Punya Pintu dari Bambu? Warna Merah dan Putih Ini Bisa Jadi Pilihan Menarik

Pintu rumah bukan hanya sebagai ruang untuk keluar masuk rumah tetapi juga bisa menciptakan citra tersendiri. Pintu utama rumah adalah bagian utama yang sering dilihat orang dari luar. Seringkali pemilihan model dan warna pintu akan menyiratkan sifat pemilik rumah. 

Walaupun pintu kayu dengan warna natural sering banyak digunakan, bukan berarti tidak ada pilihan warna yang lainnya. Pilihan warna menarik adalah merah putih. Warna ini bisa memberikan makna khusus dan bisa diterapkan oleh berbagai macam jenis gaya. 

Mengecat pintu dengan pilihan warna merah dan putih bisa Anda dilakukan sendiri. Di pagi atau sore hari ketika liburan akhir pekan cobalah untuk melakukan pengecatan. Tentu saja jika ingin praktis pilih produk cat yang mudah diaplikasikan dan cepat kering. 

Bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana proses finishing warna merah dan putih pada pintu bisa menyimaknya dalam artikel ini. Mulai dari mencocokan dengan gaya apapun hingga produk terbaik apa yang digunakan. 

Beberapa Gaya yang Membutuhkan Pintu Warna Merah Putih

Seringkali orang bingung, jika pintu warna merah dan putih gaya apa yang akan ditampilkan? Karena tidak tahu maka banyak orang akhirnya menghindari perpaduan kedua warna ini. Padahal ada banyak sekali gaya yang bisa Anda terapkan dengan menggunakan warna merah dan putih. 

Selain dipadukan, Anda bisa mengecat kedua warna menjadi motif yang menarik. Baik itu motif bergambar atau hanya abstrak saja. Sesuai kebutuhan, hasil seni artistik seperti apa yang ingin Anda terapkan pada pintu. Terutama jika pintu memiliki ukiran tertentu. 

Jadi apa saja kira-kira pintu warna merah putih cocok digunakan untuk gaya apa saja?

  • Vintage, jika Anda memiliki rumah dari kayu pilih gaya vintage. Warna merah dan putih cukup diciptakan pada pintu yang telah dirustic. 
  • Modern, gaya modern juga cocok dengan pintu warna ini. Warna merah akan menampakkan kesan modern yang berani sedangkan putih akan menyeimbangkannya.
  • Pop art, kesan nyentrik dalam gaya ini memang jarang dipilih. Namun unik juga jika diterapkan pada rumah yang ini nuansa baru. 
  • Retro, gaya ini sebenarnya ingin mengungkapkan perasaan berani. Warna merah cocok untuk menciptakan kesan tersebut. 

Bila dicermati masih banyak lagi gaya yang bisa diterapkan pada rumah dengan warna pintu merah dan putih. Semua tergantung dengan selera serta seberapa berani Anda mengambil resiko mengecat dengan warna berbeda. 

Produk Cat dengan Warna Merah dan Putih Menarik

Langkah awal yang menyenangkan sebelum mengecat adalah memilih jenis cat untuk pintu. Ada dua warna yang harus didapatkan yaitu merah dan putih. Sayangnya tidak semua cat memiliki warna yang sama, merah memiliki berbagai level begitu juga dengan putih. Namun Anda akan mendapatkan perpaduan yang tepat dengan cat kayu besi Orchid. 

Cat Orchid adalah jenis cat yang akan melindungi pintu dari berbagai perubahan cuaca. Khususnya dari serangan sinar UV dan juga kelembaban. Cat tidak akan mudah pudar warnanya karena berbagai serangan tersebut. 

Ditambah lagi dengan proses aplikasi yang mudah, membuatnya bisa diaplikasikan oleh siapa saja. Semua langkah aplikasi hanya membutuhkan kuas saja, Anda tidak perlu menggunakan alat semprot hingga thinner sebagai bahan pelarutnya. 

Inilah yang tidak dimiliki oleh cat kayu yang lainnya, cat Orchid hanya membutuhkan air. Perannya sebagai cat enamel water based akan bekerja dengan tidak menimbulkan polusi di udara. Jadi Anda tidak akan terganggu proses aplikasinya karena bau menyengat yang biasanya keluar dari cat. 

Mengecat Pintu dengan Cat Orchid Lebih Mudah 

Kemudahan akan Anda dapatkan ketika mengecat dengan cat Orchid, mulai dari bahan dan juga alat tidak banyak dan mahal. Bahan yang perlu dikumpulkan adalah cat Orchid warna merah dan putih, Bioduco primer coat, dan air sebagai pelarutnya. Primer akan berfungsi menutup warna bambu asli. 

Alat-alat yang dibutuhkan untuk finishing, gelas plastik, pengaduk, kuas bulu nilon, amplas alumunium oxide nomor 150, 220, 240 dan 400. Isolasi kertas yang lebar dan juga kain lap kering. Isolasi kertas dibutuhkan untuk membuat motif pada pintu bambu. 

Jika dijabarkan ada empat langkah singkat untuk aplikasi cat Orchid agar hasil warnanya merah dan putih sempurna. Seperti apa langkahnya? Ikuti berikut ini. 

Persiapan Material dan Perbagian Bagian yang Cacat

Pintu bambu harus dipersiapkan terlebih dahulu, jadi bukan hanya sekedar mempersiapkan bahan dan alat. Persiapan pintu dimulai dengan mengamplasnya menggunakan amplas 150 kemudian beralih ke amplas 220. Ganti kertas amplas secara berkala hingga permukaan berubah menjadi lebih halus.

Jika permukaan kayu diraba sudah halus, teliti bagian permukaan yang cacat. Misalnya cacat karena goresan, pemotongan tidak rapi dan adanya bagian berlubang. Isilah bagian permukaan yang rusak tersebut menggunakan Bioduco wood putty. 

Caranya isi dengan pisau scrape, kemudian ratakan. Tunggu dempul mengering sendiri selama 20 menit kemudian baru amplas dengan kertas amplas 240. Amplas hingga permukaannya berubah menjadi lebih halus dan merata. Apabila tidak ada lagi cacat pada permukaan pintu tandanya sudah siap dicat. 

Menyamakan Warna Pintu dengan Cat Dasar

Bioduco primer coat, berfungsi untuk menutup warna dan juga memperkuat lapisan cat di atasnya. Ketika diaplikasikan primer akan berfungsi sebagai cat dasar yang kuat dan tidak mudah mengelupas. Jadi jika nantinya Anda hendak membentuk motif menggunakan isolasi cat tidak akan terkelupas. 

Proses aplikasi dari primer coat cukup mudah, tujuannya adalah mengubah warna pintu menjadi putih. Sehingga nantinya warna dari pintu akan lebih tajam. Ikuti langkah berikut ini:

  1. Bersihkan seluruh permukaan pintu yang telah di dempul dengan kain. Pastikan tidak ada debu amplas yang masih tertinggal. 
  2. Campurkan Bioduco primer coat dengan air ke dalam gelas plastik. Aduk hingga merata dan tidak ada lagi bahan yang mengendap. 
  3. Kuaskan cat ke seluruh permukaan pintu searah dan ciptakan lapisan tipis saja. 
  4. Tunggu mengering kemudian amplas ambang dengan amplas 400. Jika warna masih kurang menutup aplikasikan beberapa kali lagi dengan langkah yang sama. 

Menciptakan Warna Merah dan Putih pada Pintu Bambu

Kini saatnya untuk Anda memanfaatkan cat Orchid untuk membentuk warna merah dan putih pada pintu bambu. Langkah pertama adalah membersihkan debu amplas menggunakan kain pada seluruh permukaannya. Siapkan motif yang ingin dibuat, kemudian siapkan isolasi kertas untuk membuat motif tersebut. 

Campurkan cat Orchid dengan air, pilih warna putih atau merah terlebih dahulu. Kemudian lanjutkan dengan proses penguasan, Anda bisa menguasnya ke seluruh permukaan kayu sesuai warna yang diinginkan terlebih dahulu. 

Pastikan tidak mengecat di luar batas isolasi yang telah ditempel. Tunggu cat mengering kemudian amplas ambang. Jika warna masih kurang tajam, ulangi aplikasi sekali lagi. Lepaskan isolasi kemudian tempelkan pada permukaan pintu yang sudah dicat, pastikan saja cat sudah benar-benar kering. 

Ulangi langkah mengecat yang sama namun dengan warna yang berbeda. Isi bagian yang ingin dicat sesuai dengan motif, kemudian tunggu kering amplas ambang. Masih sama Anda bisa mengulangi aplikasi bila warna masih kurang tajam. Jika sudah kering, lepaskan isolasi. 

Artikel "Finishing Kayu"

About Us

Catkayu.com merupakan web official untuk produk Biovarnish, bahan finishing kayu water based yang aman dan ramah lingkungan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft.

WA: 082219357399

©2015 - 2019 CatKayu.com - All Right Reserved.