Cat Kayu Terbaik yang Harus Digunakan untuk Furniture Indoor

Temukan jenis cat kayu terbaik yang perlu anda gunakan untuk mengecat berbagai jenis furniture dan dekorasi indoor di rumah anda. Apa saja keuntungan dan kelemahan mereka? Apakah jenis cat tersebut hanya dapat digunakan pada permukaan tertentu?

Pada artikel ini akan dijelaskan perbedaan berbagai jenis cat interior untuk proses finishing. Bagaimana struktur cat yang harus digunakan untuk membentuk lapisan yang kuat? Apa jenis cat yang aman digunakan di dalam ruangan? Mari temukan jawabannya melalui artikel ini.

Mengenal Struktur Cat yang Sebaiknya Diaplikasikan

Untuk mendapatkan permukaan kayu atau besi yang halus dan merata, ada aplikasi struktur cat yang harus diingat. Bagaimana urutan proses aplikasinya? Berikut ini struktur lapisan cat yang harus menjadi pengetahuan dasar sebelum melakukan proses pengecatan:

  • Cat dasar kayu

Biovarnish wood filler

Lapisan pertama adalah cat dasar kayu, atau dikenal sebagai dempul. Terdapat 2 jenis, yaitu untuk hasil finishing natural dan solid color. Dempul dengan hasil natural dikenal sebagai wood filler, dibuat dengan ukuran butiran kecil yang mampu mengisi pori kayu dengan maksimal. Sedangkan untuk finishing warna solid memiliki ukuran butiran lebih besar karena fungsinya untuk menutup warna dan serat kayu bukan untuk mengisi pori kayu.

  • Sealer

Penggunaan sealer sama seperti cat dasar kayu, bisa untuk menghasilkan tampilan natural dan solid. Pada tampilan natural disebut sanding sealer, untuk tampilan solid disebut primer coat. Keduanya berfungsi memperkuat lapisan cat diatasnya dan dibawahnya. Sealer bisa diletakan diantara dempul dan wood stain atau cat warna. Bisa juga diaplikasikan antara top coat dan juga wood stain. Bahkan bisa langsung diaplikasikan di atas lapisan kayu.

  • Cat warna

Ketiga ada cat warna, untuk finishing natural kayu dapat menggunakan wood stain sedangkan finishing solid ada cat duco. Wood stain terdiri dari warna-warna yang mewakili warna kayu, berfungsi mengeluarkan serat kayu agar lebih jelas. Primer coat adalah warna solid dengan berbagai pilihan warna yang akan menutup warna kayu. Biasanya pemilihan warna ini dikarenakan kayu memiliki banyak cacat.

  • Top Coat

Lapisan akhir dari cat yang warnanya transparan untuk finishing natural dikenal sebagai pernis kayu. Top coat harus dipilih secara hati-hati karena akan memberikan ketahanan lebih lama khususnya untuk tampilan natural. Top coat sendiri memiliki berbagai pilihan tampilan yang disebut sebagai sheen level. Tampilan ini mulai dari high gloss, gloss, semi gloss, matte, death matte dan doff. Pemilihan top coat tergantung dengan konsep furniture yang diinginkan.

Cat Kayu yang Aman Digunakan untuk Indoor

Bagi Anda masih asing dengan jenis cat kayu yang aman untuk finishing furniture indoor, saat pemilihannya perhatikan beberapa ciri berikut ini:

  • Memiliki kandungan voc rendah

Voc atau yang dikenal sebagai volatile organic compound adalah logam berat yang sangat berbahaya untuk kesehatan manusia. Jika bahan tersebut masuk dalam tubuh manusia, akan mengendap dan menimbulkan masalah kesehatan di masa depan seperti masalah pada sistem saraf hingga kanker. Jumlah kandungan voc sangat dibatasi, kadar amannya di bawah 100gr/liter. Perhatikan jumlah kandungan ini dalam kemasan kaleng.

  • Cat tidak memiliki bau menyengat

Pastikan cat tidak memiliki bau menyengat dan beracun akibat formaldehida. Cat jenis ini akan berbahaya bagi kesehatan, anda bisa mengalami batuk, pusing hingga sesak napas ketika membuka kemasan cat pertama kali dan mencium aroma yang sangat keras. Bau tersebut akan keluar ketika cat mengalami proses pengeringan. Cat mungkin sudah keras dan furniture bisa digunakan, namun proses penguapan bahan pelarut belum selesai.

  • Menggunakan bahan pelarut air

Jenis bahan pelarut yang selama ini dikenal adalah thinner. Padahal thinner adalah solvent yang memiliki kandungan voc lebih tinggi dibandingkan cat itu sendiri. Ingatlah bahaya voc yang akan muncul di masa mendatang. Anda bisa menggunakan bahan pelarut yang lebih aman yaitu air. Saat ini Anda bisa menemukan cat kayu water based yang bahan pelarutnya adalah air. Jika ingin memilih cat interior untuk furniture, cat kayu water based adalah solusinya.

Bila berbicara masalah merek untuk furniture kayu, maka cat kayu Biovarnish adalah andalannya. Biovarnish dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan pengecatan furniture indoor bahkan outdoor.

Keunggulan-produk-Biovarnish

Cat kayu Biovarnish memiliki produk yang sesuai dengan struktur finishing untuk membentuk lapisan cat warna natural. Cat kayu water based ini memiliki kandungan voc yang sangat dibatasi yaitu di bawah 100 gram per liternya.

Cara Aplikasi Cat Kayu Water Based yang Benar untuk Furniture Indoor

Selain aman dan mudah digunakan Anda harus mengetahui bagaimana cara aplikasi yang benar untuk mendapatkan hasil finishing yang maksimal. Proses aplikasi yang mudah didukung dengan kecepatan kering yang tinggi. Berikut ini langkah aplikasi cat kayu Biovarnish menggunakan pelarut air dan aplikator kuas:

  • Persiapan Furniture

Persiapan yang tepat akan membuat lapisan cat menjadi lebih halus dan merata maksimal menggunakan kertas amplas nomor 220. Kemudian bersihkan debu amplas dengan kain. Cobalah untuk meraba permukaan kayu, apakah kayu sudah halus. Jika belum Anda bisa melakukan pengamplasan ulang.

  • Aplikasi cat dasar kayu

Produk Biovarnish wood filler adalah cat dasar kayu yang bisa Anda gunakan, pilih warnanya sesuai hasil finishing yang diinginkan. Campurkan dengan sedikit air kemudian usapkan ke seluruh permukaan kayu. Diamkan agar lapisan mengering dan Anda bisa melanjutkan dengan pengamplasan. Amplas wood filler dengan amplas nomor 240 hingga warna dan juga serat kayu terlihat.

  • Aplikasikan cat warna

Khusus untuk Biovarnish, Anda bisa mengaplikasikan cat dengan cat warna terlebih dahulu. Berfungsi mempertahankan warna lebih lama. Campurkan Biovarnish liquid stain sesuai warna yang diinginkan dengan air hingga mendapatkan viskositas 11-12 detik NK2. Kuaskan cat searah serat kayu kemudian tunggu kering, lanjutkan dengan pengamplasan dengan amplas nomor 400.

  • Aplikasikan sealer

Selanjutnya gunakan Biovarnish sanding sealer, campurkan dengan air hingga mendapatkan viskositas yang sama seperti liquid stain. Jika kesulitan Anda bisa menggunakan perbandingan 2 bahan : 1 air. Kuaskan searah serat kayu dan tunggu hingga kering. Amplas ambang furniture kayu.

  • Aplikasikan top coat

Terakhir, Anda bisa menggunakan Biovarnish clear coat gloss atau matte. Kedua hasil memberikan hasil yang berbeda namun cara aplikasinya sama. Campurkan clear coat dengan air, aduk dan kuaskan ke seluruh permukaan furniture kayu searah serat. Lanjutkan dengan pengeringan selama semalaman.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Coating Schedule"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 Cat Kayu - by DH

CAT KAYU