Ini Dia Peralatan Panahan Bagi Pemula

73
Ini Dia Peralatan Panahan Bagi Pemula

Kegiatan panahan adalah salah satu cabang olah raga yang diakui di dunia. Kegiatan fisik ini menggunakan beberapa jenis alat salah satunya adalah busur panah. Memanah memiliki sejarah yang panjang, orang zaman dahulu melakukan kegiatan memanah adalah sebagai metode berburu.

Modern ini panahan sudah tidak digunakan lagi sebagai metode berburu di daerah perkotaan namun berlaih menjadi olah raga yang mengincar ketepatan. Di daerah suku pedalaman memanah masih digunakan sebagai kegiatan berburu.

Aktivitas olah raga memanah tidak hanya menggunakan busur panah saja namun membutuhkan beberapa alat lain dan cukup banyak namun mudah untuk digunakan. Apabila Anda ingin belajar memanh sebagai pemula, pelajari terlebih dahulu apa saja jenis alat yang digunakan pada cabang olah raga ini.

Di Indonesia sekarang banyak sekali komunitas memah yang tumbuh dan berkembang. Jika Anda ingin bergabung maka Anda perlu mempelajari bagaimana olah raga memanah beserat alat dan cara menggunakannya. Perawatan alat pun sangat penting sehingga Anda bisa lebih mudah menguasai cabang olah raga ini.

CS Biovarnish

Ada Dua macam alat sederhana yang penting dan bisa digunakan yaitu busur dan juga anak panah. Di masa yang sudah berkembang ini dari masing-masing alat ini ada banyak asesoris dan bagian yang sangat penting untuk diketahui:

  1. Busur panah

Busur sering disebut juga dnegan bow. Salah satu alat ini adalah yang utama untuk digunakan. Jika tidak memiliki busur panah maka Anda bisa melakukan olah raga panahan. Fungsinya adalah menentukan arah dari anak panah dan mennetukan ketepatan yang dihasilkan.

Alat busur dan juga anak panah harus serasi jika tidak maka tembakan yang dihasilkan tidak akan maksimal. Bahkan ketidakcocokan antar keduanya akan menghambat Anda untuk mengincar ketepatan pada tujuan yang dihasilkan.

Ini Dia Peralatan Panahan Bagi PemulaSejauh ini ada dua jenis busur yang sering digunakan yaitu Recurve bow dan Single piece bow. Komunitas panahan yang ada di Indonesia biasanya  hanya memilih salah satu busur  tersebut atau keduanya. Sebagai pemula Anda perlu mencoba keduanya dan memutuskan kenyamanan antar keduanya.

Melihat dari bahan pembuat busur yang digunakan ada berbagai macam. Ada bahan yang terbuat dari fiberglass yang memiliki kenyamanan dan banyak direkomendasikan oleh para profesional panahan. Jika Anda tidak dapat menjangkau busur ini maka Anda bisa menggunakan busur yang telah dilaminasi atau busur yang telah diberikan bahan pelapis.

Ada juga jenis busur yang dapat dibongkar pasang. Busur jenis ini lebih banyak dipilih agar ketika terjadi kerusakan, Anda bisa mengganti bagian tersebut dan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Kemudahan dari busur bongkar pasang adalah membawanya lebih mudah tidak harus menggunakan tempat yang besar. Anda bisa merakitnya ketika akan menggunakan.

Keunggulan dari bongkar pasang adalah memiliki tingkat akurasi center shoot yang sangat baik.

  1. Anak panah

Kegiatan olah raga tidak akan terjadi jika Anda tidak memiliki anak panah, tidak akan ada tembakan yang dilakukan. Adanya anak panah ini membuat adanya olah raga anak panah. Jadi wajib adanya olah raga panahan dengan menggunakan busur dan juga anak panah.

Ada beberapa jenis anak panah tergantung dengan bahan pembuatnya. Berikut ini beberapa jenis alat anak panah yang bisa Anda pilih:

  • Fiberglass

Para pemula sangat disarankan untuk menggunakan anak panah ini. Bhan fiberglass sangat cocok digunakan oleh para pemula karena hargnya yang tidak terlalu mahal jadi sangat mudah untuk dibeli. Kekurangannya adalah tidak memiliki fleksibilitas dalam kelenturan namun justru dapat dimanfaatkan untuk berlatih.

Walaupun jenis anak panah ini tidak melengkung justru dapat memberikan tekanan yang tinggi dan mudah untuk patah. Keawetannya sangat tinggi dan sudah terbukti dengan kondisi yang sangat baik.

Hanya saja jika Anda ingin menggunakan anak panah ini harus bersiap dengan bobotnya yang berat.

  • Kayu

Ini Dia Peralatan Panahan Bagi PemulaSeeprti orang zaman dahulu material kayu adalah material yang sangat mudah untuk digunakan. Bahkan para pemburu juga banyak menggunakan anak panah yang terbuat dari kayu. Anak panah kayu lebih banyak digunakan dimana negara yang melarang penggunaan anak anah fiberglass.

Penyimapanan anak panah ini harus sangat diperhatikan. Anak panah kayu perlu di simpan dan dipoles secara rutin. Penyimpanan di tempat yang kering sangat dianjurkan agar fungsinya tetap berjalan dengan baik.

  • Aluminium

Bahan ini adalah bahan yang banyak digunakan. Anak panah aluminium lebh baik daripada anak panah fiberglass karena lebih ringan. Anak panah pilihan aluminium ini paling banyak digunakan dan memilki fleksibilitas yang sangat tinggi.

Pada bagian penyeimbangnya anak panah bulu atau yang sering disebut dengan desain fetching ada banyak pilihan sehingga Anda bisa memilih sesuai dengan selera. Terlebih lagi bagi Anda pemula yang ingin menggunakan anak panah ini pada kegiatan memanah indoor.

  1. Tali busur

Ada satu bagian lagi yang tidak boleh dilupakan selain anak panah dan busur yaitu tali busur. Jika Anda menggunakan busur tanpa adanya tali busur maka sama saja Anda gagal dalam melakukan kegiatan panahan. Anda yang masih pemula dapat menggunakan tali busur yang terbuat dari dacron karena memiliki serving center yaitu bahan nilon.

Biasanya bahan tali busur terbuat dari bahan monofilament nylon namun bahan tersebut membuat para pemanah tidak nyaman dan dapat melikai jari-jari. Tidak hanya itu saja bahan tersebut dapat memicu kesalahan teknik pada saat menggunakan busur yang lainnya.

Maka bahan dari monifilament tidak disarankan terlebih lagi bagi para pemula di bidang panahan ni. Sebaiknya memilih tali busur yang terbuat dari bahan dacron. Bahan ini dijamun akan lebih nyaman karena fleksibilitas yang diberikan dan sangat ringan. Tali busur yang terbuat dari bahan dacron tidak akan memberatkan para pemula terutama yang baru pertama kali mencoba olahraga panahan ini.

Nah dari ketiga alat tersebut Anda harus memilikinya jika ingin melakukan kegiatan memanah dan bergabung dengan komunitas memanah. Cara agar Anda mahir tentu saja dengan berlatih kapan pun Anda inginkan.

Perawatan Peralatan Memanah

Ada satu hal yang tidak boleh Anda lewatkan sebagai pemula yaitu kegiatan merawat alat panahan. Setiap kegiatan olah raga yang menggunakan alat tentu saja membutuhkan perawatan tidak terkecuali alat panahan.

Bagi Anda yang memilih kayu sebagai material peralatan panahan maka Anda harus merawatan dengan bahan yang tepat. Memoles anak panah dan busur yang terbuat dari kayu harus dilakukan dengan rutin setiap minimal 3 minggu sekali.

Bahan yang bisa Anda gunakan tidak lain adalah Biopolish. Kegiatan aplikasi Biopolish juga cukup mudah yaitu dengan memoles peralatan menggunakan kain putih yang bersih dan juga kering. Pastikan Anda memoles secara tipis saja namun lakukan secara rutin.

Dijamin jamur atau serangga lain tidak akan merusak peralatan memanah Anda. Bahkan tampilan dari alat panah yang Anda guakan justru akan bertambah menarik dan mengkilap.

CS Biovarnish