Cat Kayu Terbaik untuk Finishing Countertops Bambu

Countertops bambu perlu difinishing dengan cat kayu terbaik. Menjaga kualitas countertops dari bambu agar bisa digunakan lebih lama bisa dilakukan dengan menggunakan cat kayu berkualitas. Pada artikel ini, Anda akan mendapat rekomendasi cat kayu terbaik untuk countertops bambu andalan Anda.

Cat Kayu Terbaik Untuk Finishing Countertops Bambu

Countertops pada banyak furniture biasanya terbuat dari batu granit, laminasi atau bahkan ubin. Namun kini Anda bisa menggunakan laminasi bambu sebagai bahan alternatif yang sangat mendukung dan kuat. Bambu merupakan sumber daya yang tidak baru lagi namun semakin lama pengolahannya selalu terbarukan.

Jenis Cat Kayu Terbaik untuk Bambu

Bambu adalah material yang tidak jauh berbeda dari kayu. Hanya saja bambu memiliki lapisan lilin pada seluruh sisinya. Pori bambu hanya terdapat pada ujungnya yang berbentuk buku-buku. Bagian inilah yang biasanya menjadi sasaran utama rayap. Lapisan cat berfungsi untuk menutup seluruh permukaan bambu hingga sampai pada porinya.

Nah jenis cat kayu terbaik manakah yang sebaiknya digunakan untuk bambu? Cat yang terbaik adalah cat kayu water based. Produk cat water based adalah produk yang sangat mudah diaplikasikan dan bisa memberikan perlindungan yang tinggi.

Produk yang ditawarkan untuk ini adalah Biovarnish. Cat kayu Biovarnish bisa memberikan warna natural pada countertops bambu sekaligus perlindungan yang terbaik. Ketika Anda menggunakan Biovarnish untuk bambu maka proses aplikasinya tidak perlu khawatir akan masalah keamanan lingkungan.

Sebagai produk cat water based, Biovarnish adalah produk cat yang memiliki kandungan toxic dibawah rata-rata atau regulasi yang berlaku. Apabila Anda ingin mendapatkan keamanan yang terbaik maka gunakanlah produk cat water based. Pada saat proses aplikasi Anda tidak akan merasakan bau yang biasanya muncul pada saat aplikasi.

Biovarnish merupakan cat kayu yang aman dan ramah lingkungan. Proses aplikasi yang cepat tidak tergantung dengan panas matahari. Anda bisa mengaplikasikan pada saat cuaca sedang dingin hujan. Proses pengeringan hanya membutuhkan ruangan dengan sirkulasi udara yang baik.

Cara Aplikasi Cat Biovarnish pada Countertops Bambu

Countertops adalah bagian furniture yang sering digunakan. Maka jika Anda tidak menggunakan cat kayu terbaik seperti Biovarnish belum tentu furniture akan bertahan dengan lama.

Pagar Bambu Dengan Warna Natural Transparan Yang Tahan Lama 2

Cara aplikasinya sangat mudah, Anda hanya perlu mempersiapkan beberapa bahan dan alat sebagai berikut:

  • Biovarnish Wood Filler
  • Liquid Stain Biovarnish
  • Biovarnish Sanding Sealer
  • Biovarnish Clear Coat gloss/ matte
  • Amplas alumunium oxyde nomor 240 and 400
  • kain lap
  • pengaduk
  • gelas plastik
  • air

Cat Kayu Terbaik untuk Finishing Countertops Bambu

Berikut ini cara aplikasinya :

1. Lakukan Persiapan

Amplas seluruh bagian countertops bambu hingga halus. Jangan lupa amplas bagian ujung-ujungnya yang sering memiliki bagian kasar.

Kenali Macam-Macam Amplas Sebelum Finishing

Amplas bagian seluruh permukaan yang mengandung lilin agar lapisan cat dapat melekat dengan mudah. Bersihkan debu amplas dengan kain bersih, jika perlu gunakan vakum untuk mengambil debu yang tersisa.

2. Gunakan Wood Filler

Aplikasikan Biovarnish Wood Filler. Pilih warna yang sesuai dengan bambu atau yang diinginkan. Isi bagian ujung bambu hingga penuh isi bagian tersebut dan tunggu kering.

Dempul Kayu Cepat Kering

Apabila sudah kering lanjutkan dengan pengamplasan dengan amplas 400. Bersihkan debu amplas kembali.

3. Gunakan Sanding Sealer

Aplikasikan Biovarnish Sanding Sealer, pertama campurkan sanding sealer dengan air kemudian aduk hingga rata. Masukan ke dalam tabung alat semprot and tutup.

Sudahkah Lantai Kayu Anda Menggunakan Biovarnish Sanding Sealer - Sanding Sealer Biovarnish

Semprotkan sanding sealer ke seluruh permukaan bambu hingga merata. Tunggu lapisan kering selama 60 menit. Lanjutkan dengan pengamplasan ambang, kali ini gunakan amplas 400.

4. Lakukan Pewarnaan

Aplikasi Biovarnish Liquid Stain, pilih warna liquid stain yang diinginkan. Campurkan liquid stain dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air, campur dalam gelas plastik.

Sudahkah Lantai Kayu Anda Menggunakan Biovarnish Sanding Sealer - Liquid Stain

Tuang ke dalam alat semprot dan tutup, semprotkan ke seluruh permukaan countertops dan tunggu kering. Proses kering membutuhkan waktu 60 menit dan lanjutkan amplas dengan amplas 400. Jika warna yang dihasilkan belum tajam, aplikasikan Liquid Stain sekali lagi.

5. Gunakan Clear Coat

Pada tahap terakhir, Anda bisa mengaplikasikan Biovarnish Clear Coat ke seluruh permukaan kayu. Caranya campur clear coat pilihan ke dalam gelas plastik dengan air. Gunakan perbandingan 2 bahan : 1 air dan tuang ke alat semprot.

Sudahkah Lantai Kayu Anda Menggunakan Biovarnish Sanding Sealer - Biovarnish Clear Coat

Aplikasikan ke seluruh permukaan kayu hingga merata. Proses pengeringan lapisan akhir ini membutuhkan waktu selama 24 jam sebelum countertops bambu siap digunakan.

Perawatan Countertops Bambu

Aplikasi cat Biovarnish akan menjaga furniture menjadi lebih tahan lama. Namun pada saat aplikasi Anda harus mengingat bahwa perawatan juga dibutuhkan untuk menjaga tampilan tetap stabil.

Kerusakan akibat penggunaan memang tidak bisa dihindari. Atau jika Anda melakukan perawatan kerusakan yang terjadi akan terlihat seminim mungkin.

Perawatan yang bisa dilakukan untuk countertops bambu adalah dengan memolesnya. Pemolesan dilakukan untuk mendapatkan penampilan yang tetap mengkilap sekaligus memperkuat lapisan Clear Coat.

Proses poles bisa dilakukan setiap satu bulan sekali. Waktu pemolesan ini cukup untuk membuat countertops tampak selalu seperti baru dan juga bersih. Lapisan yang terbentuk juga akan membuat furniture tahan terhadap rayap atau jamur. Apabila Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal maka gunakan Biopolish Beeswax.

Countertops digunakan untuk meletakan makanan jadi bahan poles yang digunakan juga harus aman apabila makanan bersentuhan langsung dengan meja. Proses memoles hanya membutuhkan alat kain kering yang terbuat dari bahan katun. Kain ini lentur dan tidak akan merusak permukaan bambu.

Poles_Kayu_Biopolish_Beeswax

Caranya adalah ambil sedikit saja Biopolish Beeswax kemudian oleskan ke seluruh permukaan countertops bambu. Usapkan sambil ditekan secara memutar searah jarum jam. Lakukan proses ini sampai merata dan kering. Sebelum proses aplikasi sebaiknya bersihkan countertops dari debu dan kotoran lainnya.

Jangan karena ingin mendapatkan lapisan yang tebal Anda mengambil bahan poles terlalu banyak. Aplikasi oles justru halus dilakukan dengan tipis saja untuk membuat furniture menjadi lebih awet. Terlalu banyak bahan yang digunakan akan membuat permukaan menjadi lembab dan berjamur.

Mengenal Bambu untuk Material Countertops

Bambu juga merupakan material yang ramah lingkungan. Anda bisa melihat berbagai macam jenis olahan dari bambu seperti tusuk gigi hingga furniture. Meja juga banyak yang menggunakan material bambu, baik itu bambu yang dipotong langsung atau meja yang dilaminasi.

Memilih Material Kursi Bambu Hingga Finishingnya

Bambu tidak hanya sebagai alternatif batu tetapi juga kayu. Sama-sama merupakan serat alam, bambu memiliki pori dan penampilan yang harus dipoles kembali. Bambu yang belum di finishing akan tampak tidak menarik bahkan tidak terlindungi dengan baik. Khususnya pada countertops yang pasti akan sering terkena benda keras dan merusak permukaan bambu.

Nah inilah saatnya Anda untuk memilih cat kayu terbaik yang harus digunakan untuk finishing countertops yang terbuat dari bambu. Jika tidak maka goresan, tampilan yang buruk bisa muncul dalam waktu yang singkat. Bahkan jamur dan juga rayap menjadi musuh terbesar yang harus dilindungi.

Adanya lapisan cat atau coating yang melindungi bersifat keras sekaligus lentur jadi jika bambu berubah bentuk karena perubahan cuaca cat tidak akan mengelupas atau rusak. Apakah cat kayu terbaik yang bisa digunakan untuk bambu? Bagaimana cara menggunakannya?

Anda berada di tempat yang tepat karena disini akan dijelaskan mengenai produk cat apakah yang sebaiknya digunakan beserta bagaimana cara menggunakannya. Tidak hanya itu saja ada banyak produk lain sebagai penunjang agar countertops dari bambu dapat bertahan lebih lama.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Knowledge"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing, perawatan, dan pencegahan kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

WhatsApp : 087839346433

©2015 - 2020 catkayu.com - All Right Reserved.