Biovarnish Clear Coat, Cat Water Based untuk Kayu Terbaik di Indonesia

Para wood worker atau pengrajin kayu di Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan penggunaan top coat. Selain membuat tampilan furniture kayu lebih menarik, top coat memang penting diaplikasikan. Meski demikian, masih terdapat berbagai pertanyaan mengenai top coat yang harus digunakan.

Mengenal Clear Coat Untuk Hasil Yang Lebih Profesional - Pernis Kayu Clear Coat

Salah satu yang masih menjadi perdebatan adalah jenis top coat yang seharusnya digunakan. Karena terdapat beberapa jenis bahan pelindung cat kayu yang diperjual belikan di pasaran, mungkin Anda merasa kebingungan harus memilih yang mana.

Oleh karena itu, penting untuk memahami dan mengetahui jenis serta merk top coat yang terbaik. Karena tentu saja, jika memiliki kualitas terbaik maka hasil finishing Anda juga akan lebih menarik. Sebaiknya, simak pembahasan lengkap mengenai top coat terbaik yang berkualitas di Indonesia pada artikel ini.

Pentingnya Top Coat untuk Finishing Kayu

Finishing adalah salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan oleh para tukang kayu. Bahkan jika Anda ingin mendapatkan proses finishing yang sangat mudah maka menentukan bahan finishing yang sesuai menjadi kunci kesuksesan Anda mendapatkan hasil yang diinginkan.

Jika Anda salah memilih bahan finishing bisa jadi hasil yang didapatkan tidak rata. Bahkan tidak tahan terhadap panas matahari, rayap bahkan jamur yang memicu terjadinya pelapukan pada furniture kayu.

Clear Coat Indonesia Water Based Untuk

Seperti yang telah banyak diketahui bahwa produk top coat akan memberikan fungsi perlindungan dan juga fungsi untuk pemberi warna. Jika Anda ingin mendapatkan finishing warna natural, maka produk top coat adalah produk yang tepat untuk digunakan. Ada dua hal yang perlu Anda ketahui, pertama yaitu penggunaan top coat, dan kedua adalah jenis top coat apakah yang seharusnya Anda gunakan.

Mengenal Jenis Top Coat

Pada jenis top coat yang seharusnya digunakan, Anda bisa memilih antara top coat solvent atau water based. Sama seperti plitur atau pernis yang juga terbuat dari bahan solvent ada pula dari air. Keduanya memiliki sifat masing-masing tergantung dengan kebutuhan pemakaian Anda.

Jika Anda ingin menggunakan cat pelapis kayu produk solvent maka persiapan yang harus Anda lakukan adalah persiapan penggunaan thinner sebagai bahan pelarut dan juga persiapan panas matahari agar top coat solvent dapat kering sempurna.

Kebutuhan thiner tentu saja akan menuntut Anda  mengeluarkan budget yang lebih tinggi. Sedangkan untuk panas matahari berfungsi agar cat kering sempurna dan tidak menimbulkan efek mengembun.

Cat solvent memiliki kelemahan pengeringan yang sangat lamban dan tergantung panas matahari. Apabila pengeringan tidak menggunakan panas matahari maka tidak akan kering sempurna dan muncul efek mengembun pada kayu.

Efek buruk tersebut bisa Anda atasi jika sejak awal Anda telah menggunakan clear coat water based. Keunggulan yang dimiliki clear coat water based ini tentu saja tidak akan menimbulkan pengembunan walaupun pengeringan tidak menggunakan panas matahari.

Selain itu Anda tidak perlu lagi mempersiapkan thinner, cukup mempersiapkan air saja sebagai bahan pelarut cat. Dengan adanya kemudahan ini akan meringankan biaya dari finishing Anda.

Di Indonesia pemahaman tentang penggunaan cat atau top coat water based masih sangat minim. Banyak pengrajin masih beranggapan bahwa top coat water based mahal dan juga tidak akan menghasilkan pelapis yang tahan lama.

Padahal justru sebaliknya, kini clear coat water based dapat digunakan untuk furniture luar ruangan karena ketahanan perlindungannya terhadap panas dan juga hujan atau perubahan cuaca yang lainnya. Bahkan karena bahan pelarutnya adalah air, cat bisa lebih murah dibandingkan dengan cat solvent.

Hal-Hal Yang Perlu Dimiliki Oleh Top Coat

Mengungkap masalah ketahanan dari top coat, maka dimanakah jenis top coat dapat dikatakan berkualitas untuk digunakan? Tentu saja para produsen bahan finishing telah melakukan berbagai pengujian terhadap produk buatannya, agar layak digunakan oleh masyarakat khususnya di bidang industri.

Clear Coat Indonesia Water Based Untuk

Ada beberapa hal yang memang harus dimiliki oleh produk top coat. Hal tersebut akan membuktikan dengan benar kepada masyarakat, bahwa cat yang digunakan memiliki kualitas yang baik. Ada beberapa tes yang memang digunakan oleh para produsen dan bisa Anda buktikan sendiri di rumah ketika penggunaan.

Berikut ini beberapa hal yang memang harus dimiliki oleh sebuah produk top coat, terlebih lagi jika top coat tersebut digunakan pada furniture outdoor.

√ Tahan Terhadap Panas

Top coat dimaksudkan untuk memberikan lapisan bagian luar pada sebuah furniture kayu atau besi. Jika ketahanan terhadap panas tidak dimiliki akan ada banyak masalah yang akan timbul seperti cat yang meleleh.

Para produsen cat biasanya akan menguji ketahanan panas pada produk dengan meletakan kayu yang dilah dilapisi top coat ke dalam oven dengan suhu 100 derajat celcius selama satu jam. Jika tidak muncul masalah pada cat tersebut maka produk sudah bisa Anda gunakan.

√ Tahan Goresan

Dalam goresan ini Anda bisa mencoba dengan lapisan top coat yang sudah benar-benar kering. Jika permukaan kayu triplek sudah dilapisi top coat, maka Anda bisa mulai untuk menginjak atau dengan menggesekannya pada benda keras seperti pada aspal. Jika tidak muncul kerusakan permanen seperti mengelupas, maka top coat dijamin kuat.

√ Tahan Dingin

Ketahanan dingin dari sebuah top coat akan menguji ketahanannya terhadap hujan dan suhu dingin. Terlebih jika furniture akan Anda kirim ke negeri dengan empat musim seperti di Eropa dan juga Amerika. Pengujian biasanya dilakukan dengan memasukan panel yang telah diaplikasikan top coat dengan ke dalam freezer dengan suhu minus dalam beberapa jam.

Clear Coat Indonesia Water Based Untuk Kayu

Pengujian biasanya tidak hanya dilakukan satu persatu, namun bergantian untuk menguji ketahanan dari top coat tahan terhadap perubahan suhu udara. Jika top coat bisa bertahan dengan baik dengan ketiga pengujian secara bergantian, maka cat tersebut tentu saja sangat direkomendasikan.

Jika dalam proses ketahanan top coat sudah dimiliki maka hal lain yang harus dimiliki adalah proses aplikasi yang mudah. Mungkin Anda akan menemukan top coat dengan ketahanan gores, panas ataupun dingin yang baik. Namun pada saat proses aplikasi, Anda mendapatkan kesulitan pengamplasan atau aplikasi menggunakan kuas yang meninggalkan brush mark.

Maka, sebaiknya sebelum Anda menggunakan pada media kayu aplikasikan clear coat pada potongan kayu lainnya, untuk membuktikan apakah proses aplikasinya benar-benar mudah. Karena tidak semua produk akan memberikan hasil sesuai keinginan Anda. Agar hasil menjadi lebih halus, dapatkan juga teknik aplikasi menggunakan kuas atau dengan spray system yang tepat.

Merk Top Coat Biovarnish Banyak Digunakan

Apabila Anda merasa kesulitan untuk melakukan percobaan-percobaan tersebt di atas, maka Anda bisa langsung melakukan menggunakan Biovarnish Clear Coat. Produk Clear Coat merk ini akan memberikan ketahanan yang baik pada furniture baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan.

Tidak perlu lagi Anda mencari produk clear coat water based yang lainnya karena produk ini bisa Anda aplikasikan dengan hasil maksimal menggunakan kuas maupun menggunakan spray system.

Biovarnish Coating

Ketika menggunakan kuas, clear coat tidak akan meninggalkan bekas sapuan kuas. Bahkan jika Anda menggunakan kuas halus yang telah dilapisi dengan kain ball. Anda juga bisa menggunakan kuas sponge. Kecepatan kering yang tidak dimiliki oleh cat kayu water based lainnya akan Anda temukan di sini.

Setelah Anda melapisi semua permukaan furniture maka tunggu selama 60 menit dalam suhu ruangan saja tanpa dijemur, Biovarnish Clear Coat akan mengering dengan sempurna. Maka dengan waktu kering yang singkat Anda bisa langsung melakukan proses pengamplasan.

Hasil kering cepat, namun bagaimana dengan tampilan yang diberikan? Ada dua jenis clear coat Biovarnish yang bisa Anda gunakan yaitu Biovarnish Clear Gloss dan Biovarnish Clear Coat matte. Tingkat glossy yang dihasilkan pun bisa mencapai 85%. Jadi Anda akan tetap mendapatkan finshing yang maksimal dengan hasil gloss.

Produk Biovarnish Clear Coat bahkan tidak hanya bisa digunakan pada furniture saja namun Anda bisa menggunakannya pada semua serat alam. Misalnya saja Anda akan menggunakannya pada pelepah pisang, ritan, bamboo, enceng gondok dan juga serat alam lain yang sering digunakan sebagai material kerajinan atau material furniture.

Cara Aplikasi Top Coat Kayu Water Based Yang Tepat

Proses aplikasi clear coat yang tidak benar seringkali menghasilkan finishing yang tidak maksimal. Jika Anda akan mendapatkan proses finishing yang maksimal maka Anda harus mengetahui bagaimana menggunakan clear coat tergantung dengan merk yang digunakan. Misalnya saja Anda akan menggunakan Biovarnish Clear Coat Gloss.

Bahan-finishing-kayu-biovarnish

Maka ada beberapa langkah yang memang harus Anda lakukan seperti berikut ini:

1. Siapkan Media Finishing

Siapkan kayu yang sudah kering pastikan kayu yang sudah dibentuk furniture tersebut kering sempurna dengan MC kayu 12%. Kayu juga harus memiliki permukaan kayu yang sudah bersih bebas dari debu. Permukaan kayu yang masih kasar akan mempengaruhi hasil finishing menjadi tidak halus.

2. Gunakan Filler dan Stain

Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal maka kayu juga harus sudah diaplikasikan dengan bahan finishing lainnya. Seperti penggunaan wood filler dan wood stain pada tahap sebelumnya.

Dempul Kayu

Anda perlu menggunakan Biovarnish Wood Filler yang akan menutup pori pada kayu. Bahan ini juga biasa dikenal sebagai dempul kayu. Selain bermanfaat untuk finishing close pore, produk ini tentu bermanfaat pula untuk mengatasi cacat kayu.

Finishing Cat Water Based

Selain itu, kayu juga sebaiknya telah diwarnai dengan menggunakan pewarna kayu terbaik. Anda bisa menggunakan Biovarnish Wood Stain maupun Biovarnish Liquid Stain. Pilihan warna yang sesuai dengan keinginan juga bisa Anda aplikasikan.

3. Siapkan dan Aplikasikan Clear Coat

Untuk menggunakan Biovarnish clear coat gloss, campurkan terlebih dahulu menggunakan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian Anda bisa mengaduk dengan rata.

Mengenal Clear Coat Untuk Hasil Yang Lebih Profesional - Biovarnish Clear Coat

Aplikasikan ke seluruh permukaan kayu hingga rata dengan kuas kemudian tunggu sekitar satu malam agar cat benar-benar mengering. Pastikan kayu atau furniture yang telah difinishing disimpan dalam ruangan yang bersih dan juga bebas debu.

Masa kering sentuh membutuhkan waktu selama 60 menit namun untuk kering sempurna dibutuhkan waktu semalaman, dan untuk kering packing pastikan sudah dikeringkan dalam waktu 7 x 24 jam.

Dimanakah Anda bisa Mendapatkan Produk Ini?

Jika anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, silahkan hubungi HotLine kami via Whatsapp dan telepon disini : HotLine Bio. Atau melaui e-mail Klik Disini.

Anda dapat membeli seluruh varian produk dari Bioindustries secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bioindustries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55162
Phone: 0274 287 1834
Hp / WhatsApp: Klik Disini
e-mail: Klik Disini

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417
Phone: 0291 598992
e-mail: Klik Disini

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154
Phone: 0231 320759
e-mail: Klik Disini

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Knowledge"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 Cat Kayu - by DH

CAT KAYU