Kusen Pintu Jendela Mulai Keropos? Ini Cara Mendempul Kayu yang Tepat

Sering bermasalah dengan kusen kayu keropos? Anda harus melakukan cara mendempul kusen kayu yang benar untuk menutup keropos agar tidak semakin menyebar.

Kayu kusen di rumah Anda keropos? Hal ini sering terjadi ketika material kayu untuk kusen yang digunakan tidak berkualitas baik. Biasanya banyak ditemukan pada perumahan karena proses pembangunannya massal sehingga agar developer cepat menyelesaiakan dan meraup keuntungan jenis material yang digunakan berharga murah. Seperti pada kusen yang seharusnya menggunakan kayu bengkirai diganti dengan jenis kayu lunak seperti kayu pinus atau kayu meranti.

Jenis kayu ini memang bisa dikatakan tidak terlalu baik untuk kusen karena tidak tahan panas dan hujan atau kelembapan, mudah diserang rayap dan juga serangga perusak kayu lainnya, kayu juga cepat berbuah bentuk baik memuai dan mengecil. Ini akan membuat Anda susah menutup pintu atau jendela.

Jika kusen sudah terlihat mulai keropos maka Anda harus segera memperbaikinya dengan dempul kayu atau dengan cara yang lainnya bisa dengan serbuk kayu yang dicampur dengan lem. Saat ini cara mendempul kusen kayu adalah cara yang paling mudah karena Anda tinggal membeli produk dempul yang sudah jadi dan mengaplikasikannya pada kusen kayu yang keropos.

Cara Mendempul Kusen Kayu

Jangan sampai Anda terlambat untuk mendempul pada kusen kayu kayu jumlah keropos yang dihasilkan sudah sangat banyak. Maka Anda tentu harus mengganti kusen dengan kusen kayu yang baru. Anda bisa memperhatikan kusen kayu apakah keropos berada di dalam atau tidak karena bisa saja kusen terlihat baik-baik saja tetapi ternyata di dalam sudah digerogoti oleh rayap.

Biasanya, terdapat serbuk kayu yang berjatuhan di sekitar kusen kayu, serbuk tersebut membuktikan bahwa kusen rumah Anda sudah mulai keropos. Maka segera persiapkan dempul untuk mengisi bagian keropos pada kusen kayu.

Pilih Dempul Yang Mana?

Saat ingin mendempul kusen kayu, anda perlu menentukan jenis dempul kayu apa yang akan  digunakan. Ada dua jenis dempul yang bisa Anda pilih tergantung dengan hasil warna yang anda inginkan. Anda dapat menggunakan Wood Filler dan Wood Putty. Bedanya jika Anda menggunakan Wood Filler maka Anda akan mendapatkan hasil warna natural transparan. Sedangkan jika menggunakan Wood Putty maka Anda akan mendapatkan warna solid atau warna yang menutup warna asli kayu.

Dempul Wood Putty

 

Wood Putty sering disebut dengan plamir kayu dengan daya tutup warna yang bagus. Kedua jenis dempul kayu tersebut memiliki fungsi yang sama yaitu untuk memperbaiki cacat tekstur pada kayu dalam hal ini kusen baik itu karena cacat bawaan (alami) dan juga karena adanya pengeroposan ketika kayu telah digunakan.  Ada satu fungsi lagi yang paling penting yaitu untuk menutup pori-pori kayu.

Mengapa pori-pori kayu perlu ditutup atau di isi dengan filler? Ketika pori-pori tidak ditutup maka kayu akan menyerap kelembapan udara. Anda sudah pasti tahu bahwa pohon berfungsi untuk menyimpan air hujan terutama pada bagian akar. Fungsi ini akan tetap bekerja walaupun sudah berbentuk kayu olahan.

Dempul Kayu Wood Filler

Setelah mengetahui fungsi dari dempul kayu maka saatnya Anda memilih jenis dempul kayu. Wood filler yang akan memberikan hasil warna natural ini memiliki lapisan yang lebih tipis dibandingkan dengan wood putty karena fungsinya yang tidak menutup warna kayu. Pilihan warna wood filler sendiri biasanya seperti warna kayu yaitu jati, warna mahoni, dll.

Sedangkan jika wood putty akan menutup warna kayu sehingga lapisannya cukup tebal dengan pilihan warna seperti putih atau abu-abu. Untuk cara mendempul kusen kayu baik itu dengan wood filler atau wood putty bisa menggunakan pisau scrape. Anda bisa memilih tergantung kebutuhan, jika hanya untuk menutup pori-pori bisa menggunakan kain tetapi jika untuk mengisi kusen yang keropos gunakan pisau scrape.

Cara Mendempul Kusen Kayu yang Baik dan Mudah

Saatnya Anda beralih pada cara mendempul kusen kayu yang baik dan mudah. Pada bagian ini akan dijabarkan dengan menggunakna wood filler water based. Mengapa water based? Karena produk water based baik dalam arti kata tidak berbahaya, aman dan ramah lingkungan.  Sedangkan untuk cara-cara aplikasinya bisa mengikuti langkah-langah berikut ini:

  1. Bersihkan kusen yang keropos menggunakan kuas, jika terdapat lapisan coating yang lama maka amplas terlebih dahulu hingga lapisan hilang dengan kertas amplas no. 180. Lapisan coating yang lama akan mengganggu penetrasi wood filler ke dalam proi-pori kayu. Ciri lapisan coating sudah hilang adalah serat kayu sudah mulai terlihat.
  2. Gunakan BioCide Insecticide untuk memberikan perlindungan kusen dari serangga. BioCide Insecticide akan melindungi kayu dari dalam.
  3. Aplikasikan Wood Filler dengan pisau scrape. Isi bagian keropos hingga terpenuhi dengan dempul. Ketika mengaplikasikan tekan dempul agar benar-benar mengisi dan masuk ke dalam pori-pori kayu. Aplikasikan juga ke seluruh permukaan kusen yang tidak keropos tipis-tipis saja. Untuk bagian yang masih datar Anda bisa mencampurkan wood filler dengan sedikti air kemudian diusap sambil ditekan ke seluruh permukaan kusen.
  4. Tunggu wood filler hingga kering sekitar 20 menit. Lalu amplas permukaan kusen dengan kertas amplas no. 240. Perhatikan permukaan kayu, jika sudah terlihat serta kayu maka dempul sudah masuk. Perhatikan dempul yang mengisi bagian kayu keropos. Jika masih belum terisi benar aplikasikan lagi wood filler dengan pisau scrape.
  5. Jika sudah kering sudah diamplas, kusen kayu siap untuk di finishing dengan wood stain.

Produk Dempul yang Sering Digunakan untuk Memperbaiki Kusen Kayu

Mengingat pentingnya dempul untuk memperbaiki kusen kayu yang keropos, Anda tidak bisa memilihnya dengan sembarangan. Untuk produk dempul water based yang lebih aman dan ramah lingkungan Anda bisa memilih Biovarnish Wood Filler.

Sebagai produk dempul, Biovarnish Wood Filler juga dilengkapi dengan anti jamur dan anti bakteri, sehingga tidak hanya perlindungan dari dalam dengan BioCide Insecticide saja tetapi perlindungan dari luar juga diterapkan. Sehinga Anda akan mendapatkan double protection untuk kusen lebih tahan lama. Kecepatan kering dari Biovarnish Wood Filler ini sudah tidak diragukan lagi karena akan menghemat waktu Anda mengerjakan pendempulan.

Kemudahan cara mendempul kusen kayu dengan Biovarnish ini terbantu oleh kemudahan untuk diamplas. Jika Anda sering menemukan dempul yang yang sulit diamplas karena keras berbeda dengan Biovarnish Wood Filler. Kemudahan pengamplasan ini juga tidak mengakibatkan keborosan  baik itu seperti peeling karena daya rekat untuk mengisi pori-pori kayu sangat baik.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Featured"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 Cat Kayu - by DH

CAT KAYU