Ini Kriteria Cat Kayu Terbaik yang Wajib Digunakan Pada Mainan Anak

Memilih cat mainan kayu harus menggunakan bahan terbaik, pastikan menggunakan cat kayu yang aman agar mainan anak tidak berbahaya untuk digunakan.

cat mainan kayu yang bagus

Mainan kayu merupakan salah satu mainan edukatif yang bisa merangsang tumbuh kembang anak. Selain itu mainan kayu juga bisa tingkatkan pertumbuhan motorik anak karena membuat mereka aktif bergerak. Namun disamping manfaatnya, sebaiknya anda perlu berhati-hati dalam memilih mainan kayu. Pemilihan mainan kayu yang warna warni tak akan lepas dari cat mainan kayu yang digunkan.

Hal ini yang perlu diperhatikan adalah penggunaan cat mainan kayu tersebut. Jangan sampai menggunakan cat mainan kayu  yang tidak aman untuk kesehatan anak. Cat mainan kayu yang bagus tidak hanya berwarna menarik, namun juga harus aman untuk kesehatan. Tentunya bebas dari bahan bahan kimia berbahaya yang biasanya ditemui pada cat konvensional. Cat yang mengandung kadar timbal dan merkuri yang tinggi tentu tidak baik untuk kesehatan anak. Oleh karena itu pastikan menggunakan mainan kayu dengan cat yang bagus dan aman untuk kesehatan anak.

Kriteria Cat Mainan Kayu Yang Bagus

>> Hasil finishing cat tidak terlalu mengkilap

Mainan kayu yang menggunakan cat warna warni memang terlihat lebih menarik. Apalagi jika menggunakan cat  yang ramah lingkungan. Cat yang di gunakan untuk mainan kayu anak harus aman, karena mainan kayu tersebut akan bersentuhan langsung dengan anak anak. Untuk mengetahui apakah cat tersebut aman atau tidak biasanya dilihat dari tingkat glossynya. Cat mainan kayu yang aman umumnya tidak terlalu mengkilap karena kandungan solvent dan timbalnya rendah. Kandungan timbal yang tinggi umumnya digunakan untuk menaikan kecerahan warna cat. Selain itu untuk cat berpelarut thinner juga banyak ditemukan pada cat yang berwarna kuning, orange dan merah.

>> Daya rekat cat kuat tidak mudah mengelupas

cat mainan kayu yang bagus

Cat mainan kayu yang bagus tentunya tidak mudah mengelupas atau retak lapisan catnya. Mainan kayu yang sering digunakan oleh anak anak tentu akan membuat lapisan catnya mudah mengelupas. Namun jika anda menggunakan cat yang bagus tentu hal ini tidak akan menjadi masalah.

>> Aman untuk anak anak

Jaminan keamanan untuk anak anak ini wajib diperhatikan. Mainan kayu yang menggunakan cat dengan kandungan timbal ataupun senyawa kimia berbahaya lainya bisa mengganggu pertumbuhan dan kesehatan anak. Potensi pertumbuhan mental yang terhambat juga bisa disebabkan karena salah memberikan mainan anak yang menggunakan cat tidak aman

>> Praktis dan mudah diaplikasikan

Cat mainan kayu yang bagus mudah dalam aplikasinya. Cat dengan pelarut air lebih mudah aplikasinya karena lebih fleksibel bisa di gunakan untuk berbagai macam metode. Bisa disemprot, dikuas bahkan bisa dicelupkan. Untuk mainan kayu yang bentuknya potongan kecil atau puzzle tentunya paling baik adalah cat dengan aplikasi dicelup.

Cat Mainan yang Bagus untuk Anak-Anak

Bagi anak-anak mainan yang berwarna sangat menarik, namun bukan berarti mainan yang berwarna natural tidak laris dipasaran. Ada keuntungan yang didapatkan ketika menggunakan mainan warna natural yaitu meningkatkan kenyamanan anak.

Pada saat bermain dengan mainan yang berwarna natural, anak akan cenderung untuk berkonsentrasi lebih baik. Jika Anda memilihkan mainan yang disusun atau mainan yang dibongkar pasang kayu juga merupakan bahan yang aman. Berbicara masalah cat untuk mainan anak, sudah tahukah Anda bahwa produk cat yang aman harus digunakan pada mainan?

Jika sebelumnya sudah dijelaskan bagaimana cat mainan anak yang bagus, sekarang saatnya Anda mengetahui produk yang seharusnya digunakan. Cat kayu untuk anak adalah cat yang digunakan terbuat dari bahan water based. Bahan air tidak mengandung kimia seperti organik yang tinggi.

Cat water based untuk mainan anak justru banyak dicari dan digunakan oleh produsen mainan luar negeri. Jika  produsen mainan di Indonesia mencontoh mainan luar negeri maka keamanan untuk kesehatan anak akan sangat terjamin. Anda dapat menggunakan cat biovarnish water based yang aman dan ramah lingkungan untuk digunakan bagi mainan anak.

Cat Biovarnish untuk Mainan Aman

Produk cat kayu Biovarnish liquid stain tersedia dengan 20 pilihan warna. Hasil finishing natural dapat anda peroleh dengan melakukan finishing mainan anak menggunakan biovarnish. Menggunakan air sebagai bahan pelarutnya, produk ini tidak meninggalkan bau menyengat khas cat solvent berpelarut thinner. Anak pasti akan lebih nyaman bermain menggunakan jenis cat ini.

Orang tua dan juga pemilik usaha mainan anak tidak akan kecewa dengan hasilnya. Belum lagi lapisan akhir yang digunakan aman jika bersinggungan dengan makanan. Maka sangat disarankan juga untuk mainan anak. Mengapa keamanan sangat terjamin jika menggunakan cat kayu Biovarnis? Jika dilihat dari kandungan yang ada di dalamnya, cat kayu Biovarnish bukanlah cat sembarangan. Kandungan di dalamnya adalah air dan juga bahan organik yang sangat dibatasi.

Kayu Cedar : Pengolahan hingga Cara Finishingnya yang Mudah

Pembuatannya mengikuti regulasi standar keamanan bahan kimia internasional dari ECHA dan US-EPA. Cat kayu Biovarnish tidak hanya aman, tapi hemat dan mudah diaplikasikan. Bagi para pengusaha mainan kayu anak-anak Anda bisa mendapatkan beberapa keuntungan sebagai berikut ini:

1. Kecepatan kering

Mengerjakan finishing mainan anak menggunakan biovarnish liquid stain sangat membantu anda menghemat waktu.  Biovarnish adalah cat water based yang proses keringnya hanya membutuhkan waktu sekitar 60 menit. Tidak hanya itu saja Anda tidak perlu menjemurnya dibawah panas matahari agar cat cepat mengering. Anda hanya perlu mengeringkannya di dalam ruangan dengan sirkulasi udara yang baik. Selanjutnya cat kayu akan mengering dengan sempurna dan memberikan hasil yang terbaik.

2. Warna yang tajam

Warna adalah salah satu daya tarik dari mainan kayu untuk anak. Biovarnish memiliki ketahanan warna yang baik hingga bertahan kurang lebih 3 tahun. Warna juga akan terjaga ketahanannya karena dirancang khusus agar tahan goresan, tahan panas dan tahan air serta tahan kelembaban. Tidak heran jika cat kayu Biovarnish juga banyak digunakan pada furniture.

3. Hasil finishing yang halus

Aplikasi cat semuanya fleksibel, dapat menggunakan kuas maupun menggunakan alat semprot. Ketika menggunakan alat semprot, para pengrajin akan dimudahkan karena cat memiliki larutan yang mudah menempel pada permukaan kayu. Asalkan cat dilarutkan dengan perbandingan yang tepat. Anda dapat menggunakan perbandingan 2:1 ataupun 1:1, sesuai dengan warna yang diinginkan.

4. Hemat

Apabila Anda perhatikan dari sisi budget, maka cat kayu Biovarnish termasuk hemat jika dibandingkan dengan bahan cat kayu yang lainnya. Cat ini memberikan hasil yang memuaskan tanpa memerlukan banyak budget. Hal ini  karena cat biovarnish hanya perlu menggunakan air sebagai bahan pelarutnya. Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli thinner sebagai bahan pelarut. Tentu saja harga air dan thinner jauh berbeda, hal ini juga yang akan membuat Anda lebih untung dalam finishing mainan kayu untuk anak.