Pemilihan Warna Cat Kayu yang Tepat Menyesuaikan dengan Gaya Rumah

Ingin membuat hunian tampak mewah dari luar? Atau mungkin tampak minimalis? Semua itu dapat dilakukan jika Anda memilih warna cat kayu yang tepat pada pintu.

Pintu adalah satu bagian pada hunian yang sangat penting bahkan dari segi fungsinya pun tidak bisa dilupakan. Fungsi utama pintu adalah sebagai penyekat, berbeda halnya dengan dinding pintu dapat dibuka atau di tutup sesuai keinginan karena fungsinya sebagai tempat keluar masuknya penghuni di dalam rumah.

Jika tidak ada pintu bagaimana Anda kaan memasuki ke dalam sebuah ruangan? Atau mungkin bagaimana Anda memiliki ruangan privasi? Tanpa adanya pintu juga Anda akan kesulitan dalam menjaga barang-barang dirumah bukan? Fungsi penting pintu tidak hanya sebagai penyekat saja tetapi juga sebagai media yang memperindah sebuah hunian.

Membuat hunian berpenampilan indah tidak hanya sekedar memberikan warna pada dinding, memberikan dekorasi pada taman, mengisi hunian dengan perabotan tetapi juga dapat memberikan warna pada pintu. Jiak Anda menginginkan rumah dengan gaya tertentu misalnya saja gaya vintage.

Khas gaya vintage adalah warna warna putih atau terang. Anda akan gagal mewujudkan gaya vintage dengan memberikan warna cat kayu orange pada pintu utama. Pemberian warna akan menjadi tolak ukur keberhasilan suatu gaya pada hunian tersebut karena akan dilihat dari luar.

Warna Pintu Yang Cocok Untuk Berbagai Macam Gaya

cat-kayu-untuk-pintu-modern

Ada banyak pilihan warna untuk berbagai macam gaya hunian. Anda tidak perlu khawatir kehabisan pilihan warna karena banyak sekali pilihan merk dengan banyak tingkatan warna yang pasti berbeda.

Yang harus Anda lakukan adalah mencari pilihan warna yang sesuai dengan gaya yang diinginkan. Berikut ini beberapa pilihan warna cat kayu beserta gaya yang cocok untuk digunakan sebagai referensi:

  1. Gaya Modern, rumah modern memiliki konsep yang modern yaitu menggunakan banyak material semen. Material ini memerlukan nuansa natural dari pintu atau material serat alam lainnya baik itu untuk home decor, sebagai pagar, atap, dll. Untuk warna pintu sendiri yang banyak digunakan adalah warna natural kayu seperti walnut brown dan juga warna hitam transparan. Di sini Anda bisa memadukan warna pintu tersebut dengan warna dinding seperti putih dan kuning, putih dan hitam, bahkan warna abu-abu.
  2. Gaya Minimalis, konsep pada rumah dengan gaya minimalis ini tidak membutuhkan banyak desain yang rumit seperti pagar besi yang berlekuk atau banyak ornamen, pintu berukir. Ciri utamanya adalah memanfaatkan lahan yang sempit terlihat luas. Maka untuk pintu dan jendela biasanya dikombinasikan dengan kaca. Untuk warna pintu sendiri Anda bisa memilih warna muda seperti warna jati.
  3. Gaya Klasik, rumah dengan gya klasik adalah rumah yang memiliki banyak hiasanya. Sangat bertolak belakang dengan gaya minimalis. Di sini Anda bisa bermain dengan banyak hiasan dinding, pagar ber ornamen, bahkan pintu berukir seperti rumah tradisional. Klasik adalah lama tetapi bukan berarti dibuat dari masa lampau saja. Untuk warna pintunya bisa menggunakan warna putih atau warna cokelat kayu transparan.
  4. Gaya Kontemporer, hunian dengan gaya ini cenderung unik karena desainnya yang memadukan antara gaya modern, minimalis dan terkadang dengan gaya klasik. Walaupun untuk gaya klasiknya tidak terlalu banyak bermain ornamen. Gaya kontemporer lebih banyak dengan material kaca baik sebagai dinding dan juga dengan pintu. Material kayu biasanya diguanakan sebagai kerangka pintu hampir sama dengan desain minimlis. Untuk warna pintu sering menggunakan warna kayu transparan.

Jenis Cat Kayu yang Dibutuhkan untuk Pintu

Jika Anda mencermati warna pintu untuk berbagai macam desain yang paling bisa digunakan atau dikatakan netral adalah warna cokelat kayu transparan.Warna ini memang sudah dikenal manusia pertama kali dan masih bertahan hingga sekarang.

Sedangkan untuk jenis warna cat kayu pintu cokelat ini Anda juga harus memilih yang kuat. Kuat dalam arti kata tahan panas, tahan cuaca, tahan rayap agar kayu tidak mudah rusak. Mengingat pintu utama terletak di luar ruangan dan pasti akan sering terkena perubahan cuaca, agar warnanya tidak mudah pudar semua itu ditentukan oleh jenis cat.

Salah satu produk cat kayu yang bisa digunakan adalah Biovarnish. Dari segi warna dan kualitas sudah terbukti bahwa cocok untuk finishing pintu kayu semua gaya hunian. Pilihan warna natural pun tidak hanya warna walnut brown atau warna jati saja tetapi juga warna lain seperti warna black, warna mahogany, sonokeling, dll.