5 Tips Aplikasi Cat Natural untuk Hasil Fantastis Kayu Oak

Aplikasi cat kayu untuk finishing natural kayu oak akan membuat hasilnya semakin menarik. Perhatikan jenis dan cara aplikasi cat kayu natural yang Anda gunakan saat finishing oak. Cara aplikasi dan cat yang Anda gunakan untuk finishing natural kayu oak akan mempengaruhi hasil finishing. Pada artikel ini, akan dibahas tentang 5 langkah aplikasi cat kayu natural untuk finishing oak agar hasilnya fantastis!

Kayu Oak : Karakter, Jenis, Fungsi Dan Finishingnya

Kayu oak adalah kayu yang sangat populer di dunia dan banyak digunakan dalam pembuatan furniture hingga lantai. Kayu ini memiliki ketahanan yang tinggi dan tetap mudah diolah. Proses finishingnya sangat mudah yaitu dengan top coat atau dengan warna natural.

Spesies kayu oak memiliki beberapa jenis dengan karakteristik warna yang lebih terang seperti warna beige kecoklatan. Sedangkan untuk jenis red oak memiliki warna merah jambu.

Mengenal Kayu Oak

Lebih dari 60 jenis kayu oak tumbuh dan dilestarikan di Amerika. Ketika digunakan sebagai furniture dalam rumah jenis kayu yang banyak digunakan adalah white oak dan read oak. Kedua jenis kayu memiliki tampilan yang menarik ditambah dengan ketahanannya.

Warna antara kayu gubal dan kayu teras hampir sama jadi sangat sulit membedakan bagiannya. Kayu gubal tentu lebih terang dan sangat mudah dikenali pada red oak dibandingkan white oak.

5 Langkah Aplikasi Cat Kayu Natural Untuk Hasil Fantastis Kayu Oak

Kayu ek akan berubah sedikit gelap dari waktu ke waktu dan menghasilkan lebih banyak warna kuning. Hal ini terjadi karena cahaya dan oksigen serta sinar UV. Perubahan yang terjadi furniture berkayu ek seringkali tidak disadari oleh pemilik.

Serat dari kayu ek umumnya berserat lurus dengan tekstur yang tidak merata. Serat kayu cukup unik, pada white oak pori kayu tertutup oleh tyloses sehingga membuatnya lebih tahan terhadap air.

Red oak memiliki pertumbuhan sel yang berbeda sehingga memiliki pori yang lebih terbuka. Jika Anda ingin bisa membedakannya maka cobalah untuk menyinari permukaan kayu. Maka Anda bisa dilihat pori red oak lebih terlihat dibandingkan white oak.

Finishing Kayu Oak

Perbedaan dari pori kayu oak ini akan membedakan bahan finishing yang digunakan. Kayu yang memiliki pori kayu terbuka membutuhkan perlindungan lebih baik. Anda perlu mengaplikasikan wood filler untuk menutup pori dengan sempurna.

Ketika Anda menggunakan cat yang memberikan perlindungan baik, maka furniture dari kayu oak dapat diletakan di luar ruangan. White oak lebih banyak dipilih untuk pembuatan garden furniture.

Perawatan dari kayu oak tergantung dengan finishingnya. Jika cat kayu yang digunakan berkualitas dan memberikan perlindungan yang baik maka perawatan tidak membutuhkan banyak cara.

Cukup dengan membersihkan debu dan memoles secara rutin akan membuat kayu oak bertahan lebih lama. Tampilan kayu oak yang cantik adalah dari keadaan alaminya. Sama seperti kayu jati, kayu ek juga memiliki tampilan keemasan.

Mewarnai kayu oak dengan cat kayu warna alami adalah pilihan yang tepat. Berbagai macam warna alami hingga transparan tersedia di berbagai merk cat.

5 Langkah Mudah Mendapatkan Tampilan Natural Kayu Oak

Banyak cara finishing kayu natural yang bisa dilakukan untuk kayu oak, seperti menggunakan sanding sealer dan top coat. Cara tersebut adalah cara yang paling umum dilakukan untuk mendapatkan warna kayu oak transparan.

Ketika kayu oak dapat menampilkan seratnya, maka akan lebih banyak orang lagi yang menyukainya.  Tidak perlu bingung lagi, berikut 5 langkah mudah untuk mendapat tampilan kayu oak yang fantastis:

1. Pengamplasan

Bersihkan dan amplas permukaan kayu menggunakan amplas alumunium oxide nomor 220. Jika permukaan kayu oak masih terlalu kasar gunakan amplas dengan grit yang lebih kecil yaitu 180.

Proses pengamplasan untuk persiapan substrat kayu bisa menggunakan alat bantu hand sander. Lakukan pengamplasan searah dengan serat kayu, hindari untuk mendapatkan hasil pengamplasan dengan bekas amplas.

5 Langkah Aplikasi Cat Kayu Natural untuk Hasil Fantastis Kayu Oak

Aplikasi hand sander yang salah biasanya akan menimbulkan bekas pengamplasan. Pastikan Anda mengamplas dengan cara yang benar. Jika permukaan kayu sudah halus dan merata maka bersihkan debu amplas.

Gunakan kain microfiber yang telah dibasahi dan diperas untuk mengangkat debu yang sangat halus. Kain yang basah akan mengangkat debu halus sehingga finishing menjadi halus.

Proses pengamplasan juga akan dilakukan pada setiap lapisan coating. Hanya amplas yang digunakan adalah amplas alumunium oxide nomor 400. Proses pengamplasan juga ringan, Anda tidak perlu menggunakan banyak tenaga.

Setiap lapisan cat yang perlu di amplas secara ambang untuk membentuk goresan. Goresan ini akan membantu lapisan cat diatasnya merekat dengan mudah. Setiap selesai mengamplas setiap lapisan cat bersihkan debu amplas dengan kain bersih.

Jika terdapat beberapa cacat pada kayu oak, perbaiki terlebih dahulu dengan wood filler. Aplikasikan wood filler dengan warna mirip kayu oak dan tutup semua cacat. Lanjutkan dengan pengamplasan dan bersihkan debu amplas.

2. Membuat Warna Dasar

Anda perlu melanjutkan dengan pemberian warna dasar pada kayu oak. Banyak sekali warna dasar kayu yang tersedia dalam berbagai produk. Warna dasar ini berupa pigmen yang mirip kayu dan tidak menutup serat kayu.

5 Langkah Aplikasi Cat Kayu Natural Untuk Hasil Fantastis Kayu Oak

Pilihan warna ini terdapat dalam produk Liquid Stain, warna yang dipilih biasanya kekuningan atau coklat muda. Warna dasar ini akan memberikan undertone colour sebelum aplikasi warna yang menajamkan serat.

Aplikasikan Liquid Stain dengan kuas atau alat spray sesuai petunjuk yang terdapat dalam kemasan cat. Setelah Liquid Stain diratakan dengan kuas, gunakan kain katun yang kering untuk membersihkan permukaan kayu dan meratakan cat.

Warna yang diberikan dari liquid stain biasanya akan lebih gelap dan kuat. Kayu oak yang berwarna putih tidak membutuhkan warna yang terlalu gelap untuk mengimbangi warna aslinya.

Menghindari hasil warna yang terlalu gelap, Anda bisa menggunakan campuran pelarut liquid stain lebih banyak. Hasilnya tentu warna tidak akan terlalu gelap, jika hasilnya kurang gelap karena terlalu banyak pelarut Anda bisa memberikan dua atau tiga lapisan coating.

Sudahkah Lantai Kayu Anda Menggunakan Biovarnish Sanding Sealer - Liquid Stain

Hasil warna yang benar-benar transparan akan dihasilkan oleh produk liquid stain water based. Biovarnish Liquid Stain adalah salah satu produk yang memiliki varian warna cocok untuk kayu oak. Cara dan hasil aplikasinya cukup mudah dan kurang lebih sama seperti yang elah dijelaskan.

3. Mengaplikasikan Sanding Sealer

Beberapa orang akan merekomendasikan untuk mengaplikasikan sanding sealer sebagai cat dasar atau menutup pori kayu. Pada aplikasi kali ini Anda bisa mengaplikasikan Sanding Sealer setelah Stain.

Fungsi sanding sealer sebenarnya adalah menguatkan lapisan cat di bawah dan diatasnya. Sanding sealer akan menjadi media perekat yang kuat dan mencegah bleeding minyak kayu pada lapisan cat di atasnya.

Pada umumnya orang akan menggunakan shellac sebagai sanding sealer, tapi sebaiknya gunakan sanding sealer water based. Shellac kurang baik untuk menahan bleeding dan biasanya digunakan sebagai clear coat. Jika menggunakan shellac lapisan cat di atasnya akan kurang merekat dengan baik.

Finishing Metode Spray

Campurkan sanding sealer water based dengan air, aduk rata kemudian aplikasikan dengan alat semprot. Gunakan Biovarnish Sanding Sealer untuk mendapatkan hasil sempurna yang diinginkan.

Diamkan sanding sealer mengering, karena menggunakan cat berbahan air Anda tidak perlu melakukan penjemuran. Proses pengeringan dapat dilakukan di dalam ruangan, setelah kering lanjutkan dengan proses pengamplasan.

Anda hanya perlu memberikan satu lapisan saja pada sanding sealer sebelum lanjut pada langkah selanjutnya.

4. Aplikasi Glaze

Glaze adalah rahasia yang digunakan untuk menghasilkan tampilan oak menjadi lebih fantastis. Glaze akan memberikan tampilan serat kayu yang tajam dibandingkan finishing natural lainnya. Pilihlah Biovarnish Glaze warna black atau dark brown yang akan menyerap ke dalam serat kayu.

Glaze tidak lain adalah wood stain yang sangat kental dan diaplikasikan diatas sanding sealer. Proses aplikasinya dimulai dengan mencampur sedikit air kemudian menguasainya merata berlawanan arah serat. Langkah ini memudahkan untuk peresapan Glaze merta ke dalam pori kayu.

Hasilnya akan menonjolkan kontras alami antara pori kayu ek. Anda dapat mengontrol kekuatan warna pada kayu dengan menyeka permukaan yang belum kering dan meninggalkan sedikit Glaze.

5 Langkah Aplikasi Cat Kayu Natural Untuk Hasil Fantastis Kayu Oak

Ketika kering maka akan meninggalkan tampilan tipis warna gelap pada serat kayu. Jika masih terlalu gelap dan Glaze sudah mengering jangan khawatir, cukup usapkan dengan kain yang dibasahi air. Cat Biovarnish Glaze mudah dibersihkan sebelum diaplikasikan atau ditutup Clear Coat.

5. Aplikasi Clear Coat

Ketika aplikasi Glaze telah selesai, maka langkah terakhir adalah memberikan perlindungan dari Clear Coat atau pernis kayu. Beberapa jenis clear coat tersedia, gunakan Biovarnish Clear Coat yang bisa memberikan berbagai macam tampilan.

Clear Coat juga akan mengunci dan mempercepat proses pengeringan dari Glaze. Pernis kayu water based ini akan memberikan perlindungan yang kuat dari panas matahari, hujan dan perubahan cauca lainnya.

Clear Coat Terbaik Untuk Finishing Furniture Rotan Tahan Lama - Biovarnish Clear Coat

Biovarnish Clear Coat memiliki dua tampilan berbeda yaitu glossy atau matte. Anda bisa memilih manakah kira-kira yang cocok untuk finishing proyek kayu oak. Keduanya sama-sama memberikan perlindungan maksimal.

Cara mengaplikasikan Biovarnish Clear Coat adalah melarutkannya dengan air. Aduk hingga benar-benar rata kemudian gunakan kuas nilon untuk proses aplikasi. Kuaskan searah serat kayu, proses kering memakan waktu sekitar 24 jam dan semalaman.

Pengecatan yang baik akan menampilkan karakteristik kayu oak terbaik bahkan fantastis. Banyak sekali langkah finishing lainnya yang bisa diaplikasikan pada kayu oak.

Setiap lapisan cat akan memberikan efek berbeda dan membangun perlindungan yang kuat. Cat kayu berbahan dasar air banyak dipilih untuk warna natural karena memberikan efek warna transparan yang paling baik dibandingkan cat solvent.

Anda bisa melakukan banyak eksperimen dengan berbagai macam jenis kayu lainnya dengan cara aplikasi yang sama pada artikel ini.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Knowledge"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing, perawatan, dan pencegahan kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

WhatsApp : 087839346433

©2015 - 2020 catkayu.com - All Right Reserved.