Terlengkap! 10 Merk Dempul Kayu Di Indonesia

Dalam memilih dempul kayu ada kualitas dan harga yang perlu dipertimbangkan. Bagi Anda yang akan membeli dempul cermati macam-macam dempul dibawah ini.

Proses mengolah kayu menjadi sebuah furniture yang memiliki nilai estetika tinggi, ada banyak langkah yang atau tahapan yang harus dilakukan. Untuk menghasilkan finishing close pore atau pori-pori tertutup Anda membutuhkan dempul kayu. Finishing close pore system ada dua macam dempul yang bisa digunakan yaitu dempul yang akan menghasilkan warna natural transparan dan dempul yang menghasilkan warna solid.

Dempul untuk hasil warna natural transparan akan memperlihatkan serat kayu serta menutup pori-pori atau cacat tekstur pada kayu dengan baik. Pilihan warna dempul kayu transparan ini adalah warna-warna kayu seperti jati atau mahoni. Dempul kayu warna natural transparan sering disebut dengan wood filler. Dempul untuk hasil warna solid akan menutup warna kayu aslinya menjadi warna yang berbeda, pilihan dempul ini adalah warna abu-abu atau putih. Dempul ini disebut dengan wood putty.

Ketika Anda memilih kedua dempul tersebut jangan sampai salah karena ketika Anda menginginkan hasil warna natural transparan tetapi menggunakan wood putty maka serat kayu tentu akan terututup dan Anda harus mengaplikasikan cat kayu warna solid, begitu pula sebaliknya. Di pasaran banyak sekali macam-macam merk dempul kayu yang dijual dan berbagai kelas harga. Untuk membantu Anda memilih kualitas dempul dan juga memperkirakan harganya Anda bisa mendapatkannya dalam artikel ini.

Macam-Macam Dempul Kayu Di Pasaran

  1. Biovarnish Wood Filler
Biovarnish-wood-filler

Produk ini diproduksi oleh Bio Industries dengan bahan dasar air yang aman dan ramah lingkungan. Untuk kualitas produk ini termasuk kelas premium dengan kisaran harga hanya Rp. 26.000,- per kalengnya. Pilihan warna dari Biovarnish Wood Filler adalah warna jati dan mahoni. Cara aplikasinya sangat mudah Anda bisa mengisi lubang pada kayu dengan pisau pallet sedangkan untuk permukaan kayu yang datar, Anda bisa mencampurkan Biovarnish Wood Filler dengan sedikit air kemudian aplikasi dengan kain katun kering dan bersih sambil ditekan.

  1. BioColours Wood Putty
BioColours_Wood_Putty

Masih produk keluaran dari Bio Industries, BioColours Wood Putty adalah dempul kayu berbahan dasar air. Cara aplikasinya sama dengan Biovarnish Wood Filler. Untuk masalah harga dijual dengan harga Rp. 26.000,- per kalengnya. Pilihan warna yang tersedia adalah putih dan abu-abu.

  1. Aqua Wood Filler

Produk ini keluaran dari Propan, bahan dasar dempul ini adalah air. Untuk aplikasiknya pertama aduk Aqua Wood Filler kemudian isi bagian kayu berlubang dengan kape atau pisau pallet.  Lama kering dempul sebelum pengamplasan adalah 45-60 menit. Untuk harga dari Aqua Wood Filler ini adalah Rp. 25.000,- per kalengnya.

  1. Impra Wood Filler
Impra-wood-filler

Salah satu dempul ini juga keluaran dari Propan hanya saja bahan dasar pembuatnya adalah Nitrocellulose. Tentu saja Anda membutuhkan bahan pelarut solvent yaitu thinner untuk mengencerkan dempul ini. Kelebihan impra wood filler adalah mampu menyerap warna wood stain secara merata. Hanya saja bahan pelarut dan bahan pembuatnya bukanlah produk yang aman dan ramah lingkungan. Untuk harga Impra Wood filler ini berkisar Rp. 26.000,- per kalengnya.

  1. Mowillex Wood Filler
Mowilex Woodstain

Dempul kayu ini terbuat dari acrylic emulsion dengan pilihan warna jati dan kamper. Proses aplikasinya tidak jauh berbeda dengan dempul pada umumnya bisa menggunakan pisau pallet untuk bagian yang berlubang dan bisa menggunakan teknik bal untuk bagian yang datar. Harga Mowilex Wood Filler per kalengnya berkisar Rp. 32.500,-.

  1. Belazo Wood Filler
Belazo Wood Filler

Dempul kayu ini menggunakan water based formula yang bebas racun dan bau untuk proses aplikasinya. Sayangnya produk ini hanya bisa digunakan untuk furniture indoor saja karena tidak tahan terhadap panas matahari terus menerus. Proses aplikasinya menggunakan kape dan memiliki daya sebar 10m2/kg. Harga Belazo Wood Filler ini terbilang mahal yaitu Rp. 40.000,-.

  1. Milan Wood Filler
Milan Woodfiller

Produk Milan Wood Filler terbuat dari alkyd resin, berbeda dengan produk dempul water based yang lainnya. Tersedia dalam warna ramin, jati, sungkai, kamper. Cara aplikasinya menggunakan pisau pallet. Untuk harga sekitar Rp. 26.000,- per kalengnya.

  1. SanPolac
SanPolac

SanPolac adalah jenis wood putty dengan cara aplikasi yang harus dicampur dengan hardener (resin). Karakternya cepat keras dan kering sehingga untuk mewujudkan permukaan halus dan rata agak sulit. Untuk harga SanPolac per kalengnya adalah Rp. 35.000,-

  1. Isamu

Produk Isamu tidak jauh berbeda dengan SanPolac hanya aplikasinya lebih mudah yaitu tanpa harus dicampur dengan resin. Hasilnya pun lebih halus dibandingkan dengan Sanpolac. Untuk harga satu kaleng Isamua dalah Rp. 50.000,-.

  1. RJ Wall Putty
RJ Wall Putty

Dempul ini selain untuk kayu juga bisa digunakan untuk dinding atau atap. Dengan bahan Acrylic Copolymer Emulsion Putty, dempul kayu ini dapat digunakan untuk furniture interior atau eksterior. Proses aplikasinya sama dengan dempul pada umunya yaitu dengan pisau pallet. Untuk harga per kalengnya dengan ukuran 1 kg adalah Rp. 18.000,-.

Cara Memilih Dempul Kayu Yang Tepat

Jika Anda sudah mengetahui macam merk dempul kayu yang ada di Indonesia, maka Anda harus memilih produk yang berkualitas. Tidak semua merk tersebut berkualitas karena dari sekian merk Anda harus memilih dempul berkualitas dengan harga yang cocok di kantong. Dilihat dari bahannya saja sangat berbeda ada yang terbuat dari water based dan ada juga yang terbuat dari solvent. Kedua bahan tersebut juga akan membedakan mana produk yang ramah lingkungan dan mana yang berbahaya bagi kesehatan.

Berikut ini tips dalam memilih dempul kayu yang berkualitas.

  • Pilih dempul sesuai dengan hasil yang diinginkan. Gunakan wood filler untuk hasil akhir warna natural dan gunakan wood putty untuk hasil warna solid.
  • Pilih dempul dengan daya tarik yang panjang. Ketika dempul diaplikasikan memiliki daya tarik yang bagus dan tidak retak tandanya dempul tersebut mampu mengisi pori-pori kayu dengan baik.
  • Cermati bau yang keluar dari dempul, dempul juga bsia mengandung formalin, ketika Anda menemukan bau yang menyengat maka dempul tersebut mengandung formalin yang cukup tinggi. Pilih dempul kayu yang tidak mengeluarkan bau menyengat.
  • Dempul kayu yang cepat kering akan mempermudah pekerjaan Anda. Pilih dempul yang memiliki kecepatan kering tinggi dan tidak tergantung panas matahari.
  • Ringan diamplas. Tidak semua dempul mudah diamplas ada yang lengket bahkan peeling. Ketika dempul berat diamplas maka dempul tersebut tidak kering sempurna dan tidak mengisi pori-pori dengan baik. Ketika dempul tersebut peeling maka dempul tersebut tidak memiliki daya rekat baik sehingga Anda akan boros.

Dengan artikel produk dempul terlengkap yang ada di Indonesia serta cara memilih dempul berkualitas, diharapkan Anda dapat memilih jenis dempul yang berkualitas baik untuk konsumsi sendiri atau untuk dunia perindustrian.

Artikel "Info News"

About Us

Catkayu.com merupakan web official untuk produk Biovarnish, bahan finishing kayu water based yang aman dan ramah lingkungan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft.

WA: 082219357399

©2015 - 2019 CatKayu.com - All Right Reserved.