Siapa Saja Pemanah Nasional Indonesia?

119
Siapa Saja Pemanah Nasional Indonesia?

Menjelang Asian Games 2018, olah raga panahan di Indonesia menjadi sangat terkenal bahkan digemari oleh banyak masyarakat mungkin termasuk Anda. Bahkan banyak sekali atlet Indonesia bersaing untuk mendapatkan kursi ikut dalam ajang Piala Dunia Panahan 2018. Bagi Anda yang menyukai dunia panahan pasti ingin tahu siapa saja atlet panahan Indonesia yang sudah banyak meraih medali emas dan siap untuk mengikuti turnamen berikutnya.

Nah banyak sekali atlet yang bisa saja menjadi idola Anda. Atlet ini tentu saja memiliki segudang prestasi yang bisa Anda ikuti. Berikut ini beberapa daftar nama atlet dan prestasi yang pernah diraihnya.

  1. Recurve Putri

Ada tiga wanita tangguh yang merupakan atlet panahan putri di Indonesia yaitu Diananda Choirunisa, Linda Lestari, dan Titik Wardhani. Mereka bertiga telah meraih p[erunggu di seri Piala Asia Panahan Piala Asia Panahan 2018 di Bangkok. Selain itu, mereka juga meraih medali perak di SEA Games 2017 Kuala Lumpur. Diharapkan ketiga atlet ini dapat mempertahankan performanya dalam turnamen selanjutnya.

  1. Recurve Putra

Dalam katagori atlet pemanah putra ada beberapa nama yang terkenal yaitu Riau Ega Agatha, Alek Edwar, dan Okka Bagus Subekti. Dari ketiga nama ini, Okka Bagus Subekti adalah atlet yang paling muda dengan umur 18 tahun namun sudah mengikuti Kejuaraan Dunia Panahan Junior 2017 di Argentina walaupun belum berhasil hingga ke Olimpiade Remaja 2018. Sedangkan Riau Ega Agatha yang berada di peringkat 34 dunia, akan menjadi andalan baik di nomor individual maupun beregu.

  1. Compound Putri
CS Biovarnish

Siapa Saja Pemanah Nasional Indonesia?Ada empat atlet yang menjadi kebanggan Indonesia di tim compound putri yaitu Triya Resky Andriani, Sri Ranti, Dellie Threesyadinda, dan Nina Bonita Yurike. Dalam tim ini adaula atlet yang paling muda yaitu Nina Yurike yang masih berumur 17 tahun. Di tahun 2018 inilah debut dimulainya karir atlet panahan.

  1. Compound Putra

Dalam regu compound putra, Indonesia memiliki empat atlet berbakat yaitu Yoke Rizaldi Akbar, Indra Prasetyo, Muhamad Rindarto, dan Prima Wisnu Wardhana. Atlet yang paling muda dalam regu ini adalah Yoke yang telah meraih medali perunggu Piala Asia Panahan 2018 di nomor beregu campuran.

Di atas adalah nama-nama dari atlet panahan muda dan berbakat yang terbaru 2018, Bahkan nama-nama tersebut siap bertanding dalam ajang Asian Games 2018 nanti di Jakarta Palembang. Nah bagaimana dengan Anda? Apakah Anda akan mengikuti jejak para atlet tersebut atau akan mempergunakan olah raga memanah sebagai hobi saja?

Jika Anda memiliki seorang anak, apakah Anda telah mengajarkan olah raga ini kepada meraka? Jika Anda ingin mengajarkan olah raga panahan kepada anak-anak tentunya tingkat keamanan harus sangat diperhatikan karena olah raga panahan menggunakan alat yang termasuk benda tajam.

Amankah Olah Raga Panahan untuk Anak?

Mengani amannya olah raga panahan diajarkan kepada anak-anak tentu harus sangat diperhatikan. Berpaa usia anak Anda ketika Anda mempoerkenalkan olah raga ini juga harus ditentukan. Bagaimana cara Anda mengajarkan untuk menggunakan peralatan panah juga harus diawasi terlelbih masalah penyimapanan dan juga masalah perawatan.

Olah raga panahan memang tidak mahal karena Anda cukup membeli peralatan panahan yang sederhana kemudian merawatanya dengan baik agar menjadi lebih tahan lama. Namun penyimpanan harus lebih diperhatikan. Apabila umur anak Anda belum cukup untuk mengetahui olah raga panahan maka penyimapanan alat harus aman.

Anak panah yang memiliki ujung tajam dapat mencelakai anak Anda yang mengira bahwa benda tersebut adalah mainan. Jangan sampai Anda teledor dalam menyimpan barang dan meletakannya sembarangan.

Nah kembali lagi pada masalah keamanan kegiatan memanah pada anak. Sebenarnya ada banyak sekali nilai positif yang diberikan oleh jenis olah raga ini. Namun Anda perlu mengingat jumlah umur anak yang tepat untuk mulai diajarkan bermain dan berlatih dengan alat memanah sungguhan.

Berikut ini ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan oleh anak ketika mulai belajar kegiatan olah raga memanah:

  1. Meningkatkan kesehatan fisik

Sekilas permainan menggunakan anak panah adalah olah raga stabil yang tidak menguras keringat. Jangan salah karena kegiatan memanah membutuhkan otot yang kuat dan juga terlatih. Maka pemanasan yang mengeluarkan keringat juga dibutuhkan untuk memulai aktivitas ini.

Ketika melakukan olah raga memanah maka akan meningkatkan kesehatan fisik untuk anak Anda. Keseimbangan tubuh dan juga koordinasi tubuh yang baik dibutuhkan antara otak dan juga tubuh. Adanya postur tubuh yanbg baik dengan koordinasi mata dan tangan dibutuhkan untuk melepaskan anak panah agar tepat pada sasaran.

  1. Mempertajam kemampuan sosial

Siapa bilang memanah akan membentuk kepribadian anak yang introvet? Justru sebaliknya dengan memanah anak Anda akan berlatih dalam kemampuan sosial mereka. Ketika melakukan kegiatan memanah maka anak akan berdiri bersebelahan dengan anak atau pemain lainnya sehingga akan meningkatkan ilmu berbagi dan berkembang.

Memanah membutuhkan komunitas di mana anak Anda akan bertemu banyak orang dan meningkatkan kemampuan sosialnya. Di dalam komunitas anak tidak hanya bersosialisasi namun juga akan mengembangkan kemampuan memanah.

  1. Tumbuhnya percaya diri

Siapa Saja Pemanah Nasional Indonesia?Melakukan kegiatan memanah berarti berurusan dengan kemajuan dan perkembangan kemampuan. Semakin anak rajin berlatih bahkan menyukai kegiatan memanah maka akan meningkatkan level percaya diri. Mereka akan fokus dan berkonstrasi maka nilai kepercayaan diri dalam diri mereka akan tumbuh dan berkembang pesat.

  1. Meningkatkan kesabaran

Anak Anda hiperaktif maka kini saatnya Anda mengajarkan mereka untuk bermain dengan peralatan memanah. Ketika bermain dengan busur dan anak panah anak dituntut untuk memiliki kesabaran dalam membidik sasaran agar sekali melepas, sasaran yang ditembakan akan tepat.

Jika tidak memiliki kesabaran maka ketepatan pun tidak akan didapatkan. Anak Anda hanya akan bermain dan kemudian bosan. Mengatur kesabaran dan fokus akan menjadi hal luar biasa yang bisa dirasakan di luar jam kegiatan memanah nantinya.

  1. Meningkatnya fokus

Seperti yang telah dijabarkan bahwa kegiatan memanah membutuhkan fokus yang sangat tinggi. Fokus ini dibutuhkan untuk mencapai sasaran yang tepat ketika melepaskan tali busur. Jadi tidak hanya sekedar olah raga yang membentuk otot, kekuatan pikiran dengan fokus yang tinggi juga dibutuhkan sehingga dapat menngkatkan kemampuan anak Anda.

  1. Kedisiplinan

Tidak ada olah raga yang tidak mengaarkan disiplin pada anak-anak. Panahan akan membutuhkan sikap yang tegak lurus dengan konsentrasi yang tinggi, tanpa adanya kedisiplinan berlatih dan bermain maka tingkat keberhasilan dalam menjalankan kegiatan ini akan sangat rendah. Apabila Anda ingin bermain dan memenangkan permainan ini ajarkan anak Anda untuk disiplin.

Nah manfaat olah raga memanah kini bisa Anda ajarkan kepada anak-anak Anda. Tentunya perlu pengawasan khusus agar benda tajam ini tidak disalahgunakan oleh anak-anak apalagi untuk bermain. Anda bisa melatih anak Anda hingga menjadi pemain profesional Indonesia.

 

 

 

 

CS Biovarnish