Apakah Jenis Cat Kayu Terbaik Untuk Kusen? Berikut Penjelasannya

Jenis cat kayu terbaik untuk kusen harus dipikirkan sejak dini, agar Anda tidak perlu melakukan recoating dalam jangka waktu pendek.

Ketahanan sebuah produk pelapis cat ditentukan oleh formula yang diciptakan dan bahan kimia yang digunakan. Terutama jika diaplikasikan pada furniture kusen. Penampilan kusen yang menarik, perlindungan kusen yang baik itulah peranan cat kayu yang harus Anda pahami sebelum membeli.

Ada berbagai macam jenis kusen seperti kusen logam, kusen kayu dan juga kusen kaca. Dari ketiga jenis kusen ini, kusen kayu yang paling banyak digunakan. Melihat pernana kayu yang sangat baik seperti memeiliki penampilan serat yang berbeda dari setipa jenisnya, kayu yang memiliki kekuatan untuk memuai dan juga mengecil sesuai dengan cuaca bahkan material kayu sangat mudah dibentuk.

Ada banyak jenis kayu yang baik digunakan sebagai material kusen antara lain kayu jati, kayu merbau, kayu mahoni, kayu bengkirai, kayu kelapa, dll. Jika Anda melihat di pasaran harga kusen pun bervariasi tergantung dnegan jenis kayu tentu saja semakin mahal harga kayu semakin baik kualitasnya.

Seperti kusen kayu jati untuk pintu berukuran 6 X 12 saat ini dibandrol dengan harga Rp. 1.200.000,-. Anda tidak mungkin hanya membeli satu atau dua kusen saja untuk satu rumah bukan? Akan tetapi bukan berarti kusen berharga murah tidak bisa diberikan tampilan dan kualitas sepeti kusen mahal. Dengan cat kayu terbaik untuk kusen, jenis kusen dnegan harga yang cukup murah pun bisa diberikan penampilan dan kualitas yang baik.

Perawatan Kusen dengan Cat

Cat Kayu Terbaik Untuk Kusen

Suatu hunian tidak lengkap jika tidak terdapat kusen. Pintu akan sulit dipasang atau Anda harus memilih pintu kaca yang berharga sangat mahal. Jendela pun tidak akan terpasang dengan baik. Untuk itu Anda harus memilih kusen minimal yang terbuat dari kayu.

Lalu apakah peranan kusen pada suatu hunian sendiri harus dijaga dengan baik? Tentu saja jika Anda tidak melakukan perlindungan pada kusen maka akan banyak resiko yang didapatkan seperti cepat rusak. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan dalam perawatan kusen.

  1. Hal utama adalah cara pemasangan, ketika kusen tidak dipasang oleh orang yang ahli tentu saja akan berakibat panjang. Anda bisa meminta seroang ahli untuk memasang kusen agar tidak miring, agar pintu atau jendela bisa ditutup dan juga kusen menyatu dengan rumah dengan baik.
  2. Penampilan, Anda harus mempertimbangkan penampilan dari kusen, tentu saja harus memiliki keharmonisan dengan gaya yang Anda pilih ketika menciptakan sebuah rumah. Penampilan dari kusen kayu akan menarik jika Anda menggunakan pernis kayu yang memperlihatkan serat kayu.Terlebih jika kusen Anda menggunakan kayu yang mahal seperti kayu jati atau kayu merbau.
  3. Perlindungan, salah satu perwatan adalah memberikan lapisan perlindungan, yang bisa Anda lakukan adalah memilih cat kayu terbaik untuk kusen yang akan melindungi kusen dari perubahan cuaca, melindungi kusen dari rayap, melindugi kusen agar tidak cepat lapuk, dll. Hal ini bisa dilakukan jika Anda melakukan finishing yang berfungsi memberikan lapisan perlindungan dari luar.

Produk Cat Kayu Terbaik untuk Kusen

Melengkapi perawatan dari kusen di atas maka saatnya Anda memilih cat terbaik baik itu cat pintu kayu atau cat untuk kusen kayu yang direkomendasikan. Rekomendasi ini akan sangat penting agar Anda lebih selektif dan mengetahui cat kayu seperti apakah yang bagus untuk kusen yang dapat memberikan penampilan sekaligus perlindungan. Terdapat produk cat kayu dengan merk Biovarnish.

Produk finishing ini memang dibuat dengan formula khusus yaitu water based sehingga Anda akan memberikan perlindungan yang terbaik bagi kusen dan juga kesehatan Anda. Kebanyakan Anda menemukan cat solvent yang berbau menyengat dan menimbulkan penyakit seperti batuk, pusing, sesak napas, dll maka hindarilah sejak sekarang, dengan cat kayu Biovarnish yang aman karena bahan pelarutnya juga air dengan tidak banyak kandungan kimia berbahaya.  Wujudkan cat kayu terbaik untuk kusen Anda sejak dini agar lebih tahan lama dan aman dengan Biovarnish.

Apakah kelebihan cat kayu water based Biovarnish untuk finishing kusen? Selain keamanan banyak sekali kemudahan yang akan didapatkan khususnya para DIY dalam finishing kusen.

Berikut ini beberapa kemudahan yang didapatkan jika menggunakan cat kayu Biovarnish :

√ Kuas

Kebanyakan orang menghindari untuk finishing kusen adalah alat aplikasi yang tidak memadai. Kini tidak lagi bingung soal alat, Anda bisa menggunakan kuas untuk pengecatan kusen kayu di rumah.

Proses aplikasi kuas tentu tidak memberatkan bagi pemula sehingga dapat digunakan oleh ibu rumah tangga sekaligus. Kuas yang digunakan adalah kuas busa atau kuas nilon yang akan memberikan hasil finishing maksimal.

√ Kecepatan Kering

Cuaca lembab membuat proses pengeringan cat menjadi lama, padahal Anda keburu untuk menutup jendela dan pintu. Akhirnya cat pada kusen yang belum kering menjadi rusak.

Jika menggunakan cat kayu water based Anda tidak perlu khawatir soal cat yang masih basah. Proses pengeringan cat hanya membutuhkan waktu selama 60 menit saja sehingga tidak perlu takut dengan cacat finishing.

√ Banyak Pilihan Warna

Sebagai cat kayu warna natural, Anda bisa memilih berbagai warna. Cat kayu Biovarnish menyediakan sekitar 20 warna natural yang bisa Anda pilih sesuai dengan gaya kusen di rumah saat ini. Tentu saja warna yang bisa Anda pilih akan bertahan lama tanpa menimbulkan efek menguning.

Pemilihan warna ini terdapat pada wood filler Biovarnish yang terdiri dari 4 warna dasar kayu seperti jati, sungkai, ramin dan mahoni. Sedangkan pada Biovarnish wood stain Anda bisa memilih 20 warna natural.

Sebagai lapisan akhir, Anda bisa memilih Biovarnish clear coat dengan dua pilihan tampilan. Tampilan mengkilap dengan glossy atau tampilan natural dengan matte.

√ Penguasan Ringan Bebas Brush Mark

Kehalusan finishing kusen akan memberikan tampilan yang rapi. Jika Anda ingin mendapatkan hasil tersebut maka serahkan pada cat kayu Biovarnish. Finishing kayu Biovarnish tidak akan meninggalkan brush mark karena sapuan kuas yang sangat ringan.

Penguasan yang ringan akan Anda dapatkan apabila pelarutan bahan sesuai dengan takarannya. Pada Biovarnish wood stain dan juga clear coat Anda bisa menggunakan perbandingan 2 bahan cat and 1 air. Anda bisa melarutkannya dalam gelas plastik sebelum proses aplikasi.

√ Ketahanan yang Tinggi

Cat kayu Biovarnish bukanlah cat indoor saja namun juga bisa digunakan sebagai cat kayu outdoor seperti pada kusen. Permasalahan warna cat kayu yang luntur atau memudar seringkali mengganggu pemilik rumah.

Namun kini tidak lagi karena cat kayu water based akan memberikan perlindungan dari panas dan kelembaban lebih baik lagi. Tidak perlu khawatir dengan hasil warna yang memudar bahkan cat ini bisa tahan sekitar 3 tahun lebih pada kusen jendela.

Dilihat dari warna transparannya yang bertahan lama dan tidak mudah menguning maka cat kayu water based ini tidak mengandung formalin yang tinggi. Anda bisa percaya dan mengetahui bahwa cat ini ternyata lebih baik dibandingkan cat solvent.

Panduan Mengecat Kusen Kayu dengan Cat Biovarnish

Memilih Biovarnish untuk finishing kusen kayu di rumah adalah langkah tepat, tapi belum sempurna jika Anda tidak tahu cara mengaplikasikannya dengan tepat. Bermodalkan kuas, air dan amplas kegiatan finishing akan lebih mudah. Anda cukup meluangkan waktu untuk proses finishingnya. 

Ada tiga produk yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu yaitu Biovarnish wood stain, wood filler dan juga clear coat. Khusus clear coat kusen Anda harus memilih yang memberikan tampilan gloss. Tujuannya supaya lebih tahan terhadap goresan. 

Ada empat tahapan yang bisa Anda lakukan saat mengecat kusen dengan Biovarnish. Keempat tahapan ini adalah sebagai berikut:

Langkah 1. Persiapan substrat kayu kusen jendela dan pintu

Apapun finishingnya persiapan menjadi hal yang paling penting dalam finishing. Persiapan yang pertama adalah substrat kayu di mana masih banyak kotoran berupa debu atau minyak yang masih menempel. 

Apalagi jika Anda memasang kusen baru, maka kotoran seperti semen pasti masih ada.Hilangkan semua kotoran tersebut dengan menggunakan scrape. Hilangkan semen yang mengeras serta minyak atau kotoran lain.

Kemudian amplas permukaan kusen dengan amplas 180 dan beralih ke amplas 220. Setelah itu lap seluruh permukaan kusen dengan kain katun yang sudah dibasahi atau kain microfiber. 

Langkah 2. Memperbaiki kerusakan kayu

Pada tahapan persiapan kedua sebelum akhirnya mengaplikasikan coating Anda harus memperbaiki beberapa kerusakan kayu dan menutup pori. Tujuannya supaya permukaan kayu rata dan pori tidak mudah menyerap kelembaban. 

Untuk mengatasi hal ini Anda bisa menggunakan Biovarnish wood filler. Jangan lupa untuk memilih warna filler sesuai hasil akhir warna kusen yang diinginkan. Cara mengaplikasikannya cukup mudah, tambahkan filler dengan sedikit air. 

Aduk filler kemudian aplikasikan pada permukaan kusen dengan kain kering. Ratakan ke seluruh permukaan searah serat kayu. Tunggu filler kering selama 20 menit baru lanjutkan dengan pengamplasan. Amplas permukaan kusen dengan amplas 240. 

Langkah 3. Memberikan warna pada kusen

Saatnya memberikan warna, tips dalam memilih warna adalah pilih yang satu tingkat lebih gelap dari warna kayu aslinya. Dengan begitu hasil warna akan lebih tajam. Pada tahapan ketiga ini Anda membutuhkan produk Biovarnish wood stain. 

Langkah pertama, campurkan wood stain dengan air di wadah yang berbeda. Tidak perlu langsung semua, sesuaikan dengan ukuran kusen. Perbandingan stain dan air adalah 2:1 kemudian aduk hingga merata. Jangan lupa gunakan kuas bulu nilon yang baru.

Proses menguas harus ringan dan searah serat kayu. Anda perlu menguaskannya dalam satu kali tarikan panjang agar warna merata serta bebas brush mark. Usahakan agar tidak menyapukan kuas bolak balik. 

Baru tunggu stain mengering selama kurang lebih 60 menit, Anda bisa mengecek dengan menekankan ibu jari untuk tahu tingkat keringnya. Jika sudah kering, cukup amplas ambang permukaan kusen. Ulangi aplikasi jika warna dirasa kurang gelap. 

Langkah 4. Memberikan lapisan pernis

Pada lapisan terakhir ini Anda perlu peranan dari Biovarnish clear coat gloss yang merupakan pernis water based. Proses aplikasinya pun kurang lebih sama dengan wood stain. Pertama, larutkan clear coat dengan air dan perbandingannya 2:1. 

Cara menguaskannya sama persis, searah serat kayu dan jangan lupa gunakan kuas bulu nilon yang bersih. Khusus aplikasi pernis Anda cukup menggunakannya sekali saja dan mendiamkannya selama 24 jam. Pernis akan mengering dengan sendirinya. 

Dimanakah Anda bisa Mendapatkan Produk Cat Kayu Terbaik Ini?

Jika anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, silahkan hubungi HotLine kami disini : HotLine Bio. Atau melaui e-mail di [email protected]

Anda dapat membeli seluruh varian produk dari Bioindustries secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bioindustries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55162
Phone / fax: 0274 388301
Hp / WhatsApp: Klik Disini
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417
Phone: 0291 598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154
Phone: 0231 320759
e-mail: [email protected]

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.