Cara Mendempul Kusen Kayu yang Tepat Menyesuaikan Jenis Kerusakan

Cara mendempul kusen kayu yang benar akan menghasilkan tampilan yang jauh lebih indah dan rapi sehingga mudah untuk diproses finishing selanjutnya.

Kusen merupakan komponen pada pintu yang tidak bisa dipisahkan. Kusen memiliki peran yang sangat penting guna menyangga pintu agar dapat berdiri dan bisa digunakan. Tampilan dari kusen sendiri juga menyesuaikan dengan pintu yang digunakan, namun pada umumnya tampilan tersebut adalah natural kayu.

Untuk mendapatkan tampilan natural kayu maka perlu cat kayu yang memiliki transparansi warna yang bagus dan tajam. Namun masalah terjadi ketika terdapat beberapa bagian pada kusen yang berlubang atau retak, maka perlu cara mendempul kusen kayu yang tepat.

Cara Mendepul Kusen Kayu yang Tepat dan Aman

Cara Mendempul Kusen Kayu Menggunaan Biovarnish

Kusen dengan media kayu memang tidak semuanya rata dan rapi, terdapat beberapa kayu yang digunakan mengalami cacat. Cacat pada kayu biasanya terdapat beberapa faktor diantaranya adalah usia, cuaca atau hewan liar seperti burung pelatuk.

Untuk mengatasi masalah ini maka diperlukan dempul guna menyamarkan cacat pada kayu tersebut. Dempul ini juga dapat digunakan untuk memanipulasi bekas paku pada kusen. Tidak hanya bertujuan untuk menyamarkan cacat pada kayu saja, dempul kayu juga bertujuan untuk menutup pori-pori kayu sehingga mudah dilakukan finishing selanjutnya.

Cara mendempul kusen kayu yang tepat dapat menghasilkan tampilan yang jauh maksimal sehingga Anda perlu memperhatikan bahan dempul yang digunakan. Sampai saat ini, banyak industri mebel menggunakan dempul dengan bahan pelarut solvent based. Dempul yang tersedia dipasaran juga memiliki berbagai merk dengan kualitas yang berbeda-beda.

Untuk cara mendempul kayu kusen agar hasilnya maksimal, gunakan dempul kayu yang menggunakan bahan dasar air. Sebab, dempul ini tidak terlalu keras ataupun lembek ketika digunakan sehingga akan lebih mudah untuk diampleas. Salah satu dempul dengan bahan dasar air yang sangat mudah diampelas dan bahkan tidak alot adalah Biovarnish Wood Filler.

Adapun cara mendempul kusen kayu dengan Biovarnish Wood Filler sebagai berikut:

Cara Mendempul Kusen Kayu
  1. Pastikan kayu yang digunakan kering (MC<15%)
  2. Ampelas permukaan kayu menggunakan ampelas no. 240 atau 400 untuk menghilangkan debu atau kotoran lain yang masih menempel.
  3. Aplikasikan Biovarnish Wood Filler yang sudah dicampur air secukupnya (sesuai kekentalan yang diinginkan) menggunakan pisau palet ke seluruh permukaan kayu. Tunggu hingga kering kurang lebih 20-30 menit, kemudian ampelas menggunakan ampelas no. 240
  4. Lanjutkan tahapan finishing selanjutnya

Teknik Pendempulan Kusen Kayu Sesuai Ukuran Lubang

Jika secara umum pendempulan kayu menggunakan Biovarnish wood filler dapat diselesaikan hanya dengan campuran air dan pisau palet, bagaimana jika lubang cacat pada kusen berukuran sangat besar? Tentu saja Anda harus menggunakan teknik finishing yang berbeda.

Aplikasi wood filler juga bisa disesuaikan dengan ukuran cacat dan lubang. Banyak sekali jenis cacat kusen yang bisa muncul mulai dari cacat karena lubang paku atau rayap. Bagi Anda yang sudah tidak sabar, ikuti aplikasinya berikut ini:

  • Jika lubang berukuran besar lebih dari 5 dan 10 inci

Apabila lubang pada kusen kayu berukuran besar maka Anda bisa menciptakan sebuah adonan khusus. Adonan ini perlu menggunakan serbuk kayu yang memiliki warna kayu sama seperti kusen kayu. Hanya saja Anda perlu menyaring serbuk kayu yang benar-benar halus.

Ambil serbuk kayu kemudian campurkan dengan Biovarnish wood filler, pastikan Anda bisa menciptakan adonan yang bisa ditempelkan pada bagian kusen yang berlubang. Aduk sampai merata kemudian isilah bagian lubang kayu dengan adonan. Isilah sampai penuh. Apabila sudah kering, amplas permukaannya kemudian aplikasikan Biovarnish wood filler murni dengan pisau palet ke permukaan kusen jendela.

  • Jika lubang berukuran kecil di bawah 5 inci atau sampai 3 inci

Kusen kayu yang memiliki lubang kecil sekitar 5 inci biasanya disebabkan oleh paku. Paku yang memberikan lubang cukup dalam akan sulit mengisinya hanya dengan wood filler secara langsung. Anda juga sulit untuk mengisinya dengan wood filler yang sudah dicampur dengan serbuk kayu.

Cara memperbaikinya adalah dengan menciptakan dowel. Teknik dowel ini sama seperti ketika Anda akan menyambung antar siku dengan lem. Hanya saja di sini Anda akan menggunakannya untuk memperbaiki cacat kayu. Buatlah sebuah dowel yang bisa dimasukan ke dalam lubang cacat pada kusen jendela. Pastikan diwel bisa masuk dan rapat. Jika perlu pukul dengan palu untuk memasukan dowe hati-hati.

Jika semua lubang kayu sudah terisi dengan dowel, lanjutkan dengan aplikasi Biovarnish wood filler secara umum. Gunakan pisau palet dan ratakan wood filler secara merata, tunggu lapisan sudah kering kemudian amplas hingga merata.

Bagi Anda yang akan mendempul kusen jendela pastikan terlebih dahulu apakah jendela sudah benar-benar siap untuk di dempul. Kusen jendela yang siap untuk di dempul adalah tidak terlalu banyak kerusakan yang diakibatkan oleh rayap sehingga kusen menjadi lapuk. Kusen jendela juga harus diamplas terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan wood filler.

Proses pengamplasan diperlukan untuk membuka pori kayu sehingga tidak tersumbat oleh kotoran. Jangan lupa untuk membersihkan serbuk bekas pengamplasan pada permukaan kayu khususnya pada lubang kusen.

Cara Menyamakan Warna Wood Filler dengan Kusen

Satu hal lagi yang biasanya menjadi hambatan seseorang untuk mendempul. Pemilihan warna wood filler atau plamir kayu adalah hambatan terbesar karena tidak semua wood filler memiliki warna yang sama dengan kayu kusen di rumah. Lalu bagaimana cara untuk menyamakan warna kayu kusen dengan wood filler untuk mendapatkan hasil finishing yang merata?

Berikut ini cara menyamakan warna kayu kusen dengan wood filler:

  • Menggunakan serbuk kayu

Jika serbuk kayu digunakan untuk menambal bagian kusen yang berlubang, maka serbuk kayu juga digunakan untuk menyamakan warna kayu. Serbuk kayu yang sangat halus akan menyamakan warna wood filler dengan warna kayu. Hanya saja Anda harus memilih warna wood filler yang hampir mirip dengan warna kusen kayu.

  • Menggunakan wood stain

Anda juga bisa menggunakan wood stain untuk mendapatkan warna kayu yang sama. Wood stain diaplikasikan setelah aplikasi wood filler. Jika banyak bagian kayu kusen yang ditambal maka menyamakan warna kayu menjadi penting untuk menghindari hasil finishing yang belang. Wood stain bisa dicampurkan sedikit pada wood filler sebagai pewarna.

Tentu saja warna dari wood stain yang digunakan pada wood filler juga harus sama dengan warna wood stain yang akan diaplikasikan. Campurkan beberapa tetes wood stain dan aduk secara merata ke seluruh wood filler. Baru setelah itu diaplikasikan ke seluruh permukaan kusen.

Pastikan Anda telah memilih salah satu dari empat warna yang tersedia dalam Biovarnish wood filler yaitu warna jati, mahogany, ramin dan juga sungkai.

Untuk mendapatkan informasi lebih detail mengenai produk Biovarnish, silahkan menghubungi kontak berikut via WhatsApp 0822 1935 7640 atau 0822 1935 7399 , atau invite BBM D69F36B.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.