Anda hanya perlu mencari warna filler yang sama dengan kayu sungkai. Dalam hal ini Anda bisa memanfaatkan BioColours wood filler warna sungkai yang sangat mirip dengan warna kayu aslinya.

  • Aplikasikan cat dasar kayu

Selain wood filler Anda bisa mengaplikasikan sanding sealer. Produk ini adalah cat dasar kayu yang juga akan menutup pori kayu. Hanya saja karena bentuknya cairan bisa diaplikasikan sesudah atau bahkan tanpa wood filler.

Sanding sealer sangat efektif untuk menutup pori kayu karena bentuknya yang cair. Pori kayu akan menyerap sanding sealer merta. Warnanya yang bening cocok diaplikasikan pada hasil finishing natural atau transparan.

  • Jangan lupa mengamplas

Anda akan menampakan serat atau motif kayu sungkai. Jangan lupa untuk menghaluskan permukaan kayu dengan pengamplasan. Proses mengamplas adalah wajib hukumnya sebelum proses finishing apapun dimulai bahkan pada furniture yang memiliki lapisan cat sebelumnya.

Mengamplas untuk mempersiapkan kayu adalah dengan amplas alumunium oxide dari 120 hingga maksimal grit 220. Kertas amplas pertama dipilih berdasarkan tingkat kasar permukaan kayu. Semakin kasar maka grit amplas semakin kecil.

  • Aplikasikan glaze

Cara yang paling singkat dan mudah untuk menampilkan serat kayu adalah dengan glaze. Cat glaze untuk kayu merupakan cat yang hampir mirip dengan wood stain dan mengandung binder dan pigmen. Namun glaze memiliki kandungan pigmen yang lebih banyak sehingga menghasilkan warna yang sangat gelap.

Glaze sendiri hanya dapat mengering jika Anda mengaplikasikan top coat di atasnya. Warna yang dihasilkan sangat gelap dan inilah yang akan menampilkan urat kayu sungkai sebagai motif yang indah.

  • Aplikasikan top coat
5 Trik Mudah Cara Mengecat Motif Urat Kayu Sungkai Lebih Menarik

Jangan lupa untuk memberikan top coat sebagai lapisan akhir karena glaze tidak dapat mengering tanpanya. Top coat juga akan memberikan perlindungan pada kayu sungkai. Lapisan film yang terbentuk akan mencegah kelembaban, goresan and panas merusak kayu.

Sebagai saran gunakan top coat water based seperti produk BioColours top coat. Pilih juga top coat dengan hasil finishing matte untuk menampilkan finishing yang sangat natural setelah menampilkan motif kayu.

Langkah-Langkah Mengecat untuk Menimbulkan Urat Kayu

Kini saatnya untuk Anda belajar bagaimana teknik aplikasi yang sebaiknya digunakan. Sebagai panduan, produk yang digunakan adalah BioColours. Karena produk ini sangat lengkap dan memiliki jenis produk yang dibutuhkan.

Memulai dari wood filler hingga sanding sealer semua akan memanfaatkan produk BioColours. Berikut ini langkah mudah yang bisa Anda lakukan.

  • Persiapan substrat kayu

Lakukan pengamplasan seperti yang tadi telah dijelaskan. Belajar teknik pengamplasan sesuai dengan permukaan kayu yang akan di amplas. Jangan lupa jika Anda akan mengecat permukaan kayu sungkai yang luas manfaatkan mesin amplas.

Amplaslah searah serat kayu dan hindari bekas terbakar karena pengamplasan. Bekas ini akan sulit dihilangkan dan akan muncul setelah finishing selesai. Segera bersihkan debu bekas pengamplasan.

  • Proses aplikasi wood filler

Siapkan Biovarnish wood filler warna sungkai. Jika Anda menemukan banyak cacat lubang pada kayu maka isi dengan wood filler. Gunakan pisau palet dan jari Anda untuk menekan filler hingga pada dasar lubang.

Ratakan sisa wood filler ke seluruh permukaan kayu. Tunggu lapisan ini kering selama 20 menit. Lanjutkan pengamplasan dengan kertas amplas 240. Amplas hingga warna dan serat kayu sungkai terlihat, bersihkan debu amplas.

  • Proses aplikasi sanding sealer

Siapkan BioColours sanding sealer kemudian campurkan dengan air. Buat larutan hingga mencapai 11-12 NK2. Jika sudah tuangkan ke dalam tabung alat semprot. Semprotkan larutan sanding sealer ke seluruh permukaan kayu.

Apabila telah merata, tunggu kering. Proses kering membutuhkan waktu 60 menit baru lanjutkan dengan amplas ambang. Gunakan amplas ukuran 400 dan bersihkan debu amplas.

  • Proses aplikasi wood stain

Proses aplikasi wood stain ini bisa Anda dilakukan atau tidak tergantung kondisi kayu. Jika warna kayu sudah bagus maka Anda tidak perlu melakukannya. Jika masih banyak warna yang tidak merata maka penting untuk aplikasi ini.

Campurkan BioColours wood stain warna yellow ox dengan air hingga mendapatkan larutan 11-12 NK2. Semprotkan larutan cat ke seluruh permukaan kayu hingga merata. Tunggu kering kemudian amplas dengan amplas 400.

  • Aplikasikan Glaze

Pilih Glaze warna yang gelap seperti black atau brown. BioColours glaze memiliki warna yang sangat pekat jadi campurkan dengan sedikit air saja dalam gelas plastik. Anda bisa mengaplikasikannya dengan kuas atau dengan alat semprot.

5 Trik Mudah Cara Mengecat Motif Urat Kayu Sungkai Lebih Menarik

Jika dengan kuas, aplikasikan berlawanan dengan arah serat kayu. Tunggu beberapa saat setelah merata kemudian gunakan kain katun yang kering untuk menghapus kelebihan glaze. Hapuskan berlawanan arah serat kayu.

  • Aplikasi top coat

Campurkan BioColours top coat matte dengan air. Tuangkan larutan cat ke dalam tabung spray kemudian semprotkan ke seluruh permukaan kayu sungkai. Setelah merata tunggu lapisan akhir ini mengering selama 24 jam atau semalaman. Ketika keesokan harinya cat telah mengering dan Anda akan melihat bagaimana urat kayu sungkai terlihat berkat aplikasi glaze.

Artikel "Finishing Kayu"

About Us

Catkayu.com merupakan web official untuk produk Biovarnish, bahan finishing kayu water based yang aman dan ramah lingkungan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft.

WA: 082219357399

©2015 - 2019 CatKayu.com - All Right Reserved.